5 Transportasi Umum di Jakarta yang Selalu Jadi Andalan

5 Transportasi Umum di Jakarta yang Selalu Jadi Andalan
Transportasi umum di Jakarta, photo by Pexels/Ketut Subiyanto

Penggunaan transportasi umum di Jakarta hingga saat ini masih harus terus ditingkatkan. Pasalnya, kebanyakan warga Jakarta masih lebih suka naik kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Sebab, transportasi umum dianggap belum mampu memberikan kenyamanan yang dibutuhkan.

Namun, beragamnya jenis transportasi umum di Jakarta yang sekarang dibuat lebih aman dan nyaman agaknya dapat merubah kondisi ini. Buktinya, pada tahun 2022, terdapat 1 juta warga yang menjadi pengguna transportasi umum di Jakarta, lho. Angka ini jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya sekitar 350 ribu orang.

Nah, buat kamu yang tinggal di Ibu Kota atau merupakan warga Jakarta, ada 5 transportasi umum, nih, yang bisa jadi andalan. Simak, yuk, informasi selengkapnya yang sudah dirangkum Cove berikut ini!

Transportasi Umum di Jakarta

1. KRL

KRL, photo by iNews

KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line di Jakarta pertama kali beroperasi pada tahun 1925. Secara bertahap, pelayanan KRL terus diperbaiki. Mulai dari melarang adanya penumpang di atap kereta, PKL, maupun pengamen di dalam gerbong.

Layanan yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT KAI ini menjadi salah satu solusi kemacetan Ibu Kota. KRL menawarkan waktu tempuh yang jauh lebih singkat daripada transportasi umum lainnya. Selain itu, biaya menggunakan transportasi umum ini juga sangat murah.

Untuk jenis tiket Kartu Multi Trip (KMP), harga tiketnya adalah Rp50.000 dengan jumlah saldo Rp30.000 dan bisa diisi ulang di loket maupun vending machine yang tersedia. Kamu juga bisa menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk satu kali perjalanan dengan harga Rp14.000.

Namun, ada 10 stasiun KRL yang saat ini tidak lagi melayani pembelian THB dengan alasan penerapan lokasi khusus uang elektronik, yaitu:

  • Jakarta Kota
  • Bekasi
  • Kranji
  • Bojonggede
  • Citayam
  • Depok
  • Depok Baru
  • Parung Panjang
  • Tanah Abang
  • Angke

Sementara itu, mengenai rute, KRL mengalami sejumlah perubahan sejak Mei 2022. Berikut perubahan rute KRL yang diterapkan PT KAI:

  • Penghapusan rute Cikarang-Bekasi ke Jakarta Kota.
  • Kereta dari Cikarang melewati Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Kampung Bandan.
  • Kereta dari Bekasi melewati Jatinegara-Pasar Senen-Kemayoran-Kampung Bandan.
  • Penghapusan rute dari Bogor-Jatinegara via Tanah Abang, sehingga kereta dari Bogor hanya melayani rute tujuan Jakarta Kota.

Agar lebih jelas, simak rute KRL Commuter Line terbaru berikut ini:

Rute KRL Commuter Line terbaru 2022, photo by krl.co.id
Kost Jakarta Pusat - 91 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Pusat - Sewa kost bulanan di Jakarta Pusat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

2. Bus Trans Jakarta

Bus Trans Jakarta, photo by TransJakarta

Mulai beroperasi sejak 15 Januari 2004, Bus Trans Jakarta kini menjadi salah satu transportasi umum di Jakarta yang nyaman, cepat, dan terjangkau. Bus Trans Jakarta lebih cepat dalam beroperasi dibandingkan bus kota lainnya karena transportasi umum ini mempunyai jalur dan halte khusus.

