19 Tempat Wisata di Ciwidey yang Hits dan Terkenal

19 Tempat Wisata di Ciwidey yang Hits dan Terkenal
Wisata di Ciwidey, photo by bonsernews.com

Berbicara mengenai tempat wisata di Bandung memang seakan tidak ada habisnya. Geografis yang didominasi oleh pegunungan membuat Bandung memiliki pemandangan alam yang indah. Kelebihan ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk warga lokal atau dari luar kota. Salah satu daerah Bandung yang terkenal yang keindahan alamnya adalah Ciwidey. Berada di pinggiran Bandung tidak membuat Ciwidey terpinggirkan dari sisi wisata. Ada banyak wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara yang berkunjung ke Ciwidey untuk menikmati wisata alamnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey yang sedang hits dan bisa kamu kunjungi dengan keluarga.

Situ Patenggang

Situ Patenggang, photo by salsawisata.com

Situ Patenggang berada tepat di kaki gunung Patuha. Ini adalah sebuah danau dengan luas 48 hektar yang berada pada ketinggian 1628 meter di atas permukaan laut. Tidak heran kalau suhu udara di sini di bawah 20 derajat celcius. Situ Patenggang juga dikelilingi oleh perkebunan teh di Rancabali seluas 1500 hektar. Udara yang segar dan pemandangan yang asri membuat wisatawan tertarik untuk datang ke sini.

Alamat: Jl. Ciwidey Ranca Bali, Desa Patengan, Ranca Bali, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
Harga Tiket: Rp18.000-Rp20.000 (lokal), Rp135.000-Rp185.000 (mancanegara)

Ranca Upas

Ranca Upas, photo by westjavatoday.com

Salah satu tempat wisata yang saat ini cukup hits di Ciwidey adalah Ranca Upas. Di sini, kamu bisa camping di bumi perkemahannya. Lokasinya ada pada ketinggian 1700 mdpl, sehingga suhu udaranya sangat dingin. Selain itu, di sini kamu bisa bercengkrama langsung dengan rusa-rusa. Ada pula fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Pasti seru kalau datang ke sini dengan teman-teman atau keluarga.

Alamat: Jalan Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp24.000

Kawah Putih

Kawah Putih, photo by idetrips.com

Satu lagi tempat wisata di Ciwidey yang sudah terkenal sejak lama adalah Kawah Putih. Saking terkenalnya, Kawah Putih sudah seperti ikon wisata Ciwidey. Ini adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Daya tarik Kawah Putih adalah airnya yang berwarna putih kehijauan. Di sekeliling danau ada hutan eksotis yang membuat tempat itu semakin indah. Ada banyak spot foto yang bisa jadi tempat untuk mengabadikan momen di sini. Kalau kamu main ke Ciwidey, kurang lengkap rasanya kalau belum ke Kawah Putih

Alamat: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
Harga Tiket: Rp28.000

Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu, photo by sikidang.com

Selanjutnya, objek wisata yang ada di Ciwidey adalah pemandian air panas Cimanggu. Air panas di sini berasal dari perut Gunung Patuha. Dipercaya mengandung berbagai mineral seperti kalsium, litium, dan radium yang ampuh untuk kesehatan tubuh.

Terdiri dari tiga kolam pemandian air panas dengan ukuran yang bervariasi. Kolam air panas Cimanggu berkisar dari 40-60 derajat celcius. Udara dingin Ciwidey pun tidak akan terasa kalau kamu berendam di kolam air panas Cimanggu sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Alamat: Jl Raya Ciwidey – Rancabali km 12. Desa Situ Patenggang, Patengan Kec Rancabali, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp17.000 (Lokal), Rp100.000 (Mancanegara)

Barusen Hills

Barusen Hills, photo by beritatren.com

Seakan tidak ada habisnya tempat wisata di Ciwidey, kali ini kamu direkomendasikan untuk mengunjungi Barusen Hills. Di sini, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata dalam satu kawasan. Ada banyak spot untuk mengambil foto di sini. Salah satu spot favorit para wisatawan adalah taman bunga yang berbentuk love. Ada pula wahana untuk bermain anak-anak, kolam renang, dan kantin.

