Rekomendasi 15 Wisata Malam Jakarta, Estetik hingga Romantik

Wisata malam Jakarta menghadirkan suasana yang romantis dan memukau mata. Penasaran? Cek tempat-tempat ini, ya!

Rekomendasi 15 Wisata Malam Jakarta, Estetik hingga Romantik

Wisata malam Jakarta memang menyuguhkan pengalaman yang berbeda dengan siang hari. Dengan gemerlap cahaya dari lampu dan citylight, membuat Jakarta semakin mempesona dan cocok jadi tempat melepas penat setelah seharian lelah bekerja. Nah, apa saja tempat wisata di Jakarta yang cocok dikunjungi malam hari? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Wisata Malam Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Lapangan Banteng

Direvitalisasi, Taman Lapangan Banteng Jadi Spot Instagenik Jakarta Mirip  Luar Negeri
Lapangan Banteng, photo by Phinemo.com

Lapangan Banteng merupakan lapangan besar yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Sejak Indonesia merdeka, lapangan ini terus direnovasi sehingga kini menjadi ruang terbuka bagi warga Jakarta yang ingin bersantai bersama keluarga bahkan berolahraga. Letaknya pun cukup strategis karena berdekatan dengan Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Istana Negara. Tidak heran, Lapangan Banteng selalu ramai pengunjung, terutama di sore hingga malam hari.

Suasana dan Aktivitas di Lapangan Banteng

Suasana di Lapangan Banteng pun sangat sejuk karena dikelilingi oleh pohon rindang dan rumput hijau. Di sini, pengunjung juga bisa mendatangi Dinding Kutipan. Tembok-tembok ini diisi dengan kalimat kutipan dari para pahlawan bangsa untuk meningkatkan kembali semangat nasionalis pengunjung. Selain itu, pengunjung juga banyak yang mengabadikan momen di Amphiteatre, yaitu salah satu spot favorit di Lapangan Banteng.

Nah, menjelang malam, pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan air mancur yang menari dengan iringan lagu-lagu tradisional. Apalagi, hiasan lampu warna-warni turut menyinari air mancur, sehingga menambah suasana malam di Lapangan Banteng jadi lebih cantik dan romantis.

Kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan malam, jangan melewatkan kesempatan ini, ya. Melihat pertunjukan Air Mancur Menari sebagai wisata malam Jakarta bisa dijumpai setiap weekend yang akan dimulai dari 19.30 – 20.30 WIB.

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin – Jumat (06.00 – 20.00 WIB), Sabtu – Minggu (06.00 – 21.00 WIB)

2. Kota Tua

9 Destinasi Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari: Nikmati Kuliner dan Pesona  Lampu Kota
Kota Tua, photo by Acheh Network

Wisata malam Jakarta di Kota Tua juga bisa menjadi alternatif, nih, bagi pengunjung yang ingin menyusuri bangunan-bangunan bergaya Belanda, edukasi sejarah, hingga menikmati pemandangan sambil berfoto-foto. Kawasan ini dikenal dengan bangunan tua yang masih terawat dengan baik dan tertata. Untuk sampai ke sini juga tidak susah, ya, karena lokasi Kota Tua sangat strategis dan mudah dijangkau transportasi umum.

Suasana dan Aktivitas di Kota Tua

Kota Tua menjadi destinasi wisata Jakarta yang sangat populer. Setidaknya, sebagian warga Jakarta pasti pernah mengunjungi tempat ini satu kali seumur hidup. Salah satu tempat yang cukup populer di Kota Tua adalah Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, hingga Museum Wayang. Tempat-tempat ini bisa didatangi dari pagi hingga sore hari.

Nah, sesudah puas berkelana seharian mengunjungi museum dan spot-spot populer lainnya, kamu bisa mampir ke beberapa tempat untuk sekedar mengisi perut atau menikmati pemandangan Kota Tua di malam hari. Salah satu wisata malam di Jakarta, Kota Tua, adalah Taman Fatahillah yang buka hingga jam 10 malam. Di Taman Fatahillah, kamu bisa menyewa sepeda ontel, jadi kamu bisa berkeliling sepuasnya.

