10 Tempat Makan di Jakarta Pusat untuk Wisata Kuliner

10 Tempat Makan di Jakarta Pusat untuk Wisata Kuliner
Photo by freepik.com

Jakarta Pusat adalah salah satu tempat yang pertumbuhannya pesat. Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, membuat kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri, tidak terkecuali untuk perkembangan wisata kulinernya. Ada banyak sekali tempat makan di Jakarta Pusat yang bisa kamu coba.

Bingung mau coba kulineran kemana? Ini dia 10 rekomendasi tempat makan di Jakarta Pusat untuk wisata kuliner!

Bunga Rampai

Bunga Rampai, photo by balitteknologikaret.co.id

Kalau kamu mencari tempat makan di Jakarta Pusat yang cocok untuk makan besar bersama keluarga, datanglah kr Bunga Rampai. Nuansa restoran ini vintage ala kolonial. Tempatnya sangat luas sehingga cocok untuk menjadi tempat diadakannya acara-acara besar seperti lamaran atau ulang tahun.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba di Bunga Rampai.

  • Bebek Sultan, olahan bebek dengan bumbu kuning khas Madura yang gurih dan enak. Ditambah sambal merah yang menambah kenikmatan.
  • Tumis Pare Telur Asin, pare yang dimasak dengan teknik tertentu sehingga tidak lembek dan rasanya tidak pahit dipadukan dengan telur asin yang pas.
  • Iga Cabe Ijo, perpaduan antara daging iga yang lembut dengan sambal ijo membuat makanan ini sangat nikmat.
  • Soto Alamanda, jadi salah satu menu andalan di Bunga Rampai. Rasa sotonya segar dengan daging yang tidak keras. Rasanya khas Indonesia.
  • Sate Lilit Jimbaran, memiliki rasa yang otentik khas Bali dengan sambal matah yang segar.
Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro Mo. 35 RT10/RW05, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

Seribu Rasa

Seribu Rasa, photo by tripadvisor.co.id

Selanjutnya, kalau kamu mau menikmati berbagai macam hidangan seafood di kawasan Jakarta Pusat, kamu bisa datang ke Seribu Rasa. Disini, suasananya sangat homey dan pelayanannya yang cepat akan membuat kamu nyaman. Cocok didatangi bersama keluarga besar, rekan kerja, atau teman-teman. Selain seafood, di sini juga banyak menu khas Nusantara hingga mancanegara lainnya. Jadi kamu tidak perlu kebingungan karena akan ada banyak sekali pilihan makanan.

Beberapa menu yang direkomendasikan di Seribu Rasa antara lain:

  • Beef satay kota gede, sate yang memiliki rasa manis enak dengan daging sapi yang empuk.
  • Oriental seafood cakwe, berupa cakwe yang berisi daging udang dan cumi yang disiram saus asam manis. Memiliki tekstur luar yang garing dan dalam yang lembut.
  • Jumbo Prawn Golden Egg Yolk, berupa udang berukuran besar dengan daging yang tebal ditambah saus telur asin yang creamy.
Alamat: Jalan H. Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 08.00–22.00 WIB
Kisaran harga: Rp50.000–Rp200.000

OSCAR

OSCAR, photo by pergikuliner.id

Kalau kamu cari makanan ala Italia, bisa banget datang ke OSCAR. Ini adalah restoran fine dining ala Italia yang suasananya sangat romantis. Memiliki desain interior yang cantik dan mewah. Pemandangan kota Jakarta di malam hari dari lantai 46 akan membuat suasana makan malam kamu semakin romantis lagi. Cocok sekali datang ke sini dengan pasangan.

Berikut ini beberapa pilihan menu di OSCAR yang jadi rekomendasi.

  • Lobster Garlic Butter, perpaduan antara umami dari lobster dengan cured beef yang asin dan gurih menciptakan rasa yang tidak diduga. Rasanya unik dan ada pedasnya.
  • Butter Shoyu Pasta, lembutnya scallop berpadu dengan rasa umami yang pecah di mulut. Kematangannya juga pas.
  • Slow Cooked Salmon, disajikan dengan lime risotto dan asparagus. Kulitnya crispy dan gurih, dengan tekstur daging yang lembut.
Alamat: The Plaza lt. 46, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat
Jam Buka: 12.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp200.000

La Vue Rooftop Bar

La Vue Rooftop Bar, photo by balitteknologikaret.co.id

Kalau kamu mau menikmati makan malam sambil memandangi suasana Jakarta di malam hari, datanglah ke La Vue Rooftop Bar. Nuansa romantis dan elegan akan sangat terasa ketika kamu makan di sini. Tempatnya ada di lantai atas sebuah hotel. Pemandangan kota Jakarta yang cantik di malam hari akan memanjakan matamu.