Kalau kamu ingin bermalam di sini, ada pula beberapa macam penginapan yang bisa dicoba sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti camping, glamping, cottage, atau vila.

Alamat: Gambung, Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
Harga Tiket: Rp20.000-Rp25.000 (Senin-Jumat), Rp25.000-Rp35.000 (Sabtu-Minggu)

D'Riam Riverside

D'Riam Riverside, photo by travel.kompas.com

Selanjutnya, ada wahana wisata alam D'Riam Riverside yang menawarkan berbagai pengalaman wisata outdoor untuk yang berkunjung. Di sini ada tenda gantung, ayunan di alam terbuka, river tubing, atau berbagai aktivitas outdoor lainnya seperti panahan dan offroad.

Di sini juga ada resort yang bisa dipakai untuk menginap. Sangat cocok untuk didatangi ramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Raya Soreang-Ciwidey km.25, Kel. Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 09.00-18.00 WIB
Harga Tiket: Rp15.000

Rengganis Suspension Bridge

Rengganis Suspension Bridge, photo by bandungraya.inews.id

Ini adalah salah satu tempat wisata di Ciwidey yang hits dan viral di media sosial. Rengganis Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jembatan ini mencapai 370 meter dan menggantung di ketinggian 75 meter.

Kalau kamu mau menaiki jembatan gantung ini, kamu perlu membeli tiket bundling untuk bisa mengunjungi objek wisata lain di kawasan yang sama. Pasti akan seru dan menantang sekali melewati Rengganis Suspension Bridge ini.

Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp70.000 (Include Kawah Rengganis)

Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge, photo by salsawisata.com

Kalau kamu ingin camping tapi dengan suasana yang lebih nyaman, Glamping Legok Kondang Lodge bisa menjadi pilihan yang menarik. Fasilitas yang disediakan dalam satu tenda sudah sangat lengkap. Mulai dari kasur yang nyaman, toilet dengan shower, juga ruang tenda yang besar dan muat untuk 4 orang sekaligus.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari memberi makan hewan, arung jeram, barbeque dan api unggun, sampai perang paintball.

Alamat: Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Tiket masuk: mulai dari Rp1.165.000-Rp7.500.000 untuk yang menginap

Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali, photo by antvklik.com

Masih berhubungan dengan glamping, kali ini lokasinya ada di tepi Situ Patenggang. Glamping Lakeside Rancabali memiliki daya tarik panorama perkebunan teh yang cantik dan Situ Patenggang yang memikat hati. Fasilitas di sini juga tidak kalah lengkap dan nyaman. Ada banyak spot foto cantik untuk kamu yang suka berfoto, apalagi ketika pagi hari. Tempat ini selalu ramai karena pesona keindahannya tersebut.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung
Jam buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp25.000-Rp100.000

Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort, photo by indonesia.tripcanvas.co

Mencari tempat staycation yang nyaman untuk keluarga? Kamu bisa berkunjung ke Ciwidey Valley Resort. Di sini, ada banyak wahana menarik yang membuat liburan makin seru. Ada juga kolam pemandian air panas yang cocok untuk bersantai di tengah dinginnya udara Ciwidey. Untuk anak-anak, bisa bercengkrama dengan binatang-binatang seperti burung yang ada di Bali Bird Park. Menginap di tempat glamping yang nyaman dan fasilitas lengkap tentu akan membuat liburan kamu semakin berkesan.

Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp70.000

Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey, photo by bandungnews.id

Taman Kelinci atau dikenal juga dengan Happy Farm Ciwidey adalah salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak. Di sini, kamu bisa bermain dengan kelinci-kelinci lucu sepuasnya, sambil memberi makan dan berfoto.

