10 Tempat Wisata Hidden Gem Bandung dengan View Mempesona

Hidden gem Bandung dengan pemandangan indah ini belum banyak yang tahu, lho. Kini, kamu bisa simpan list destinasinya untuk liburan!

10 Tempat Wisata Hidden Gem Bandung dengan View Mempesona
Sanghyang Heuleut, photo by Okezone Travel

Kota Bandung memang identik dengan tempat wisata yang selalu dicari-cari oleh wisatawan, mulai dari cafe, restoran, penginapan, hingga destinasi bernuansa alam. Saking banyaknya tempat wisata dan hiburan yang dimiliki kota ini, ada beberapa hidden gem Bandung yang belum banyak terjamah oleh wisatawan, lho.

Arti hidden gem sendiri mengacu pada tempat-tempat yang menyuguhkan suasana yang indah atau pengalaman menarik, tapi kurang populer karena lokasinya yang tersembunyi. Nah, penasaran kan, tempat-tempat hidden gem yang ada di Bandung? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Hidden Gem Bandung dengan Pemandangan Indah

1. Kebun Teh Rancabali

6 Aktivitas Seru di Perkebunan Teh Rancabali - Oktober 2023
Kebun Teh Rancabali, photo by Travels Promo

Bagi kamu yang ingin healing dan sedang mencari alam terbuka, perkebunan teh di Rancabali bisa menjadi pilihan untuk wisata di akhir pekan. Kebun teh seluas 3.549 hektar ini berada di ketinggian 1.400-1.900 mdpl.

Di hidden gem Bandung yang satu ini, kamu tidak hanya akan menikmati hamparan kebun teh saja. Kamu juga bisa menghirup udara segar dan menikmati angin sejuk. Untuk kamu yang suka berfoto, tempat ini memang tidak seaesthetic cafe-cafe instagrammable, tapi pemandangan yang disuguhkan di Kebun Teh Rancabali memang sangat mempesona.

Suasana di Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali menghadirkan tempat dan wahana bermain, seperti flying fox atau golesat untuk pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Selain itu, pengunung juga bisa melakukan wisata edukasi, lho. Di sini, kamu diberi kesempatan untuk datang ke Pabrik Teh Walini. Untuk berkunjung ke pabrik ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

Nah, kalau merasa dingin, tenang saja karena di sepanjang jalan perkebunan ada banyak sekali penjual makanan, mulai dari yang kaki lima sampai restoran. Salah satu jajanan yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sini adalah bandrek. Dinginnya cuaca di perkebunan membuat bandrek jadi perpaduan yang cocok untuk menemani liburanmu.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
Tiket masuk: Gratis

2. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan - TribunnewsWiki.com
Sungai Cikahuripan, photo by Tribun News

Sungai Cikahuripan atau yang dijuluki “Green Canyon Bandung” bisa kamu kunjungi, nih, ketika mencari wisata hidden gem Bandung. Berbeda dengan sungai biasa, Sungai Cikahuripan dihiasi dengan dinding tebing yang menjulang tinggi dan gagah.

Air di Sungai Cikahuripan juga unik karena berwarna kehijauan dan masih terjaga kebersihannya. Konon, warga di sekitar Sungai Cikahuripan percaya bahwa air sungai tersebut dapat memberi berbagai manfaat.

Suasana di Sungai Cikahuripan

Untuk bisa mencapai Sungai Cikahuripan para pengunjung harus memarkirkan kendaraannya lalu berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer. Namun, perjalanan ini tidak akan terasa jauh dan melelahkan karena hamparan sawah menghiasi langkah untuk menuju ke Sungai Cikahuripan.

Setelah sampai, pengunjung dapat menyewa pelampung seharga Rp 15.000 per orang untuk berenang di sekitaran sungai.  Jika tidak ingin berenang, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah yang disuguhkan oleh Green Canyon Bandung ini. Jangan lupa mengabadikan momen, ya, sebagai bukti kalau kamu pernah berkunjung ke hidden gem Bandung yang satu ini.

