20 Destinasi Wisata Jakarta yang Asyik untuk Berlibur

20 Destinasi Wisata Jakarta yang Asyik untuk Berlibur
Destinasi Wisata Jakarta, photo by Unsplash/Affan Fadhlan

Jakarta menjadi Ibu Kota Negara Indonesia yang kaya akan berbagai pilihan objek wisata populer, mulai dari kategori wisata hiburan, kuliner, budaya, sejarah, religi, hingga bahari. Banyaknya akses transportasi umum yang menjangkau hingga ke setiap sudut bagian Jakarta membuat semua orang bisa dengan mudah berkunjung ke pusat rekreasi yang diinginkan. Itulah mengapa, momen akhir pekan sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk melepas penat bersama keluarga dan kerabat dekat dengan mendatangi sejumlah kawasan wisata yang menawarkan pengalaman berharga. Nah, di bawah ini, ada 20 rekomendasi destinasi wisata Jakarta yang patut untuk kamu sambangi. Jangan lupa untuk memasukannya ke dalam wishlist!

Destinasi Wisata Jakarta Pusat

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional, photo by Jakarta-tourism

Monumen Nasional atau Monas menjadi tempat wisata Jakarta Pusat yang paling populer dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Pasalnya, bangunan yang juga disebut sebagai ikon kota Jakarta ini memang memiliki pesona tersendiri yang tidak akan kamu temukan di kawasan lainnya. Monas adalah sebuah tugu yang memiliki bentuk layaknya lumpang dan alu. Dengan tinggi mencapai 132 meter dan berdiri di atas tanah seluas 80 hektar, destinasi wisata Jakarta ini mampu menampung hingga ribuan pelancong setiap harinya. Setiap pengunjung juga berkesempatan langsung untuk melihat keindahan 360 derajat kota Jakarta dari puncak tertinggi Tugu Monas.

Alamat: Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat
Jam operasional: 08.00 - 22.00 WIB
Harga tiket masuk: Naik ke puncak Monas: Rp15.000 (dewasa), Rp8.000 (mahasiswa), Rp4.000 (anak-anak). Masuk museum Monas: Rp5.000 (dewasa), Rp3.000 (mahasiswa), Rp2.000 (anak-anak). 

2. Pasar Baru

Pasar Baru, photo by garvingoei.com

Kamu warga ibu kota pastinya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata Jakarta yang satu ini. Pasar Baru atau Passer Baroe adalah pusat perbelanjaan tertua yang sudah berdiri sejak tahun 1820-an. Dengan konsep arsitektur bergaya Tiongkok dan Eropa, kamu akan dimanjakan dengan beragam pilihan toko yang menjual barang-barang unik dengan harga yang pas di kantong, mulai dari toko alat musik, olahraga, tekstil, batik, dan hingga produk fashion lainnya. Di sini, kamu juga bisa thrifting barang bekas berkualitas terbaik hingga mencicipi aneka kuliner legendaris dengan cita rasa jempolan!

Alamat: Jl. Pasar Baru, Kel. Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarat Pusat
Jam operasional: 10.00 - 20.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

3. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng, photo by Alacasa

Satu lagi destinasi wisata Jakarta Pusat yang cocok untuk dijadikan tempat rekreasi. Berlokasi di kawasan Gambir, Taman Lapangan Banteng adalah sebuah ruang publik yang berdiri di atas lahan seluas 5,2 hektar. Ragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari duduk-duduk santai di tepi danau, menemani anak bermain, berfoto ria, berolahraga di area trek atletik, hingga menonton air mancur menari yang akan sangat cantik bila disaksikan saat malam hari. Fasilitas yang tersedia di Lapangan Banteng meliputi area parkir, kamar mandi, arena olahraga, lapangan sepak bola, hingga tempat untuk beristirahat.

Alamat: RRHP+Q2F, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: 05.00 - 22.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis 

4. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki, photo by chanelmuslim

Jika objek wisata seni dan budaya merupakan lokasi favorit untuk kamu mengisi waktu libur, maka Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi jawaban tepat yang patut dikunjungi. Di sini, kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni seperti pentas teater atau seni tari. Terdapat pula rangkaian ekshibisi atau pameran seni dari beragam tema yang merupakan hasil karya para seniman lokal.