Selain kelinci, ada juga binatang lain seperti kuda poni, kambing, dan burung. Bagi anak-anak, berinteraksi dengan binatang tentu akan menjadi pengalaman dan media belajar yang menyenangkan. Sekitar taman adalah bunga-bunga yang cantik, bisa menjadi spot foto menarik.

Alamat: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB (Jumat-Minggu)
Harga Tiket: Rp20.000

Pinisi Resto

Pinisi Resto, photo by dadangoray.com

Kali ini, ada tempat wisata kuliner sekaligus tempat glamping yang cukup hits di kawasan Ciwidey. Pinisi Resto atau bisa juga disebut Glamping Patenggang Resto. Tempat yang menyediakan berbagai makanan mulai dari makanan khas nusantara hingga western. Bangunan restoran di sini berbentuk seperti kapal pinisi, karena itulah namanya Pinisi Resto. Terdiri dari dua lantai untuk makan. Namun tempat favorit adalah lantai dua dengan area terbuka. Kamu bisa menikmati makanan sambil menatap pemandangan alam yang indah.

Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 07.00-21.00 WIB
Tiket Masuk: Rp25.000

Palalangon Park

Palalangon Park, photo by sanjayatour.com

Ingin merasakan sensasi berenang di kolam air panas yang ada di tengah sawah? Kamu bisa datang ke Palalangon Park, sebuah kolam renang di Ciwidey yang cukup terkenal. Lokasinya tepat berada di tengah sawah yang menyediakan suasana pedesaan.

Meskipun di tengah sawah, fasilitas di sini sudah lengkap sekali. Ada wahana permainan air yang bisa kamu nikmati, restoran, hingga banyak spot foto menarik.

Alamat: Jl PPTK Jl. Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000 (Anak), Rp30.000 (Dewasa)

Bukit Jamur

Bukit Jamur, photo by travel.kompas.com

Bukit Jamur adalah tempat wisata di Ciwidey yang terbilang masih baru. Wisata alam ini resmi dibuka pada tahun 2020 lalu. Keunikan dari tempat ini adalah pohon-pohon cemara di sekitarnya yang berbentuk menyerupai jamur. Pohonnya pendek dan berjajar rapi menambah keindahan sekitarnya. Dari sanalah nama Bukit Jamur diambil. Jajaran pohon cemara ini menjadi spot foto favorit para pengunjung. di sini, kamu bisa menjelajahi area sekitar melalui jembatan kayu yang panjang. Udaranya sangat segar dan suhunya yang dingin akan membuat hati dan pikiran kamu tenang.

Alamat: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp13.000

Curug Tilu Ecopark

Curug Tilu Ecopark, photo by insiden24.com

Selanjutnya ada destinasi air terjun atau dalam bahasa sunda disebut Curug. Curug Tilu adalah air terjun yang tidak terlalu besar dan berada di tengah perbukitan. Air terjun buatan ini menyuguhkan pemandangan yang indah di sekitarnya, dan terlihat seperti air terjun sungguhan.

Di sini juga bisa menjadi tempat camping atau glamping yang menarik. Sambil bersantai dan bercengkrama dengan teman atau keluarga. Pasti seru sekali. Fasilitasnya lengkap dan suasananya sangat nyaman.

Alamat: Jl. Raya Rancabali KM.01, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 07.00-21.00 WIB
Tiket Masuk: Rp20.000

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis, photo by piknikwisata

Rekomendasi tempat wisata di Ciwidey lainnya yang tak kalah eksotis adalah Kawah Rengganis. Pada dasarnya, Kawah Rengganis merupakan objek wisata pemandian air panas Bandung yang terletak tepat di kaki Gunung Kamojang. Itulah mengapa sumber mata air di sini mengandung unsur belerang alami yang khasiatnya diyakini mampu mengatasi permasalahan kulit. Cocok untuk menjadi tempat relaksasi.