Kalau ingin mencari tempat makan sekaligus nongkrong, Café Batavia bisa kamu kunjungi. Café Batavia berada tepat di depan Museum Fatahillah dan tepi Taman Fatahillah. Tentunya, masih banyak lagi wisata malam hari Jakarta, Kota Tua, yang bisa kamu datangi seperti Kali Besar, Toko Merah, dan Jembatan Kota Intan.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari (24 jam)
Tiket: Gratis (kisaran harga tiket untuk masing-masing objek wisata Rp 2.000 – Rp 10.000)

3. Pantai Lagoon Ancol

√ 7+ Tempat Wisata Pantai di Jakarta Terindah dan Terbaik
Pantai Lagoon, photo by Ancol.com

Menikmati Jakarta di malam hari apalagi ditemani sejuknya angin laut pasti romantis banget, ya? Nah, kamu bisa merasakan pengalaman itu di Pantai Lagoon Ancol. Tidak hanya menyuguhkan tempat yang indah, akses ke sini juga mudah dengan harga tiket masuk yang masih affordable. Tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan wisata malam Jakarta yang lumayan padat pengunjng.

Suasana dan Aktivitas di Pantai Lagoon Ancol

Bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama teman, pasangan, atau keluarga, tempat ini sangat cocok dikunjungi. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Lagoon, salah satunya menikmati sunset. Menjelang malam, suasana di dermaga akan lebih cantik karena spot ini sudah dihiasi lampu-lampu.

Ditemani nyanyian ombak dan angin malam, tentu saja suasana di sini akan membuat kamu merasa lebih tenang setelah lelah bekerja. Biasanya, ada juga event-event seperti pertunjukan musik yang ikut meramaikan pantai. Cocok banget, kan untuk kamu yang mau melepas penat?

Alamat: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Jam buka: Setiap hari (06.00 – 24.00 WIB)
Tiket: Rp 25.000 (belum termasuk parkir kendaraan)

4. Monumen Nasional

Monas, photo by detikcom

Tentunya, tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi, dong, di telinga? Salah satu icon ibukota ini tidak hanya ramai pengunjung di siang hari saja, lho. Monumen Nasional menjadi wisata malam Jakarta yang tampil gagah sekaligus indah karena dihiasi dengan lampu yang warnanya berubah-ubah.

Suasana dan Aktivitas di Monas

Naik ke puncak tugu Monas bisa menjadi salah satu kegiatan menarik ketika kamu berkunjung ke sini pada malam hari. Bagaimana tidak? Penampakan kota Jakarta pada malam hari tentu akan terlihat cantik dari atas karena kamu bisa melihat gemerlap lampu-lampu dari kendaraan dan gedung tinggi khas kota yang sibuk ini. Kamu juga bisa menggunakan teropong untuk melihat-lihat view citylight dari tugu monas, lho.

Nah, untuk bisa sampai ke puncak Monas memang harus sabar, karena antriannya cukup panjang. Jangan lupa juga untuk siapkan uang sebesar Rp 15.000 untuk membayar tiket masuk ke puncak tugu Monas.

Kalau tidak berminat untuk menunggu dan mengantri, tenang saja, kamu bisa jelajah kuliner yang menggiurkan, kok, di Lenggang Jakarta. Kawasan ini adalah area food court di Monas yang menjajakan aneka jajanan khas Betawi, seperti kerak telor, soto Betawi, dan nasi goreng.

Alamat: Jalan Medan Merdeka Utara No. 2, RT.5/RW.2, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Jam buka: Selasa – Minggu (08.00 – 22.00 WIB)
Tiket: Rp 5.000 – Rp 15.000

5. Senayan Park

Foto] Skywalk Senayan Park, Magnet Wisata Baru di Ibu Kota - Foto  Katadata.co.id
Skywalk Senayan Park, photo by Kata Data

Senayan Park merupakan wisata malam Jakarta yang cukup hits dan cocok untuk healing di tengah sibuknya kota Jakarta. Tempat wisata ini termasuk dalam area perbelanjaan yang sudah berdiri sejak tahun 2020.

Di Senayan Park, pengunjung bisa melihat city light dari fasilitas Skywalk. Belum lagi, sebagian besar area tempat ini adalah outdoor yang dihiasi pepohonan, tanaman, dan air mancur. Jadi, tidak cuma berbelanja saja, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar dari dalam mall Senayan Park.