Mau bersantai sejenak sambil membaca buku? Ada Perpustakaan Jakarta TIM dengan desain minimalis kontemporer yang spacious dan multifungsi. Nah, biar tidak ketinggalan event-event seru, pastikan untuk mengecek jadwal acara TIM secara berkala melalui media sosial resmi mereka terlebih dahulu sebelum datang ke sini, ya!

Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat
Jam operasional: 09.00 - 20.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis 

Destinasi Wisata Jakarta Utara

5. Ancol

Ancol, photo by Ancol.com

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata di Jakarta Utara yang satu ini? Taman Impian Jaya Ancol termasuk ke dalam pusat rekreasi terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1966 silam, Ancol hingga kini masih menjadi objek wisata paling favorit bagi warga ibu kota lantaran menawarkan banyak sekali pilihan unit hiburan menarik di dalamnya, mulai dari theme park Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Ocean Dream Samudra, Atlantis, Faunaland, Allianz Ecopark, hingga area pantai yang menyuguhkan panorama alam dramatis.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara
Jam operasional: 06.00 - 23.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp25.000 (mobil), 15.000 (motor), Rp45.000 (bus) 

6. Taman Mangrove

Taman Mangrove, photo by jakartamangrove.id

Tinggal di ibu kota bukan berarti kamu tidak bisa menemukan destinasi wisata Jakarta yang kaya akan unsur alam nan asri. Coba saja kunjungi Taman Mangrove yang lokasinya ada di daerah Penjaringan, Jakarta Utara ini. TWA Mangrove Angke Kapuk adalah tempat berlindungnya ekosistem mangrove, hutan pantai, dan beragam jenis satwa yang dilindungi.

Kawasan ini menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin sekedar menghirup udara segar pasca terlalu sering bersentuhan dengan hiruk pikuk kota Jakarta. Apalagi, Taman Mangrove juga menyediakan beragam fasilitas menarik yang begitu lekat dengan lingkungan hijau, mulai dari perahu dayung sampan, wisata air speedboat, penanaman mangrove, kano, tempat penginapan, hingga sesi foto prewedding.

Alamat: Jl. Garden House, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
Jam operasional: 09.00 - 07.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp30.000 (hari kerja) dan Rp35.000 (akhir pekan) 

7. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung, photo by Kompas.com

Kamu yang berasal dari suku Betawi mungkin sudah tidak asing lagi dengan tokoh Si Pitung yang begitu melegenda. Si Pitung adalah sosok jawara asal Betawi yang begitu dihormati karena menjadi ujung tombak perlawanan warga Betawi terhadap penjajahan Belanda di masa lampau. Besarnya pengaruh Si Pitung membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk membuat cagar budaya untuk mengenang kontribusi sang pahlawan.

Rumah Si Pitung berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi dan memiliki luas rumah sekitar 500 meter persegi. Destinasi wisata Jakarta ini berbentuk rumah panggung yang didominasi oleh warna coklat dan merah delima. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan budaya sembari mempelajari benda-benda bersejarah yang dipamerkan di sini. Terdapat juga pusat oleh-oleh yang menjual aneka suvenir menarik, seperti kaos pitungan, gantungan kunci, batik pesisir, dan pernak-pernik lainnya yang bisa kamu bawa pulang.

Alamat: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.2/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Jakarta Utara
Jam operasional: 08.00 - 16.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp5.000 (dewasa), Rp3.000 (mahasiswa), Rp2.000 (anak-anak atau pelajar) 

8. Museum Bahari

Museum Bahari, photo by museum.co.id

Sesuai namanya, Museum Bahari adalah tempat tersimpannya koleksi benda-benda bersejarah dalam ruang lingkup kelautan yang ada di Indonesia. Di dalamnya terdapat banyak sekali aneka alat navigasi, replika perahu dari berbagai suku, hingga kapal tradisional asli yang kerap menjadi alat transportasi pada zaman dahulu. Tak hanya itu saja, museum ini juga memamerkan koleksi langka dengan nilai yang sangat tinggi, mulai dari rangka perahu Phinisi, meriam VOC, hingga koleksi rempah-rempah nusantara.

