20 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Unik dan Menarik

Jakarta Selatan dikenal sebagai area hits untuk nongkrong. Yuk, simak pilihan tempat wisata di Jakarta Selatan ini agar kamu bisa menjelajahi area ini.

20 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Unik dan Menarik
Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan adalah daerah di Ibukota Indonesia yang menawarkan aneka ragam tempat hiburan, dari kafe dan restoran, hingga pusat perbelanjaan. Karena banyaknya tempat yang nyaman untuk berkumpul, maka minat warga Jakarta untuk mengunjungi Tempat Wisata di Jakarta Selatan untuk minum kopi atau sekedar bersantai dengan teman-teman menjadi tinggi.

Daerah Jakarta Selatan juga dipenuhi dengan perumahan-perumahan elit warga kelas menengah atas. Makanya, tidak heran kalau kamu dapat menemukan banyak tempat wisata di Jakarta Selatan yang menarik.

Selain memiliki tempat wisata seperti destinasi kuliner dan mall untuk dikunjungi, kawasan ini juga memiliki beragam objek wisata menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Dan, meski Jakarta Selatan kerap dianggap sebagai kawasan bisnis, bukan berarti tidak ada satupun area terbuka hijau yang dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi penduduk di sekitarnya. Bersantai ria sambil menikmati angin segar tanpa harus terganggu dengan hiruk-pikuk area perkotaan bisa dengan mudah kamu lakukan jika berkunjung ke tempat-tempat yang menenangkan.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi di saat weekend ataupun di hari libur nanti. Yuk, cek ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

1. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan, photo by iNews.com

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu tempat wisata ikonik dari Jakarta, khususnya dari Jakarta Selatan. Tempat wisata ini menjadi sangat terkenal karena Taman Margasatwa Ragunan adalah kebun binatang ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1864 dan dikenal sebagai kebun binatang tertua yang ada di Indonesia.

Sekarang ini, Taman Margasatwa Ragunan merawat berbagai satwa dari berbagai wilayah di Indonesia dan seluruh dunia. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini di Pasar Minggu dan juga mencoba beberapa wahana yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi kawasan kebun binatang yang sangat luas ini.

Alamat: Jl. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 07.00 - 14.30
Harga tiket masuk: Rp 5.000

2. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer, photo by Wikipedia.com 

Tempat konservasi khusus primata ini berlokasi di dalam kawasan Taman Margasatwa Ragunan. Disini, kamu dapat melihat keanekaragaman primata yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia hingga beberapa wilayah di dunia.

Apabila kamu memiliki rencana untuk datang ke tempat ini, pastikan kamu tidak membawa makanan, karena pengelolaan konservasi khusus primata ini dijaga sangat ketat untuk memastikan pengunjung tidak memberikan makanan sembarangan kepada primata yang ada di lokasi.

Alamat: Jl. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 07.00 - 14.30
Harga tiket masuk: Rp 6.000 - Rp 7.500

3. The Wave Pondok Indah Waterpark

The Wave Pondok Indah Waterpark, photo by Traveloka.com

Kawasan Jakarta Selatan dikenal dengan udaranya yang panas. Maka dari itu, kamu bisa banget melakukan beberapa hal seperti makan sesuatu yang segar atau main air di taman bermain.

Nah, kalau kamu ingin main air, kamu harus cobain datang ke The Wave Pondok Indah Waterpark yang menawarkan berbagai fasilitas menarik seperti kolam arus yang bisa digunakan untuk berseluncur. Namun, ada beberapa fasilitas dan wahana yang ditawarkan dengan biaya khusus. Jadi, selalu tanyakan pada pengelola wahana apa saja yang bisa kamu gunakan.

Alamat: Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 08.00 - 17.00
Harga tiket masuk: Rp 89.000

4. Setu Babakan

Setu Babakan, photo by pigijo.com

Setu Babakan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang cocok untuk melakukan relaksasi. Kawasan ini terdiri dari danau buatan yang cukup luas, di pinggirnya ada banyak tempat makan yang menjual makanan khas Betawi. Para wisatawan bisa bersantai di pinggir danau sambil menyantap berbagai hidangan yang nikmat.

