15 Tempat Makan Instagramable di Menteng, Wajib Ke Sini!

15 Tempat Makan Instagramable di Menteng, Wajib Ke Sini!
Tempat Makan Instagramable di Menteng, photo by Sudestadagrill.com

Kalau sudah berbicara soal daerah Menteng, Jakarta Pusat pastinya kamu bakal setuju kalau area yang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong kece. Nggak jarang, sebagian besar generasi muda rela merogoh uang yang tidak sedikit untuk sekedar bisa bersantap ria sambil mengabadikan momen melalui konten Instagram. Kalau kamu adalah salah satunya, maka rekomendasi tempat makan Instagramable di Menteng ini wajib untuk masuk ke dalam wishlist kamu!

Tidak hanya terkenal sebagai salah satu kawasan permukiman elit di Jakarta, Menteng juga ternyata memiliki beragam tempat makan cozy dan asyik bagi kalangan anak muda, loh. Jika dilihat melalui Google Maps, kamu bisa menemukan banyak titik lokasi cafe atau tempat makan Instagramable di Menteng yang hampir berhimpitan satu sama lainnya.

Penasaran dengan rekomendasi tempat makan Instagramable di Menteng? Yuk, simak ulasan yang sudah Cove rangkum untuk kamu para pemburu konten Instagram kece!

Tempat Makan Instagramable di Menteng

1.Tjikini Lima

Tempat makan pertama datang dari Tjikini Lima yang memiliki desain etnik dengan furnitur yang nyaman dengan suasana yang sejuk serta penataan yang rapi. Mereka juga menyediakan beragam menu kopi dan non kopi serta makanan ringan lainnya.

Kamu bisa menikmati makanan khas Asia hingga Western yang cocok jadi hidangan sembari mengobrol bersama keluarga besar di akhir pekan. Biar punya banyak stok foto untuk sosial media, tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini layak masuk weekend list kamu.

Selain itu, tempatnya yang aesthetic dengan nuansa tumbuhan yang membuat suasana semakin asri dan sejuk pun sudah sering menjadi pilihan tempat untuk acara besar, seperti acara tunangan dan lamaran. Kamu jadi tertarik dan makin penasaran untuk ke sini, kan?

Alamat: Jl. Cikini 1 No.5, RT.13/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam Buka: Setiap hari (11.00 - 20.00)
Harga Makanan: Rp25.000 - Rp170.000

2. Kaum Restaurant

Kaum Restaurant, photo by Instagram/@kaumrestaurant

Tempat makan Instagramable di Menteng lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan foto terbaik untuk sosial media kamu adalah KAUM. Restaurant yang merupakan besutan Potato Head Family ini memiliki menu makanan khas Indonesia.

Di restaurant ini, kamu akan menemukan hidangan seperti Ayam Taliwang khas Bali yang begitu nikmat. Selain itu, ada juga menu camilan baru yang menggugah selera khas KAUM, yaitu Kalio Sapi, Tahu Telur, Panada, dan juga Bolu Gulung Sergum. Tempat yang Instagramable dan beragam menu yang unik dijamin bikin kamu ingin berlama-lama di sini!

Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No.77, RT.10/RW.4, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (11.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp40.000 - Rp220.000

3. Spumante All Day Dining

Spumante All Day Dining, photo by Instagram/@spumantejkt

Casual dining cafe yang satu ini jangan sampai terlewat dari daftar kulinermu, ya. Soalnya, suasananya yang homey chic, cocok banget untuk kamu yang mencari tempat nyaman tetapi tetap bagus untuk mendapatkan foto-foto kece. Selain itu, Spumante juga bisa kamu book untuk berabgai acara private, loh.

Atmosfer dari tempat makan Instagramable di Menteng ini juga tak kalah menarik dan bisa bikin kamu betah berlama-lama di sini. Kalau berminat ke sini, jangan lupa mencicipi Pizza Mushroom dan Smoke Salmon Salad-nya yang terkenal kenikmatannya itu, ya.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.50, RT.10/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (11.00 - 20.00)
Harga Makanan: Rp30.000 - Rp200.000

4. Bunga Rampai Restaurant

Tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini menyediakan beragam makanan khas Indonesia dengan konsep 3 lantai terpisah. Kamu bisa memilih tempat makan yang indoor, outdoor, indoor, atau rooftop, yang memiliki konsep interior dan eksterior yang memberi kesan mewah dan klasik.

Karena tempatnya yang luas dan cozy, Bunga Rampai Restaurant ini bisa kamu jadikan salah satu rekomendasi tempat untuk kumpul bersama keluarga besar. Selain itu, cocok juga menjadi solusi terbaik kamu untuk mengadakan gala dinner bersama kerabat maupun kolega.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.35, RT.10/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (11.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp40.000 - Rp200.000

5. Maple & Oak

Maple & Oak, photo by Instagram/@spumantejkt

Karena berada di dalam De Ritz Building lantai Ground, tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini disebut sebagai hidden gem di kawasan Menteng. Tempat ini didominasi dengan menu makanan dan minuman ala Western.

