15 Tempat Wisata Jakarta Utara Buat Kamu Datangi di Musim Liburan

Bingung mau pergi kemana saat musim liburan? Cek di sini yuk karena Cove punya 15 rekomendasi tempat wisata Jakarta Utara yang bisa kamu datangi.

15 Tempat Wisata Jakarta Utara Buat Kamu Datangi di Musim Liburan
Tempat Wisata Jakarta Utara, photo by Ancol

Seluruh area Jakarta pasti punya spot wisatanya masing-masing. Jakarta Utara pun gak mau ketinggalan dong! Berada di kawasan dekat laut, tempat wisata Jakarta Utara sebagian besar berkaitan dengan pantai. Tentu hal ini menghadirkan nuansa wisata berbeda dibandingkan wilayah Jakarta lainnya. Kira-kira tempat wisata apa aja ya yang ada di Jakarta Utara? Simak yuk ulasan lengkap Cove mengenai 15 tempat wisata Jakarta Utara berikut ini.

Wisata Taman di Jakarta Utara

1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke, photo by Travers ID

Kawasan satu ini menjadi tempat wisata Jakarta Utara yang mengedepankan edukasi serta pelestarian lingkungan. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) merupakan tempat konservasi hewan-hewan langka yang sulit ditemukan di Jakarta.

Alam di Suaka Margasatwa Muara Angke ini sangat dijaga ketat karena mempengaruhi ekosistem dari hewan tersebut. Beberapa jenis hewan yang ada di SMMA kebanyakan adalah burung. Namun, terdapat hewan lainnya seperti kera, buaya, ikan, monyet ekor, serta reptil. Berbeda dengan berkunjung ke kebun binatang, di SMMA in kamu akan melihat kehidupan hewan bebas di alamnya. Oleh karena itu, ketika berkunjung kamu harus tetap berhati-hati dan mengikuti arahan dari petugas.

Alamat: RT.1/RW.16, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 18.00)
Tiket Masuk: Rp25.000 per orang

2. Taman Mangrove

Taman Mangrove, photo by Jakarta Traveler Media

Di area dekat laut seperti Jakarta Utara, memiliki hutan mangrove (bakau) sangatlah penting. Perannya cukup besar dalam mencegah abrasi akibat air laut yang terus menghantam daratan. Meski begitu, hutan bakau ini sekaligus dijadikan tempat wisata. Para pengunjung bisa menyaksikan deretan pohon bakau hingga berfoto pada spot yang telah disediakan.

Tak hanya melihat deretan pohon bakau, terdapat fasilitas lain yang tersedia di Taman Mangrove ini. Mulai dari wisata air speedboat, kano, menanam mangrove, sampai tersedianya penginapan. Gak jarang tempat ini dijadikan sebagai objek foto untuk keperluan khusus seperti, prewedding.

Alamat: Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Jakarta 14470
Jam Buka: Senin - Jumat (08.00 - 19.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 19.00)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp30.000

3. Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan, photo by Kompas

Sebagian wilayah Jakarta memiliki taman dan hutan kota. Begitupun dengan wilayah Jakarta Utara, kamu bisa kunjungi Taman Hutan Kota Penjaringan. Keunikan dari Taman Hutan Kota Penjaringan ialah adanya labirin. Aktivitas masuk dan menjari jalan di dalam labirin sangat seru apabila kamu lakukan bareng orang terdekat.

Luas Taman Hutan Kota Penjaringan sendiri mencapai 14 hektare. Selain bermain di labirin, para pengunjung taman diperbolehkan untuk piknik bersama. Nah, sebelum datang ke sini, ada baiknya kamu membawa makan dan minum sendiri ya. Pasalnya, tidak ada pedagang di area sekitar Taman Hutan Kota Penjaringan ini.

Alamat: Jl. Kepanduan 2, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14450
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 17.00)
Tiket Masuk: Gratis

4. Taman Jogging Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading, photo by Berita Jakarta

Quality time santai di Taman Jogging Kelapa Gading sambil menikmati sejuknya udara sekitar. Melipir ke ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta Utara dapat mengistirahatkan diri sejenak dari polusi di Jakarta. Taman Jogging Kelapa Gading menjadi salah satu solusinya, taman seluas 1,6 hektare memiliki berbagai tanaman hijau yang bisa menyegarkan mata.

