10 Rekomendasi Buku Self Improvement yang Wajib Dibaca!

10 Rekomendasi Buku Self Improvement yang Wajib Dibaca!
Rekomendasi Buku Self Improvement, photo by Pexels/cottonbro

Salah satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dalam melakukan hal positif adalah dengan membaca buku, terlebih lagi jika buku yang dibaca adalah buku self improvement.

Baca Juga: 5 Rekomendasi buku self-help terbaik agar bisa tetap positif selama pandemi

Bahasan dalam berbagai rekomendasi buku self improvement diyakini dapat membuat pembacanya jadi lebih bersemangat dalam mencari bakat yang terpendam di dalam diri, membuat diri berpikir lebih kritis, serta dapat membantu menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut ini terdapat 10 rekomendasi buku self improvement terbaik yang mudah untuk kamu baca, mulai dari buku klasik, terbaru dan terpopuler, hingga best seller di Indonesia, yang dapat membantu kamu meningkatkan kualitas diri.

Rekomendasi Buku Self Improvement

1.Esok Lebih Baik

Esok Lebih Baik, photo by bukukita.com

Rekomendasi buku self improvement pertama datang dari buku berjudul Esok Lebih Baik, yang berisi tentang bagaimana semua orang ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun dalam prosesnya, sering kali hal tersebut terbentur dengan berbagai masalah dan tantangan yang datang tak terduga.

Belum lagi jika hal yang diinginkan tersebut terlampau sulit dan berat untuk diatasi, sehingga membuat sedih, cemas, kecewa, takut, hingga tahap depresi dan putus asa. Karena itu, buku ini ingin memberi tahu kamu tentang cara tepat untuk mengatasi luka batin karena kebiasaan menyalahkan orang, sering berpikiran negatif, kehilangan, dan lain sebagainya.

Dengan membaca buku Esok Lebih Baik ini, kamu diharapkan dapat membuat keputusan dengan lebih baik, emosi dan suasan hati kamu bisa dikendalikan dengan stabil, dapat menemukan minat dan memasarkan diri, mampu mengatasi ketakutan sosial dan rasa benci, serta lebih meningkatkan kepercayaan diri.

Buku ini ditulis oleh seorang motivator sekaligus jurnalis Timur Tengah yang sangat piawai membangun kepercayaan diri serta keyakinan untuk mengatasi masalah dan tantangan yang menghambat kesuksesan, dengan materi yang dibungkus dengan sangat praktis dan tepat serta mudah dipahami dan dlakukan oleh siapa saja.

2. Semua Orang Butuh Curhat

Semua Orang Butuh Curhat, photo by Gramedia Digital

Rekomendasi buku self improvement kedua adalah Semua Orang Butuh Curhat, yang merupakan buku non fiksi berisi pengalaman penulis, yaitu Lori Gottlieb, ketika sedang berada di dua posisi secara bersamaan, yaitu sebagai seorang pasien dan juga sebagai terapis.

Penulis Lori Gottlieb adalah seorang psikoterapis berpengalaman dari Los Angeles, Amerika Serikat. Tetapi di sisi lain, Lori juga punya masalah dengan mantannya, dan membuat dunianya seakan runtuh. Di saat itulah Lori merasa bahwa dirinya pun membutuhkan teman untuk curhat, dan tak hanya dirinya sebagai seorang terapis yang mendengarkan curhat.

Ketika membaca buku ini, kamu akan menemukan banyak sekali pelajaran hidup yang inspiratif dan hikmah yang bisa diambil melalui sesi konseling Lori, beserta dengan kisah keempat orang pasien yang melakukan terapi bersama Lori.

Baca Juga: Apa Itu Me Time? Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Rekomendasi Kegiatan!

3. Berani Tidak Disukai

Berani Tidak Disukai, photo by Identitas Universitas Hasanuddin

Rekomendasi buku self improvement ini memaparkan ajaran dari Alfred Adler mengenai bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup dan menemukan sebuah kebahagiaan. Selain itu, buku ini juga menjawab fenomena unik ada di Jepang, yaitu mengisolasi diri di kamar.

Tak hanya itu saja, buku Berani Tidak Disukai pun ikut mengangkat tema self love atau mencintai diri sendiri agar mendapatkan kebahagiaan. Sebab terkadang, kita terlalu fokus pada kehidupan orang lain yang akhirnya membuat kita tidak mencintai diri sendiri.

4. Filosofi Teras

Filosofi Teras, photo by Gramedia Digital

Melalui buku Filosofit Teras karya penulis Henry Manampiring, yang juga seorang praktisi periklanan & komunikasi, menjelaskan mengenai filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu kamu dalam mengatasi emosi negatif dan membentuk mental yang tangguh dalam menghadapi masalah hidup yang berat.

Jika kamu sedang ada di fase merasa hidup begitu berat, maka buku ini cocok untuk kamu, terlebih jika kamu adalah Milenial dan Gen Z yang sedang mengalami pendewasaan diri. Sebab, ada begitu banyak tips dan trik yang bisa kamu aplikasikan untuk memperkuat mental dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan

Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan, photo by Mojok Store

Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan adalah rekomendasi buku self improvement selanjutnya yang merupakan karangan Lee You-Jeong. Buku ini cocok untuk kamu yang sedang mencari buku yang bisa memberikan semangat untuk menghadapi cobaan dan rintangan hidup.