Suasana dan Aktivitas di Senayan Park

Berbeda dengan mall umumnya di Jakarta, Senayan Park berhasil menciptakan keunikannya sendiri. Mengusung konsep lifestyle mall, Senayan Park menghadirkan 70% tenant kuliner, 20% tenant hiburan, dan sisanya kios lainnya.

Salah satu spot favorit pengunjung di sini adalah Skywalk, yaitu jembatan untuk melihat pemandangan Jakarta. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, kamu bisa datang di jam 15.00 – 21.00, ya.

Nah, di bawah Skywalk, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain, seperti bersepeda hingga bermain skateboard. Area ini juga pet friendly, lho, jadi jika kamu ingin ke Senayan Park sembari membawa hewan peliharaan, sangat dipersilahkan.

Alamat: Jl. Gerbang Pemuda No.3, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin – Kamis (10.00 – 21.00 WIB), Sabtu – Minggu (10.00 – 22.00 WIB)

6. Cove at Batavia - Pantai Indah Kapuk

Hangout Di Pinggir Pantai Cove at Batavia - MBtech
Cove at Batavia, photo by MBtech

Ingin menikmati street food ala luar negeri di Jakarta? Nah, kamu bisa datang ke daerah Pantai Indah Kapuk, tepatnya di Cove at Batavia. Rata-rata tenant di wisata malam Jakarta ini menjual aneka jajanan yang membentang di sepanjang jalan di Cove at Batavia.

Yang uniknya, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil melihat pemandangan laut yang indah. Tempatnya pun sangat instagramable dan banyak spot foto karena Cove at Batavia mengusung konsep ala Los Angeles.

Suasana dan Aktivitas di Cove Batavia PIK

Karena tempat ini merupakan outdoor, maka waktu terbaik untuk mengujungi Cove Batavia PIK adalah saat sore menjelang malam hari. Kamu bisa menjumpai pemandangan matahari terbenam dan menikmati laut. Cove Batavia juga sudah dilengkapi WiFi, toilet, dan area parkir yang luas, jadi kamu bisa betah menghabiskan waktu di salah satu wisata malam Jakarta ini.

Harga jajanan di Cove Batavia cukup beragam, mulai dari Rp 20.000 – Rp 250.000 dengan beberapa tenant yang harus kamu coba, seperti Oyster Dealer, Lawless Burger, Sushi Hiro, Gelato Secrets, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kamu ingin makan malam romantis bersama pasangan dan ingin merasakan pengalaman sunset di kapal phinisi, kamu bisa datang ke resto Talassa by GIOI.

Alamat: Kamal Muara, Kota Jakarta Utara
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 23.00 WIB)

7. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK Perluas Lahan Sambut Kemeriahan Imlek : The Editors Club
Pantjoran PIK, photo by The Editors Club

Pantai Indah Kapuk tidak hanya memiliki Cove Batavia yang bergaya western sebagai wisata malam Jakarta, tapi juga menghadirkan destinasi ala Chinatown yang bernama Pantjoran. Di Pantjoran, kamu juga bisa menemui banyak makanan berat hingga jajanan ringan yang menggiurkan. Konsep Chinatown ini bisa dilihat dari banyaknya ornamen ala Shanghai dan berbagai hidangan, mulai dari dimsum, cakwe, nasi hainan, hingga mie tarik.

Suasana dan Aktivitas di Pantjoran PIK

Ketika datang ke Pantjoran PIK, kamu akan disambut dengan gapura besar dengan aksen warna merah dan keemasan yang menjadi icon dari wisata di PIK. Karena datang di malam hari, nuansa pecinan akan makin terasa karena lampu dan lampion mulai dinyalakan, sehingga gemerlap cahaya pun siap menemani pengunjung.

Selain mencicipi aneka kuliner khas China, kamu juga bisa menikmati pertunjukan dan hiburan pada hari-hari besar warga Tionghoa, misalnya imlek. Biasanya, Pantjoran PIK menghadirkan atraksi seperti pertunnjukan musik Guzheng, Barongsai, Tai Chi, sampai tarian seribu tangan. Tentunya, kawasan ini juga pet friendly, jadi kamu bisa membawa anabul kesayangan untuk berjalan-jalan.

