10 Tips Memilih Kost yang Nyaman dan Sesuai Kebutuhanmu

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa mendapatkan kost yang sesuai kebutuhanmu, lho!

10 Tips Memilih Kost yang Nyaman dan Sesuai Kebutuhanmu
Tips memilih kost, photo by Wolipop

Sebagai anak rantau yang menempuh pendidikan atau mengejar karir hingga ke luar kota, penting banget untuk mencari tempat tinggal yang sesuai kebutuhan supaya mobilitas kamu berjalan dengan lancar. Nah, maka itu, kamu ngga bisa sembarang pilih co-living atau kost.

Namun, sebelum memilih kost, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan nih. Untuk mempermudah pencarian, Cove akan memberikan beberapa tips memilih kost yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan mendapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Kost

Tips memilih kost yang sesuai dengan kebutuhanmu tidaklah sulit. Agar makin mudah, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini ya:

1. Tentukan dan persiapkan budget

Budgeting Adalah: Pengertian, Manfaat, Langkah, 9 Tips, dan Contohnya
Tentukan budget, photo by EKRUT

Tips pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih kos adalah mempersiapkan budget. Penting untuk menghitung pengeluaran untuk membayar kost setiap bulannya dan berapa banyak sisa uang yang ada untuk bisa memenuhi kebutuhan lainnya. Jadi, biaya kost tidak akan memberatkan dan kamu tidak perlu mengorbankan anggaran untuk kebutuhan lain.

2. Pertimbangkan jarak kost ke tempat kerja/kampus

Selain budget, jarak adalah salah satu hal penting yang juga harus dipertimbangkan lho. Jarak antara kos dan tempat kerja atau kampus harus dipertimbangkan supaya kamu tidak banyak mengeluarkan biaya transportasi, seperti bensin atau ojek online.

Maka itu, kamu perlu mencari kos yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus atau tempat kerja agar tidak mengeluarkan ongkos. Nilai plusnya, kamu juga jadi lebih sehat lho karena sering berjalan kaki.

3. Pertimbangkan lokasi dan kemudahan akses

Tips memilih kost yang berikutnya adalah mempertimbangkan kemudahan akses ke tempat-tempat kuliner, toserba, atau minimarket. Ini akan memudahkan kamu untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti perlengkapan mandi, makanan, air minum, obat-obatan, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu apakah tempat kost yang akan ditempati nanti dekat dengan halte, stasiun, atau MRT, supaya memudahkan aktivitas setiap harinya.

4. Pertimbangkan fasilitas kost

Supaya ngekost semakin terasa nyaman, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, ya. Fasilitas seperti kamar mandi, AC, kost yang sudah include listrik, air, laundry, dan housekeeping mingguan, akan mempermudah kamu lho. Jika kamu suka memasak sendiri, kamu juga bisa mempertimbangkan kost yang memiliki dapur pribadi.

Kamu juga bisa pertimbangkan fasilitas parkiran jika membawa kendaraan pribadi agar kamu tidak kesulitan mencari lahan parkir saat kost. Pastikan bahwa area parkir di kost bisa menampung seluruh kendaraan para penghuninya.

5. Keamanan kost

Jasa Pasang Kamera CCTV Bekasi Harga Terbaru 2023 – Harga Terbaru Januari  2024
Perhatikan keamanan kost, photo by Jasa Pasang CCTV Jakarta

Nah, karena kamu kini akan tinggal jauh dari rumah, kamu pasti ingin kan mendapatkan tempat tinggal sementara yang aman dan nyaman? Maka itu, tips memilih kost berikutnya adalah mencari kost yang bisa menunjang keamanan untuk penghuninya. Kost yang aman akan membuat kamu merasa tenang sekalipun tidak berada di lokasi. Jadi, kamu tidak perlu takut merasa kehilangan barang-barang pribadi.

Sebagai tips mudah, kamu bisa memilih kost yang dilengkapi dengan CCTV atau satpam yang berjaga. Meski begitu, kamu juga perlu menjaga dan bertanggung jawab atas barang-barangmu ya.

6. Pertimbangkan kenyamanan dan lingkungan di sekitar kost

Kamar kost yang tidak terawat, dapur berantakan, hingga tetangga kost yang menyebalkan pasti bikin ngga nyaman dan bikin kamu ngga betah, bukan?  Nah, memilih kost yang nyaman juga sangat penting.