Seperti namanya, Taman Jogging Kelapa Gading dikatakan multifungsi. Kamu bisa sekaligus santai sambil sesekali berolahraga. Fasilitas yang ada di Taman Jogging Kelapa Gading pun cukup lengkap, di antaranya ada area fitness outdoor, taman bermain anak, jogging track, bangku duduk, dan toilet.

Alamat: Jalan Raya Boulevard Blok. GT 3 RW.16, Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara
Jam Buka: Senin - Minggu (05.00 - 22.00)
Tiket Masuk: Gratis

Wisata Seru di Jakarta Utara

5. Dufan

Dunia Fantasi (Dufan), photo by Klook

Theme park pertama di Indonesia ada di Jakarta Utara, tepatnya berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Kamu pasti sudah tahu kan? Yap, Dunia Fantasi (Dufan) adalah wahana hiburan outdoor terbesar yang ada di Indonesia. Sudah berdiri sejak 1985 hingga kini Dufan masih menjadi destinasi wisata dalam kota yang diminati. Di dalamnya terdapat lebih dari 20 wahana permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk masuk ke Dufan, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp250.000 per orangnya. Namun, terkadang Dufan menyediakan promo-promo supaya para pengunjung mendapatkan harga lebih terjangkau, salah satunya Annual Pass yang mana pengunjung memiliki akses gratis masuk selama satu tahun. Sudah siap bermain berbagai wahana di Dufan?

Alamat:  Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 17.00), Sabtu - Minggu (10.00 - 19.00)
Tiket Masuk: Rp250.000 (Weekdays), Rp275.000 (Weekend)

6. Bounce Street Asia - Trampoline Park

Bounce Street Asia, photo by Tiket

Kata siapa permainan trampoline hanya untuk anak-anak? Di Bounce Street Asia, orang dewasa pun bebas bermain trampoline. Dengan bermain trampoline, kamu bisa sekaligus berolahraga, loh! Tetap have fun di saat berolahraga sangat mungkin terjadi, misalnya lewat permainan dari trampoline dari Bounce Street Asia ini.

Area Bounce Street Asia cukup luas, yakni lebih dari 2500m2 dan memiliki lebih dari 10 aktivitas yang bikin kamu anti mati gaya. Saat bermain kamu pun akan diawasi oleh coach-coach yang ada di Bounce Street Asia. Selain itu, terdapat fasilitas AC dan cafe buat kamu yang mau istirahat. Berminat buat eksplor hal baru di Bounce Street Asia?

Alamat: Jl. Artha Gading Sel. No.Kav 8, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 19.00), Sabtu - Minggu (10.00 - 20.00)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp150.000

7. Alive Museum Ancol

Alive Museum Ancol, photo by Blog Kuliner & Perjalanan Marga

Alive Museum Ancol masuk ke daftar tempat wisata Jakarta Utara. Memberikan pengalaman baru untuk kamu dengan mendatangi museum tiga dimensi. Di dalamnya terdapat lukisan-lukisan yang bisa jadi objek foto. Eits, bukan hanya itu, lukisan yang ada di Alive Museum Ancol ini terlihat sangat nyara jika difoto. Gak heran kan kenapa diberi nama Alive Museum.

Museum di Ancol ini merupakan cabang dari Alive Museum Korea. Terbagi atas beberapa zona, yaitu Zona Fantasi, Dark Road, Zona Horor, Zona Ekstrim, Zona Sirkus, dan Zona Travel. Salah satu lukisan ikonik ada juga dari Jakarta, tepatnya merupakan lukisan Monas. Kamu bisa foto seakan-akan sedang berada di dalam puncak Monas.