Untuk menggunakan Bus Trans Jakarta, kamu perlu menggunakan kartu elektronik (e-ticketing) yang dikeluarkan oleh bank, di antaranya:

  • BRIZZI dari Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Flazz dari Bank Central Asia (BCA)
  • Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card dari Bank Negara Indonesia (BNI)
  • E-money, e-toll card, Indomaret card, dan GazCard dari Bank Mandiri
  • JakCard dari Bank DKI
  • MegaCash dari Bank Mega

Mengenai tarif, saat ini naik Bus Trans Jakarta dikenakan biaya sebesar Rp10.000 untuk plafon maksimum satu kali perjalanan. Penetapan tarif transportasi massal di Jakarta ini juga berlaku untuk MRT dan LRT. Berikut beberapa catatan penting tarif transportasi massal di Jakarta yang tertuang dalam Kepgub No. 733 Tahun 2022:

  • Berlaku skema tarif kombinasi dengan biaya awal sebesar Rp2.500
  • Biaya awal Rp2.500 dibayar oleh penumpang saat tap in di mesin feeder
  • Berdasarkan jarak perjalanan, penumpang akan dikenakan tarif perjalanan Rp250 per kilometer setelah membayar biaya awal
  • Pembatasan waktu perjalanan untuk plafon tarif maksimum Rp10.000 adalah selama 180 menit (3 jam)
  • Tarif maksimum satu kali perjalanan Rp10.000 berlaku jika penumpang tidak keluar dari sistem transportasi umum sejak pertama kali tap in
  • Jika penumpang menghabiskan waktu tempuh lewat dari 180 menit dalam satu kali perjalanan, paket tarif perjalanan berikutnya akan ikut dihitung (disamping jumlah maksimum tarif Rp10.000)

Bus Trans Jakarta memiliki rute sangat luas yang bisa menjangkau hampir seluruh penjuru Jakarta, di antaranya:

Koridor 1

Dari Blok MKota.

Koridor 2

Pulogadung—Harmoni Central

Koridor 3

Terminal Kalideres—Pasar Baru

Koridor 4

Pulogadung 2—Dukuh Atas 2

Koridor 5

Kampung Melayu—Ancol

Koridor 6 

Ragunan—Dukuh Atas 2

Koridor 7 

Kampung Rambutan—Kampung Melayu

Koridor 8

Lebak Bulus—Harmoni Central

Koridor 9

Pinang Ranti—Pluit

Koridor 10

PGC2—Tanjung Priok

Koridor 11

Walikota Jakarta Timur—Kampung Melayu

Koridor 12 

Penjaringan—Tanjung Priok

Koridor 13

Ciledug—Blok M

3. MRT

MRT, photo by Media Indonesia

Mass Rapid Transit (MRT) resmi beroperasi di Jakarta pada 24 Maret 2019 setelah melalui proses perencanaan dan persiapan yang panjang sekitar 25 tahun. Proyek infrastruktur ini bertujuan mengurangi padatnya lalu lintas yang luar biasa di Jakarta. Salah satu keunggulan utama MRT adalah kecepatan. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit bagi MRT untuk menempuh jarak sepanjang 16 kilometer.

Untuk tarif, MRT mematok harga yang bervariasi tergantung pada stasiun tujuan. Berikut informasinya:

