5 Tempat Pottery Class Jakarta yang Harus Kamu Coba!

5 Tempat Pottery Class Jakarta yang Harus Kamu Coba!
Pottery Class Jakarta, photo by freepik

Bosan dengan kegiatan akhir pekan yang itu-itu saja? Workshop seni pembuatan tembikar atau pottery bisa jadi destinasi wisata yang menarik di akhir pekan. Salah satu kegiatan positif yang mengharuskan kamu untuk berkutat dengan tanah liat ini juga memiliki banyak sekali manfaat, lho. Selain terbukti mampu mengasah kreativitas, membuat karya tembikar juga dapat melatih konsentrasi sekaligus mengatasi stres berlebih. Sebagian besar kelas keramik sangat ramah untuk pemula sehingga kamu dapat belajar langsung dari ahlinya. Tertarik untuk mencoba? Berikut tempat pottery class Jakarta yang paling direkomendasikan.

5 Tempat Pottery Class Jakarta

F Widayanto Gallery, photo by team-curious.com

Rekomendasi pottery class Jakarta berikut ini cocok banget untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari padatnya hiruk-pikuk ibu kota. Suasananya yang asri dengan dikelilingi langsung oleh pepohonan hijau yang rimbun membuat kamu merasa seperti sedang berada di tengah pedesaan. Galeri Keramik F. Widayanto merupakan rumah keramik pertama dan terbesar di Jabodetabek yang sudah dibangun sejak tahun 1997.

Terdiri dari tiga lantai, kamu dapat dengan mudah menemukan ragam mahakarya keramik yang terpajang di setiap sudut galeri ini, mulai dari hiasan dinding, pajangan, peralatan makan, sampai aneka patung berukuran besar. Kemudian di lantai tiga, kamu bisa mengikuti kelas pembuatan keramik terpadu yang dapat menampung hingga 30 orang.

F. Widayanto Gallery menawarkan 5 program kelas pembuatan keramik dengan berbagai teknik, seperti pressing, coiling, slab, pitching, dan throwing. Program termurahnya adalah teknik pressing dengan menggunakan cetakan sebagai alat bantu seharga Rp145 ribu berdurasi 90 menit. Jika mengikuti kelas ini, kamu akan mendapatkan 400 gram tanah liat, peralatan membuat keramik lengkap, kuas untuk mewarnai, dan pengalaman dipandu oleh instruktur profesional. Tertarik untuk mengikutinya?

Alamat: Jl. Taman Setiabudi 2 No. 11 RT.1/RW.2 Kuningan, RT.5/RW.3, Kuningan, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910  
Durasi: 90 menit - 4 jam per sesi  
Kisaran harga: Rp145.000 - Rp600.000 per sesi

2. Ganara Art Pottery

Ganara Art Pottery, photo by Instagram @/GanaraArtSpace

Tempat pottery class di Jakarta berikutnya yang wajib kamu sambangi adalah Ganara Art Pottery. Sebagai salah satu destinasi wisata Jakarta Selatan yang mengusung ruang kreatif bagi para pecinta seni, Ganara Art menyediakan tiga jenis kelas reguler pembuatan keramik yang bisa kamu ikuti berdasarkan klasifikasi tertentu, mulai dari kids pottery class khusus anak-anak berusia 4 - 8 tahun, pottery beginner class untuk para pemula berusia 9 tahun ke atas, dan pottery wheel class untuk kategori usia 13 tahun ke atas.

Buat kamu yang benar-benar belum pernah menjajal seni pembuatan keramik sebelumnya, jangan khawatir. Dengan mengikuti kelas pemula, kamu akan didampingi langsung oleh tutor berpengalaman yang siap memandu kamu mulai dari teknik paling dasar. Seluruh peralatan untuk workshop juga sudah disediakan oleh Ganara Art Space. Kamu pun bisa membawa pulang hasil karyamu untuk menjadi kenang-kenangan.

Nah, jika kamu sedang mencari tempat tinggal yang letaknya hanya 7 menit berkendara dari Ganara Art Space cabang Melawai, Cove punya rekomendasi co-living berkonsep klasik yang pastinya aman, nyaman, dan didukung dengan fasilitas super lengkap, yaitu Cove MS Suite! Setiap kamar dari Cove MS Suite sudah dilengkapi dengan mini pantry serta tambahan berupa kulkas, microwave, dan dispenser air untuk memudahkan setiap penghuni. Kunjungi laman Cove MS Suite untuk informasi lebih lengkap. Harga mulai dari Rp,6,7 juta per bulan.