Kawasan Setu Babakan adalah pusat kebudayaan Betawi yang masih hidup sampai sekarang. Di sini, para wisatawan bisa melihat berbagai seni dan kerajinan khas Betawi yang terus ditekuni oleh penduduk sekitar.

Alamat: Srengseng Sawah, Jagakarsa, South Jakarta City, Jakarta
Jam operasional: Senin - Minggu, 07.00 - 23.00
Harga tiket masuk: Rp5.000

5. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala, photo by malajaya.com

Kalau kamu menyukai benda bersejarah, kamu bisa coba mengunjungi Museum Satria Mandala. Wisata Jakarta Selatan yang terletak di Jalan Gatot Subroto ini merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia.

Kamu bisa melihat koleksi benda bersejarah seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji, dan lambang-lambang di lingkungan TNI. Menariknya, museum ini memiliki area luar yang dipenuhi dengan kendaraan perang berukuran besar. Mulai dari pesawat tempur hingga tank yang bisa dinaiki wisatawan untuk berfoto.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 14, Kuningan, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 15.00
Harga tiket masuk: Rp5.000

6. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang, photo by Tribunnews.com

Di museum yang satu ini, sesuai dengan namanya, kamu bisa melihat berbagai layang-layang yang hadir dengan koleksinya yang sangat lengkap. Ada ratusan layang-layang dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga dari seluruh dunia yang memiliki bentuk unik. Mulai dari ukuran kecil sampai ukuran raksasa, bisa kamu temui disini.

Setelah masuk ke dalam ruangan yang sangat besar, wisatawan bisa menikmati konsep bangunan tradisional khas Jawa. Di kiri dan kanan museum, kamu dapat menemukan kebun yang sangat hijau sehingga kamu akan merasa seperti memasuki kawasan pedesaan.

Alamat: Jl. H. Kamang No. 38, Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 16.00
Harga tiket masuk: Rp 15.000

7. Como Park Building

Como Park Building, photo by Travelspromo

Anjing merupakan hewan dengan tingkah menggemaskan. Kalau kamu punya jenis anjing peliharaan, bisa banget untuk membawanya bersenang-senang ke Como Park Building yang berada di Kemang. Menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan, Como Park Building merupakan taman bermain yang dikhususkan untuk anjing.

Di taman ini, pemilik bisa bebas melepas anjingnya untuk bermain dengan anjing lain di area yang telah ditentukan. Area ini aman karena memiliki pagar pembatas sekaligus pengaman. Selagi anabul bermain, kamu bisa keliling untuk menikmati berbagai jenis makanan dan minuman dari tenant-tenant di sekitar Como Park.

Alamat: Jl. Kemang Timur No.15 998, RT.1/RW.3, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu (08.00 - 20.00)
Harga tiket masuk: Gratis

8. Mbloc Space

Mbloc Space, photo by Ofiskita

Siapa yang tidak kenal Mbloc Space? Tempat wisata kekinian di Jakarta Selatan yang menarik kawula muda untuk datang. Mbloc Space ialah ruang publik kekinian sekaligus menjadi tempat hangout hits anak muda Jakarta. Di Mbloc Space kamu bisa menemukan kuliner beragam, karya seni, pameran, bahkan tak jarang lokasi ini dijadikan tempat untuk event musik.

Kalau ingin datang ke Mbloc Space, kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan umum ya. Pasalnya lokasi ini tidak menyediakan lahan parkir. Kamu bisa naik MRT atau Transjakarta untuk menjangkau lokasi Mbloc Space. Lebih nyaman serta ramah lingkungan, deh!

Alamat: Jl. Panglima Polim No.37, RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Jumat (10.00 - 22.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis

9. Taman Literasi Martha Tiahahu

Pintu Masuk Taman Literasi Martha Tiahahu, photo by Kompasiana

Berlokasi tidak jauh dari Mbloc Space, kamu bisa datangi Taman Literasi Martha Tiahahu yang berjarak hanya 2 menit berjalan kaki. Belum lama diresmikan, taman sekaligus perpustakaan ini cukup menarik minat orang-orang di Jakarta untuk berwisata ke tempat ini.

