Kost atau co-living, mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu?

Walaupun definisi coliving dan kost bisa dibilang serupa, kedua jenis tempat tinggal ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Kost atau co-living, mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu?

Bagi pekerja maupun mahasiswa, istilah kost tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Namun sekarang, ada jenis tempat tinggal baru yang mulai digemari kaum muda, yaitu coliving.

Walaupun secara definisi coliving dan kost sama-sama diartikan sebagai hunian yang ditempati bersama oleh beberapa orang, kedua jenis tempat tinggal ini sebenarnya berbeda. Berikut adalah perbedaannya.

Interaksi antar penghuni

Kost adalah konsep hunian di mana seseorang akan menyewa 1 kamar didalam tempat tinggal yang ditempati oleh orang lain. Penghuni kost biasanya hidup secara terpisah tanpa mengenal satu sama lain dan tidak banyak berinteraksi. Interaksi antar penghuni kost biasanya hanya akan terjadi bila ada yang memiliki inisiatif pribadi untuk mengenal penghuni kost lainnya.

Lain halnya dengan coliving. Semua penghuni coliving akan secara otomatis menjadi bagian dari 1 komunitas dimana mereka akan saling berinteraksi, berbagi dan mendukung satu sama lain. Jadi, bisa dibilang bahwa jika kamu memilih untuk tinggal di coliving space, kamu tidak hanya mendapatkan tempat tinggal baru, namun juga teman serta anggota keluarga baru.

Fasilitas penunjang

Berbeda dengan kost yang biasanya hanya didukung oleh fasilitas dasar, coliving space biasanya akan menyediakan fasilitas tambahan yang menunjang aktivitas para penghuni.

Salah satu fasilitas menarik yang dapat kamu temukan di coliving space adalah game room. Disini para penghuni bisa bermain ping-pong, biliar, maupun video game bersama. Adanya dapur, tempat makan bersama, serta tempat berolahraga seperti gym maupun kolam renang juga bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan berinteraksi antar penghuni.

Biasanya untuk mendapatkan fasilitas lebih pada tempat kost, kita harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun pada coliving space, semua fasilitas ini dapat kamu gunakan tanpa perlu membayar lebih, lho! Pengelola coliving space memang menyediakan fasilitas tersebut agar para penghuni dapat benar-benar merasakan “hidup bersama” dengan penghuni lainnya.

Cove Birah, Senopati

Pengurus

Tapi tak hanya sekedar fasilitas, coliving space juga biasanya akan memiliki seorang community manager yang akan bertanggung jawab membantu semua penghuni mendapatkan pengalaman terbaik saat tinggal di coliving space.

Tidak seperti ibu kost atau pemilik kost yang biasanya jarang berinteraksi langsung dengan penghuni, community manager dari coliving space memiliki peran yang jauh lebih aktif. Dia bertanggung jawab menggelar berbagai acara networking, game night, serta event lainnya secara rutin.

Dengan didukung fasilitas yang lengkap serta pengurus yang secara aktif membantu para penghuni untuk memiliki pengalaman tinggal terbaik, tidak heran jika gaya hidup coliving sangat diminati kaum muda di kota besar seperti Jakarta.

Tertarik mencoba tinggal di coliving space yang menyediakan semua kelebihan diatas? Cove bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu!

Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.