Alamat: Ancol Beach City Mall, 3rd Floor Jalan Ancol Beach City Pademangan, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 19.00), Sabtu - Minggu (10.00 - 21.00)
Tiket Masuk: Rp100.000

8. Jakarta International Stadium (JIS)

Jakarta International Stadium, photo by Jakarta Smart City

Cari tempat olahraga mirip GBK? Datangi aja stadion terbesar di Indonesia. Meski belum sepenuhnya diresmikan, kamu bisa menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk berolahraga pada pagi dan sore hari. Sebagai stadion terbesar, JIS dibangun dengan desain modern menggunakan atap buka tutup. Kerennya lagi, atap JIS bisa digunakan untuk lari, loh!

Sayangnya, atap JIS untuk lari belum dibuka untuk umum. Namun, kamu tetap bisa datang ke JIS dan berolahraga di luar area stadion utama saat pagi dan sore hari. Kamu bisa datang ke JIS menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang merasa GBK terlalu jauh dari Jakarta Utara.

Alamat: Jl. Danau Sunter Barat Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta
Jam Buka: 06.00 - 21.00
Tiket Masuk: Gratis

Wisata Air di Jakarta Utara

9. Sea World

Sea World, photo by Traveloka

Masih berada di lokasi yang sama dengan Dufan, Sea World juga termasuk tempat wisata yang terletak di Jakarta Utara. Bagi kamu yang menyukai dunia laut patut banget datang ke sini. Kamu bisa melihat berbagai hewan laut di dalam akuarium berukuran raksasa. Tak hanya itu, di Sea World pun terdapat biota air tawar, reptil, avertebrata, dan berbagai jenis ikan.

Pengunjung Sea World akan dimanjakan dengan beberapa show di dalamnya, salah satunya adalah feeding show di mana penyelam memberi makan langsung para biota yang ada di Sea World. Nah, setelah melihat-lihat ikan dan hewan lainnya, kamu bisa mengunjungo Art Gallery yang juga berada di dalam area Sea World. Pokoknya, Sea World wajib didatangi oleh kamu yang membutuhkan hiburan sekaligus edukasi.

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin - Jumat (09.30 - 16.30), Sabtu - Minggu (09.00 - 16.30)
Tiket Masuk: Rp110.000 (Weekdays), Rp130.000 (Weekend)

10. Sentra Perikanan Muara Angke

Sentra Perikanan Muara Angke, photo by Tempo

Tempat wisata Jakarta Utara berikut ini cocok buat para pecinta kuliner seafood. Di Sentra Perikanan Muara Angke kamu akan melihat secara langsung bagaimana proses bongkar muat hasil tangkapan para nelayan. Tak hanya itu, kamu bisa langsung membeli ikan segar dari para nelayan. Harganya pun sangat terjangkau dibandingkan ketika kamu membeli di pasar dekat rumah. Apalagi, ikan-ikan yang dijual masih segar.

Setelah beres membeli ikan dan hewan laut lainnya, kamu dapat langsung mengunjungi restoran sekitar untuk memasak seluruh bahan yang dibeli. Ikan segar bisa langsung disantap. Jasa memasaknya sendiri bergantung pada jenis ikan serta beratnya.

Alamat: Jl. Pendaratan Udang No.10, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: Selasa - Minggu (09.00-16.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000

11. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure, photo by Ancol

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol selalu punya tempat hiburan seru untukmu. Atlantis Water Adventure merupakan waterpark dengan berbagai wahana di Jakarta Utara. Di dalamnya sendiri terbagi atas Kolam Tanding, Crazy Slide, Kolam Arus, Asthatirta, Kolam Ombak, dan Kolam Gajah.

Waterpark satu ini punya konsep unik, yakni peradaban Mediterania. Memiliki luas kurang lebih 5 hektare, Atlantis Water Adventure punya beberapa kolam utama, yaitu Poseidon, Antila, Aquarius, Plaza Atlas, Octopus, Kiddy Pool dan Atlantean. Kalau datang ke waterpark ini, jangan lupa untuk senantiasa menggunakan pakaian renang ya!

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 - 15.30), Sabtu - Minggu (08.00 - 15.30)
Tiket Masuk: Rp55.000 (Weekdays), Rp85.000 (Weekend)

12. Aqua Fun Jakarta Utara

Aqua Fun Jakarta Utara, photo by Traveloka

Permainan seru dekat pantai yang patut kamu coba ada Aqua Fun Jakarta Utara. Masih terletak di kawasan Ancol, tepatnya di Beach Pool. Di Aqua Fun, banyak permainan uji ketangkasan yang bisa kamu coba bareng teman.

