Inilah 15 Spot Foto Jakarta yang Apik dan Instagramable

Inilah 15 Spot Foto Jakarta yang Apik dan Instagramable
Spot Foto Jakarta, photo by lookstudio

Belum lengkap rasanya kalau jalan-jalan mengelilingi ibu kota tanpa berburu spot foto menarik. Di setiap sudut Jakarta, kamu bisa dengan mudah menemukan beragam lokasi keren yang punya daya tarik visual di dalamnya. Kalau kamu gemar berfoto OOTD, pemilihan spot foto yang menarik dan estetis dapat membuat foto OOTD kamu terlihat lebih menarik dan menonjol di antara postingan lainnya di feed Instagram. Kamu hanya tinggal menyesuaikannya dengan padu padan outfit yang akan kamu kenakan di hari itu. Nah, di bawah ini adalah rekomendasi spot foto Jakarta yang wajib untuk kamu sambangi. Apa saja?

10 Spot Foto Jakarta

1. Sky Deck Halte Bundaran HI

Sky Deck Halte Bundaran HI, photo by minews.id

Siapa yang tidak kenal dengan spot foto Jakarta yang satu ini? Sejak resmi beroperasi, banyak warga ibu kota yang berbondong-bondong datang ke Sky Deck Halte Bundaran HI hanya untuk berfoto ria. Tempat ini dinilai menarik lantaran memiliki latar belakang gedung-gedung pencakar langit yang berdiri dengan megahnya, dan akan semakin cantik saat momen matahari terbenam. Kamu bisa melakukan tap-in kartu bus TransJakarta terlebih dahulu untuk memasuki area ini, ya.

2. JPO Dukuh Atas

@didinfelani_ JPO Astra Dukuh Atas lagi berbunga ges, go visit bagus banget buat photo2 😍 #placetogojkt #spotphoto #jakarta ♬ suara asli - 𝐌𝐢𝐧𝐞.

Kalau kamu sedang berjalan-jalan di area Dukuh Atas, jangan lupa mampir ke salah satu spot foto Jakarta yang paling hits berikut ini, ya. JPO Dukuh Atas yang dibangun tanpa atap nyatanya memiliki pesona tersendiri. Kamu bisa menemukan beberapa pemandangan sekaligus jika berfoto di JPO Dukuh Atas, mulai dari kepadatan lalu lintas, siluet gedung-gedung perkantoran, hingga rimbunnya bunga bougenville di sisi kanan dan kiri jembatan yang dapat memperindah foto Instagram kamu.

3. The SAB House

The SAB House, photo by putritidurjkt.hatenablog.com

Salah satu tempat nongkrong Jakarta Selatan, The SAB House, punya desain eksterior bangunan yang menawan untuk dijadikan spot foto. Sebuah pintu besar dengan semburat palet hijau tosca yang berpadu sempurna bersama background berwarna netral pada bagian dindingnya membuat cafe ini bisa dijadikan tempat yang ideal untuk berfoto. Bangunannya yang proporsional dengan keberadaan elemen spesifik seperti sepeda hias dan chalkboard sign juga kian menambah pesona dari spot foto Jakarta ini.

4. Ashta District 8

Ashta Distric 8, photo by manualjakarta

Sudah menjadi rahasia umum bila Ashta District 8 punya banyak spot foto menarik yang bisa mempercantik feed Instagram kamu, bahkan sebagian besar seleb Instagram juga sering mengabadikan momen hangout mereka di sini, lho, nggak heran kalau Ashta kerap disebut-sebut sebagai latar belakang foto ‘sejuta umat’.

Pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan SCBD ini menawarkan area balkon lantai satu yang dikelilingi background gedung perkantoran yang menjulang tinggi, serta area depan Arabica Coffee yang sempat viral dengan dinding motif kotak-kotak berwarna taupe nan estetis ini.

5. Paradia Compound

Paradia Compound, photo by manualjakarta

Paradia Compound merupakan salah satu tempat hangout baru yang berada di kawasan Cilandak. Meski berukuran minimalis dan hanya terdiri dari enam tenant, namun ruang kreatif terbuka ini memiliki bangunan berkonsep industrial yang oke banget untuk dijadikan lokasi spot foto Jakarta Selatan. Dinding beton ekspos yang dipadukan dengan fasad pelapis aluminium benar-benar mampu menarik perhatian untuk tampilan foto yang kompleks. Kamu pun bisa jajan-jajan cantik di Strange Coffee, Bruule, Bon Bon Bites, sampai Gokyo.

6. PAUL - Pacific Place

Paul Pacific Place, photo by Paul Indonesia

Paul cabang Pacific Place juga kerap dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjadi latar belakang foto yang Instagramable. Pasalnya, Paul memiliki desain bangunan elegan dengan dominasi warna hitam yang menjadikannya begitu kontras dengan aksen dramatis. Menggunakan ruang yang atraktif seperti ini bisa sangat membantu kamu dalam setiap potretnya, bahkan jika kamu bukan termasuk orang yang fotogenik. Kamu hanya tinggal menyiapkan busana berpalet netral untuk menyelaraskannya dengan background foto.

7. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki, photo by Atourin

Kamu sudah pernah berkunjung ke Taman Ismail Marzuki, belum? Ternyata, pusat kesenian dan kebudayaan yang lokasinya ada di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat ini punya banyak sekali spot foto Jakarta yang estetik, lho. Sejak selesai direvitalisasi pada bulan Juni 2022, kini Taman Ismail Marzuki sudah punya wajah baru yang lebih modern. Salah satu focal point menariknya adalah bangunan perpustakaan berlantai 3 yang memiliki desain artistik hasil mahakarya arsitek kenamaan Andra Martin ini.

