10 Mall Terbesar di Jakarta, Lengkap dan Asik Buat Hang Out!

10 Mall Terbesar di Jakarta, Lengkap dan Asik Buat Hang Out!
Mall, photo by Pexels

Sepulang kerja atau berakhir pekan, rasanya pasti ingin nongkrong bareng temen-temen untuk membuang penat, ya. Biasanya tempat nongkrong paling favorit untuk dituju adalah mall. Bener, nggak?

Nah, bagi kalian yang lagi merencanakan ketemuan bareng temen-temen, tapi bingung ketemu di mana yang enak dan asik, simak rangkuman dereta mall terbesar di Jakarta ini, yuk!

1. Summarecon Mall Kelapa Gading - Jakarta Utara

Lobby Utama, photo by Summarecon Mall Kelapa Gading

Luas mall: 160.000 m2

Dibangun tahun 1990 oleh PT Summarecon Agung Tbk. ini merupakan mall terbesar di Jakarta Utara. Mall ini memiliki luas 150.000 meter persegi dan mengunsung konsep yang memadukan segala macam area, seperti fashion, makanan, hingga entertainment. Di mall ini diperkirakan ada 600 tenant yang tersedia, mulai dari restoran, shopping center, bioskop XXI, dan lain sebagainya. dapun fasilitas komersial yang saling bersinergi dan terintegrasi, yaitu Mall Kelapa Gading, La Piazza dan Gading Food City.

Nggak heran, mall ini disebut sebagai salah satu destinasi favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu, sekaligus sebagai tujuan wisata belanja jakarta bagi wisatawan mancanegara sekalipun.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Summarecon Mall Kelapa Gading:

  • Belanja outfit buat OOTD di 3Mongkis
  • Nyemil cream puff enak di Beard Papa’s
Alamat: East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta
Website: https://www.malkelapagading.com/
Telepon: (021) 4531101

2. Central Park Mall - Jakarta Barat

Central Park, photo by Pullman Jakarta

Luas mall: 188.077 m2

Selanjutnya, masuk ke area Jakarta Barat kita bisa menemukan Central Park Mall untuk hangout. Memiliki luas mencapai 188.077 meter persegi dan luas area pertokoan 125.626 meter persegi, salah satu mall terbesar di Jakarta juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Mulai dari department store, restoran, bioskop, supermarket, serta tenant-tenant ternama, seperti ZARA, Uniqlo, Fossil, dan lain-lain.

Selain itu, Central Park merupakan mall pet-friendly dan juga terdapat taman, Tribeca Park, yang bisa kamu datangi untuk menikmati udara segar dan melihat pemandangan kehijauan dan oasis hampir 360 derajat. Terlebih lagi, kamu bisa menyantap makanan atau sekadar minum santai di tenant-tenant pilihan outdoor yang langsung memiliki view ke Tribeca Park sambil membawa hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Central Park Mall:

  • Menonton di bioskop CGV Cinemas
  • Berjalan-jalan bersama hewan kesayangan di Tribeca Park
Alamat: Jln. Letjen S. Parman No.kav.28, South Tanjung Duren, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11470
Website: https://www.centralparkjakarta.com/
Telepon: (021) 56989999
Kost Jakarta Barat - 60 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Barat - Sewa kost bulanan di Jakarta Barat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

3. Mall Taman Anggrek - Jakarta Barat

Mall Taman Anggrek, photo by PingPoint

Luas mall: 110.000 m2

Selain Central Park, ada lagi mall terbesar di Jakarta Barat! Yes, apalagi kalau bukan Mall Taman Anggrek. Mengusung tagline “Dunia Anda”, Mall Taman Anggrek memang merealisasikan komunikasi tersebut dengan menyediakan beragam tenant pilihan agar kamu dapat berbelanja, berekreasi, menyantap makanan dan minuman, serta menikmati hiburan tanpa akhir. Salah satu hiburan yang paling menarik banyak pengunjung ke mall ini ialah adanya arena ice skating pertama di Indonesia, Skyrink by Taman Anggrek. Selain itu, mall ini juga secara rutin mengadakan acara-acara tematik atau hari besar dan juga pameran-pameran menarik dengan spektakuler. Sehingga, tak jarang menarik banyak pengunjung, baik itu domestik, maupun mancanegara.