Di dalam karyanya, penulis Lee You-Jeong mengungkapkan bahwa kebahagiaan tidak selalu tentang hal yang luar biasa dan keren. Ada kalanya, kebahagiaan bisa datang hanya dengan melihat pemandangan dedaunan di alam bebas, atau bahkan dengan tertawa “receh” bersama orang yang dicinta.

Baca Juga: 10 Pilihan Cafe di Fatmawati, Pas untuk Nongkrong atau Kerja!

6. Eat That Frog!

Eat That Frog!, photo by Amazon

Rekomendasi buku self improvement karya Brian Tracy cocok untuk menjadi bacaan kamu, apabila kamu termasuk ke dalam golongan yang masih suka menunda-nunda melakukan sesuatu pekerjaan, atau menghabiskan waktu dengan hal yang tak penting.

Penulis dari buku ini adalah seorang penulis buku yang sangat senang untuk memotivasi pembaca bukunya, seperti buku Eat That Frog! yang akan membantu kamu untuk mulai lebih banyak hal daripada diam atau hanya berbicara saja.

7. The Salmon Who Dares To Leap Higher

The Salmon Who Dares To Leap Higher, photo by Gramedia Digital

Rekomendasi buku self improvement yang ditulis oleh penulis Ahn Do Hyun yang berjudul The Salmon Who Dares To Leap Higher, bercerita tentang perubahan yang menurutnya adalah hal normal yang tentu saja akan terjadi di dalam hidup setiap individu. Baginya, perubahan bisa terjadi di dalam pernikahan, pendidikan, kesehatan, maupun bisnis.

Di dalam buku ini, Ahn Do Hyun tidak bercerita tentang ikan salmon biasa, tetapi ikan salmon yang dikisahkan memiliki sisik perak yang berbeda dari ikan salmon lainnya, yang tetap berani untuk melampaui takdir dan tidak takut untuk terus bermimpi.

Baca Juga: Deretan Tempat Makan Instagramable di Menteng, Wajib Ke Sini!

8. The Subtle Art of Not Giving a F*ck

The Subtle Art of Not Giving a F*ck, photo by Amazon

Jika rekomendasi buku self improvement sebelumnya cenderung fokus ke cara berpikir positif setiap saat yang bisa membuat orang bahagia, buku yang satu ini malah menyatakan sebaliknya. Mark Manson, seorang penulis dan blogger menyatakan bahwa agar berhasil dan benar-benar ‘hidup’, setiap individu tidak bisa mengharapkan hal baik saja yang akan terjadi.

Buku “The Subtle Art of Not Giving a F*ck” yang ditulis oleh Mark ini akan mengajarkan kamu untuk bagaimana tetap kuat menghadapi semua perasaan dan peristiwa yang mungkin selama ini dihindari, dan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Mark tidak mengajarkan pembaca untuk menghindari, tetapi bagaimana dapat mengatasi dengan baik. Menarik, bukan?

9. Whatcha Gonna Do With That Duck?

Whatcha Gonna Do With That Duck?, photo by Tokopedia

Whatcha Gonna Do With That Duck? merupakan satu dari sekian banyak rekomendasi buku self improvement yang laku di pasaran. Buku yang ditulis oleh Seth Godin ini membantu pembaca untuk melihat berbagai aspek kehidupan yang bisa dan harus ditingkatkan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kata-kata yang digunakan oleh sang penulis di dalam buku ini cukup jujur dan bisa memberikan petuah serta inspirasi bagi para pembaca. Bahkan, terdapat berbagai pertanyaan untuk diri sendiri yang kamu sendiri mungkin tidak berani untuk mempertanyakannya.

10. An Astronaut's Guide to Life on Earth

An Astronaut's Guide to Life on Earth, photo by Amazon

Penulis dalam buku ini adalah Chris Hadfield, merupakan seorang astronaut asal Canada pertama yang berhasil ke luar angkasa. Saat kembali ke muka bumi setelah bepergian dari luar angkasa, Hadfield tidak hanya membawa penemuan terbaru, tetapi juga cerita yang dirangkum dalam buku An Astronaut's Guide to Life on Earth.

Rekomendasi buku self improvement yang terakhir milik Hadfield ini ingin agar para pembaca mempersiapkan diri dalam menghadapi masa terburuk, dan tidak lupa untuk menikmati setiap momen yang terjadi saat ini. Buku ini akan membuat kamu seperti merasa berada di pesawat ulang-alik, dan merasakan apa yang Hadfield rasakan ketika berada di luar angkasa.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!

Itulah 10 buku self improvement yang bisa membantu hidup pembacanya menjadi lebih baik. Apakah kamu sudah menentukan rekomendasi buku self improvement mana yang akan kamu baca untuk meningkatkan kualitas hidup?



Temukan kost eksklusif di Tangerang lainnya hanya di Cove!