Kalau kamu pecinta buku, pasti akan sangat senang ketika mendatangi Taman Literasi Martha Tiahahu. Para pengunjung diperbolehkan membaca lebih dari 3.000 koleksi buku yang ada di Taman Literasi Martha Tiahahu. Tak hanya itu, tersedia juga koleksi buku digital untuk diakses via smartphone. Punya desain unik berbentuk lingkaran, para pengunjung boleh banget memanfaatkan area perpustakaan sebagai tempat untuk buka laptop ataupun bekerja. Tempatnya yang cozy bisa menambah konsentrasi kamu agar lebih fokus.

Selain perpustakaan, Taman Literasi Martha Tiahahu memiliki beberapa fasilitas seperti plaza anak, plaza bunga, mushola, dan toilet. Dijamin kamu akan betah, apalagi masing-masing tempatnya dilengkapi oleh AC sehingga menambah kenyamanan pengunjung. Sama seperti Mbloc Space, untuk sampai ke Taman Literasi Martha Tiahahu kamu disarankan untuk menggunakan transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta, ya!

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu (07.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis

10. Taman Spathodea

Taman Spathodea, photo by transcity

Meski Jakarta Selatan dikenal sebagai bagian ibu kota yang paling padat penduduk, bukan berarti kamu tidak bisa menjumpai area terbuka hijau yang cukup luas di daerah ini. Taman Spathodea menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang begitu memanjakan mata karena dipenuhi oleh berbagai jenis bunga dan pepohonan hijau nan asri. Taman ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin sekedar jalan-jalan sore, berolahraga di pagi hari, ataupun melakukan rekreasi bersama keluarga di akhir pekan.

Ragam sarana penunjang dari Taman Spathodea yang bisa kamu nikmati, mulai dari jogging track, arena bermain anak, kolam ikan, danau buatan, hingga pusat kebugaran outdoor. Semua wisatawan juga diperkenankan untuk memberi makan ikan yang terdapat di dalam danau. Cocok untuk kamu yang ingin bersantai ria sambil mencari udara segar.

Alamat: Jalan Kebagusan Raya, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (06.00 – 18.00)
Harga tiket masuk: Gratis
2Madison Gallery, photo by Instagram @/2madison_gallery

Ada art gallery menarik yang wajib untuk kamu singgahi, nih, namanya 2Madison. Tempat wisata di Jakarta Selatan ini merupakan sebuah museum yang memamerkan karya seni dari para seniman lokal. Pameran yang diselenggarakan oleh 2Madison juga selalu berbeda tema, sehingga setiap wisatawan yang datang dapat menikmati beragam lukisan terbaru dalam periode waktu tertentu (cek situs resmi mereka secara berkala untuk mendapatkan jadwal exhibition terbaru).

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membeli langsung beberapa karya seni yang ditampilkan di ruang pameran, lho. Siapa tahu, kamu jadi tertarik untuk menjadi kolektor seni di masa depan. Jika kamu sedang ingin refreshing sekaligus mencari ketenangan, berkeliling di tengah lukisan yang penuh dengan permainan warna seperti ini bisa menjadi opsi yang menakjubkan.

Alamat: Jl. Bangka Raya No.20, Kemang, Pela Mampang
Jam operasional: Minggu - Kamis (09.00-19.00), Jumat-Sabtu (09.00-21.00)
Harga tiket masuk: Gratis 

12. Urban Forest Cipete

Urban Forest Cipete, photo by Manual Jakarta

Sejak resmi beroperasi pada bulan Oktober 2022, Urban Forest Cipete kini sudah menjadi tempat wisata di Jakarta Selatan yang paling digandrungi oleh bagi anak muda. Pasalnya, area rekreasi yang satu ini menawarkan konsep open space, di mana setiap sudutnya dipenuhi oleh pepohonan rindang yang teduh dengan berbagai tenant makanan menarik, mulai dari Little Talk Bistro, El Profesor, Solo Pizza, hingga Rivareno Gelato.

