Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!

Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!
Luas Kamar Ideal

Luas kamar ideal tentu menjadi impian semua orang. Sebab, setelah bergelut dengan berbagai macam aktivitas di luar, kamar tidur yang nyaman serta luas pun menjadi tempat terbaik untuk merebahkan diri dan beristirahat.

Baca Juga: 14 Kost Eksklusif Jakarta Selatan yang Super Aesthetic!

Untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin, kamu harus mengubah desain atau posisi barang yang ada di kamar tidur. Itu artinya, kamu harus mendekor ulang kamar kembali dengan perencanaan yang matang.

Terlebih lagi, mendesain rumah dan kamar memang memerlukan banyak pertimbangan, seperti mengukur bidang tanah yang dibangun karena akan mempengaruhi ukuran sebuah kamar yang ada di dalam rumah, serta fungsi dari kamar tidur itu sendiri.

Jika kamu salah satu yang ingin mengubah dan mendesain ulang kamar, mari simak ulasan bagaimana cara menentukan luas kamar ideal berikut ini!

Beberapa Standar Luas Kamar Ideal

Cove W Suites

Pada intinya, ukuran kamar tidur ideal selalu mengacu pada ketersediaan lahan dan luas tanah rumah. Ukuran standar yang sering digunakan pada kebanyakan rumah adalah sekitar 3×4 meter.

Selain itu, faktor lain seperti jenis tempat tidur dan ukuran kasur, seberapa banyak perabotan yang ingin dimasukkan pun akan menjadi sederet hal yang penting dalam perencanaan luas kamar tidur. Berikut beberapa standar luas kamar ideal yang bisa kamu jadikan referensi:

Ukuran Kamar Tidur 300×350 (3m x 3,5m)

Kamar dengan ukuran 300×350 (3m x 3,5m) adalah contoh ukuran kamar tidur standar yang banyak digunakan oleh rumah dengan ukuran kecil hingga menengah, dan biasanya digunakan untuk kamar tidur anak menggunakan kasur ukuran 120×200 atau double size, dengan sebuah lemari kecil ukuran 100x50x100, serta meja belajar ukuran 100x50x140.

Ukuran Kamar Tidur 300×500 (3m x 5m)

Ukuran kamar tidur ideal selanjutnya adalah 300×500 (3m x 5m), yang biasanya memakai skala lebih besar lagi untuk ukuran kasur 160x200, setara dengan queen size, atau bahkan ukuran kasur 180×200 untuk king size. Untuk lemari pada kamar dengan ukuran ini, biasanya menggunakan lemari dengan ukuran yang besar serta proporsi meja rias bagi wanita.

Ukuran Kamar Tidur 400×600 (4m x 6m)

Denah luas kamar ideal bisa dibilang merupakan ukuran yang jumbo, dengan luas yang cukup bisa memasukkan 2 lemari dan peralatan elektronik seperti televisi. Kamar jenis ini biasanya dipakai oleh rumah dengan ukuran tanah yang luas dan besar.

Baca Juga: Kamarmu Berantakan? Ini 10 Cara Agar Kamar Terlihat Rapi!

Berapa Ukuran Luas Kamar Ideal?

Cove Hillcrest

Selain demi kenyamanan, ada hal lain yang perlu kamu ketahui untuk menentukan ukuran luas kamar ideal, seperti bagaimana cara menata kamar yang tepat. Terlebih lagi di dalam kamar banyak perabotan seperti kasur, lemari pakaian, meja rias, dan perabotan lainnya tergantung penghuninya masing-masing.

Contohnya, dengan luas minimal 11,15 m2 serta memiliki panjang sisi terpendek kira-kira 2,85 m bersih dari dinding ke dinding lain, idealnya dimiliki oleh kamar tidur utama. Sedangkan, ruang tidur dengan luas 7,43 m2 dan memiliki panjang sisi paling pendek 2,50 m dari dinding ke dinding idealnya dimiliki oleh kamar tidur anak.

Penting untuk diingat bahwa ukuran luas kamar ideal di atas didasarkan dari kebutuhan ruang gerak penghuni yang beraktivitas selama di ruang tidur tersebut. Adanya perabotan yang akan dipakai dalam kamar dan ukuran perabotan tersebut dapat menjadi pertimbangan yang mungkin harus disesuaikan lagi dengan ukuran kamar.

Selain itu, fungsi kamar tidur sendiri juga sebaiknya dijadikan pertimbangan, karena ada beberapa orang yang mungkin berniat menjadikan kamar tidur sekaligus dengan ruang kerja, dan ada juga yang menjadikan kamar tidur sebagai tempat beristirahat seutuhnya. Semuanya tergantung dari ukuran kamar tidur dan kebutuhan penghuninya.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menentukan ukuran luas kamar ideal. Selain melakukan perubahan atau dekorasi besar-besaran, kamu juga sebenarnya bisa mengubah dekorasi kecil di kamar kamu untuk memiliki kamar yang cantik dan nyaman untuk dihuni.

Kamar Tidur Luas dan Fully Furnished

Kamar dengan luas ideal di Cove Prima

Kalau kamu ingin tinggal di hunian dengan desain dan ukuran kamar tidur luas serta dan sudah fully furnished, kamu bisa menjadikan Cove Prima sebagai pilihan utama kamu, karena Cove Prima didesain dengan gaya minimalis modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, juga lokasi yang sangat strategis. Sungguh menarik, bukan?

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih Cove sebagai tempat tinggalmu, ya!