10 Rekomendasi Cafe di Dago Desain Unik untuk Hangout!

10 Rekomendasi Cafe di Dago Desain Unik untuk Hangout!
Cafe di Dago, photo by TribunWiki

Kegiatan cafe hopping sering banget dilakukan sama sebagian besar orang seiring dengan maraknya cafe-cafe baru. Terlebih, beberapa cafe menawarkan tempat yang nyaman, cozy, estetik, serta instagramable. Cafe hopping di Dago dengan suasana sejuk, asri, dan dingin khas daerah ini memang sangat seru. Hangout santai sambil wisata di Dago menikmati pemandangan sekitar bikin semakin betah. Kira-kira, cafe mana aja ya yang patut disambangi saat ada di Dago? Berikut daftar 10 rekomendasi Cafe di Dago yang unik!

Cafe di Dago

1. Utara Cafe

Utara Cafe Dago, photo by Qraved

Pernahkah kamu terbayang hangout di tempat unik yang menyediakan seating area ala Iglo? Yap, rumah khas yang kerap ada di Kutub Utara. Di Utara Cafe, kamu akan melihat dua tipe seating area, semi outdoor, outdoor, dan indoor di dalam Iglo. Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, kamu akan disuguhkan pemandangan indah Bandung dari ketinggian. Ditambah suasana sejuk khas Bandung bikin suasana semakin syahdu untuk dinikmati.

Perlu diketahui bahwa menu utama di Utara Cafe bukanlah kopi, melainkan shabu-shabu dan BBQ yang dapat kamu nikmati mulai dari harga Rp50.000 untuk dua orang. Namun, jangan khawatir karena Utara Cafe juga tersedia menu snacks, rice bowl, nasi goreng, sampai dengan bandrek untuk kamu cicipi.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara (Arah Tebing Keraton), Dago Atas, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar, photo by Laris Manis

Cafe di Dago berikutnya punya pemandangan indah karena menghadap langsung ke area pegunungan. Tempat ini sangat cocok didatangi kalau kamu membutuhkan refreshing dengan melihat sesuatu yang asri. Cafe D’Pakar memiliki seating area semi outdoor dan outdoor. Sehingga para pengunjung langsung bisa menikmati pemandangan sekitar. Uniknya, di Cafe D’Pakar terdapat seating area berbentuk kapal yang beda dari tempat lain. Spot duduk tersebut sekaligus menjadi area instagramable yang sering dimanfaatkan pelanggan untuk berfoto.

Nah, buat menunya Cafe D’Pakar banyak menyajikan menu rumahan khas Indonesia seperti Nasi Goreng, Roti Bakar, Mie, dan beberapa cemilan Indonesia. Sementara itu, terdapat lebih dari 10 varian minuman, termasuk kopi, non-kopi, teh, dan beer yang dapat dipesan.

Alamat: Jalan Dago Pakar Utara Sekejolang, Ciburial, Bandung, Jawa Barat, 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Kisaran Harga: <Rp50.000 per orang

3. Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut, photo by Dago Bakery

Kuliner hits sekaligus rekomendasi cafe di Dago yang wajib kamu kunjungi karena keunikannya adalah Dago Bakery Punclut. Cafe ini terkenal karena arsitekturnya ala Eropa klasik dengan bentuk kastil berwarna gelap. Gak heran, Dago Bakery Punclut diminati karena spot foto instagramable-nya. Bahkan, beberapa pengunjung memanfaatkan Dago Bakery Punclut untuk melakukan foto prewedding.

Kamu boleh memilih duduk di area resto atau outdoor dengan view cantik. Pilihan menu yang tersedia di Dago Bakery Punclut lumayan variatif dari Western hingga masakan Nusantara yang menggugah selera.

Alamat: Punclut, Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 20.00, Sabtu - Minggu (09.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

4. Glass Shelter

Glass Shelter, photo by Wisata Info

Seperti namanya, cafe di Dago berikut ini banyak menggunakan kaca di dalam arsitekturnya. Tujuannya agar para pengunjung dapat langsung menyaksikan view indah pegunungan dari dalam area cafe. Cafe ini terdiri dari dua lantai, selain seating area indoor, terdapat juga meja panjang di area outdoor khusus kamu yang ingin melihat pemandangan langsung.

Varian menu yang disajikan Glass Shelter mungkin tak sebanyak cafe lainnya. Namun, semua lengkap tersedia mulai dari appetizer, main course, sampai dessert. Jadi, kamu bisa nongkrong lebih lama tanpa takut bingung kehabisan makanan. Jangan sampai kelewatan untuk memesan artisan tea yang menjadi ciri khas dari Glass Shelter ya!

Alamat: Jl. Buniwangi No.72, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 20.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

5. Noah’s Barn

Noah’s Barn, photo by Pergi Kuliner

Kalau cafe yang berikut ini berada di dekat area kampus ITB Bandung. Tentu tak kalah hits dan sering menjadi incaran anak ITB untuk hangout. Keunikan dari Noah’s Barn sendiri dapat kamu lihat dari desain area indoor dan outdoornya. Dikelilingi pepohonan cantik ala mini garden serta sebuah air mancur yang membuat suasana nongkrong kamu semakin nyaman. Apalagi areanya spacious sehingga memberikan kesan megah dan tidak pengap kalau-kalau ramai dikunjungi pelanggan.