Selain itu, Maple & Oak juga menyediakan olahan makanan sehat dan beragam minuman yang segar. Suasana tempatnya pun nyaman dan sederhana, serta memiliki fasilitas dan pelayanan yang memadai. Kalau kamu mampir ke sini, jangan lupa mencoba menu Coffee Butter Steak and Egg dan Chocolate Hazelnut Toast-nya, ya.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (08.00 - 18.00)
Harga Makanan: Rp35.000 - Rp200.000

6. Shophaus

Shophaus, photo by Instagram/@shophaus.id

Kalau ingin menghabiskan akhir pekan dengan kongko bersama temen-teman, tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini cocok banget untuk jadi pilihan kamu. Tema monokrom untuk dekorasi interiornya, ditambah dengan sentuhan tanaman hijau dan ornamen kayu membuat tempat ini semakin cantik untuk background foto Instagram kamu.

Dengan konsep lifestyle compound-nya, kamu bisa menemukan banyak gerai lucu di sini, seperti Namelaka, Gelato Secrets, Biryani Brothers, dan belasan lainnya. Tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini?

Alamat: 10, Jl. Teuku Cik Ditiro No.36, RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (07.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp20.000 - Rp120.000

7. Kawisari Cafe & Eatery

Tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini membawa ambiance etnik Jawa modern ke dalam area cafe. Ornamen interior dan ekteriornya pun terinspirasi dari dekorasi rumah adat di Jawa Timur sehingga memberi kesan “rumah”.

Bukan sekadar cafe nyaman di daerah Jakarta Pusat, tempat ini juga bisa jadi tempat makan yang enak karena menunya yang begitu istimewa. Kalau kamu mengunjungi Kawisari Cafe & Eatery, jangan lupa untuk mencoba menu Nasi Ayam Goreng Kremes, Klepon Cake, dan Nasi Jagung Tompoh khas Kawisari, ya.

Alamat: Jl. Kebon Sirih No.77A, RT.1/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340
Jam Buka: Setiap hari (08.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp25.000 - Rp120.000

8. Plataran Menteng

Plataran Menteng, photo by Instagram/@platarandining

Kalau kamu sedang mencari tempat makan Instagramable di Menteng yang luas dan cocok digunakan untuk menyelenggarakan acara besar, kamu bisa mengunjungi Plataran Menteng, sebab Restaurant ini memiliki suasana yang nyaman dan tempat luas.

Kamu juga bisa mencicipi makanan khas Indonesia seperti Sate Ayam, Ayam Asam Manis, Mie Goreng, dan masih banyak menu nikmat lainnya. Tak hanya itu saja, pemandangan pusat kota Jakarta yang indah pun disuguhkan untuk kamu jika kamu memilih tempat di bagian rooftop.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto No.42, RT.6/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
Jam Buka: Setiap hari (11.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp40.000 - Rp150.000

9. La Vue Rooftop Bar

Bosan dengan tempat makan dan cafe yang itu-itu saja? Mau kongko di rooftop terbuka dan melihat indahnya Jakarta dari ketinggian lantai 9 hotel bintang 5? Mampir saja ke tempat makan Instagramable di Menteng yang satu ini, La Vue Rooftop di Hotel The Hermitage.

Rooftop ini open public yang berarti para pengunjung yang bukan tamu hotel pun bisa mengunjungi tempat ini, dan bisa mencicipi sajian makanan ala Eropa yang menarik untuk dicoba. Makanan dan minuman serta suasananya pun menarik untuk memenuhi galeri dengan foto-foto kece. Tertarik untuk ke sini?

Alamat: The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta, Jl. Cilacap No.1, RT.11/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (15.00 - 23.00)
Harga Makanan: Rp50.000 - Rp500.000++

10. Por Que No

Por Que No, photo by Instagram/@porquenojkt

Sesuai dengan namanya, Por Que No merupakan tempat makan Instagramable di Menteng yang menyediakan kuliner khas Spanyol. Tempat ini adalah tempat yang pas kalau kamu ingin mencicipi hidangan ala Spanyol dengan suasana yang cozy.

Selain menyediakan beragam makanan khas Spanyol, tempat ini menyediakan pemandangan Jakarta yang indah dari siang, sore, dan malam hari, yang cocok untuk dinikmati bersama teman-teman terdekat maupun pasangan kamu.

Alamat: De RITZ, Building LT. 5, Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Jam Buka: Setiap hari (16.00 - 23.00)
Harga Makanan: Rp30.000 - Rp100.000

11. Sudestada

Sudestada, photo by Manual Jakarta

Sudestada adalah sebuah tempat makan Instagramable di Menteng yang menyajikan berbagai masakan khas Argentina dengan cita rasa otentik. Juru masaknya pun juga didatangkan langsung dari negara asal, lho. Restoran yang satu ini terbagi menjadi area indoor dan outdoor dengan interior bernuansa pedesaan yang kaya akan budaya Argentina.

Nah, buat kamu yang memutuskan buat makan di sini pastinya nggak akan kehabisan spot foto untuk diabadikan. Ragam menu andalan yang bisa kamu coba di sini, mulai dari Roasted Octopus, Rib Eye, hingga Sudestada Nachos dengan rasa yang dijamin nagih!