8. Sentosa Senayan

Sentosa Senayan, photo by Instagram @/sentosa_senayan

Di kawasan rooftop parkir elevated A Gelora Bungkarno, ada sebuah restoran seafood yang menawarkan spot Instagramable terbaru dengan hamparan rerumputan hijau dan panorama gedung pencakar langit, nih, tepatnya berada di sekitar Sentosa Seafood Senayan. Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengabadikan foto adalah saat matahari terbenam. Sentosa Senayan buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 22.00 WIB.

9. Osteria Gia - Pacific Place

Osteria Gia, photo by Bitte Design Studio

Restoran autentik Italia, Osteria Gia, yang terletak di pusat perbelanjaan Pacific Place punya desain eksterior eye-catchy bergaya retro dengan atap kaca yang melengkung. Berkat keunikannya ini, nggak heran kalau banyak orang yang sering mengambil gambar berlatarkan bangunan Osteria Gia sambil mengenakan busana terbaik mereka. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke restoran ini?

10. Chillax Sudirman

Chillax Sudirman, photo by jakarta-tourism

Pilihan spot foto Jakarta selanjutnya adalah tempat nongkrong berkonsep terbuka yang dilimpahi bangunan-bangunan berestetika Eropa, yaitu Chillax Sudirman. Tidak hanya menawarkan deretan food and beverages dengan tema alfresco dining, kamu juga bisa dengan bebas hunting spot foto menarik yang ada di setiap sudutnya. Apalagi, setiap tenant dari Chillax Sudirman juga didukung dengan desain eksterior berwarna-warni yang memanjakan mata, cocok untuk jadi latar belakang yang estetis.

11. SILK Bistro

SILK Bistro, photo by TikTok @/nevaindriany

Desain arsitektur penuh nostalgia yang disuguhkan oleh Silk Bistro membuat para pengunjung yang bersantap di restoran ini tidak pernah melewatkan kesempatan mereka untuk berfoto. Pada dasarnya, bangunan Silk Bistro merupakan hasil restorasi dari hunian bersejarah di Menteng milik mantan jenderal yang sudah tidak terpakai lagi sejak tahun 1995. Itulah mengapa struktur bangunannya berkaitan erat dengan gaya kolonial yang menonjolkan nuansa elegan melalui kombinasi warna cream dan putih. Sore hari adalah saat yang paling tepat untuk mengambil foto karena sinar matahari yang berwarna keemasan akan semakin memperindah tampilan fotomu.

12. PENN

Penn, photo by TikTok @/doublecha__

Berlokasi di daerah Senopati, Penn merupakan salah satu restaurant and bar dengan estetika New York yang diaplikasikan ke dalam eksterior, interior, maupun menu makanan yang disajikan. Sejak awal berdiri, Penn sudah mencuri perhatian lewat desain bangunannya yang estetis. Dari sisi bagian luar, tampak material batu bata berwarna merah dan tumbuhan hijau begitu mendominasi eksterior bangunan. Bebarapa orang hampir selalu memanfaatkan landscape ini sebagai latar belakang foto yang menarik mata.

13. Monolog

Monolog, photo by TikTok @/nevaindriany

Daya tarik visual Monolog Coffee Gunawarman terletak pada konsep arsitektur modernnya yang berbalut nuansa earthy tone. Sementara bagian fasadnya sendiri merupakan kombinasi dari ‘sirip’ vertikal dan horizontal guna menciptakan sinergi yang dinamis, sehingga kesan kontemporer yang penuh estetika pun begitu kental terasa. Bagian pintu masuk Monolog Coffee pun menjadi spot favorit untuk berfoto karena dianggap mampu memberi getaran visual pada feed Instagram.

14. Kopi Klasik

Kopi Klasik, photo by TikTok @/selsamirela

Bangunan bergaya industrial dengan konsep interior unfinished memang selalu memiliki nilai artistik tersendiri. Hampir di setiap sudutnya selalu cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto, termasuk Kopi Klasik di daerah Tebet yang dikelilingi oleh desain dinding berupa semen ekspos dan glass block untuk menciptakan tekstur serta memberi latar belakang yang kontras untuk sebuah potret. Banyaknya area terbuka di Kopi Klasik pun memberi kesan lapang dan memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto dari berbagai sudut.

15. Plaza Senayan

Plaza Senayan, photo by tiktok @/minewear_

Selain menjadi salah satu mall terbesar di Jakarta lantaran dilimpahi oleh beragam luxury brands, Plaza Senayan juga memiliki banyak spot foto estetik yang sayang bila kamu lewatkan saat berkunjung ke sini, mulai dari spot ‘sejuta umat’ di depan kaca Union, tangga Sentra Senayan, tengah air mancur, hingga dinding berpola kotak-kotak yang lokasinya ada di sebelah Made’s Warung ini.

Itulah deretan spot foto Jakarta yang bisa kamu eksplor untuk mengabadikan momen. Berencana untuk mengunjungi ibu kota dalam waktu dekat, namun belum menemukan tempat bermalam yang tepat? Cove menawarkan banyak sekali pilihan properti untuk kamu tinggali yang bisa disewa harian ataupun bulanan. Yuk, segera cek tempat penginapan di Jakarta untuk informasi lebih lanjut!