Urban Forest Cipete juga mengusung slogan yang berbunyi 'A Place Where Luxury Meets Nature'. Artinya, tempat ini menjamin setiap orang dapat menikmati sebuah ruang terbuka yang mewah dan tidak terdapat di taman yang lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai tempat WFA karena terdapat Wi-Fi dan stop kontak yang mudah ditemukan. Urban Forest Cipete juga dilengkapi dengan area playground yang ramah anak.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis

13. One Satrio

One Satrio, photo by Liputan6.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan berkonsep open space yang baru aja dibuka 12 Desember 2022 lalu, yaitu One Satrio. Terletak strategis di kawasan perkantoran Mega Kuningan, tempat hangout yang satu ini menawarkan area terbuka hijau dengan lebih dari 40 tenant makanan modern bereksterior serba putih yang Instagramable.

Selain dilengkapi gerai F&B, ragam fasilitas umum yang dapat kamu gunakan di area ini, mulai dari jogging track sepanjang 800 meter, pusat kebugaran, shower room, playground untuk anak, taman khusus hewan peliharaan, hingga EV Charging untuk pengguna mobil listrik. Jadi, kamu bisa dengan bebas membawa binatang peliharaan karena kawasan One Satrio sudah sangat pet friendly.

Alamat: CBD, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. E.1.3, Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (08.00 - 22.00)
Harga tiket masuk: Gratis

14. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, photo by Tebet Eco Park

Dengan tanah seluas 7,3 hektar, Tebet Eco Park menjadi tempat wisata di Jakarta Selatan yang memiliki sederet aktivitas seru. Ini adalah sebuah taman kota yang dilengkapi dengan infinity Link bridge untuk menyatukan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang sejak dulu dipisahkan oleh Jalan Tebet Raya. Nah, jembatan estetik inilah yang kini menjadi objek ikonik dari Tebet Eco Park.

Sebagian besar pengunjung pun rela berbondong-bondong datang ke lokasi wisata ini demi bisa berfoto ria di area jembatan infinity. Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai fasilitas menarik, seperti outdoor fitness, community garden, forest buffer, tempat bermain anak, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (06.00 - 20.00)
Harga tiket masuk: Gratis

Kuliner di Jakarta Selatan

15. Pelaspas Nipah

Pelaspas Nipah, photo by Manual.co

Pelaspas Nipah adalah salah satu tempat nongrkong hits di Jakarta Selatan. Awalnya berlokasi di Dharmawangsa, kini lokasi ini pindah ke Jalan Nipah dengan berbagai macam makanan yang berkumpul di satu lokasi komunal.

Di Pelaspas Nipah, kamu bisa menikmati kopi di El Sid Coffee Sandwich, atau sepotong pizza di Pizza Dealer. Kamu juga bisa menikmati es krim lezat di First Scoop setelahnya, dan masih ada banyak lagi makanan lezat yang bisa kamu temukan di sini.

Alamat: Jl. Nipah Raya No. 2, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 08.00 - 11.30
Harga makanan: Mulai dari Rp 50.000/orang

16. Daitokyo Sakaba

Daitokyo Sakaba, photo by journal.sociolla.com

Berlokasi di Little Tokyo Jakarta, Melawai Daitokyo Sakaba adalah restoran khas Jepang yang memiliki berbagai macam menu makanan Jepang dengan cita rasa authentic.

Daitokyo Sakaba terdiri dari 2 lantai, yang pertama memiliki area bar yang langsung menghadap ke open kitchen dan beberapa meja private, sementara lantai dua terdiri dari beberapa ruangan yang menggunakan tatami (tikar Jepang). Suasana khas Jepang ini membuat Daitokyo Sakaba menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang suka makanan khas Jepang.