Alamat: Jl. Biliton No. 15, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 21:00)  
Harga: Di atas Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Rib Eye

12. Casa Alba Ristorante

Casa Alba Ristorante, photo by Manual Jakarta

Ada tempat makan Instagramable di Menteng yang baru saja dibuka belum lama ini, nih, namanya Casa Alba Ristorante. Saat memasuki area restoran, kamu bisa langsung merasakan atmosfer homey, modern, dan elegan di setiap sudutnya. Terdapat pula area glass house berpemandangan tumbuhan hijau yang mampu memanjakan mata.

Casa Alba menawarkan aneka hidangan khas Italia terbaik dengan bahan-bahan berkualitas yang menggugah selera. Poin plus lainnya, restoran cantik ini juga punya pelayanan super ramah dan helpful. Mereka akan senantiasa membantu kamu yang belum familiar dengan menu-menu yang tersedia. Oh ya, jangan lupa reservasi dahulu kalau ingin makan di sini, ya.

Alamat: Jl. Surabaya No. 38, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:30)
Harga: Di atas Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Spaghetti Al Nero di seppia E calamari

13. GIOI

GIOI, photo y Instagram@/GIOIJakarta)

Siapa yang nggak kenal dengan tempat makan Instagramable di Menteng paling legendaris ini? Restoran GIOI menawarkan perpaduan kuliner khas western dan nusantara dengan cita rasa yang lezat. Seluruh menu yang dihidangkan juga sudah tersertifikasi halal, no pork no lard. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengajak seluruh keluarga besar untuk sekedar bersantap siang.

Nah, GIOI punya menu andalan yang wajib kamu coba, nih, namanya GIOI’s Signature Crispy Duck. Hidangan bebek ini terkenal empuk dengan bumbunya yang meresap. Ada juga aneka macam side dish, seperti Toge Ikan Asin, Kangkung Balachan, hingga Roasted Baby Potatoes.

Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 85, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Kamis (11:00 - 24:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 01:00), Minggu (11:00 - 24:00)
Harga: Di atas Rp200.000 per orang
Menu Favorit: GIOI’s Signature Crispy Duck

14. Twelve Chinese Dining

Twelve Chinese Dining, photo by Twelve Chinese Dining

Mau merasakan pengalaman bersantap yang berbeda? Yuk, coba datang ke Twelve Chinese Dining yang punya desain interior serba coklat keemasan ala tradisional Cina ini. Twelve dikenal sebagai salah satu restoran mewah milik presenter kondang Ayu Dewi yang juga sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Meskipun mengadaptasi masakan ala Cina, namun seluruh menu yang ada di sini sudah tersertifikasi halal. Kamu bisa coba Twelve Homemade Roast Duck Half yang merupakan sajian best seller dari restoran ini.

Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 75, Menteng, Jakarta Pusat  
Jam Buka: Senin - Jumat (11:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 22:00)
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Twelve Homemade Roast Duck Half

15. Al Jazeerah Lounge

Al Jazeerah Lounge, Photo by Zomato

Rekomendasi yang terakhir datang dari tempat makan Instagramable di Menteng yang kental dengan nuansa Arab. Ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa kamu temui di sini. Al Jazeerah menyediakan masakan ala Timur Tengah yang kaya akan rempah dan pastinya dijamin nikmat.

Terdapat ruang VIP dengan pilihan format lesehan atau meja kursi untuk kamu yang ingin menikmati hidangan lebih privat. Nah, salah satu menu yang wajib kamu cicipi adalah Biryani Dujaj dengan pilihan daging ayamnya yang lembut dan bumbu rempahnya yang meresap hingga ke dalam.

Alamat: Jl. Raden Saleh No. 62, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat  
Jam Buka: Senin - Minggu (09:00 - 24:00)
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Biryani Dujaj

Itulah deretan tempat makan Instagramable di Menteng yang wajib kamu kunjungi. Nah, anak Menteng dan JakPus sekitarnya makin punya banyak rekomendasi tempat makan yang enak sambil berburu foto untuk feed Instagram keren deh!

Tetapi, ada hal lain yang perlu kamu ingat, bahwa biasanya yang diperbolehkan hanya kamera dari smartphone saja. Kalau kamu ingin mengadakan sesi foto dengan kamera yang “proper”, sebaiknya tanyakan persyaratan dan ketentuannya, ya.

Kost ala Skandinavian di Menteng

Cove Casa Spatia adalah sebuah unit kost eksklusif yang berlokasi strategis di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Kamu bisa menjangkau MRT Dukuh Atas ataupun Stasiun Sudirman hanya dengan 4 sampai 6 menit berjalan kaki. Nikmati sensasi tinggal di sebuah hunian ala skandinavian, lengkap dengan sederet fasilitas gedung terbaik, mulai dari area gym, dapur bersama, hingga rooftop berpemandangan indah. Seluruh kamar juga sudah tersedia dalam bentuk fully furnished.

Mulai dari Rp3,5 juta per bulan.

Selengkapnya tentang Cove Casa Spatia