Kamu perlu melewati rintangan di atas permukaan air. Kalau gagal? Tentu saja akan langsung meluncur ke pantai, dong! Namun, tak perlu khawatir karena selama bermain kamu akan menggunakan pelampung dan langsung diawasi oleh staf profesional agar selalu aman.

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 18.00)
Tiket Masuk: Rp30.000 (Weekdays), Rp40.000 (Weekend)

Wisata Sejarah di Jakarta Utara

13. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa, photo by Grid

Masuk ke dalam objek wisata sejarah di Jakarta, Pelabuhan Sunda Kelapa patut untuk ditaruh ke dalam wishlist-mu. Kamu mungkin sering mendengar nama Pelabuhan Sunda Kelapa di buku sejarah. Tempat ini sekaligus menjadi sejarah panjang kota Jakarta.

Layaknya pelabuhan, kamu dapat melihat kapal-kapal bersandar di area ini. Notabenenya kapal-kapal ini masih menggunakan kayu. Keunikan dari Pelabuhan Sunda Kelapa jarang kamu temui di tempat lain, kamu bisa melihat kegiatan bongkar muat barang dari kapal secara langsung. Kemudian, ada juga hal ikonik dari Pelabuhan Sunda Kelapa, yakni Kapal Pinisi Lambo yang memiliki ciri khas sama pada bagian depan dan belakang kapal.

Alamat: Jalan Maritim I, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp2.500

14. Museum Bahari

Museum Bahari, photo by Museum Nusantara

Melipir sedikit dari Pelabuhan Sunda Kelapa, kamu akan menemukan Museum Bahari. Tempat ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah terkait kebaharian dan kenelayanan di Indonesia. Benda-benda tersebut berasal dari Sabang sampai Merauke.

Bahari erat kaitannya dengan laut, tentu di museum satu ini kamu akan menemukan koleksi kapal dan perahu tradisional. Tak hanya itu, terdapat juga koleksi rempah-rempah Indonesia yang menjadi incaran para penjajah di masa lalu. Sangat unik kan?

Alamat: Jl. Pakin No.2, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440
Jam Buka: Selasa - Minggu (09.00-16.00)
Tiket Masuk: Rp5.000 - Rp10.000

15. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung, photo by Detik Travel

Sejak kecil pernahkah kamu mendengar cerita Si Pitung tokoh legendaris dari Betawi? Yap, sekarang sudah ada destinasi wisata budaya Rumah Si Pitung yang letaknya di Jakarta Utara. Wisata Rumah Si Pitung merupakan bangunan cagar budaya Betawi yang langsung dikelola Pemprov DKI Jakarta.

Rumah ini menampilkan konsep ala rumah panggung sebagai representasi rumah masyarakat Betawi pada masa lalu, khususnya yang tinggal di daerah pesisir. Kalau kamu ingin mengetahui sejarah Si Pitung, kunjungi aja rumah yang terletak di Jalan Kampung Marunda Pulo ini.

Alamat: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.2/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14150
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Tiket Masuk: Rp5.000

Well, itulah 15 rekomendasi tempat wisata Jakarta Utara yang Cove berikan kepada kamu. Selain di Jakarta Utara, Cove punya rekomendasi tempat wisata lain di area Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan lainnya.

Kost Eksklusif di Jakarta Utara

Cove Duona Residence cocok untuk kamu yang mengutamakan kenyamanan. Kost eksklusif ini berada di Penjaringan, Jakarta Utara memiliki fasilitas lengkap dengan desain minimalis modern. Dilengkapi dengan perabotan fully furnised pada masing-masing kamar, keamanan menggunakan sistem smart door lock, mini pantry, lobby, ruang makan, dan lounge. Lokasi strategis dekat dengan berbagai tempat hangout dan supermarket di sekitarnya.

Harga sewa mulai dari Rp3 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove Duona Residence