Alamat: Jl. Melawai VIII, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 17.30 - 00.00
Harga makanan: Rp 100.000

17. Kashiwa

Kashiwa, photo by anakjajan.com

Satu lagi makanan khas Jepang yang bisa kamu temukan di Little Tokyo adalah Kashiwa. Restoran yang memiliki gaya bar ini menyajikan makanan dengan harga yang sangat terjangkau untuk setiap porsinya, dan rasanya yang lezat dijamin bakal bikin ketagihan.

Meskipun Kashiwa dikenal dengan menu snack mereka, mereka juga menyajikan berbagai minuman alkohol dan sajian ala Jepang lainnya seperti sashimi, tempura, nasi, mie, sushi, dan banyak menu lainnya dengan harga yang terjangkau.

Alamat: Jl. Melawai VIII, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 17.30 - 00.00
Harga makanan: Mulai dari Rp30.000

18. Gulai Tikungan Blok M

Gulai Tikungan Blok M, photo by Kompas.com

Kuliner yang satu ini berlokasi di Blok M, dan tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Nama gulai tikungan digunakan karena banyak sekali pedagang yang menjual gulai di tikungan Blok M, tepatnya di Jl. Mahakam.

Ada banyak pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan yang menjual gulai. Adapun menu yang ditawarkan adalah sepiring gulai sapi diisi dengan daging sapi, serta urat, tetelan, lemak, hingga jeroan.

Alamat: Jl. Melawai VIII, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 17.30 - 00.00
Harga makanan: Rp30.000/porsi

Mall di Jakarta Selatan

19. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall, photo by wikiwand.com

Bicara soal mall di Jakarta Selatan, tidak mungkin kita melewatkan mall paling populer yang satu ini. Pondok Indah Mall atau mall yang lebih sering disingkat menjadi PIM. Mall ini menawarkan banyak pertokoan yang dapat memenuhi segala kebutuhanmu, mulai dari pakaian hingga

Mall ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu PIM 1, PIM 2, PIM Street Gallery, dan kini ditambahkan dengan PIM 3. Selain itu, berada tepat di sebelah mall ini adalah Pondok Indah Waterpark yang bisa jadi destinasi liburan keluarga yang seru di akhir pekan.

Alamat: Jl. Metro Pondok Indah Kav IV, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 10.00 - 21.00

20. Pacific Place

Pacific Place, photo by arthagraha.net 

Mall yang satu ini memiliki sembilan lantai dengan berbagai toko menarik di dalamnya. Kamu bisa berjalan-jalan atau nongkrong di tempat makan yang ada di mall ini. Di mall ini, kamu bisa menemukan berbagai masakan khas Nusantara, Western, Asia, Jepang, Chinese, dan Thailand bisa kamu temukan di sini.

Mall Pacific Place sangat dikenal bukan hanya karena memiliki berbagai restoran yang lezat, tapi juga dikenal karena memiliki pusat perbelanjaan Galeries Lafayette yang memiliki berbagai brand fashion lengkap. Selain itu, Mall Pacific Place juga dikenal karena memiliki tempat rekreasi Kidzania yang bisa dikunjungi di akhir minggu bersama keluarga.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 11.00 - 22.00

Tinggal di Jakarta Selatan

Nah, kalau kamu berminat untuk tinggal di area ini, kamu bisa banget intip unit kost diJakarta Selatan. Tenang saja, unit-unit ini dilengkapi dengan kamar full furnished, area dapur yang multifungsi, serta WiFi dan layanan kebersihan dan laundry.

Cove Gran Inn

Contohnya seperti Cove Gran Inn. Berlokasi di Setiabudi, Jakarta Selatan, hunian yang satu ini berlokasi cukup dekat dengan Stasiun Manggarai, sehingga memudahkan mobilitas kamu sehari-hari. Unit ini juga memiliki area lounge dan rooftop seru yang bisa kamu gunakan sebagai tempat bersantai setelah seharian beraktivitas baik bersama teman-teman atau untuk menghabiskan me time.

Tertarik untuk tinggal di sini? Yuk, booking Cove Gran Inn sekarang juga!