13 Tempat Healing di Jakarta, Cocok buat Refreshing

13 Tempat Healing di Jakarta, Cocok buat Refreshing
Seaworld, photo from Ancol

Tidak hanya menjadi pusat perkantoran dan bisnis di Indonesia, Kota Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satunya untuk melepas penat atau healing. Siapa sangka, banyak destinasi wisata Jakarta yang ternyata cukup dekat dan bisa dikunjungi setiap akhir pekan, lho. Buat kamu yang butuh melepas stress, yuk cek beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta lewat artikel ini!

Tempat Healing Jakarta Pusat

Buat kamu yang tinggal di daerah Menteng, Cikini, Gambir, hingga Pasar Senen dan Kota Tua, beberapa tempat wisata di Jakarta Pusat ini bisa menjadi sumber healing kamu di akhir pekan, nih. Ada apa saja, sih?

Museum Nasional

Museum Nasional, photo from Detik News

Jakarta Pusat terkenal akan sejarah-sejarahnya, menjadikan bagian kota Jakarta yang satu ini dikelilingi oleh banyak museum, salah satunya adalah Museum Nasional. Well, museum yang juga dikenal dengan Museum Gajah ini memiliki berbagai arca dan prasasti sebagai koleksi utamanya. Di sini, kamu bisa menemukan 140.000 koleksi benda bersejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi: Alusu, Keris, Gelang Aceh, Kain Koffo, Arca Buddha, Figurin Perunggu, dan Kendi Bulan Sabit.

Yang menarik dari Museum Nasional

Nggak hanya bisa melihat berbagai koleksi benda bersejarah, di museum ini, kamu bisa merasakan ImersifA, pengalaman imersif di mana kamu bisa memperkaya pengalaman saat berkunjung ke museum. Ruangan ini merupakan instalasi permanen dengan proyeksi video mapping ke setiap sisi dinding 360°. Selama 30 menit, kamu akan diajak merasakan berpetualang dan berkelana untuk mengenal  alam, seni, budaya, dan nilai-nilai Indonesia.  Keren banget, ya?

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000 untuk dewasa, kunjungi https://www.museumnasional.or.id/ untuk info lebih lengkap

Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Perpustakaan Umum DKI Jakarta, photo from Gramedia

Buat kamu yang hobi baca untuk menghilangkan stress, bisa banget mampir ke salah satu perpustakaan di Jakarta yang baru-baru ini diresmikan, yaitu Perpustakaan Umum DKI Jakarta. Perpustakaan ini sudah ada sejak lama, namun semenjak tahun 2019, perpustakaan ini direvitalisasi dengan tampilan baru yakni interior yang lebih modern dan nyaman.

Perpustakaan Umum DKI Jakarta berada di komplek Taman Ismail Marzuki dan memiliki lebih dari 138.000 koleksi buku buku umum, anak, hingga koleksi kejakartaan yang tentunya relevan.

Oh ya, selain menyediakan buku, Perpustakaan Umum DKI Jakarta juga menyediakan  ruang bermain anak, bilik cerita, ruang baca privat, hingga ruang podcast.

Keren banget, ya? Nggak heran kalau Perpustakaan Umum DKI Jakarta bisa menjadi tempat healing yang cocok bagi kamu yang suka membaca buku. Karena selain koleksi bukunya yang lengkap, wajah baru dari perpustakaan ini yang cozy dan aesthetic bisa banget memanjakan mata kamu.

Alamat: Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK, photo by gbk.id

Mau piknik tapi di tengah kota? Kamu bisa datang ke Hutan Kota GBK. Lokasinya yang ada di pusat, membuat akses ke tempat ini sangat mudah. Dari Hutan Kota GBK, kamu bisa merasakan sejuknya area hijau sekaligus pemandangan gedung-gedung pencakar langit Jakarta. Hutan Kota GBK memiliki area sekitar 4 hektar dengan rerumputan dan pohon yang menyegarkan.