Alamat: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
Jam operasional: 08.00 - 15.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp3.750 (dewasa), Rp2.250 (mahasiswa), Rp1.500 (anak-anak atau pelajar) 

Destinasi Wisata Jakarta Selatan

9. M Bloc Space

M Bloc Space, photo by silverkris.com

Siapa di antara kamu yang gemar mengunjungi M Bloc Space? Salah satu objek wisata di Jakarta Selatan ini telah menjadi tempat nongkrong andalan bagi para anak muda. Sebuah ruang publik kreatif yang tidak hanya disajikan untuk tempat hangout kekinian semata, namun juga berfungsi sebagai sarana edukasi tempat berlangsungnya pameran dan karya seni dari para seniman lokal.

Kamu bisa mencoba aneka wisata kuliner yang layak untuk kamu eksplor sembari berburu kerajinan tangan dari brand artisan lokal. Lokasinya yang strategis membuat setiap orang bisa dengan mudah menjangkau kawasan ini. Kamu hanya tinggal naik transportasi MRT dan turun di stasiun terdekat, yaitu Stasiun MRT Blok M atau Stasiun ASEAN.

Alamat: Panglima Polim St No.37, RT.1/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: 10.00 - 23.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis 

10. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan, photo by Kompas.com

Saat berbicara tentang kebun binatang yang ada di Jakarta, pasti nama besar Taman Margasatwa Ragunan adalah objek wisata yang pertama kali akan muncul di benak setiap orang. Berlokasi di daerah Pasar Minggu, Ragunan menjadi pusat rekreasi kebun binatang termurah dan mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum.

Memiliki luas lebih dari 140 hektar, destinasi wisata Jakarta ini merupakan tempat bernaung bagi 2.275 ekor satwa yang juga dikelilingi sebanyak 20.000 pohon. Setiap pengunjung dapat berkeliling secara langsung untuk melihat berbagai jenis atraksi binatang ataupun memasuki Pusat Primata Schmutzer. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda sambil menikmati udara segar yang ada di sekitar.

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Selasa - Minggu (07.00 - 16.00 WIB)
Harga tiket masuk: Rp4.000 (dewasa) dan Rp3.000 (anak-anak) 

11. Como Park

Como Park, photo by Louisa

Kalau kamu punya anjing peliharaan, cobalah sesekali untuk mengajaknya bermain di Como Park. Tempat ini merupakan kawasan wisata yang dikhususkan untuk taman bermain bagi anjing peliharaan. Memiliki halaman yang cukup luas dengan sistem keamanan terjamin membuat setiap pengunjung di Como Park bisa dengan bebas melepas rantai hewan peliharaannya di area khusus yang sudah disiapkan.

Kendati demikian, pastikan untuk tetap mengawasi aktivitas anabulmu, ya! Tidak hanya berfungsi sebagai tempat refreshing anjing peliharaan semata, tetapi para owner juga dapat mengunjungi berbagai tenant F&B sekaligus berbelanja fashion item yang tersedia di sini.

Alamat: Jl. Kemang Timur No.15 998, RT.1/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: 08.00 - 20.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis 

12. One Satrio

One Satrio, photo by B Universe Photo/Mohammad Defrizal

Sejak resmi dibuka pada 12 Desember 2022 lalu, keberadaan One Satrio sukses menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta kekinian yang selalu diserbu oleh masyarakat sekitar, terutama pekerja kantoran yang memang bekerja di daerah Mega Kuningan. Hal ini tentu tidak mengherankan, sebab One Satrio menawarkan sebuah area terbuka hijau berkonsep modern yang memiliki banyak sekali spot instagramable.

