22 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer Dibeli!

22 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer Dibeli!
Oleh-Oleh Khas Jakarta, photo by Shopback

Jakarta sering dikenali karena hiruk pikuk dan kesibukannya sebagai Ibukota. Padahal, Jakarta juga punya nilai sejarah, kekayaan budaya, kuliner, hingga oleh-oleh khas Jakarta. Sama seperti daerah lain yang memiliki buah tangan, ada oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu bawa pulang. Ada dodol, roti buaya, sampai batik loh! Penasaran? Ini dia 15 oleh-oleh khas Jakarta yang paling populer!

Oleh-oleh Khas Jakarta

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi, photo by iNews

Dodol jadi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Di Jakarta, dodol dikenal dengan sebutan Dodol Betawi. Keistimewaan dari Dodol Betawi ini karena cara pembuatannya masih sangat tradisional, menggunakan wajan besar dan tungku. Proses pembuatan dodol pun memakan waktu mencapai 8 jam dan harus diaduk secara nonstop hingga teksturnya mengental.

Selain dimasak secara tradisional, dodol betawi pun dikemas demikian. Kemasan dodol berwarna hitam kecoklatan ini menggunakan besek plastik. Nah, dodol betawi tradisional ini hanya memiliki 3 varian rasa, yakni ketan putih, ketan hitam, dan durian. Kalau kamu ingin membeli dodol betawi dengan cita rasa autentik, cukup datangi toko Dodol Betawi Asli Hj. Mamas di kawasan Condet, Jakarta Timur yang sudah ada sejak tahun 1970-an.

Alamat: Jalan Batu Ampar I No. 42, Condet, RT.13/RW.4, Batu Ampar, Jakarta Timur, Kota Jakarta Timur

2. Roti Buaya

Roti Buaya, photo by Global Soul Ingredia

Makanan satu ini bisa kamu temukan di momen pernikahan karena di suku Betawi buaya dianggap sebagai lambang cinta, loh! Jadi, dibuat deh replika sepasang buaya menggunakan roti. Penggunaan buaya sebagai seserahan di budaya Betawi juga karena hewan satu ini dahulunya sering ada di rawa-rawa Jakarta dan dianggap sebagai penyeimbang alam.

Nah, roti buaya ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh dengan versi ukuran yang lebih kecil dari roti buaya seserahan. Buat cita rasa dari roti buaya dibuat gurih. Namun, sekarang ini juga sudah banyak varian rasa dari roti buaya yang bisa kamu nikmati. Dimana tempat membelinya? Kamu bisa beli roti buaya di Toko Kue ASNR yang biasa menyediakan pesanan roti buaya.

Alamat: Jl. Moch Kahfi II Kelurahan No.1D, RT.9/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

3. Kue Kembang Goyang

Kembang Goyang, photo by Kompas

Kerap ada saat Hari Raya, kue Kembang Goyang merupakan camilan khas Betawi berbahan dasar tepung beras atau tepung ketan. Memiliki tekstur renyah dengan rasa yang manis bikin camilan ini disukai banyak orang.

Nama kue ini diambil dari prosesnya, bentuknya mirip dengan kelopak bunga (kembang) sementara proses masaknya ialah dengan menggoyang-goyangkan cetakan berbentuk bunga tersebut. Salah satu Kembang Goyang terpopuler sebagai oleh-oleh khas Jakarta ialah Kampung Kembang Goyang.

Alamat: Blok Proposal, Jl. Raya Lenteng Agung No.20, RT.10/RW.2, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

4. Batik Betawi

Batik Betawi, photo by GNFI

Tahukah kamu kalau Jakarta juga punya batik daerah? Yap, namanya adalah Batik Betawi. Batik ini punya motif berbeda-beda yang menonjolkan ciri khas dari Jakarta. Batik Betawi ada yang bermotif ondel-ondel, tanjidor, atau pucuk rebung dengan beragam macam warna cerah. Cocok banget jadi oleh-oleh kamu yang suka mengoleksi batik.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan Batik Betawi, kamu bisa mengunjungi Batik Betawi Terogong yang menjual ragam batik khas Jakarta.