Alamat: Kampung Panyusupan, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (06.00 – 18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000 (belum termasuk parkir kendaraan)

3. Stone Garden

Wisata Batu Purba Stone Garden Bandung, Harga Tiket, Lokasi
Stone Garden, photo by Piknik Wisata

Salah satu hidden gem Bandung yang cocok untuk kamu yang gemar hiking adalah Stone Garden. Sesuai namanya, destinasti wisata Bandung ini merupakan taman batu yang berbentuk hamparan tanah yang dengan bebatuan yang mengelilingi taman.

Bukannya aneh, justru formasi batu raksasa yang asimetris ini malah membuat Stone Garden terlihat indah. Ternyata, Stone Garden dulunya adalah dasar laut yang mengering, lho. Kawasan ini terbentuk pada zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun silam.

Suasana di Stone Garden

Stone Garden menyuguhkan pemandangan alam yang cukup unik. Dari puncak Stone Garden, kamu bisa menikmati pemandangan putih dari bukit kapur yang berpadu dengan pepohonan di sekelilingnya.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya di Stone Garden, seperti menelusuri Goa Pawon, berfoto, hingga berkemah. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan sunrise dengan pemandangan seperti di film-film. Untuk berkemah, kamu hanya perlu membayar Rp 15.000 saja. Menarik, kan?

Alamat: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (05.00 – 18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 12.000

4. The Lodge Maribaya

Tiket Masuk The Lodge Maribaya 2023, Alamat Dan Harga Penginapan
The Lodge Maribaya, photo by Dolan Yok

Destinasi wisata yang ini bisa kamu kunjungi ketika berada di Lembang, Bandung. The Lodge Maribaya merupakan penginapan yang berada di tengah hutan pinus. Meski demikian, akses ke sini tidak sulit kok, karena pengelola sudah memudahkan semua fasilitas untuk para pengunjung. Selain penginapan, masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Suasana dan Aktivitas di The Lodge Maribaya

Meski tempatnya cukup terpencil, The Lodge Maribaya pasti sudah tidak asing lagi bagi para traveler yang ingin ke Bandung. Hidden gem Bandung ini sudah ada sejak 2005 dan terus berkembang pesat dengan ragam wahana menarik. Mulai dari Zip Bike, Gantole, Extreme Swing, Hot Air Balloon atau balon udara, hingga Bamboo Sky untuk berfoto.

Pengunjung pun bisa menginap di beberapa penginapan yang disediakan The Lodge Maribaya. Uniknya, penginapan di sini memiliki bentuk bangunan yang unik, misalnya rumah pohon, rumah joglo, villa kayu, dan tenda untuk camping yang dilengkapi api unggun dan BBQ set. Seru banget, deh!

Alamat: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03/RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 17.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 65.000 (belum termasuk fasilitas dan wahana lainnya)

5. Sanghyang Heuleut

Indahnya Sanghyang Heuleut Sebelum Kena Longsor, Danau Tempat Bidadari  Mandi : Okezone Travel
Sanghyang Heuleut, photo by Okezone Travel

Selain sungai tersembunyi yang menawarkan pemandangan indah, Bandung juga memiliki danau yang dikelilingi tebing dan bebatuan, lho. Danau yang bernama Sanghyang Heuleut ini memiliki arti danau yang jernih. Sesuai namanya, air danau Sanghyang Heuleut memang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan.

Sanghyang Heuleut sebagai hidden gem Bandung juga menyimpan cerita dibaliknya. Konon, warga percaya kalau danau ini digunakan sebagai tempat pemandian para bidadari, seperti legenda Jaka Tarub.

Suasana dan Aktivitas di Sanghyang Heuleut

Menyuguhkan danau cantik, tebing hijau yang besar dan tinggi, sekaligus gua tersembunyi yang sangat indah, sayang banget, kan, kalau pemandangan ini tidak diabadikan? Dengan kamera, pemandangan di Sanghyang Heuleut yang cantik akan terlihat indah di feeds Instagram.

Jika sudah puas menikmati pemandangannya, kamu bisa juga berenang di danau ini untuk menyejukkan diri. Danau ini tidak memiliki arus yang kencang, jadi aman untuk sekedar berendam dan bermain air. Tapi, tetap selalu hati-hati saat berada di alam terbuka, ya, terlebih kedalaman danau ini mencapai 3 meter.