Alamat: Jl. Wijaya V No.6, RT.3/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160  
Durasi: 1,5 jam per sesi
Kisaran harga: Rp125.000 - Rp250.000 per sesi

3. Nii Living

Nii Living, photo by Instagram @/niiliving

Satu lagi pilihan tempat pottery class Jakarta yang dijamin mampu membuat waktu akhir pekanmu terasa semakin menyenangkan dan produktif, yaitu Nii Living. Di sini, kamu bisa mengikuti aneka workshop pembuatan keramik yang sangat beginner friendly, cocok untuk para pemula yang ingin belajar lebih lanjut tentang dunia seni tembikar. Ragam kelas tersebut meliputi handbuilt pottery, wheel pottery, sampai pottery flower yang dapat didekorasi dengan bunga asli.

Menariknya lagi, kamu yang berencana mengadakan corporate gathering, bridal shower, ataupun birthday party bisa menghubungi Nii Living secara langsung untuk mengisi acara spesialmu dengan workshop pembuatan keramik khusus bersama orang-orang terkasih! Tentunya, seluruh peralatan dan tanah liat juga sudah disediakan oleh Nii Living.

Alamat: Arjuna raya No.18, RT.9/RW.9, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11740
Durasi: 2 jam per sesi  
Kisaran harga: Rp290.000 - Rp900.000 per sesi

4. Semesta Living

Semesta Living, photo by semesta living

Semesta Living menawarkan tiga macam workshop yang dapat diikuti oleh semua orang, yaitu wheel throwing, hand building, dan nerikomi class. Perbedaan dari tiga teknik tersebut terletak pada media atau peralatan yang digunakan saat membuat keramik. Wheel throwing merupakan teknik pottery yang biasa kamu lihat dengan menggunakan mesin putar, sementara hand building memungkinkan kamu untuk membentuk tanah liat dengan tangan langsung.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman membuat keramik yang lebih unik, kamu bisa mengambil nerikomi class. Ini adalah teknik artistik untuk membuat tembikar ala Jepang yang terdiri dari berbagai macam warna. Selain mengikuti kelas pottery, kamu juga bisa membeli langsung aneka produk keramik handmade yang dijual bebas oleh Semesta Living, mulai dari mug, piring, mangkuk, sampai pot tanaman hias.

Alamat: Jl. Martimbang VI No.17, RT.5/RW.5, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120  
Durasi: 2 jam per sesi  
Kisaran harga: Rp350.000 - Rp900.000 per sesi

5. Kandura Studio

Kandura Studio, photo by Instagram @/kanduraworkshop

Kandura Studio menjadi tempat pottery class Jakarta terakhir yang wajib masuk ke dalam wishlist. Rangkaian kelas yang bisa kamu coba meliputi handbuilding slabbing (HDC-S), handbuilding coiling (HDC-C), handbuilding pinching (HDC-P), ataupun private throwing wheel (THW), yang masing-masing dari kelas tersebut terbagi menjadi dua program, yaitu beginner dan expert.

Jika kamu hanya ingin melukis keramik yang sudah jadi, kamu bisa mengikuti kelas painting on bisque (POB) dengan menggunakan aneka cangkir, mangkuk, dan piring siap pakai yang sudah tersedia. Dengan mengambil kelas POB, kamu sudah akan mendapatkan kelengkapan berupa satu buah keramik jadi, apron, peralatan melukis, glasir, dan firing service.

Alamat: Ruang DKK, Jl. Bangka IX No.64, RT.10/RW.10, Pela Mampang, Mampang Prapatan, South Jakarta City, Jakarta 12070  
Durasi: 2 jam per sesi  
Kisaran harga: Rp200.000 - Rp600.000 per sesi

Kamu bisa mengajak teman-teman atau bahkan pasangan tercinta untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti program pottery class Jakarta demi sekedar melepas penat. Membawa pulang hasil karya yang dapat dipersonalisasi tentu akan terasa sangat menyenangkan, bukan? Nah, pastikan untuk membuat reservasi terlebih dahulu sejak jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan slot sesuai tanggal yang kamu inginkan, ya!