Alamat: Pantjoran PIK 2, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara
Setiap hari: 07.00 – 23.00 WIB

8. La Riviera PIK

Suasana Ala Eropa di La Riviera PIK 2 saat Hari Raya Natal
La Riviera PIK, photo by suara.com

Masih belum puas menjelajahi PIK? Nah, kamu wajib berkunjung ke La Riviera di PIK 2! Kawasan ini merupakan ruko yang semua bangunannya mengusung gaya Eropa, Amsterdam. Tidak hanya itu, destinasi wisata malam Jakarta satu ini juga memiliki sungai buatan yang banyak dipakai untuk bermain perahu. Tentu saja, banyak pengunjung yang mengabadikan momen di sekitar jembatan yang mengarah ke gedung dan Sungai di sini.

Suasana dan Aktivitas di La Riviera PIK

Meski hanya terdiri dari ruko, tapi banyak banget lho, aktivitas malam di La Riviera yang bisa kamu lakukan, seperti main games di pasar malam, menyewa sepeda listrik untuk berkeliling, hingga sewa kostum. Ada salah satu stand yang menghadirkan jasa sewa kostum untuk mendukung foto ala ala Belanda.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi Sungai. Kamu hanya perlu membayar Rp 35.000 selama 15-20 menit sembari ditemani musik. Tenang saja, ada pekerja yang akan menemanimu berkeliling dan mendayung perahunya, jadi kamu tinggal duduk santai dan menikmati tiap sudut La Riviera yang diwarnai lampu-lampu bercahaya warm. Jika sudah puas berkeliling, kamu bisa mampir ke tenant-tenant untuk mengisi perut sebelum pulang.

Alamat: Desa Lemo, Teluknaga, Tangerang, Banten
Jam buka: Setiap hari (24 jam)

9. Old Shanghai, Sedayu City

Old Shanghai: Chinatown Modern di Sedayu City Kelapa Gading Halaman 1 -  Kompasiana.com
Old Shanghai, photo by Kompasiana

Tidak cuma di kawasan PIK, wisata malam Jakarta yang mengusung tema modern Chinatown juga bisa kamu temui di Kelapa Gading, tepatnya di kawasan Sedayu City.

Wisata yang baru dibuka tahun 2022 ini sudah menarik perhatian banyak perhatian pengunjung dari berbagai kalangan. Apalagi, di sini pengunjung tidak hanya mencicipi kuliner saja, tapi juga bisa berfoto ria, bermain di game center, berbelanja, dan masih banyak lagi.

Suasana dan Aktivitas di Sedayu City Kelapa Gading

Old Shanghai terdapat lebih dari 80 tenant food and beverage yang menyajikan sajian aneka kuliner ala kaki lima, peranakan, makanan pencuci mulut, hingga beragam kuliner halal dan non-halal lainnya. Di sini kamu bisa mencicipi Ponggol Nasi Lemak, Shu Guo Yin Xiang, Croco by Monsieur Spoon, Gelato Secrets, Es Kopi Takkie, Hokkian Lomie Special, Lindung Cah Fumak, dan tenant populer lainnya.

Selain kuliner yang apik, bangunan hingga hiasan dinding yang dipenuhi mural-mural khas kota besar di Tiongkok bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Alamat: Jalan Sedayu Boulevard Raya No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Jam buka: Senin – Jumat (10.00 – 22.00 WIB), Sabtu – Minggu (07.00 – 23.00 WIB)

10. Jalan Sabang

Makna Sahabat dalam Bukber Hemat di Jalan Sabang - Kompasiana.com
Jalan Sabang, photo by Kompasiana

Jalan Sabang menjadi tempat hangout di Jakarta favorit para anak muda dan pekerja kantor di sekitar Thamrin dan Sudirman. Hal ini karena di Kawasan Sabang banyak sekali kafe, restoran, hingga jajanan kaki lima yang bisa dijumpai dengan rasa yang enak dan harga affordable. Jadi, tidak heran kalau sepanjang jalan ini selalu ramai orang yang ingin memanjakan lidah mereka.

Suasana dan Aktivitas di Jalan Sabang

Jalan Sabang merupakan kawasan yang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Jakarta. Suasana malam hari di area ini sangat hidup karena banyak tenda-tenda warung makan yang memenuhi sisi jalanan. Karena berada di area perkantoran, Jalan Sabang cukup ramai dan banyak kendaraan yang melintas sehingga tetap waspada, ya, ketika berkunjung ke sini.