Alamat: Jl.Terogong III No.27C, RT.9/RW.10, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan

5. Kebaya Encim

Kebaya Encim, photo by Viva

Salah satu pakaian adat dari Jakarta adalah Kebaya Encim. Mempunyai bentuk lengan ¾ dengan bagian bawah meruncing ke bawah. Model ini juga banyak dipengaruhi oleh budaya Tionghoa pada masanya hingga saat ini menjadi pakaian adat. Saat ini, pakaian adat Kebaya Encim banyak digunakan untuk berbagai macam acara baik formal dan non-formal.

Beberapa toko kebaya yang ada di mall-mall atau toko grosir di Jakarta masih banyak menyediakan model Kebaya Encim. Salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin membeli Kebaya Encim sebagai oleh-oleh bisa mendatangi Rumah Kebaya Milla House di Jalan Panglima Polim Jakarta Selatan

Alamat: Jl. Panglima Polim V No.12 A, RT.1/RW.7, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

6. Biji Ketapang

Biji Ketapang, photo by Fimela

Camilan tradisional dari Jakarta yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan. Biji Ketapang adalah kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan kelapa parut. Bentuknya sangat mirip dengan biji buah ketapang. Biji Ketapang ini sering jadi camilan yang dipajang ketika Hari Raya Idul Fitri. Kamu gak perlu khawatir karena tidak perlu menunggu momen khusus untuk memakan biji ketapang. Bahkan, camilan satu ini menjadi oleh-oleh khas dari Jakarta.

Buat kamu yang ingin mencoba rasa dari biji ketapang, kamu bisa mampir ke toko oleh-oleh Romlah Oleh-Oleh Jakarta yang menjual segala jenis oleh-oleh makanan khas Jakarta.

Alamat: Jl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

7. Boneka Ondel-Ondel

Boneka Ondel-Ondel, photo by Kompas

Boneka ikonik yang ada di Jakarta adalah ondel-ondel. Menurut sejarah, ondel-ondel pada masa lalu dianggap sebagai penolak bala dan penjaga kampung. Biasanya juga, ondel-ondel diarak (keliling) kampung pada acara tertentu, seperti selametan, hajatan, atau panen bumi.

Ondel-ondel sendiri memiliki wujud fisik berupa boneka besar dengan tinggi kurang lebih 2,5 meter yang dibuat menggunakan anyaman bambu. Wajahnya di cat merah untuk laki-laki dan putih untuk perempuan. Sebagai ikon, tentu ondel-ondel ada replikanya yang sering kali dicari banyak orang. Nah, kamu bisa beli langsung replika ini ke wilayah Setu Babakan alias Kampung Betawi yang terletak di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Alamat: Betawi Online Gallery Outlet 1 | Pusat Oleh-oleh & Kesenian Khas Jakarta, Jl. Situ Babakan No.41, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan
10 Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Wajib Dicoba
Ingin cobain berbagai makanan khas Jakarta yang enak? Yuk, simak 10 rekomendasinya di artikel ini!

8. Miniatur Monas

Miniatur Monas, photo by Carica

Kalau main ke pusat kota, kamu pasti akan melihat miniatur Monumen Nasional (Monas) yang berada dekat dengan Istana Negara. Monas merupakan monumen peringatan dengan tinggi 132 meter yang memiliki lidah api berlapis emas pada mahkotanya. Di dalam Monas terdapat sejarah perjuangan Indonesia dalam menghadapi penjajah.

Wisatawan yang datang ke Jakarta pasti ingin mengunjungi Monas karena nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain mengunjungi Monas, kamu bisa loh membeli miniatur tempat bersejarah ini yang bisa dibawa kemanapun. Sama seperti boneka ondel-ondel, kamu bisa membeli miniatur Monas di Betawi Online Gallery Outlet atau toko souvenir di Jakarta yang umumnya menyediakan miniatur ikon kota.