Mall ini telah dibuka sejak 1996 dengan luas bangunan mencapai 360.000 meter persegi dan memiliki kapasitas 4000 tempat parkir. Jadi, bagi kamu yang hendak berkunjung ke sini, tak usah khawatir parkiran penuh, ya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Mall Taman Anggrek:

Alamat: Jln. Letjen S. Parman No.kav.28, South Tanjung Duren, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11470
Website: https://www.taman-anggrek-mall.com/

4. Grand Indonesia - Jakarta Pusat

 Grand Indonesia, photo by Grand Indonesia

Luas mall: 263.226 m2

Nah, kalau mall terbesar di Jakarta yang satu ini rasanya banyak dari kalian sudah tahu ya. Terdiri dari dua area, yaitu East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh Sky Bridge, Grand Indonesia merupakan mall di area yang sangat strategis di pusat kota dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia. Mall milik Djarum Group ini dibangun dengan pengembangan terintegrasi perkantoran Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, dan juga apartemen Kempinski Private Residences.

Di sini kamu dapat menikmati banyak tenant, mulai dari produk elektronik, fashion, sport, restoran, hingga restoran. Selain itu, adapun sejumlah tenant besar yang mengisi mall ini, antara lain Central, Seibu Department Store, CGV Cinemas, Calvin Klein, Coach, serta tenant lokal, seperti Anne Avantie, Damn I Love Indonesia, Batik Danar Hadi Solo, dan lain sebagainya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Grand Indonesia:

  • Beli dessert di Chateraise
  • Shopping sneakers kece di Atmos
Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.1, Kb. Melati, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Website: https://www.grand-indonesia.com/
Telepon: (021) 23580001

5. Senayan City Mall - Jakarta Pusat

Senayan City, photo by Liputan6

Luas mall: 180.000 m2

Masih di area pusat kota, mall terbesar di Jakarta selanjutnya ialah Senayan City. Mall yang berdiri pada 2006 ini merupakan kombinasi dari perbelanjaan high end, perkantoran bergengsi, hiburan, hingga hunian eksklusif. Setidaknya terdapat 350 tenant nasional dan internasional yang menyewa di mall ini dengan total luas pertokoan 48.000 m2. Dengan banyaknya pilihan tenant, membuat Senayan City banyak dikunjungi orang untuk berbelanja di brand ternama, hingga sekadar hang out di cafe atau bar.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Senayan City:

  • Menikmati ice cream di Venchi
  • Shopping gadget terkini di iBox
Alamat: Jl. Asia Afrika, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Website: https://senayancity.com/
Telepon: (021) 72781000
Kost Jakarta Pusat - 93 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Pusat - Sewa kost bulanan di Jakarta Pusat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

6. Plaza Senayan - Jakarta Pusat

Plaza Senayan, photo by Laksamana Karya

Luas mall: 130.500 m2

Terletak di seberang Senayan City Mall, Plaza Senayan juga merupakan mall yang nggak boleh kamu lewatkan! Terlebih bagi kamu yang ingin mencari barang di brand ternama, karena mall ini disebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan paling mapan di Jakarta saat ini. Di sini kamu akan menemui brand sekelas Dior, Bally, Gucci, Guess, Louis Vuitton, Kate Spade, dan lain-lain.

Hal menarik lainnya di Plaza Senayan, yaitu terdapat Marygold Clock. Di mana Marygold Clock ini merupakan jam besar buatan Seiko, perusahaan jam asal Jepang, yang akan memainkan musik setiap jam-nya. Jam ini terdiri dari 6 patung pemusik, di mana setiap patung akan bergerak memainkan alat musik yang berbeda diiringi dengan musik. Selain itu, setiap perayaan hari Natal, Plaza Senayan akan memasang instalasi unik, yaitu Giant Snow Ball.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Plaza Senayan:

  • Shopping pouch di Kate Spade
  • Nongkrong di Harlan + Holden
Alamat: Jl. Asia Afrika No.8, RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Website: https://plaza-senayan.com/
Telepon: (021) 5725555

7. Pacific Place - Jakarta Selatan

` Pacific Place, photo by Pacific Place

Luas Mall: 170.000 m2

Mall yang berdiri di kawasan perkantoran bergengsi di Sudirman Central Business District (SCBD) yang satu ini rasanya sudah nggak asing lagi, ya. Pacific Place atau biasa disebut PP, merupakan pusat belanja yang didirikan dengan konsep mixed use, yaitu terdriri dari One Pacific Place Office, The Ritz-Carlton Hotel, dan The Ritz Carlton Residence.

Bagi kalian yang menyukai high end fashion brand, Pacific Place adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Di mana kamu akan dimanjakan dengan sederet brand mewah luar seperti, Hermes, Louis Vuitton, Guess, TOD’S, Cavalli dan lain sebagainya. Adapun butik premium yang memamerkan karya desainer Indonesia yang juga tak kalah saing, yaitu Iwan Tirta Private Collection dan Biyan.