Dari Stasiun Lebak Bulus Grab

  1. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Fatmawati: Rp4.000

  2. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Cipete Raya: Rp5.000

  3. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Haji Nawi: Rp6.000

  4. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Blok A: Rp7.000

  5. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Blok M BCA: Rp8.000

  6. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun ASEAN: Rp9.000

  7. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Senayan: Rp11.000

  8. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Istora Mandiri: Rp11.000

  9. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Bendungan Hilir: Rp12.000

  10. Stasiun Lebak Bulus Grab- Stasiun Setiabudi Astra: Rp13.000

  11. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Dukuh Atas BNI: Rp14.000

  12. Stasiun Lebak Bulus Grab - Stasiun Bundaran HI: Rp14.000

Dari Bundaran HI


  1. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Dukuh Atas BNI: Rp3.000

  2. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Setiabudi Astra: Rp4.000

  3. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Bendungan Hilir: Rp4.000

  4. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Istora Mandiri: Rp5.000

  5. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Senayan: Rp6.000

  6. Stasiun Bundaran HI - Stasiun ASEAN: Rp7.000

  7. Stasiun Bundaran HI - Stasiun BLOK M BCA: Rp8.000

  8. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Blok A: Rp9.000

  9. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Haji Nawi: Rp10.000

  10. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Cipete Raya: Rp11.000

  11. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Fatmawati: RP13.000

  12. Stasiun Bundaran HI - Stasiun Lebak Bulus Grab: Rp14.000

Untuk rute, simak gambar di bawah ini:

Rute MRT, photo by Twitter

4. LRT

LRT, photo by Liputan6

LRT (Light Rail Transit) didedikasikan sebagai transportasi umum menuju era ramah lingkungan. Memiliki badan cukup langsing dengan kapasitas 257 penumpang, LRT dapat melaju dengan kecepatan 50 km/per jam hingga kecepatan maksimum 90 km/per jam. Di Jakarta, LRT Jakarta sudah beroperasi sejak tahun 2019, sementara LRT Jabodetabek direncanakan mulai aktif pada Juni 2023.

LRT Jakarta memiliki panjang lintasan mencapai 5,8 km. Awalnya, pembangunan LRT Jakarta bertujuan untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018. Rutenya mencakup:

  • Pegangsaan Dua
  • Mal Kelapa Gading
  • Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading
  • Kayu Putih Raya (Pulomas)
  • Kayu Putih Raya ( Equestrian)
  • Velodrome Rawamangun

Sementara itu, LRT Jabodebek bertujuan mengurangi kemacetan di wilayah Jabodebek. Rutenya mencakup:

  • Cawang > Cibubur melewati Taman Mini > Kp Rambutan > Ciracas > Cibubur
  • Cawang > Dukuh Atas melewati Cawang > Ciliwung > Cikoko > Kuningan > Rasuna Said > Karet > Setiabudi > Dukuh Atas
  • Cawang > Bekasi Timur melewati Halim > Cikunir > Bekasi Barat >  Bekasi Timur

Berdasarkan penetapan per tanggal 1 Desember 2019, tarif LRT Jakarta adalah Rp5.000 untuk satu kali perjalanan (jarak jauh maupun dekat semua stasiun). Sedangkan harga tiket LRT Jabodebek adalah sebesar Rp15.000 per penumpang (untuk rute dari Dukuh Atas sampai Cibubur, dan sebaliknya).

5. Ojek Online

Ojek Online, photo by Bisnis.com

Ojek online merupakan salah satu transportasi umum di Jakarta yang menggunakan teknologi internet untuk menghubungkan pelanggan dengan mitra pengemudi. Di tanah air, ada dua pemain besar ojek online, yaitu Grab dan Gojek.

Rute ojek online sendiri fleksibel, tergantuan destinasi tujuan dengan jarak tempuh maksimal sekitar 100 km. Selain lebih praktis, ojek online juga lumayan terjangkau dengan tarif yang masih masuk akal. Berikut daftar tarif ojek online terbaru:

  • Tarif Batas Bawah (TBB) naik 8%, dari Rp1.850 menjadi Rp2.000.
  • Tarif Batas Atas (TBA) naik 8,7%, dari Rp2.300 menjadi Rp2.500.
  • Penyesuaian tarif minimal order 4 km pertama dari Rp7.000-Rp10.000 menjadi Rp8.000-Rp10.000.

Itu tadi informasi 5 transportasi umum di Jakarta yang jadi andalan warga. Untuk mengurangi kemacetan Ibu Kota, cobalah menggunakan transportasi umum untuk mobilitas sehari-hari, ya. Semoga bermanfaat!