15 Kuliner Jakarta dengan Rasa Paling Legendaris

15 Kuliner Jakarta dengan Rasa Paling Legendaris
Kuliner Jakarta, photo by Pexels

Siapa, sih, yang bisa menolak kenikmatan kuliner khas Jakarta? Dari jajanan pinggir jalan hingga restoran legendaris, Jakarta menawarkan beragam hidangan yang menggugah selera. Kalau kamu mencari pengalaman kuliner yang nggak terlupakan, kamu wajib simak informasi 15 kuliner legendaris di Jakarta berikut ini. Setiap gigitannya menggoda!

15 Kuliner Jakarta

1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, photo by Kompas.com

Saat pertama kali makan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, kamu bakal langsung dibikin terpukau dengan rasa daging kambingnya yang lezat dan bumbunya yang wangi. Rasa khas nasi goreng legendaris ini berasal dari bumbu seperti serai dan daun jeruk yang berpadu sempurna. Nasinya yang agak renyah tapi juga lembut cocok banget disantap dengan daging kambing yang empuk dan enak.

Alamat: Jl. Kebon Sirih Raya No. 35, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 18.00 - 02.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp40.000 - Rp60.000.

2. Soto Betawi H. Ma'ruf

Soto Betawi H. Ma'ruf, photo by Travel Kompas

Begitu kuah santan kental dan harum Soto Betawi H. Ma’ruf ini masuk ke mulutmu, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis secara bersamaan. Daging sapi yang dimasak dengan sempurna, lembut, dan mudah lepas dari tulangnya, menambah kompleksitas rasa dalam setiap suapan. Rempah-rempah seperti serai dan daun jeruk juga bikin hidangan ini memiliki keharuman yang khas yang pasti susah dilupakan.

Alamat: Jl. Kebon Sirih Raya No. 36A, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 06.00 - 15.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp50.000.

3. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet, photo by PergiKuliner.com

Kulit bebek yang renyah dan dagingnya yang juicy langsung terasa di mulutmu sejak gigitan pertama. Kelezatan daging bebek ini dipadu dengan bumbu rempah yang meresap hingga ke tulang, menciptakan sensasi rasa yang kaya dan mendalam. Setiap gigitan menghadirkan kombinasi tekstur yang sempurna antara kulit yang renyah dan daging yang empuk, serta rasa yang memanjakan lidah.

Alamat: Jl. Tebet Raya No. 12, Tebet, Jakarta Selatan.
Jam Buka: 08.00 - 22.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp80.000 per porsi.

4. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci, photo by Travel Kompas

Bakmi gang kelinci menghadirkan sensasi gigitan pertama yang menggugah selera lewat tekstur mi yang kenyal dan cita rasa khasnya. Mi yang disajikan dengan daging ayam yang lezat dan bumbu khas ini memberikan pengalaman rasa yang lezat dan memuaskan. Saus yang dihidangkan bersama mi dan ayamnya menambah sentuhan rasa jadi lebih kaya.

Alamat: Jl. Kelinci Raya No.1-3, Ps. Baru, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 09.00 - 20.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp35.000 - Rp85.000 per porsi.

5. Gulai Tikungan Blok M

Gulai Tikungan Blok M, photo by PergiKuliner.com

Ada pula kuliner legendaris Jakarta lainnya, yaitu Gulai Tikungan Blok M. Dikenal sebagai ikon kuliner khas Blok M, gulai tikungan ini menghadirkan cita rasa yang autentik dan lezat. Kuah gulai yang kaya rempah, bersatu dengan potongan daging yang empuk, menciptakan sensasi gurih yang menggugah selera. Tempat makan ini sudah menjadi favorit warga Jakarta selama bertahun-tahun, menghadirkan pengalaman kuliner yang nggak terlupakan di tengah hiruk-pikuk ibu kota.

Alamat: Jl. Bulungan No.40, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan.
Jam Buka: 17.00 - 03.00 WIB (tutup hari Sabtu).
Kisaran Harga: Rp10.000 - Rp20.000 per porsi.

6. Sop Buntut Cut Meutia

Sop Buntut Cut Meutia, photo by travel kompas

Saat kamu menyendok kuah sop buntut yang hangat dan gurih, kamu bakal langsung merasakan kelezatan dari sumsum buntut sapi. Kuah yang kaya rempah dan harum, bersatu dengan daging buntut yang empuk, menciptakan pengalaman rasa yang memanjakan lidah. Setiap gigitan dari daging yang lezat dan sumsum yang lembut memberikan sensasi kenikmatan yang menggugah selera.

Alamat: Jl. Menteng Kecil No.4, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 09.30 - 15.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp55.000 - Rp85.000 per porsi.

7. Martabak Pecenongan 65A

Martabak Pecenongan 65A, photo by PergiKuliner.com

Martabak Pecenongan 65A adalah perpaduan antara tekstur lembut bagian dalam dengan lapisan kulit yang renyah di luar. Isian coklat dan keju yang meleleh di dalamnya menciptakan kombinasi rasa yang manis, gurih, dan garing secara bersamaan. Setiap gigitan menyuguhkan harmoni rasa yang sempurna antara coklat, keju, dan tekstur kulit martabak yang unik.

Alamat: Jl. Pecenongan No. 65A, Pecenongan, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 16.00 - 00.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp25.000 - Rp50.000.