Kawah Rengganis menyediakan tiga kolam pemandian air panas yang dirancang khusus ke dalam bentuk hati, persegi panjang, dan kolam dengan bubuhan batu alam asli di bagian dasarnya. Sementara itu, sekitar 5 KM dari Kawah Rengganis, kamu juga akan menemukan Situ Patenggang yang merupakan kawasan cagar alam berupa danau dengan ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Danau ini dikelilingi panorama alam dramatis yang tentunya cocok untuk dijadikan spot foto.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung Regency, West Java 40973
Jam buka: 07.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000 

Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali, photo by vilamurahciwidey

Perkebunan teh sering dipilih sebagai tempat rekreasi oleh banyak orang lantaran mampu menawarkan suasana yang tenang dan damai. Begitu pula dengan Perkebunan Teh Rancabali yang terletak di wilayah Ciwidey, kota Bandung bagian Selatan ini. Dengan luas kebun sekitar 3.549 hektar dan berada di ketinggian sekitar 1.400-1.900 mdpl, Perkebunan Teh Rancabali menawarkan lanskap alam yang indah, lengkap dengan udara pegunungan yang mampu memberikan pengalaman menyegarkan, bahkan suhu udara rata-rata siang harinya saja bisa mencapai hingga 20 derajat celcius, lho.

Di sini, kamu bisa berjalan-jalan menyusuri luasnya hamparan kebun teh sambil menghirup udara segar. Tidak hanya itu, terdapat pula wisata edukasi berupa pabrik pembuatan teh yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar melihat langsung bagaimana proses pengolahan teh Walini, mulai dari awal hingga menjadi produk jadi. Menarik sekali, bukan?

Alamat: R9XJ+P9Q, Patengan, Rancabali, Bandung Regency, West Java 40973
Jam buka: 07.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini, photo by RadarJabar

Satu lagi pemandian air panas yang bisa menjadi salah satu opsi tempat wisata di Ciwidey, yaitu Pemandian Air Panas Ciwalini. Tempat ini dibentuk layaknya taman rekreasi air berupa kolam renang di mana terdapat fasilitas papan seluncur, lengkap dengan area playground. Kamu bisa berendam di sini sambil menikmati beragam wahana permainan seru, mulai dari flying fox, ATV, tour sepeda, hingga mencoba kolam terapi ikan yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati. Pemandian Ciwalini memiliki air panas alami yang bersumber langsung dari Pegunungan Patuha sehingga mengandung belerang alami yang baik bagi kesehatan.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972
Jam buka: 07.00 - 16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp45.000

Green Hill Park

Green Hill Park, photo by tiket.com

Green Hill Park TWA Cimanggu adalah destinasi rekreasi berupa alam terbuka hijau seluas 21,32 hektar yang sangat ideal bagi kamu para petualang. Pasalnya, tempat wisata di Ciwidey ini menyuguhkan beragam flora dan fauna yang begitu memikat. Tersedia pula sederet fasilitas penunjang yang mampu menambah pengalaman berlibur bagi setiap pengunjung, seperti sauna belerang, camping, outbound, sampai paket trekking untuk mengeksplor Hutan Gunung Patuha yang sudah termasuk pemandu wisata.

Nah, buat kamu yang ingin bermalam di tengah hutan terbuka, Green Hill Park juga menawarkan fasilitas camping yang sangat bervariatif, mulai dari Standard Tent dengan twin bed dan bean bag untuk 2 orang hingga Superior Tent dengan fasilitas sofa bed, water heater, dan private bathroom untuk 4 orang.

Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973
Jam buka: 09.00 - 16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000 (weekday) & Rp20.000 (weekend)

Itulah 19 rekomendasi tempat  wisata di Ciwidey yang hits dan populer. Tempat-tempat menarik ini sangat nyaman dan aman untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Ciwidey memang memiliki kekayaan alam yang indah, yang menjadikannya tempat nyaman untuk liburan dan melepas penat dari kesibukan pekerjaan yang melelahkan. Yuk, kita liburan ke Ciwidey!