Walaupun berada di dekat kampus, menu yang disajikan punya range harga yang cukup merogoh kantong mahasiswa. Menyajikan menu Western dan Asia dengan range harga di atas Rp50.000 tetapi dengan porsi fair yang mengenyangkan. Kamu juga bisa kok pesan minum yang harganya mulai dari Rp25.000-an.

Alamat: Jl. Dayang Sumbi No.2, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

6. Lawangwangi Creative Space Cafe

Lawangwangi Creative Space Cafe, photo by Travelling Yuk

Tempat luas, pemandangan indah, dinding kaca, dan dapat menyaksikan beberapa karya seni merupakan paket lengkap dari Lawangwangi Creative Space Cafe. Dari depan saja cafe ini sudah sangat terlihat keunikannya. Lokasi cafe berada di lantai dua, dengan desain menggunakan kaca berukuran besar sehingga pengunjung bisa langsung menikmati view pegunungan indah di luar.

Sebelum masuk ke area cafe, kamu bisa menikmati art gallery berisi lukisan-lukisan tak jauh dari lokasi pintu masuk. Untuk melihat lukisan ini, kamu tak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

7. Caffe Bene Dago

Caffe Bene Dago, photo by Pergi Kuliner

Desain penuh kayu menampilkan suasana minimalis di salah satu cafe di Dago bernama Caffe Bene. Cafe ini merupakan cabang salah satu cafe di Korea dengan nama yang sama. Tempatnya cozy dan spacious, cocok untuk nongkrong bersama teman atau melakukan WFC.

Menu yang wajib dicoba di Caffe Bene ialah Bingsu dan Coffee Toast. Kebanyakan menu yang disajikan merupakan Japanese, Korean, dan Western. Namun, apabila kamu ingin mencoba makanan khas Indonesia di cafe dari Korea, kamu bisa pesan salah satu menunya yakni Pisang Goreng Ningrat.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.155, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Minggu (09.30 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

8. The Stone Cafe

The Stone Cafe, photo by Qraved

Cafe mewah nan romantis di Dago bisa ditemukan dengan berkunjung ke The Stone Cafe. Cafe ini punya tiga lantai yang menghadap pemandangan indah serta beberapa seating area di gubukan khas Sunda. Dengan permainan lampu warna-warni dan ornamen kayunya yang kental membangun suasana romantis di tengah Bandung. Saking luasnya cafe ini, cocok banget dijadikan venue untuk acara keluarga karena tempatnya pun family friendly.

Di The Stone Cafe, kamu bisa menikmati hidangan Western, Indonesiaan, dan Asian food yang sangat menggoda. Beberapa hidangan makan yang bisa kamu temukan ialah Tom Yum, Lamb Chop Steak, Tenderloin, Sop Buntut, Iga Sapi, hingga pizza untuk sharing.

Alamat: Dago Coblong, Jl. Rancakendal Luhur No.5, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Congo Gallery & Cafe, photo by Pergi Kuliner

Congo Gallery & Cafe menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi kalau kamu mencari cafe di Dago yang spacious dan punya suasana sejuk. Tempat yang satu ini dilengkapi dengan view indah dan suasana menenangkan, sehingga cocok untuk healing sejenak.

Cafe ini memiliki beberapa sudut atau area seating berbeda, mulai dari sofa hingga meja panjang di area semi outdoor. Masing-masing seating areanya pun sangat luas, kamu tak perlu khawatir kehabisan tempat. Di Congo Gallery & Cafe, kamu bisa memesan mulai dari Indonesian food, Western, hingga berbagai jenis pasta.

Alamat: Jl. Ranca Kendal Luhur No.8 Dago, Ciburial, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

10. District Dago Cafe & Resto

District Dago Cafe & Resto, photo by Pergi Kuliner

Cafe unik selanjutnya yang terletak di Dago ialah District Dago Cafe & Resto. Dengan desain nyentrik menggunakan berbagai jenis jendela pada salah satu dindingnya mengingatkan akan salah satu beach club di Bali yang memiliki tema serupa. Dinding khas tersebut juga kerap menjadi spot foto favorit para pengunjung saat datang ke District Dago Cafe & Resto.

Tempat duduknya pun ada di indoor dan outdoor. Sehingga kamu bisa memilih tempat mana yang paling nyaman untuk mengobrol bersama teman. Selain dari jendela yang dijadikan hiasan, keunikan tempat ini banyak memamerkan atribut militer. Tak hanya itu, keunikan lainnya juga terlihat dari penggunaan meja yang memanfaatkan batu berukuran raksasa. Beda dari yang lain, deh!

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.339, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Coliving di Area Dago Pakar

Cove Putribulan, coliving strategis di kawasan Dago Pakar dengan lingkungan perumahan tenang sehingga bikin tinggal semakin nyaman. Cove Putribulan dilengkapi dengan berbagai fasilitas kamar pribadi seperti AC, meja kerja, kamar mandi, water heater, dan lemari. Selain itu, penghuni bisa memanfaatkan fasilitas bersama seperti dapur, ruang makan, dan area komunal untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Nikmati pengalaman tinggal nyaman dan seru di lokasi strategis yang dekat dengan cafe dan tempat hiburan area Dago.

Harga sewa mulai dari Rp1,8 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove Putribulan