Sebenarnya, tidak sulit kok mendapatkan kost yang nyaman dan tenang supaya kamu bisa beristirahat dan bersantai setelah beraktivitas seharian, asalkan kamu memperhatikan lokasi dan lingkungan di sekitar kost.

Selain lingkungan yang kondusif, pastikan kamar mendapatkan sirkulasi udara dan paparan sinar matahari yang baik supaya kamar tidak mudah lembap. Ini karena kamar yang lembap bisa mempermudah jamur dan bakteri bertumbuh.

7. Cek ukuran kamar kost

Salah satu hal yang penting tetapi sering disepelekan adalah ukuran kamar yang akan ditempati. Nah, dengan mempertimbangkan ukuran kamar, kamu juga bisa tahu seberapa banyak barang atau perabotan yang nantinya akan kamu bawa. Jangan sampai, kamu membawa terlalu banyak barang tetapi tidak memilih kamar kost yang luas. Hal ini akan membuat kamar terlihat tidak nyaman dan terasa sempit.

Namun, ukuran kamar yang semakin besar biasanya akan membutuhkan lebih banyak biaya. Maka dari itu, tetap sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu ya. Tips memilih kost lainnya, kamu juga bisa memilah barang atau perabotan yang ingin dibawa. Usahakan barang yang kamu bawa memang sangat dibutuhkan.

8. Perhatikan aturan-aturan yang dimiliki kost

Kalau kamu ingin nge-kost, berarti kamu juga harus siap dengan peraturan-peraturan yang dimiliki oleh pemilik hunian.

Soalnya, ada beberapa aturan tertulis atau tidak tertulis yang penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan sesama penghuni, seperti tidak membawa tamu lawan jenis masuk ke kamar, aturan tentang biaya tambahan, aturan membawa hewan peliharaan, jam malam, menjaga kebersihan saat menggunakan fasilitas bersama, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kamu perlu bertanya sedetail mungkin mengenai aturan-aturan yang diberlakukan ya.

9. Sesuaikan peraturan kost dengan ritme aktivitas kamu

Night Owls with ADHD: How Staying up Late Boosts Productivity
Sesuaikan ritme aktivitas, photo by ADDitude

Tips memilih kost yang nyaman juga harus disesuaikan dengan kesibukan dan rutinitasmu. Misalnya, jika kamu cukup banyak melakukan aktivitas di malam hari, maka kost 24 jam perlu menjadi pilihan utama.

Dengan memilih kost 24 jam, pemilik kost tidak akan mengunci pintu gerbang jika kamu pulang larut malam. Jadi, kamu juga tidak perlu merepotkan penghuni kost yang lain untuk membantu membukakan pintu pagar.

Namun, kamu tetap perlu memperhatikan aturan kost dan aturan yang ditetapkan lingkungan sekitar. Usahakan tidak membuat keributan pada malam hari agar tidak mengganggu ketenangan.

10. Cek review atau ulasan kost

Review : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya - Gramedia Literasi
Cek review kost, photo by Gramedia

Berkat perkembangan teknologi, kini kamu bisa mencari semua informasi di internet, termasuk dalam hal mencari kost. Biasanya, di internet juga akan tercantum review atau ulasan kost tersebut dari penghuni yang sebelumnya sudah pernah tinggal di sana.

Selain mencari ulasannya di internet, kamu juga bisa bertanya melalui teman-teman yang pernah kost di tempat tersebut. Jadi, kamu bisa sekaligus mendapatkan rekomendasi kost-kostan dari teman yang sudah berpengalaman.

Demikian beberapa tips memilih kost yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat ya, kalau tipe-tipe kost memang sangat beragam. Jadi, usahakan kamu mengetahui dulu kebutuhanmu. Setelah itu, pastikan kamu mengutamakan kost dengan lingkungan yang nyaman supaya aktivitas harianmu tidak terganggu dan berjalan dengan baik.

Agar tidak bingung, kamu bisa coba cek beberapa hunian atau kost yang dimiliki Cove. Kelebihannya, kamar kost di Cove sudah siap huni dan didesain dengan nyaman. Dengan harga mulai dari 2 jutaan per bulan saja, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas dan mendapatkan kenyamanan serta keamanan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cek hunian Cove dan book untuk melihat langsung kost impian kamu!