Alamat: Jl. Situ Babakan No.41, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

9. Kue Semprong

Kue Semprong, photo by Kompas

Berbentuk mirip dengan egg rolls, ternyata ada Kue Semprong sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Sebutan “Semprong” ini berasal dari alat musik tiup yang bentuknya sangat mirip dengan Kue Semprong.

Kue Semprong memiliki rasa manis, gurih, dan renyah sehingga cocok buat kamu jadikan teman nonton film atau bersantai di rumah. Camilan ini bisa kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh dekat stasiun dan bandara. Kamu juga bisa melipir ke Romlah Oleh-Oleh Jakarta.

Alamat: Jl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

10. Tape Uli

Tape Uli, photo by Bobo Grid

Makanan yang sangat populer di Jakarta ini kerap jadi pilihan untuk sarapan. Namun, tenang aja karena Tape Uli bisa juga kamu bawa sebagai oleh-oleh. Tape Uli merupakan olahan ketan putih yang ditumbuk hingga teksturnya chewy, serta cocolan berupa ketan hitam yang difermentasi. Bagaimana rasanya? Jika keduanya dikombinasikan, Tape Uli memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Kamu bisa menemukan penjual Tape Uli di kawasan Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Adapun penjual Tape Uli legendaris di Jakarta berada di Jalan Raya Bogor-Jakarta KM 31 bernama Tape Uli Cisalak yang sudah berdiri sejak 63 tahun lalu.

Alamat: Jl. Raya Jakarta-Bogor No.15, RW.5, Cisalak Ps., Kec. Cimanggis, Kota Depok

11. Bir Pletok

Bir Pletok, photo by Fimela

Jangan sampai melewatkan bir halal alias Bir Pletok yang jadi minuman khas di Jakarta. Walaupun bernama bir, tetapi minuman satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir Pletok terbuat dari berbagai rempah yang mampu menghangatkan tubuhmu. Jangan khawatir minuman ini akan memabukkan karena Bir Pletok justru baik untuk kesehatanmu.

Menemukan bir pletok tidaklah sulit karena masih banyak pedagang bir pletok keliling yang berjualan di gerobak. Namun, kalau kamu ingin bir pletok yang bisa dijadikan oleh-oleh bisa membelinya di Bir Pletok Bang Isra karena menggunakan kemasan botol yang lebih aman.

Alamat: Gg. Raidjah No.23, RW.9, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

12. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa, photo by Resep Mami

Camilan tradisional yang bentuknya mirip dengan akar kelapa ialah Kue Akar Kelapa. Perpaduan rasa manis dan gurih mentega menjadikan Kue Akar Kelapa disukai banyak orang. Meski dinamakan Kue Akar Kelapa, tidak ada kelapa yang digunakan sebagai bahan pembuatan kue ini. Bahan pembuatan kue ini sendiri terdiri dari tepung beras, tepung ketan, mentega, dan telur. Saat ini, Kue Akar Kelapa cukup sulit untuk didapatkan. Namun, kamu mencarinya di Toko Oleh-Oleh Khas Jakarta cabang Kota Tua.

Alamat: Kantor Pos Kota Tua Jl. Taman Fatahillah No.3 RT/RW. 07/07, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

13. Miniatur Bajaj

Miniatur Bajaj, photo by Shopee

Kalau Jogja punya becak sebagai kendaraan tradisionalnya, di Jakarta terkenal Bajaj. Kendaraan roda tiga ini mampu mengangkut 2-3 orang sekaligus. Miniatur Bajaj kerap kali dijual sebagai buah tangan para wisatawan Jakarta. Selain miniatur Bajaj, kamu juga bisa membeli miniatur kendaraan umum lain yang pernah dan masih beroperasi di Jakarta, seperti bemo, Transjakarta, hingga MRT. Nah, kamu bisa dapatkan miniatur-miniatur ini di Betawi Online Galeri.