8. Bakmi Bangka Aloiy 777

Bakmi Bangka Aloiy 777, photo by PergiKuliner.com

Menyajikan cita rasa asli Bangka, hidangan Bakmi Bangka Aloiy 777 memiliki rasa yang autentik dan memikat. Saat pertama kali mencicipi, kamu akan langsung merasakan kelezatan mi yang kenyal dan lezat. Kuah kaldunya yang kaya dan gurih menggoda selera dan menghadirkan sentuhan rasa yang luar biasa. Ditambah dengan topping seperti pangsit, bakso, dan potongan daging ayam, setiap suapan bakmi ini memberikan pengalaman yang memuaskan.

Alamat: Jl. aman Aries No.9, Kembangan, Jakarta Barat.
Jam Buka: 07.00 - 14.00 WIB (tutup hari Rabu).
Kisaran Harga: Rp10.000 - Rp34.000.

9. Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi Uduk Kebon Kacang, photo by PergiKuliner.com

Nasi uduk ini memiliki aroma harum daun pandan yang mengundang sejak pertama kali kamu membuka bungkusnya. Saat disantap, nasi uduk ini memberikan rasa yang lezat dan lembut di dalam mulut. Rempah-rempah yang tercampur dalam nasi, serta kombinasi antara nasi yang pulen dengan lauk-pauk seperti ayam goreng dan tempe orek, memberikan dimensi rasa yang beragam dalam setiap suapan.

Alamat: Jl. Kebon Kacang Raya No. 8, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 07.00 - 15.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp20.000 - Rp40.000.

10. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon, photo by PergiKuliner.com

Begitu sate padang ini masuk ke mulutmu, kamu akan langsung mencium aroma harum dari bumbu Padang yang khas. Saat kamu mengunyah, daging empuk dan rempah-rempah yang bercampur dalam setiap serpihan daging menciptakan kombinasi rasa yang unik. Kuah khas Padang yang kental dan lezat sempurna untuk merendam sate menambah dimensi rasa yang memanjakan lidah.

Alamat: Jl. Pintu Air 3 No. 32, Glodok, Jakarta Barat.
Jam Buka: 06.30 - 14.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp25.000 - Rp40.000.

11. Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia, photo by PergiKuliner.com

Menyajikan cita rasa es krim ala Italia dengan sentuhan lokal, Ragusa sudah menjadi simbol ikonik dalam dunia kuliner Jakarta. Saat kamu pertama kali mencicipi es krim di sini, kamu akan merasakan kesegaran dan kelembutan es krim yang lumer di mulutmu. Setiap suapan menawarkan lapisan rasa yang kompleks, dari rasa coklat hingga vanilla, semuanya disajikan dengan kualitas yang luar biasa.

Alamat: Jl. Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp14.000 - Rp35.000.

12. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie, photo by IDN Times

Merupakan warung kopi legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1927, tempat ini sudah menjadi ikon khas Jakarta dalam dunia kuliner. Kopi es di sini menawarkan kelezatan dari racikan kopi yang khas dan aromanya yang menggoda. Kopi Es Tak Kie terkenal karena penggunaan biji kopi berkualitas dan proses pembuatannya yang tradisional. Selain cita rasa yang autentik, suasana warung kopi ini juga membawamu merasakan sejarah dan budaya kopi di Jakarta.

Alamat: Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, Taman Sari, Jakarta Barat.
Jam Buka: 06.00 - 14.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000.

13. Es Teler Sari Mulia

Es Teler Sari Mulia, photo by travel kompas

Sejak lama, tempat ini menjadi favorit di Jakarta untuk menikmati es teler yang lezat dan menyegarkan. Saat kamu menyendok es telernya, pertama-tama kamu akan merasakan kelezatan campuran berbagai buah segar seperti alpukat, kelapa muda, dan nangka. Sensasi manis dan gurih dari santan dan siraman gula merah menghadirkan sensasi rasa yang segar, manis, dan kaya, cocok untuk menyegarkan harimu di tengah cuaca Jakarta yang panas.

Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.21, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Mulai dari Rp23.000.

14. Nasi Padang Sederhana

Nasi Padang Sederhana, photo by detikFinance

Rasa pedas, gurih, dan bumbu rempah yang khas menyatu dalam setiap suapan Nasi Padang Sederhana, memberikan perpaduan rasa yang menarik di lidahmu. Daging rendang yang lumer dan gulai ayam yang gurih bisa kamu cobain kalau kamu mau sensasi kenikmatan yang mendalam.

Alamat: Jl. KH. Agus Salim No. 49, Thamrin, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB (setiap hari).
Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp50.000 per porsi.

15. Bubur Ayam Cikini

Bubur Ayam Cikini, photo by Kompasiana.com

Saat kamu pertama kali mencicipi bubur ayam ini, kamu akan merasakan kehangatan dan kelezatan dari bubur yang lembut dan kental. Potongan daging ayam yang empuk dan cita rasa kaldu yang gurih akan membuatmu merasa seperti mendapatkan pelukan hangat di setiap suapannya. Bubur ayam ini juga disajikan dengan taburan bawang goreng, irisan ayam, dan rempah-rempah yang memberikan sentuhan rasa yang khas.

Alamat: Jl. Cisadane No.121, Cikini, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 06.00 - 11.00 WIB (setiap hari).
Harga: Mulai dari Rp25.000 per porsi.

Jadi, kuliner Jakarta mana yang jadi favoritmu, nih?