10 Wisata Edukasi Bandung untuk Liburan dengan Keluarga

10 Wisata Edukasi Bandung untuk Liburan dengan Keluarga
Wisata Edukasi Bandung, photo by bandung.go.id

Tempat Wisata di Bandung memang tidak ada habisnya. Tidak salah kalau Kota Kembang ini jadi destinasi wisata banyak orang karena banyaknya tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu yang sangat menarik adalah wisata edukasi di Bandung. Kita bisa liburan sambil mempelajari hal baru. Menambah pengetahuan dengan cara yang menyenangkan tentu akan terasa lebih membekas.

Bandung punya banyak museum untuk dikunjungi. Tapi selain museum, ada juga tempat wisata edukasi lainnya yang menarik untuk dikunjungi lho! Penasaran apa saja? Inilah rekomendasi tempat wisata edukasi Bandung yang seru! Baca artikelnya sampai selesai ya!

Museum Geologi

Museum Geologi, photo by bandung.go.id

Museum Geologi adalah salah satu tempat wisata edukasi Bandung yang sudah sangat terkenal. Sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak karena ada fosil-fosil zaman purba yang dipajang di sini. Kalau anak suka dengan dinosaurus, pasti mereka akan sangat senang ke Museum Geologi.

Koleksi Museum Geologi sangat beragam. Kamu bisa melihat dan mengetahui informasi dari berbagai sisa peninggalan dari berbagai zaman. Mulai dari zaman prasejarah, zaman batuan, sampai berbagai inovasi yang futuristik. Selain itu, kamu dan keluarga juga bisa mengunjungi auditorium yang memutar film tentang sejarah. Di sini ada juga bermacam-macam koleksi batuan yang bisa kamu lihat. Beberapa batuan terlihat unik dan cantik.

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung
Jam buka: 09.00-15.00 WIB
Kisaran harga: Rp3.000-Rp10.000

Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang, photo by javawisata.com

Ingin mengenalkan anak-anak pada binatang  ternak secara langsung? Datang saja ke Farm House Susu Lembang. Ini adalah salah satu wisata edukasi Bandung yang memberikan kesempatan bagi para pengunjungnya untuk berinteraksi langsung dengan berbagai binatang ternak seperti kambing, kelinci, sapi, domba, dan binatang lainnya. Pengunjung bisa memberi makan dan berfoto dengan binatang-binatang itu.

Selain itu, di sini juga ada banyak toko souvenir dan kedai yang menjual aneka makanan lezat. Dijamin anak-anak akan betah main ke Farm House Susu Lembang karena suasananya sangat menyenangkan. Kalau kamu kesini, per tiketnya bisa ditukar dengan satu gelas susu sapi yang masih segar, lho!

Alamat: Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: 08.00-19.00 WIB
Kisaran harga: Rp25.000

Bandung Science Centre

Bandung Science Centre, photo by ayobandung.com

Bandung Science Centre termasuk salah satu tempat wisata edukasi yang terbilang baru di Bandung. Diresmikan pada tahun 2014 lalu, tempat wisata yang satu ini memiliki banyak sekali memberikan informasi seputar sains dengan cara yang menyenangkan. Visualisasi pembelajarannya pun gampang dipahami oleh anak-anak.

Ada juga banyak wahana menarik di sini, mulai dari ruang perakitan, ruang bumi, ruang audio visual, ruang fisiologi, ruang geologi, ruang ilusi optik, ruang kimia, ruang robotic, ruang fisika dasar, hingga ruang astronomi. Belajar sains tidak lagi terasa berat dan membosankan ketika kamu dan keluarga datang ke Bandung Science Centre ini.

Alamat: Jalan Sirnagalih Nomor 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung
Jam buka: 08.00-17.00 WIB
Kisaran harga: Rp45.000

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung, photo by gotravelly.com

Bagi para penyuka sejarah, pergi ke Taman Sejarah Bandung bisa menjadi ajang untuk berwisata edukasi gratisan. Di sini ada banyak informasi seputar sejarah kota Bandung yang panjang dan sangat menarik untuk diulik. Siapa saja boleh datang ke Taman Sejarah Bandung ini.

Kamu bisa merasakan sejuk dan asri taman ini karena banyak pohon-pohon rindang. Lalu ada banyak cuplikan sejarah dari berbagai era. Mengajak anak-anak mengunjungi Taman Sejarah Bandung sambil menjelaskan setiap jengkal sejarah bisa menjadi ajang untuk bonding sekaligus belajar sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan.

Alamat: Jalan Aceh Nomor 53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Free

Saung Angklung Udjo

Saung Angklun Udjo, photo by mongabay.co.id

Selanjutnya adalah tempat wisata edukasi bagi para pencinta kesenian tradisional, khususnya Jawa Barat. Saung Angklung Udjo adalah tempat yang cocok untuk mempelajari budaya khas Jawa Barat. Salah satu daya tarik di sini adalah permainan angklung, alat musik tradisional Jawa Barat.

Anak-anak akan diajarkan cara membunyikan angklung hingga menjadi musik yang harmonis. Setelah belajar, mereka pun akan menampilkan pertunjukan musik. Hal ini membuat Saung Angklung Udjo menjadi wadah untuk melestarikan alat musik tradisional angklung agar selalu dikenal oleh setiap generasi masyarakat.

Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul
Jam buka: 08.00-17.00 WIB
Kisaran harga: Rp40.000-Rp100.000

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha, photo by RBG.id

Untuk penyuka astronomi, jangan sampai melewatkan berkunjung ke Observatorium Bosscha yang ada di kawasan Lembang. Observatorium Bosscha adalah tempat peneropongan bintang paling tua di Indonesia. Menjadi tempat penelitian mahasiswa astronomi ITB, tetapi juga dibuka untuk wisatawan umum. Di sini, ada 12 teleskop dan yang aktif dipakai untuk penelitian berjumlah enam buah.

Kalau datang ke Observatorium Bosscha, kamu bisa mendapat penjelasan mengenai pemakaian teleskop, sejarahnya, dan kalau beruntung menyaksikan atap Bosscha terbuka agar teropong raksasa yang ada di tengahnya bisa mengarah ke langit. Ada juga banyak informasi seputar astronomi yang bisa dilihat di sepanjang dinding Bosscha. Lalu kamu juga bisa menonton film dokumenter seputar ruang angkasa yang menakjubkan.

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-15.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000

Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey, photo by suaraburuh.com

Kalau mau liburan ke tempat yang asri dan hijau-hijau, coba datang ke Kebun Strawberry Ciwidey. Suasananya yang masih hijau serta udaranya yang sejuk dan bersih akan membuat siapa pun betah di sana. Belum lagi bentangan kebun strawberry dengan buah yang bisa kamu petik menjadi daya tarik tersendiri.

Di Kebun Strawberry Ciwidey, kamu bisa merasakan secara langsung menjadi petani strawberry. Selain itu, kalau membawa anak-anak, mereka bisa berinteraksi langsung dengan alam dan memetik buah strawberry sepuasnya. Mereka juga bisa menyiram dan memberi pupuk pohon-pohon strawberry. Secara tidak langsung, hal ini mengajarkan anak mencintai alam.

Alamat: Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung
Jam buka: 08.00-18.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp5.000

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang, photo by bandungoffroad.com

Masih tempat wisata edukasi dengan nuansa alam yang indah, kamu juga bisa datang ke De Ranch Lembang. Suasananya sejuk dan pemandangannya indah. Cocok sekali untuk melepas penat dan lelah dari pekerjaan. The Ranch dikelilingi oleh beberapa gunung di Bandung, seperti Gunung Burangrang, Gunung Putri, dan Gunung Tangkuban Parahu.

Kamu bisa merasakan tempat bernuansa ala cowboy sambil naik kuda. Selain itu, ada juga beberapa wahana seru seperti peti luncur, balon air, bisa juga memancing, dan aktivitas seru lainnya. Sangat cocok menjadi destinasi liburan dengan anak-anak. Di sini, anak-anak bisa belajar mencintai alam. Mereka bebas bersentuhan langsung dengan alam dan binatang-binatang ternak. Lalu setiap pengunjung juga akan mendapatkan free segelas susu, lho!

Alamat: Jalan Raya Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung
Jam buka: 08.00-17.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp10.000

Jendela Alam

Jendela Alam, photo by tourbandung.com

Tempat yang satu ini memiliki konsep peternakan alami yang gemas. Jendela Alam juga cocok menjadi tempat liburan dengan anak-anak karena suasananya yang menyenangkan dengan menghadirkan berbagai ornamen binatang-binatang ternak yang lucu. Berada di area yang asri dan udara sejuk, sehingga  kamu tidak akan kepanasan meskipun seharian beraktivitas outdoor.

Kegiatan seru di Jendela Alam yang bisa dilakukan bersama anak-anak seperti berkebun, beternak, membuat yoghurt, panen telur ayam, bahkan berburu harta karun. Ada juga permainan outbound dan flying fox yang bisa diikuti oleh anak-anak untuk melatih keberanian mereka.

Alamat: Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri KM 4,5 Cihideung, Parongpong, Bandung
Jam buka: 09.00-16.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari rp15.000

Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas, photo by wisatahits.blog

Selanjutnya, jika ingin berwisata edukasi di sekitar pusat kota Bandung, kamu bisa datang ke Taman Lalu Lintas. Anak-anak akan belajar seputar lalu lintas dan rambu-rambu yang harus dipatuhi. Tempat wisata satu ini sangat seru dan sayang untuk dilewatkan. Masyarakat Bandung pasti sudah tidak asing dengan Taman Lalu Lintas.

Selain bisa menambah edukasi seputar lalu lintas yang sangat penting, anak-anak juga bisa bermain. Berbagai simbol lalu lintas bisa dipelajari anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, mereka juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti naik kereta, berenang, bersepeda, bahkan memancing. Tertarik ke sini?

Alamat: Jalan Belitung No. 1 Merdeka, Sumur Bandung
Jam buka: 08.00-15.00 WIB
Kisaran harga: Rp6.000-Rp15.000

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata edukasi Bandung yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga dan anak-anak. Kapan lagi liburan sambil mempelajari banyak hal baru dan menambah wawasan? Jangan sampai melewatkan untuk berwisata edukasi kalau datang ke Bandung, ya!