Meskipun tidak terlalu besar, tapi area hijaunya cukup untuk menyegarkan pikiran. Bagi yang penat dengan hiruk pikuk Jakarta, kamu bisa melipir ke Hutan Kota GBK untuk merasakan kesegaran sejenak. Benar-benar tempat yang cocok untuk healing tanpa perlu pergi ke luar kota.

Experience di Hutan Kota GBK

Kamu bisa menemukan ketenangan bisa duduk-duduk santai di sekitar area Hutan Kota GBK. Selain itu, piknik di atas rerumputan sambil menikmati pemandangan gedung pencakar langit juga bisa menjadi pilihan liburan yang menarik. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tempatnya. Kalau kamu mau berolahraga ringan, di Hutan Kota GBK juga disediakan jogging track. Fasilitas lainnya pun sudah memadai, seperti toilet, bangku-bangku, hingga pos keamanan.

Alamat: Pintu Tujuh Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, RT01/RW03, Gelora Bung Karno, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam Buka: 06.00-18.00 WIB

Tempat Healing Jakarta Barat

Melipir dari Jakarta Pusat, di sini kamu bisa menemukan destinasi wisata Jakarta Barat yang cocok untuk healing. Nggak cuma Instagramable, tapi wisata sejarah dan olahraga juga bisa kamu temukan!

Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari, photo from Jakarta Aquarium

Terletak di dalam Mall Neo Soho, Jakarta Aquarium & Safari bisa menjadi tempat healing yang cocok untuk kamu yang senang mengamati berbagai satwa. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai hewan laut, ular, kecoa madagaskar, hingga berang-berang. Oh ya, di sini kamu juga bisa menyaksikan mermaid show yang memanjakan mata, cocok banget buat healing!

Experience di Jakarta Aquarium & Safari

Selain dapat menambah pengetahuan terhadap berbagai satwa, healing di Jakarta Aquarium & Safari sangatlah menyenangkan, lho. Hal ini karena setiap kunjungan, kita akan diberikan kartu berisi tantangan seperti memegang ular, memegang kecoa madagaskar, dan masih banyak lagi. Setelah menyelesaikan tantangan, kamu bisa mendapatkan hadiah dari Jakarta Aquarium & Safari. Seru banget, ya?

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: 09.00 - 22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp140.000 - Rp200.000

Kota Tua

Kota Tua, photo from Traveloka

Salah satu wisata populer di Jakarta Barat adalah Kota Tua. Area yang memanjang hingga wilayah Jakarta Utara ini merupakan salah satu area paling tua di Jakarta, menampilkan gedung-gedung Belanda yang menjadi salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di sini, banyak aktivitas healing yang bisa kamu lakukan seperti bersepeda, berfoto ria, menikmati sunset di Pelabuhan Sunda Kelapa, melihat parade Ondel-ondel, dan masih banyak lagi.

Alamat: Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11110
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Gratis

Skyrink Jakarta

Skyrink Jakarta, photo from Little Steps Asia

Olahraga juga bisa menjadi bentuk healing, lho. Hal ini karena dengan berolahraga, kita bisa mengurangi rasa stress dari tubuh yang memproduksi hormon endorfin lebih banyak setelah berolahraga. Nah, jika kamu ingin mencoba wisata olahraga yang “berbeda”, kamu bisa mampir ke Skyrink Jakarta yang ada di Mall Taman Anggrek.

Kamu bisa bermain skate di atas es yang dingin bersama teman-teman. Jangan khawatir, jika kamu belum mahir, akan ada guide yang siap membantu kamu, kok!

Alamat: Mall, Taman Anggrek, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp95.000 - Rp125.000/jam

Tempat Healing Jakarta Selatan

Buat kamu yang nggak ingin jauh-jauh dari area Jakarta Selatan, ini dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan yang bisa jadi tempat healing andalan kamu!