Alamat: Rajamandala Kulon, Cipatat. Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: Senin – Jumat (08.00 – 16.00 WIB), Minggu (07.00 – 17.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000

6. Cicalengka Dreamland

Harga Tiket Masuk Cicalengka Dreamland 2023, Tempat Wisata Hits di Bandung  Buat Libur Lebaran - Tribun Travel
Cicalengka Dreamland, photo by Tribun News

Objek wisata tersembunyi yang ada di Bandung selanjutnya yaitu Cicalengka Dreamland. Tempat ini cukup unik dan beda dari beberapa destinasi sebelumnya karena Cicalengka Dreamland bernuansa Islami. Di sini terdapat spot foto ilustrasi tangga surga dan neraka hingga tulisan “I Love Al Quran” yang menjadi spot foto favorit pengunjung.

Cicalengka Dreamland sangat cocok untuk pengunjung yang ingin healing karena tempat ini berada diantara bukit-bukit. Beberapa wahana permainan juga tersedia di tempat wisata hidden gem Bandung ini.

Suasana dan Aktivitas Cicalengka Dreamland

Tak hanya menyuguhkan konsep dan pemandangan indah, Cicalengka Dreamland juga menyediakan ragam fasilitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti flying fox, ATV, berkuda, playground, panahan, dan virtual reality.

Menurut Revi, manager dari Cicalengka Dreamland, diantara semua wahana yang ada, flying fox, virtual reality, dan ATV menjadi permainan yang paling populer di kalangan pengunjung. Bagaimana tidak? Flying fox di Cicalengka Dreamland memiliki panjang hingga 720 meter.

Hal ini menjadikan flying fox tersebut jadi yang terpanjang kedua di Indonesia dan keempat di Asia Tenggara. Untuk bisa menikmati wahana ini, pengunjung perlu membayar Rp 97.000.  Nah, kamu berminat untuk coba?

Alamat: Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung Regency
Jam buka: Senin – Kamis (09.00 – 17.00 WIB), Sabtu – Minggu (08.00 – 18.00 WIB)
Tiket masuk: (weekday: Rp 20.000 – Rp 25.000, weekend: Rp 25.000 – Rp 30.000)

7. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo - Koalisi Seni
Selasar Sunaryo, photo by Artspace Indonesia

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) merupakan hidden gem Bandung yang wajib dikunjungi bagi kamu penikmat seni dan literasi. Tempat ini merupakan galeri seni dan organisasi non-profit yang bertujuan mendukung perkembangan seni dan kebudayaan di Indonesia.

Ruang seni ini sudah berdiri sejak 1998 oleh Sunaryo dan menjadi wadah bagi para seniman di Kota Bandung untuk berkarya. Sunaryo juga menggunakan galeri ini untuk memamerkan koleksinya yang terdiri dari patung, lukisan, dan instalasi.

Suasana dan Aktivitas di Selasar Sunaryo

Sebagai pusat kebudayaan, SSAS menyelenggarakan pameran dan diskusi yang dikemas dalam program anak-anak, konser musik, pementasan teater, pemutaran film, pembacaan karya sastra, ceramah dan berbagai aktivitas lainnya.

Dengan luas area yang mencapai 2.000 meter, pengunjung bisa berkeliling dan menyaksikan berbagai koleksi seni dari Sunaryo dan seniman lainnya. Salah satunya, Lawalangka, yaitu pameran seni yang dihadirkan sebagai perayaan 20 tahun SSAS.

Pameran tersebut menghadirkan instalasi yang berbasis serat. Galeri ini juga dilengkapi dengan Wot Batu, yaitu sebuah instalasi taman batu, salah satu karya Sunaryo.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung
Jam buka: Selasa – Minggu (10.00 – 17.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 15.000 – Rp 25.000

8. Kampung Daun

Lunch at Kampung Daun Bandung - Michelle Franc-LeeMichelle Franc-Lee
Kampung Daun, photo by Michelle Franc-Lee

Kampung Daun Culture Gallery & Cafe menjadi destinasi wisata yang unik karena menawarkan kombinasi antara galeri seni, restoran, dan suasana pedesaan. Wisata bernuansa alam ini hanya berjarak 15 kilometer dari Alun-alun Kota Bandung sehingga tidak begitu sulit untuk dihampiri.