Selain itu, ada juga Galeries Lafayette, department store asal Prancis yang menempati empat lantai gedung dan terdiri dari 330 produk pakaian pria dan wanita, juga meningkatkan gengsi mall yang satu ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pacific Place:

  • Melihat penampilan mobil mewah di showroom Mclaren
  • Menikmati acara di pusat kebudayaan @America
Alamat: Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.5, RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
Website: https://www.pacificplace.co.id/
Telepon: (021) 51402828
Kost Jakarta Selatan - 205 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Selatan - Sewa kost bulanan di Jakarta Selatan dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

8. Kota Kasablanka - Jakarta Selatan

Kota Kasablanka, photo by Pakuwon Jati

Luas Mall: 150.000 m2

Tahukah, kamu? Ternyata Kota Kasablanka dibangun dengan desain mewah yang terinspirasi dari desain istana Maroko, lho! Nggak heran, salah satu mall terbesar di Jakarta Selatan ini memiliki pesona eksotis dan mewah, baik dilihat dari luar, maupun dalam.

Bagi kamu yang ingin mencari variasi tempat makan atau sekadar nongkrong, tenang saja! Mall ini memiliki beragam pilihan resto dan cafe Nusantara, Asia, dan Western. Contohnya, Little Tokyo, Food Society, dan lain sebagainya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Kota Kasablanka:

  • Bermain game arcade di Amazing D’Carribean
  • Menikmati pastry nikmat di Monsieur Spoon
Alamat: Jl. Casablanca Kav. 88, Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta
Website: http://www.kotakasablanka.co.id/

9. Lippo Mall Kemang - Jakarta Selatan

Lippo Mall Kemang, photo by Lippo Mall Kemang

Luas Mall: 140.000 m2

Nggak hanya sebagai mall terbesar di Jakarta, Lippo Mall Kemang atau LMK juga dikenal sebagai community lifestyle mall pertama di kawasan Kemang, lho! Dari pertama memasuki mall ini, kamu sudah langsung disambut oleh beragam tenant-tenant berkelas dan juga tenant kuliner yang siap memanjakan perutmu. Terlebih lagi, wisata kuliner yang bisa kamu nikmati di sana tersedia pilihan halal dan non-halal. Jadi, bagi kamu yang ingin menikmati santapan non-halal, Kemang Village adalah mall yang tepat untukmu!

Ohya, serupa dengan Central Park Mall, Lippo Mall Kemang  juga merupakan mall pet-friendly yang memiliki area outdoor yang cukup luas. Selain itu, terdapat juga event-event menarik dan juga tempat instagramable, yaitu Avenue of The Stars, yang bisa kamu nikmati.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Kemang Village:

  • Menonton event di Avenue of The Stras
  • Menyantap frozen yoghurt di llaollao
Alamat: Jl. Pangeran Antasari No.36, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12150
Website: https://lippomallkemang.com/

10. Pondok Indah Mall - Jakarta Selatan

Pondok Indah Mall, photo by Pondok Indah Mall

Luas Mall: 150.000 m2

Mall yang biasa disebut PIM ini rasanya sudah menjadi tempat hiburan dan pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yang tak asing lagi. Di mana, mall ini disebut-sebut pelopor tren pembangunan mal di daerah lain di Jakarta. Hal lainnya yang juga membuat PIM menjadi tempat nongkrong favorit ialah adanya Street Gallery. Namun, seiring berjalannya waktu, mall ini pun berkembang dan menawarkan berbagai pilihan tenant food and beverages yang semakin beragam untuk dijadikan tempat hangout.

Dulunya, Pondok Indah Mall hanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu PIM 1 dan PIM 2. Namun, per tahun 2021, Pondok Indah Mall melakukan ekspansi dengan membangun PIM 3 dan mulai beroperasi yang ditandai dengan pembukaan satu gerai Uniqlo terbesar di Indonesia.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pondok Indah Mall:

  • Belanja parfum di C&F
  • Beauty treatment di Erha Clinic
Alamat: Jalan Metro Pondok Indah Kav. IV, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: https://www.pondokindahmall.co.id/
Telepon: (021) 7506750

Jadi, itu dia daftar 10 mall terbesar di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman untuk hang out! Kabar baiknya, hampir semua mall tersebut bisa kamu akses dengan mudah menggunakan berbagai transportasi umum, seperti Transjakarta, MRT, LRT, ataupun online transport.