Ganara Art Pottery

Ganara Art Pottery, photo from Ganara

Senang mencari hobi baru sebagai bentuk healing? Kamu bisa main-main ke Ganara Art Pottery yang berlokasi di Melawai, Kebayoran Baru. Di sini, kamu bisa healing dengan memilih satu dari tiga kelas reguler pembuatan keramik: kids pottery class (khusus anak-anak 4-8 tahun), pottery beginner class, dan pottery wheel class. Nggak usah khawatir, meskipun kamu pemula, aka ada pemandu yang berpengalaman siap untuk membimbing kamu. Belajar membuat pottery nggak hanya akan menambah skill baru, tapi juga bisa membuat pikiran lebih rileks dan terhindar dari stress, lho.

Alamat: Jl. Wijaya V No.6, RT.3/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: 22.00 - 21.00 WIB
Tiket Masuk: Rp100.000 - Rp200.000/orang

CIBIS Park

CIBIS Park, photo from Travel Kompas

Hobi melepas stress hanya dengan mengamati sekitar sambil menyantap cemilan? Kamu bisa mampir ke CIBIS Park, nih! Tempat ini cocok banget buat kamu yang bekerja di area Simatupang, Fatmawati, atau Cipete, karena taman ini berlokasi tepat di TB Simatupang. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi sambil menikmati kolam tenang di tengah area taman. Oh ya, jangan khawatir, sambil healing sejenak setelah bekerja, kamu juga bisa membeli berbagai makanan, karena di sini tersedia banyak tenant yang bisa kamu kunjungi.

Psst..jika kamu berangkat dari daerah Sudirman, Bundaran HI, atau Senayan, kamu bisa menggunakan MRT dan turun di stasiun Fatmawati lalu melanjutkannya dengan naik ojek online, ya!

Alamat: Jl. TB Simatupang No.2, RT.13/RW.5, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
Jam Buka: 08.00 - 22.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

The Wave Pondok Indah Waterpark

The Wave Pondok Indah, photo from Pondok Indah

Berenang bersama teman-teman juga bisa menjadi solusi healing buat kamu, lho! Nggak perlu jauh-jauh ke Waterboom Bali, cukup melipir ke Pondok indah untuk menikmati kolam renang luas lengkap dengan perosotan yang beragam. Nggak cuma berbagai perosotan yang bisa kamu coba, di sini kamu juga bisa mencoba bersantai di kolam ombak yang dibuat seperti pantai. Pas banget untuk pergi healing bersama teman-teman, sambil berolahraga juga tentunya hihi. Selain area kolam ombak, ada juga Lazy River untuk bersantai di arus tenang a la sungai, Flow Rider yaitu area simulasi surfing, serta Whizzard Slide dan Tube Slide yang menguji adrenalin kamu.

Alamat: PQJM+WQ2, Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp100.000/orang

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, photo by marketeers.com

Ingin mencari kesejukan di tengah kota yang panas? Kamu bisa berkunjung ke Tebet Eco Park. Taman kota ini baru diresmikan pada tahun 2022 lalu. Fasilitasnya juga sudah lengkap. Ada taman bermain, tempat untuk bersantai, danau buatan, hingga area untuk jalan santai yang rapi.

Awalnya, Tebet Eco Park adalah dua taman yang terpisah. Kemudian direnovasi dan digabung menjadi satu taman besar yang lebih rapi. Taman yang ada di Jakarta Selatan ini memiliki delapan zona, yaitu Infinity Link Bridge yang menghubungkan dua taman sebelumnya, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk.

Experience di Tebet Eco Park

Seperti ruang terbuka hijau lainnya, Tebet Eco Park membuat kamu bisa menikmati udara segar di tengah kota yang hiruk pikuk. Ada banyak orang datang ke Tebet Eco Park untuk sekadar bersantai, berolahraga, atau bermain. Tebet Eco Park juga bisa menjadi opsi untuk piknik cantik bersama teman atau kerabat. Pemandangannya yang indah dan banyak spot foto menarik menjadi favorit anak-anak muda zaman sekarang.