Alamat: Jl. Situ Babakan No.41, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

14. Kue Geplak

Kue Geplak, photo by Indonesia Kaya

Geplak dalam bahasa Betawi berarti “pukul”, kue satu ini melalui proses dipukul. Oleh karena itu, kue tradisional dari Jakarta kali ini diberi nama Kue Geplak. Berbentuk balok putih karena terbuat dari tepung beras, Kue Geplak menjadi hantaran ketika ada acara di adat Suku Betawi.

Bagaimana dengan rasanya? Jangan khawatir karena Kue Geplak punya rasa manis dan gurih dari campuran gula serta parutan kelapa. Kue ini memang sangat cocok kalau kamu jadikan oleh-oleh khas Jakarta karena mampu bertahan sampai seminggu di suhu ruang. Buat membeli Kue Geplak ini, kamu bisa mengunjungi kampung di kawasan Setu Babakan sebagai salah satu cagar budaya Betawi yang masih ada hingga kini.

Alamat: Jl. Situ Babakan No.1, RT.1/RW.7, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

15. Keripik Buah

Keripik Buah, photo by Kumparan

Mau cari oleh-oleh dengan bahan dasar buah? Ada dong tentunya! Kamu bisa pilih berbagai macam varian keripik buah untuk jadi buah tangan dari Jakarta. Berbagai rasa tersedia untuk keripik buah ini mulai dari mangga, apel, salak, nangka, hingga jambu. Walaupun teksturnya crunchy seperti keripik pada umumnya, tetapi aroma buah serta rasanya masih tetap seperti buah utuh, loh!

Menjadi oleh-oleh yang sangat mudah didapatkan, keripik buah bisa kamu beli di toko oleh-oleh Jakarta khusus makanan seperti di Pusat Oleh-Oleh Jakarta.

Alamat: Kantor Pos Kota Tua Jl. Taman Fatahillah No.3 RT/RW. 07/07, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

16. Putu Mayang

Putu Mayang, photo by Instagram @/linagui.kitchen

Putu mayang merupakan salah satu kue khas Betawi yang legendaris. Sajian ini terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang dicampur dengan santan dan kemudian dibentuk layaknya gulungan mie. Putu mayang umumnya berwarna hijau dan merah muda yang disajikan dengan gula jawa cair.

Cita rasanya yang manis dan gurih membuat camilan ini kian digemari oleh warga asli Jakarta sebagai teman minum teh atau kopi. Saat ini, putu mayang juga sangat mudah ditemukan di berbagai toko kue ataupun melalui pedagang keliling yang kerap menjajakannya dari komplek ke komplek. Kue Putu Mayang Betawi Asiyah menjadi salah satu penjual putu mayang paling favorit di Jakarta Barat.

Alamat: Jl. 7 16, Jl. Pal Merah Utara II No.22, RT.7/RW.16, Palmerah, West Jakarta City, Jakarta 11480

17. Kue Rangi

Kue Rangi, photo by istimewa/indozone.id

Kue rangi atau yang biasa disebut dengan sagu rangi merupakan oleh-oleh khas Jakarta yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut dan tepung sagu aren. Adonan tersebut kemudian dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku berukuran kecil dan ditutup hingga matang. Kue rangi biasanya disajikan dengan topping gula merah yang dikentalkan agar mampu melahirkan rasa yang manis, gurih, dan bertekstur kenyal.

Sayangnya, bahan utama kue rangi cenderung mudah basi sehingga perlu dihabiskan dalam jangka waktu satu hari. Kamu bisa menemukan kue rangi di sebuah toko kue tradisional yang letaknya berada tepat di bawah flyover Stasiun Tebet.

Alamat: St. Tebet, Jln kh Abdullah Syafi'i No.6, RT.1/RW.6, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

18. Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju, photo by masakanmama.com

Siapa di antara kamu yang hobi ngemil telur gabus keju? Camilan legendaris ini memang kerap dijumpai saat hari-hari besar, terutama pada momen Idul Fitri. Telur gabus keju memiliki bentuk yang runcing di kedua ujungnya dengan tekstur mengembung pada bagian tengah. Rasanya yang gurih dengan sedikit asin berkat bahan utama keju membuat oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini memiliki banyak penggemar. Kamu bisa menemukan telur gabus keju di berbagai pusat buah tangan yang tersebar di Jakarta, salah satunya Thamrin City.