Salah satu warung makan yang tak pernah sepi pembeli dan bisa kamu coba adalah Nasi Goreng Gila. Pengunjung yang mampir ke wisata malam Jakarta ini setuju dengan rasa makanan yang disuguhkan memang enak sehingga tidak heran Nasi Goreng Gila sangat diminati.

Kamu juga bisa mencoba ragam kuliner lainnya yang dijajakan di sepanjang Jalan Sabang, seperti Bakmi Roxy, Nasi Goreng Kebun Sirih, Claypot Popo, Sate Jaya Agung Menteng, Natrabu, Ben Seafood, Kopi Ko Acung, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Haji Agus Salim 35, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari (24 jam)

11. Blok M

M Bloc Space - Travelink Magazine
Mbloc Space, photo by Travelink Magazine

Salah satu wisata malam Jakarta yang hits dan ramai anak muda berikutnya adalah Blok M. Kawasan ini menawarkan wisata kuliner, belanja, hingga tempat aesthetic. Salah satu area yang bisa dikunjungi sampai dini hari yaitu Little Tokyo.

Tempat ini menawarkan berbagai spot menarik dengan nuansa ala Jepang, cocok untuk kamu yang ingin berfoto untuk diunggah ke instagram. Selain Little Tokyo, banyak lagi tempat-tempat di Blok M yang bisa kamu kunjungi pada malam hari.

Suasana dan Aktivitas di Blok M

Mampir ke Blok M tidak akan lengkap kalau kamu belum berkunjung ke Mbloc Space. Dibuka tahun 2019, Mbloc menjadi kawasan bisnis dan hiburan dengan konsep modern dan kreatif.  Di sini kamu akan menemukan kafe, toko buku, ruang game, hingga ruang ibadah.

Selain Mbloc, kamu juga bisa mampir ke Blok M Square, yaitu mall legendaris yang menawarkan aneka jajanan tempo dulu hingga pusat barang bekas di area basementnya. Jangan lupa juga menjelajahi sekitaran Melawai yang ramai tempat makan, seperti Sate Sambas, Gultik, Bubur Ayam Barito, hingga Filosofi Kopi.

Alamat: Jalan Melawai 5, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 23.00 WIB)

12. Taman Ayodya-Barito

15 Taman Kota di Jakarta, Cara Mudah Liburan di Akhir Pekan! | tiket.com
Taman Ayodya, photo by Tiket.com

Masih berada di kawasan Blok M, Taman Ayodya sangat mudah dijangkau dan ditemukan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Taman ini berbentuk lingkaran yang dikelilingi pepohonan yang rimbun.

Di sini juga dihiasi rumput hijau hingga aneka bunga yang menambah pemandangan cantik. Di tengah taman, terdapat danau buatan yang digenangi oleh air dan tanaman Teratai beserta air mancur. Kebanyang kan, seindah apa Taman Ayodya ini di malam hari?

Suasana dan Aktivitas di Taman Ayodya

Sebagai salah satu public space yang banyak dimanfaatkan oleh warga, Taman Ayodya cukup ramai pengunjung yang ingin bersantai pada sore hingga malam hari. Fasilitas yang lengkap, seperti tempat duduk, area bermain anak, jogging track, panggung theater, mushola, kamar mandi, sampai pendopo, membuat siapa saja betah menghabiskan waktu di Taman Ayodya.

Di sini, kamu juga bisa menikmati aneka jajanan di sekitar taman sampai pukul 22.00. Pas banget untuk kamu yang mencari wisata malam Jakarta yang low budget.

Alamat: Jalan Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (24 jam)

13. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki, photo by sinergijakarta.com

Di sekitar Jakarta Pusat, kamu juga bisa datang ke Taman Ismail Marzuki untuk menikmati wisata malam Jakarta yang menarik. Di sini menjadi pusat kesenian Jakarta dengan fasilitas dan pelayanan yang sudah bagus. Bagi para pencinta seni atau pemburu spot-spot instagramable untuk foto, pasti akan sangat senang datang ke Taman Ismail Marzuki. Di sini ada perpustakaan, gedung teater, hingga galeri yang sering mengadakan event-event menarik. Orang-orang yang menyukai seni budaya atau literasi biasanya nongkrong di sini.