Di sini, kamu dapat menemukan lebih dari 40 tenant makanan dari berbagai merek ternama yang pastinya menggugah selera. Terdapat pula jogging track sepanjang 800 meter yang bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga, tak ketinggalan dengan keberadaan pusat kebugaran, area playground anak, hingga taman khusus untuk hewan peliharaan.

Alamat: CBD, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. E.1.3, Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (08.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

Destinasi Wisata Jakarta Barat

13. Jakarta Aquarium dan Safari

Jakarta Aquarium dan Safari, photo by JAQS via Herworld

Mengadakan wisata edukasi dengan melihat atraksi biota laut dalam ukuran yang tidak biasa pasti akan terasa menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan experience tersebut bila berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Barat yang satu ini. Jakarta Aquarium dan Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar yang ada di Indonesia.

Di dalamnya terdapat lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Tidak hanya sekedar melihat dari dekat, namun setiap pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan yang ada di sini, mulai dari menyentuh, membelai, hingga memberi mereka makan. Dipandu oleh animal keeper berpengalaman, kamu pun berkesempatan untuk mendapat informasi tak terbatas seputar satwa laut yang ada di dalamnya.

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 21.00)
Harga tiket masuk: Senin - Jumat (Adult Regular: Rp147.000, Child Regular: Rp112.700, Adult Premium: Rp196.000, Child Premium: Rp147.000). Sabtu dan Minggu (Adult Regular: Rp171.500, Child Regular: Rp147.000, Adult Premium: Rp220.500, Child Premium: Rp171.500) 

14. Museum Macan

Museum Macan, photo by museummacan.org

Satu lagi destinasi wisata Jakarta dalam kategori edukasi yang tidak boleh kamu lewati. Museum Macan atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah rumah bagi rentetan karya seni modern dan kontemporer hasil tangan dingin seniman lokal maupun mancanegara. Desain interiornya yang serba putih seolah memang dirancang khusus untuk para pengunjung yang gemar mengabadikannya melalui media sosial.

Beberapa pelukis legendaris asal Indonesia yang karyanya ditampilkan di sini, yaitu Handiwirman Saputra, S. Sudjojono, Raden Saleh, I Nyoman Masriadi, hingga FX Harsono. Kamu yang sudah lelah berkeliling pun dapat langsung mengambil tempat duduk di area kafe berpemandangan langsung kota Jakarta sembari menyesap kopi.

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat
Jam operasional: Selasa - Minggu (10.00 - 18.00)
Harga tiket masuk: Rp70.000 (dewasa), Rp63.000 (pelajar & mahasiswa)

15. Petak Enam

Petak Enam, photo by Manual Jakarta

Bagaimana rasanya menyusuri sebuah destinasi wisata Jakarta yang penuh dengan estetika kebudayaan Tionghoa? Yuk, langkahkan kakimu segera untuk mengunjungi destinasi wisata kuliner Petak Enam yang lokasinya ada di kawasan Pecinan Glodok ini. Saat memasuki area Petak Enam, kamu akan langsung disambut dengan ragam elemen klasik yang lekat dengan tradisi Tionghoa, mulai dari deretan lampion berwarna merah hingga instalasi patung China di setiap sudutnya.

Petak Enam menawarkan aneka santapan kuliner khas peranakan, Indonesia, Melayu, Barat, hingga Italia. Meski begitu, menemukan makanan dan minuman halal sangat mudah di sini. Beberapa tenant legendaris yang sudah diakui kelezatan hidangannya, yaitu Kuotie Shantung Ling, Pempek Eirin, Cempedak Goreng Cik Lina, hingga Pondok Cirebon.

Alamat: Jl. Pancoran No.43, RT.2/RW.6, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 20.30)
Harga tiket masuk: Gratis 

16. Taman Kota Cattleya

Taman Kota Cattleya, photo by vibizmedia

Salah satu ruang terbuka hijau paling populer yang ada di Jakarta Barat adalah Taman Kota Cattleya. Mereka yang datang berkunjung ke sini sangat gemar melakukan piknik kecil-kecilan ataupun sekedar berolahraga ringan di sore hari. Menghirup udara segar sembari merebahkan tubuh di bawah pepohonan rindang milik Taman Kota Cattleya bisa menjadi upaya yang bagus untuk menenangkan pikiran, terutama bagi kamu yang sehari-hari berkutat dengan transportasi umum menuju tempat kerja.