Berikut ini beberapa pilihan menu yang bisa dicoba di La Vue Rooftop Bar.

  • Nasi Goreng Wagyu Hermitage, memiliki porsi nasi goreng yang besar dengan potongan wagyu dan sepotong ayam, tambahan telur coplok dan dua tusuk sate yang mengenyangkan.
  • Ikan Lempah Kuning, memiliki citarasa lokal namun memakai bahan premium. Ikan barramundi disiram saus kuah kunyit beraroma harum, lengkap dengan belacan shrimp paste yang meningkatkan kekayaan rasa.
  • Chocolate Marbre, potongan kue flourless chocolate cake dan caramelized banana beralaskan crumble dan saus karamel yang manis. Potongan pisangnya renyah dan utter cookies mempercantik penampilannya. Rasanya lembut dan creamy.
Alamat:Jl. Cilacap No. 1 RT11/RW5, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

Altitude Grill

Kali ini ada rekomendasi tempat makan untuk para penikmat makanan western, terutama steak. Tempat makan yang satu ini memiliki konsep modern steak house. Di sini ada banyak menu ala western dengan steak sebagai rekomendasi utamanya. Tempat ini memiliki nuansa yang elegan dan terkesan mewah. Kamu bisa menikmati makanan sambil disuguhi pemandangan Bundaran HI dari ketinggian.

Berikut ini beberapa menu yang bisa kamu coba di Altitude Grill

  • Chicken Wellington, memiliki daging yang lembut dan rasa yang kaya.
  • Scallop Filled Squid Ring, berupa scallop yang dibungkus dengan squid ring. Di atasnya ditambah toping crispy pancetta, raspberry bacon jam, dan parsley. Rasanya sangat nikmat.
  • Bistecca Ala Altitudine, sher wagyu dengan ukuran yang besar, disajikan secara langsung dan dipotong menjadi lebih kecil. Satu porsi bisa sharing untuk lima orang. Tingkat kematangan medium well yang sangat juicy.
  • Picanha, sher wagyu rump cap dengan tingkat kematangan well done. Teksturnya juicy dan cocok untuk sendiri.
Alamat: The Plaza Tower lt. 46, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat
Jam Buka: 12.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp200.000

Cali Deli

Ini adalah tempat makan yang menyediakan menu-menu khas Vietnam. Cali Deli sudah ada sejak tahun 2006 dan saat ini memiliki banyak cabang. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatan berbagai menu di sini. Terdapat area indoor dan outdoor yang bisa kamu pilih kalau makan di sini. Kalau kamu ingin coba makanan khas Vietnam, bisa datang ke Cali Deli. Tempatnya nyaman, rasa makanannya tidak perlu diragukan lagi.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba di Cali Deli.

  • Fresh Spring Rolls, berisi bihun dan sayuran yang dicampur dengan crabstick dan udang. Sausnya yang asam pedas membuat hidangan ini sangat nikmat.
  • Lemon Grass, menjadi salah satu best seller di Cali Deli. Banh mie dengan isian ayam dan sayuran ditambah saos khas Vietnam yang menggoda.
  • Coconut Crumbe Durian, salah satu dessert berupa es serut memakai kelapa kopyor. Ditambah durian dan kental manis yang rasanya menyegarkan.
Alamat: Jl. Surabaya No. 24, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Nasi Goreng Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih, photo by cove.id

Tempat ini sudah sangat terkenal dan legendaris di kawasan Jakarta Pusat. Apalagi nasi goreng kambingnya yang lezat. Sudah buka dari tahun 1958 dan selalu ramai hingga sekarang. Tentunya selain nasi goreng kambing, ada juga menu lain yang bisa kamu pesan. Bisa jadi rekomendasi kalau kamu bingung mencari tempat makan di Jakarta Pusat yang kelezatan makanannya sudah tidak diragukan lagi.