Suasana dan Aktivitas di Taman Ismail Marzuki

Kalau ada event menarik, suasananya akan semakin ramai pada malam hari. Apalagi kalau weekend. Beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Taman Ismail Marzuki misalnya menonton pertunjukan teater jika sedang ada event. Taman Ismail Marzuki memang sering menjadi tempat pementasannya aktor-aktor teater besar di Indonesia. Ada beberapa gedung yang difungsikan untuk pertunjukan teater. Kamu juga bisa membaca buku atau mengikuti event yang diadakan oleh Perpustakaan Jakarta. Pada momen tertentu, selalu ada acara malam di perpustakaan. Jika kamu merasa lapar, di depan Taman Ismail Marzuki ada banyak sekali penjual makanan yang bisa mengisi perutmu. Jadi jangan khawatir kelaparan.

Alamat: Jl. Cikini Raya No.8, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-20.00 WIB

14. Pasar Baru

Pasar Baru, photo by phinemo.com

Masih di kawasan Jakarta Pusat, tempat wisata malam di Jakarta yang seru adalah Pasar Baru. Bagi kamu yang tidak suka merasakan panasnya Jakarta di siang hari, bisa datang ke Pasar Baru untuk berbelanja pada malam hari. Ada banyak sekali masyarakat beraktivitas layaknya siang hari di sini. Pasar Baru memang sejak zaman dulu sudah dikenal sebagai tempat berbelanja, seperti pakaian dan makanan dengan harga yang terjangkau.

Suasana dan Aktivitas di Pasar Baru

Kawasan Pasar Baru tidak pernah sepi. Siang maupun malam, orang-orang selalu ramai berbelanja di sini. Jika di siang hari ada toko-toko yang buka, pada malam hari pun ada banyak penjual-penjual yang menjajakan dagangannya di emperan toko. Kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan seperti pakaian, aksesoris, hingga makanan. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat hunting kuliner lezat seperti bakmi gang kelinci, bakso A Boen, bakso rusuk, dan lainnya, sehingga kamu yang senang kulineran, akan merasa senang dan puas jika berwisata malam ke kawasan Pasar Baru ini.

Alamat: Jl. Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-23.00 WIB

15. Pasar Santa

Pasar Santa, photo by travel.kompas.com

Terakhir, ada juga Pasar Santa yang bisa menjadi tujuan jika kamu ingin berbelanja di malam hari. Pasar Santa disebut juga dengan nama "Santa Modern Market". Di sini, ada banyak kios yang menjual berbagai barang, mulai dari kebutuhan rumah tangga, bahan-bahan makanan, hingga kuliner yang siap makan. Ada juga barang-barang thrift atau bekas yang Barang-barang yang dijual di Pasar Santa memiliki pasarnya sendiri. Bukan hanya thrift biasa, tetapi juga unik dan estetik.

Lokasi Pasar Santa yang strategis dan mudah diakses juga membuat tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak muda Jakarta Selatan. Pasar Santa bisa diakses dengan berbagai transportasi umum. Banyak juga pilihan penginapan di Jakarta yang kekinian dan cocok untuk anak-anak muda.

Suasana dan Aktivitas di Pasar Santa

Menjelang malam, Pasar Santa masih ramai dikunjungi orang-orang, baik yang berbelanja maupun yang berburu kuliner. Di sini, kamu bisa berbelanja berbagai barang kebutuhan rumah tangga atau alat-alat untuk bekerja. Ada toko pakaian, sepatu, alat tulis, hingga toko elektronik. Untuk barang-barang  thrifting, kamu bisa menemukannya di bagian lantai satu. Meskipun banyaknya barang bekas, tetapi kualitasnya masih sangat bagus. Ada juga barang-barang antik yang usianya sudah sangat tua, seperti vinyl, kaset, dan tape recorder.

Alamat: Jl. Cipaku I No 1, Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam Buka: 11.00-20.00 WIB

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata malam di Jakarta yang bisa menjadi opsi menghabiskan waktu. Jakarta memang menjadi kota yang tidak pernah tidur. Siang maupun malam, selalu ada kegiatan dan tempat seru untuk dikunjungi. Kalau kamu lebih senang berwisata di malam hari, Jakarta punya banyak tempat menarik.