Nah, karena letaknya ada di dataran tinggi, Kampung Daun memiliki vibes yang sejuk dan sangat asri, cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat untuk melepas penat bersama teman atau keluarga.

Suasana dan Aktivitas di Kampung Daun

Kampung Daun tidak akan mengecewakan untuk dikunjungi di jam berapa pun. Pada siang hari hingga sore hari, Kampung Daun akan menonjolkan nuansa alam dengan ramainya tanaman hijau.

Sementara menjelang malam, suasana akan berubah menjadi lebih romantis karena di sepanjang jalan dan sudutnya sudah dihiasi obor dan lampu yang menjadi penerang. Belum lagi, suara air mancur juga turut menemani malam.

Karena sejatinya tempat ini adalah restoran, tidak afdol kalau kamu tidak mencicipi hidangannya, kan? Menu yang disajikana di Kampung Daun cukup beragam dan berfokus pada Indonesian taste. Kamu juga bisa berfoto-foto di sini karena Kampung Daun menyajikan spot yang bersih dan tertata.

Alamat: Jalan Villa Triniti, Cigugur Girang, Kec. Parongpong, Bandung Barat
Jam buka: Senin – Jumat (10.00 – 21.00 WIB), Sabtu (09.00 – 23.00 WIB), Minggu (09.00 - 21.00 WIB)
Tiket masuk: Gratis

9. The Great Asia Afrika

Merasakan Kehidupan Kyoto di Great Asia Afrika Bandung, Wajib Coba Halaman  all - Kompas.com
The Great Asia Afrika, photo by Travel Kompas

Selain Kampung Daun, hidden gem Bandung lainnya yang cukup unik dengan tema perkampungan Jepang ala Kyoto bisa kamu jumpai di Great Asia Afrika. Bahkan, pengunjung dapat menjumpai beberapa icon terkenal yang ada di Jepang, salah satunya gerbang merah atau yang dikenal dengan Gerbang Torii.

Suasana dan Aktivitas di The Great Asia Afrika

Karena mengusung tema Jepang, tentunya kamu akan menemui banyak bangunan khas Jepang hingga ornamennya. Nah, selain Gerbang Torii, kamu akan menjumpai kincir air tradisional khas Jepang yang terbuat dari bambu. Berjalan lebih dalam sedikit, kamu juga akan disambut dengan taman khas Jepang yang bisa dijadikan spot foto dan masih banyak lagi area yang menarik.

Sembari berkeliling dan berfoto, kamu juga berkesempatan memperoleh edukasi terkait budaya Jepang, lho. Hal ini dituturkan oleh Intania Setiati selaku PR & Promotion Great Asia Afrika di mana pengunjung bisa mengikuti seminar kecil-kecilan, hingga pelatihan membuat origami, budaya minum teh, dan membuat makanan Jepang seperti onigiri.

Alamat: Jalan Raya Lembang Bandung No. 71, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 20.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 50.000

10. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat - TribunnewsWiki.com
Curug Tilu Leuwi Opat, photo by Tribun News

Destinasi hidden gem Bandung yang terakhir dan tak kalah seru yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Hidden gem satu ini memiliki berbagai fasilitas, diantaranya outbond, camping, dan yang paling seru adalah tracking untuk mencapai air terjun.

Suasana dan Aktivitas di Curug Tilu Leuwi Opat

Memiliki luas kurang lebih 5 hektar, tentu banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan sembari menghabiskan waktu di sini. Dengan udara yang sejuk dan segar, kamu bisa tracking di jalur yang dikelilingi tebing bahkan jurang. Meski menguji adrenalin, tetap berhati-hati, ya.

Jika ingin lebih aman, kamu bisa bermain di outbond yang sudah dilengkapi wahana flying fox, high rope, panjat tebing, dan lainnya. Untuk camping, kamu dapat membawa peralatan sendiri dan konfirmasi langsung ke pihak pengelola, ya.

Alamat: Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (24 jam)
Tiket masuk: Rp 10.000

Nah, keren banget kan view dari hidden gem Bandung yang sudah Cove rekomendasikan? Selain menawarkan pemandangan indah, kamu juga bisa memperoleh edukasi dari beberapa tempat ini. Pastinya cocok siapa saja yang ingin mencari tempat hiburan tersembunyi di Bandung.