Alamat: Jalan Tebet Barat Raya RT 1/RW 10, Jakarta Selatan
Jam Buka: 06.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

M Bloc Space

M Bloc Space adalah ruang kreatif yang ramai dikunjungi anak-anak muda. Bagi kamu yang healing dengan cara bertemu banyak orang dan senang suasana ramai, sangat cocok datang ke M Bloc Space ini. Berawal dari bangunan tua bekas perumahan pegawai Perum Peruri, kini M Bloc Space menjadi tempat kekinian yang hits. Lokasinya strategis sehingga mudah diakses lewat MRT atau Transjakarta. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini bersama teman-teman. Mulai dari nongkrong-nongkrong, foto, kulineran, dan masih banyak lagi.

Experience di M Bloc Space

Ada berbagai cafe dan tenant makanan yang bisa menjadi tempat nongkrong asyik di M Bloc Space. Kamu bisa pilih berbagai kuliner mulai dari makanan asli Indonesia hingga khas western. Harganya pun banyak yang pas di kantong anak-anak muda. Sebagai catatan, pembayaran di M Bloc Space sudah cashless, ya!

Sering kali di M Bloc Space juga ada event menarik yang bisa kamu ikuti, seperti live music, workshop seni, pameran, dan lainnya. Ada pula tempat yang dijadikan sebagai museum yang bisa kamu kunjungi di area M Bloc Space. Jadi, kamu tidak akan kehabisan kegiatan ketika berkunjung ke salah satu tempat hits anak muda di Jakarta Selatan ini. Tertarik untuk healing di M Bloc Space?

Alamat: Jl. Panglima Polim No.37, RT.1/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

Tempat Healing Jakarta Utara

Selesai berkeliling di area Pusat, Barat, hingga Selatan Jakarta, kini saatnya menjelajahi berbagai tempat wisata di Jakarta Utara. Kira-kira ada apa aja, ya?

Taman Impian Jaya Ancol

Seaworld, photo from Ancol

Siapa sih, yang nggak tau kawasan Ancol? Di sini, kamu bisa mampir ke Taman Impian Jaya Ancol, salah satu taman hiburan terbesar di Jakarta yang berlokasi di Jakarta Utara.

Di sini, ada berbagai pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk melepas stress. Di antaranya adalah bersantai di pinggir pantai di area Pantai Karnaval, mencoba berbagai restoran seafood yang berlokasi di pinggir pantai, melihat berbagai hewan laut di Seaworld Indonesia, hingga menguji adrenalin bermain berbagai wahana di Dunia Fantasi. Beragam banget, kan?

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Jam Buka: 06.00 - 22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp25.000/orang (masuk kawasan Ancol)

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, photo from Jakarta Mangrove

Mencari kerindangan dan kesejukan di tengah Kota Jakarta bukanlah hal yang mustahil, kok. Mampir saja ke Taman Wisata Alam Mangrove yang berlokasi di Angke. Di sini, kamu bisa healing dengan melihat pemandangan hijau dari pepohonan besar yang menghasilkan suasana tenang. Kalau ke sini, jangan lupa mengabadikan momen kamu dengan berfoto-foto, ya!

Alamat: Jl. Garden House, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470
Jam Buka: 06.00 - 20.00 WIB
Tiket Masuk: Rp150.000/orang

Itulah 13 rekomendasi tempat healing di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk menyegarkan pikiran. Sesekali memang harus Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk bisa healing dan menyegarkan pikiran. Ternyata Jakarta juga punya tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk melarikan diri sejenak dari kesibukan.

Kalau kamu mencari tempat untuk ngekos atau sekadar menginap di tempat-tempat strategis Jakarta, Cove punya banyak penginapan dengan berbagai pilihan kamar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Fasilitasnya sudah lengkap dan sangat cocok untuk jadi hunian anak-anak muda zaman sekarang. Cek Cove sekarang untuk tahu info lebih lengkapnya!