Alamat: Jl. Kebon Melati 1, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230

19. Pencok Kentang Betawi

Pencok Kentang Betawi, photo by bogor-today.com

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan lauk pelengkap makanan yang satu ini. Kalau di daerah Jawa Barat menu ini sering disebut dengan istilah kentang mustofa, maka orang Betawi justru kerap menyebutnya sebagai pencok kentang. Ini merupakan olahan kentang garing yang dicampur dengan cabai dan bumbu balado. Cara menikmati pencok kentang adalah dengan menaburkannya sebagai topping di atas nasi hangat demi membuatnya semakin sedap begitu disantap. Tekstur pencok kentang yang renyah benar-benar berpadu sempurna dengan sedikit rasa pedas yang nagih di lidah. JeAmanda Kue adalah salah satu toko kue tradisional yang menjual pencok kentang Betawi.

Alamat: Jl. Pedati Raya No.50, RT.4/RW.10, Kp. Melayu, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

20. Kue Pancong

Kue Pancong, photo by endeus tv

Kue pancong menjadi oleh-oleh khas Jakarta selanjutnya yang hingga kini masih menjadi andalan para wisatawan. Jajanan tradisional Betawi ini terbuat dari campuran kelapa parut, santan, tepung beras, dan taburan garam. Tak heran, bila kue pancong memiliki perpaduan rasa yang gurih, asin, dan manis sekaligus. Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan kue pukis membuat kedua makanan ini terasa sulit dibedakan oleh sebagian orang. Kendati demikian, kue pancong cukup mudah dikenali berkat sentuhan rasa asinnya yang lebih dominan dan memiliki ukuran sedikit lebih kecil dan pipih dibandingkan kue pukis.

Alamat: St. Tebet, Jln kh Abdullah Syafi'i No.6, RT.1/RW.6, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

21. Roti Gambang

Roti Gambang, photo by endeus tv

Roti gambang menjadi salah satu camilan jadul khas Betawi yang tak lekang oleh waktu. Kuliner legendaris ini memiliki tekstur empuk dengan cita rasa manis yang tidak terlalu kuat. Hal tersebut lantaran roti gambang menggunakan gula jawa dan warna kecoklatan dari gula merah agar terlihat alami. Uniknya lagi, terdapat aroma kayu manis yang cukup kuat dengan taburan wijen di atas permukaan roti gambang sebagai pemanis. Kamu bisa menemukan roti gambang di Toko Kue Radesha yang terletak di daerah Jakarta Barat.

Alamat: Jl. Jagung 1 No.14, RT.14/RW.8, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11740

22. Kue Cincin

Kue Cincin, photo by detik.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta lainnya tidak lain dan tidak bukan adalah kue cincin. Masyarakat Betawi asli diketahui kerap bahu-membahu dalam membuat kue cincin saat akan menyambut momen-momen penting, contohnya seperti pernikahan. Kue cincin berbentuk seperti donat dalam ukuran yang lebih kecil, teksturnya pun legit dan memiliki rasa yang cenderung manis. Bahan utama kue cincin adalah tepung beras, kelapa sangrai, dan gula merah, yang kemudian digoreng membentuk cincin. Untuk membeli kue cincin, kamu bisa mengunjungi Toko Kue Betawi Bang Aziz yang letaknya ada di daerah Kalideres, Jakarta Barat.

Alamat: Jalan Bambu Larangan RT.8/RW.9, deket jembatan pinggir, kali, simpang macan, RT.8/RW.19, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat

Banyak banget kan variasi oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu pilih? Baju, miniatur, hingga berbagai jenis makanan semua bisa kamu bawa pulang ke kampung halaman. Selain daftar di atas, masih banyak lagi benda atau kuliner menarik yang bisa kamu bawa pulang dari Kota Jakarta ini.