5 Tempat Wisata Dekat LRT untuk Sesi Liburan Singkat

5 Tempat Wisata Dekat LRT untuk Sesi Liburan Singkat
Wisata Dekat LRT, photo by bisnis.com

Terpikir untuk berjalan-jalan menggunakan moda transportasi massal LRT? Mungkin beberapa destinasi wisata yang dekat dengan LRT Jabodebek ini bisa menjadi pilihan. Light Rail Transit atau LRT termasuk dalam transportasi umum di Jakarta yang baru resmi beroperasi pada 28 Agustus 2023. Keberadaan LRT tentu menjadi solusi baru untuk mempercepat mobilitas masyarakat tanpa harus terjebak dalam arus kemacetan. Meski memiliki rute yang tergolong pendek, namun ternyata beberapa titik dari stasiun LRT menawarkan tujuan rekreasi yang cukup menarik, lho, mulai dari taman rekreasi hingga lifestyle center berkonsep terbuka semuanya bisa kamu jangkau dengan mudah. Apa sajakah itu? Berikut tempat wisata dekat LRT yang wajib kamu kunjungi!

5 Tempat Wisata Dekat LRT

1. One Satrio - 950 m dari LRT Kuningan

One Satrio, photo by Piknikdong

Tidak jauh dari LRT Kuningan, kamu akan menemukan sebuah tempat nongkrong Jakarta berkonsep breathable space yang saat ini sedang hits di kalangan masyarakat urban, yaitu One Satrio. Berlatarkan gedung-gedung pencakar langit, wisata dekat LRT ini menghadirkan sebuah lifestyle center super luas yang cocok untuk menjadi ‘rumah kedua’ bagi para komunitas yang ingin berkumpul, baik itu dalam bidang olahraga, seni, maupun budaya.

Tak hanya itu saja, One Satrio juga menawarkan beragam tenant F&B menarik dengan pilihan brand yang jarang kamu temukan di tempat lainnya. Ada juga fasilitas umum penunjuang yang dirancang khusus untuk aktivitas outdoor, seperti jogging track, area playground anak, taman khusus hewan peliharaan, sampai layanan charger untuk mobil listrik juga tersedia di sini. Lengkap sekali, bukan?

2. Tebet Eco Park - 850 m dari Stasiun LRT Cikoko

Tebet Eco Park, photo by Kompas.com

Berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektar, Tebet Eco Park merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang sudah menjadi andalan bagi sebagian warga Jakarta untuk sekedar melepas penat sambil menghirup udara segar. Spot ikoniknya terletak pada jembatan setinggi 6 meter yang menghubungkan sisi selatan dan utara area taman. Jembatan ini berbentuk infinity dengan paduan warna merah - oranye yang cukup mencolok, cocok untuk menjadi spot foto.

Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Tebet Eco Park, mulai dari piknik di Community Lawn, menikmati fasilitas outdoor fitness, berjalan-jalan di wetland broadwalk, sampai menemani anak-anak bermain panjat tebing di children playground. Ingin mengikuti edukasi kegiatan berkebun? Kamu bisa mengunjungi Community Garden untuk mempelajari seputar aktivitas bercocok tanam dari komunitas lokal.

Nah, berjarak sekitar 7 menit berjalan kaki dari Tebet Eco Park, kamu akan menemukan sebuah kost eksklusif persembahan dari Cove yang sudah menjamin tingkat keamanan ekstra dan fasilitas terlengkap, yaitu Cove Art Living. Semua tipe kamar sudah tersedia dalam bentuk fully-furnished dengan fasilitas balkon pribadi, smart TV, hingga kamar mandi dalam. Terdapat pula kamar dengan jenis kasur twin jika kamu ingin menghuninya bersama seorang teman.

3. Taman Mini Indonesia Indah - 2 km dari LRT TMII

Taman Mini Indonesia Indah, photo by kcic.co.id

Siapa yang tidak mengenal Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disebut dengan TMII? Rekomendasi tempat wisata dekat LRT yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai pusat rekreasi edukatif bertemakan kebudayaan Indonesia. Kamu yang datang ke TMII akan diajak langsung untuk melintasi 33 provinsi dari Sabang sampai Merauke dalam bentuk miniatur kepulauan nusantara lengkap dengan anjungan daerahnya masing-masing. Selain itu, kamu juga berpeluang untuk menikmati pilihan museum fauna, taman burung, dunia air tawar dan serangga, taman legenda keong mas, hingga wahana rekreasi dan permainan seru yang sayang jika dilewatkan.

4. Taman Rekreasi Wiladatika - 500 m dari LRT Harjamukti

Taman Rekreasi Wiladatika, photo by Euis Era

Berjalan-jalan ke daerah Cibubur belum lengkap rasanya kalau tidak menginjakkan kaki ke Taman Rekreasi Wiladatika. Salah satu tempat wisata dekat LRT ini sangat cocok untuk menjadi tempat berlibur yang menyenangkan sekaligus murah meriah bagi keluarga kecil. Karena kamu cukup membayar Rp10 ribu saja. Mulanya, taman ini dibangun sebagai pusat kegiatan kepramukaan dan penggalangan dana, namun seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan yang terus berdatangan dari berbagai daerah untuk sekedar ‘healing’ sejenak di sini.

Taman Rekreasi Wiladatika merupakan area terbuka hijau seluas 32 hektar yang dipenuhi oleh hamparan tumbuhan segar dan memiliki air mancur sebagai focal point. Banyaknya pepohonan rindang dengan sejumlah saung dan gazebo juga kian menambah daya tarik dari Wiladatika. Selain terdapat wahana permainan seperti perahu air, kereta api mini, ayunan, dan bom bom car, kamu juga bisa menikmati fasilitas kolam renang dengan biaya tambahan sebesar Rp25 ribu saja.

5. Snow World International Mall Revo Town - 1 km dari LRT Bekasi Barat

Snow World International Mall Revo Town, photo by elkamuliaperkasa.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata dekat LRT yang bisa menjadi opsi liburan singkat bersama keluarga. Berbeda dari yang lainnya, Snow World International Mall Revo Town menawarkan sebuah pengalaman rekreasi di tengah arena salju buatan lengkap dengan banyak spot foto menarik, mulai dari seni ukir yang terbuat dari balok es, kereta sinterklas, aneka penguin, hingga miniatur rumah kekayuan dalam berbagai bentuk. Rata-rata pengunjung yang datang ke Snow World hampir selalu dipenuhi oleh golongan keluarga, terutama saat akhir pekan. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini, baik itu bermain salju, snow slide, hingga ice skating yang cukup memacu adrenalin. Berani untuk mencobanya?

Itulah deretan tempat wisata dekat LRT Jabodebek yang bisa kamu sambangi. Cukup beragam, bukan? Kamu bisa dengan mudah menggapai tujuan rekreasi yang ada hanya dengan membayar tarif LRT mulai dari Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan Rp700 per Km selanjutnya. Selamat berjalan-jalan!