Nasi Goreng Kambing di sini menjadi menu favorit banyak orang. Nasinya tidak keras dan kering. Rasanya seperti memakai kari sehingga aroma kambingnya tidak menyengat. Dagingnya tidak pelit dan teksturnya empuk. Memakai kambing muda dan tetelan. Tambahan acar dan emping membuat nasi goreng kambing di sini semakin nikmat.

Alamat: Jl. Kebon Sirih No.3, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: 16.00-01.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Plataran Menteng

Plataran Menteng jadi salah satu tempat makan di Jakarta Pusat yang menyajikan makanan khas nusantara. Bangunannya sudah ada dari zaman Belanda, lho! Tapi sudah didesain ulang yang membuatnya semakin mewah serta menonjolkan gaya khas Indonesia. Plataran Menteng juga bisa menjadi tempat untuk mengadakan acara-acara besar seperti lamaran atau ulang tahun. Hidangannya ada banyak pilihan mulai dari makanan pembuka, utama, camilan, hingga dessert.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba di Plataran Menteng.

  • Ayam Dharmawangsa, berupa ayam fillet goreng tepung yang disiram saus asam manis segar dengan irisan mangga muda, suwiran jeruk bali dan bawang merah.
  • Tahu Telor Asin, berupa tahu yang digoreng hingga renyah di luar disiram saus telur asin yang gurih dengan sedikit nuansa manis.
  • Nasi Goreng Nanas, olahan nasi goreng dengan rempah dan nanas yang banyak. Setiap porsinya sangat besar dan mengenyangkan.
  • Udang Sriwedari, King prawn yang dimasak dengan saus kari dan paprika. Udangnya enak dengan kematangan yang pas.
Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 42, Menteng, Jakarta
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp200.000

Restoran Trio

Restoran Trio, photo by balitteknologikaret.co.id

Selanjutnya, ada satu lagi tempat makan legendaris di Jakarta Pusat yang sudah ada sejak tahun 1947. Restoran khas tionghoa ini sudah cukup terkenal. Menu yang disediakan sangat banyak, bahkan bisa sampai 200 varian. Untuk harganya juga masih terjangkau dengan porsi yang cukup. Kamu yang senang dengan suasana lama dan merasakan ambience sejarah, bisa datang ke sini.

Restoran Trio memiliki menu andalan berupa lumpia udang khas Trio dengan saus asam manisnya. Makanan ini berupa rempah-rempah khas Cina, mulai dari tauco, saus tiram, jahe, minyak wijen, bawang putih, dan lainnya yang membuat rasanya sangat kaya dan khas. Kamu harus coba menu satu ini.

Alamat: Jl. RP. Soeroso No.29A, RT.2/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-14.00, 17.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp6.000-Rp100.000

Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman 4,1

Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman, photo by balitteknologikaret.co.id

Selanjutnya, tempat makan yang sederhana namun sudah sangat melegenda di Jakarta Pusat. Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman ini sudah ada sejak tahun 1960 dan selalu ramai sampai sekarang. Cita rasa makanannya khas China namun tetap memakai bahan-bahan yang halal agar bisa dinikmati banyak orang. Buat kamu pencinta bubur, bisa datang ke sini, pagi, siang, maupun malam.

Bubur di sini memiliki kondimen yang banyak, mulai dari cakue, emping, hingga potongan daging ayam yang tidak pelit. Rasanya memang simpel, tapi pas. Tambahan tongcai membuat bubur ini semakin terasa gurih. Teksturnya lembut dan warnanya tercampur oleh rempah. Kalau kamu suka, bisa juga menambahkan telur ayam kampung mentah sebagai kondimennya.

Alamat: Jl. Cisadane No.121, RT.9/RW.4, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 06.00-23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp24.000-Rp27.000

Itulah 10 rekomendasi tempat makan di Jakarta Pusat yang bisa kamu coba. Berwisata kuliner di Jakarta memang tidak akan ada habisnya, termasuk di Jakarta Pusat. Tempatnya yang strategis menjadikan banyak tempat makan di sini yang menjadi incaran banyak pencinta kuliner. Jadi, kamu mau coba makan di mana?