Alamat: Letjen S. Parman St, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 -18.30)
Harga tiket masuk: Gratis 

Wisata Dekat MRT

17. Chillax Sudirman

Chillax Sudirman, photo by Jakarta Tourism

Belum lengkap rasanya bila tidak menggunakan MRT sebagai transportasi terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata Jakarta. Terletak hanya 700 meter dari Stasiun MRT Setiabudi Astra, kamu akan disambut dengan sebuah ruang terbuka bergaya arsitektur Eropa yang bernama Chillax Sudirman. Salah satu wisata dekat MRT ini menghadirkan lebih dari 25 tenant makanan dengan harga bersaing. Cocok untuk dikunjungi bersama teman-teman maupun keluarga di akhir pekan.

Berada tepat di area perkantoran membuat Chillax Sudirman semakin memiliki daya tarik yang memikat lewat lanskap gedung perkantoran di sekelilingnya. Kamu pun tidak akan kehabisan ide untuk mendapatkan spot foto yang insta-worthy. Beberapa tenant makanan yang akan kamu jumpai di sini, yaitu Gion Sushi, Butler’s Steak, Teras Japan, NOB, Skinny Dip, hingga Harper and Cordon.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.KAV 23, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

18. Urban Forest Cipete

Urban Forest Cipete, photo by ManualJakarta

Urban Forest Cipete juga menjadi kawasan wisata yang akhir-akhir ini masih menjadi primadona dari berbagai kalangan. Hal tersebut lantaran Urban Forest Cipete menawarkan keindahan alam yang teduh lewat beragam pepohonan dan tumbuhan hijau yang membentang seluas 1,8 hektar layaknya hutan kota. Untuk menemani waktu bersantaimu, tersedia sejumlah tenant makanan menarik yang wajib kamu sambangi, mulai dari Solo Pizza Argentinale, Little Talk Bistro, Rivareno Gelato, sampai El Profesor. Kawasan ini juga begitu strategis karena hanya berjarak sekitar 200 meter dari MRT Cipete Raya.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

19. Little Tokyo

Little Tokyo, photo by pergikuliner

Kamu para pecinta kuliner Negeri Sakura wajib ke sini! Little Tokyo adalah sebuah objek wisata di kawasan Blok M yang menawarkan atmosfer ala kota Tokyo, Jepang lengkap dengan kehadiran ornamen klasik di setiap sudutnya. Tak heran bila banyak sekali orang yang rela datang berbondong-bondong ke lokasi ini hanya untuk sekedar mengabadikan beberapa spot foto. Little Tokyo menawarkan puluhan restoran unik yang menyajikan sensasi kuliner khas Jepang dengan cita rasa istimewa.

Alamat: Jl. Melawai 6 No.15a, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

20. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK, photo by Katadata

Pilihan destinasi wisata Jakarta yang terakhir adalah Hutan Kota GBK. Lokasi ini sering kali dijadikan sebagai tempat piknik favorit bagi masyarakat ibu kota lantaran menawarkan panorama gedung-gedung pencakar langit yang begitu memukau. Hijaunya hamparan rumput yang mengelilingi Hutan Kota GBK juga seolah-olah memang dipersembahkan khusus untuk setiap orang yang ingin menghabiskan waktunya dengan berbaur bersama kerabat dekat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas jogging track untuk berolahraga ataupun melakukan sesi photoshoot di sekitar lokasi. Letak Hutan Kota GBK hanya sekitar 5 menit dari MRT Istora Mandiri.

Alamat: Pintu Tujuh Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Selasa - Minggu (06.00 - 10.00 & 15.00 - 18.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

Demikian ulasan mengenai dua puluh destinasi wisata Jakarta yang bisa kamu pertimbangkan untuk opsi berlibur di akhir pekan.