Penting, Ini 7 Manfaat Serum Wajah bagi Kesehatan Kulit!

Penting, Ini 7 Manfaat Serum Wajah bagi Kesehatan Kulit!
Manfaat Serum Wajah, photo by freepik

Apa saja manfaat serum wajah bagi kesehatan kulit? Serum merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan kulit. Mengutip realsimple, Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD, seorang dokter kulit dari Westport, Connecticut, mendefinisikan serum sebagai formula berkonsentrasi tinggi dengan bahan aktif yang dirancang untuk menembus kulit kita. Dalam urutan skincare pagi dan malam, serum biasanya digunakan setelah mencuci muka dan sebelum mengaplikasikan pelembap.

Serum skincare mengandung berbagai macam bahan aktif, seperti vitamin, peptida, antioksidan, asam hyaluronic, retinol, dan masih banyak lagi. Teksturnya yang cenderung ringan memungkinkan penyerapan serum bekerja lebih cepat ke dalam kulit. Serum diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu, mulai dari hiperpigmentasi, jerawat, kerutan, mengurangi dark spot kulit, sampai memberikan kelembapan ekstra. Lebih jelasnya, perhatikan penjelasan tentang manfaat serum wajah di bawah ini, yuk!

7 Manfaat Serum Wajah

1. Memperbaiki Tekstur Kulit

Memperbaiki Tekstur Kulit, photo by freepik

Manfaat serum wajah pertama adalah mampu memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata. Apakah kamu memiliki permasalahan serupa? Mungkin kamu tengah berjuang dengan sejumlah masalah kulit yang cukup serius, seperti jerawat, komedo, pori-pori tersumbat, kulit mengelupas, atau munculnya garis-garis halus. Kulit yang bertekstur akan terasa bergelombang dan sedikit kasar saat disentuh. Sebagian besar gejala eksternal ini diakibatkan oleh kerusakan atau gangguan fungsi pelindung pada kulit, salah satunya karena faktor iklim.

Sebuah penelitian terbaru dalam British Journal of Dermatology menemukan bahwa faktor iklim berpotensi mempengaruhi kesehatan kulit, terutama tingkat kelembapan dan teksturnya, sehingga hasil ini dapat mempengaruhi cara konsumen mengubah perawatan kulit mereka dari musim ke musim.

Serum wajah yang mengandung bahan eksfoliasi adalah yang terbaik untuk memperbaiki tekstur kulit. “Chemical exfoliator akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit,” kata Anna Chacon, MD, selaku dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Miami, mengutip Health.

Serum dengan bahan eksfoliator seperti lactic acid, glycolic acid, dan salicylic acid diketahui mampu memperbaiki tekstur kulit dengan membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan sel kulit mati, dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Melembabkan dan Memberi Nutrisi pada Kulit

Melembabkan dan Memberi Nutrisi pada Kulit, photo by freepik

Manfaat serum wajah yang kedua adalah mampu melembabkan kulit dan menutrisi kulit. Penting untuk menggunakan serum dengan kandungan yang mampu menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Karena ketika kulit wajahmu kurang lembap, maka kondisi kulit akan cenderung kering dan kasar, sehingga dinilai rentan terhadap berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, peradangan, dan hiperpigmentasi.

Sementara itu, menurut sebuah publikasi dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, serum yang menghidrasi merupakan komponen penting dalam rangkaian perawatan kulit dasar. Mereka akan melindungi kulit dari efek buruk lingkungan sehari-hari sekaligus membantu mencegah penuaan dini.

Serum yang menghidrasi ini sering kali mengandung hyaluronic acid, ceramide, aloe vera, rosewater, glycerin, jojoba, dan vitamin E. Semua kandungan tersebut memiliki fungsi utama untuk mengunci kelembapan kulit, membuatnya tampak lebih halus, dan terhidrasi setiap waktu.

3. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat, photo by freepik

Bermasalah dengan jerawat memang sering kali membuat kita stres, terutama apabila kamu sudah mengupayakan banyak cara untuk mengatasinya, namun hasilnya belum juga terlihat. Coba perhatikan kembali bagaimana produk skincare pagi dan skincare malam yang kamu gunakan. Apakah sudah mengandung bahan yang secara langsung mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya?

Serum wajah untuk jerawat biasanya mengandung bahan aktif terkonsentrasi tinggi yang dikenal dapat mengobati jerawat dengan efektif. Contohnya seperti niacinamide, retinol, vitamin C, salicylic acid, benzoyl peroxide, hingga azelaic acid. Karena sifat bahan aktifnya yang terbilang kuat, kamu tetap harus bersiap dengan segala efek samping yang kemungkinan akan kamu alami, seperti meningkatnya sensitivitas terhadap radiasi UV, kulit kemerahan, dan iritasi.

Bahkan, beberapa produk dengan bahan aktif tertentu juga memiliki peraturan tersendiri. Misalnya, kandungan retinol dinilai tidak aman digunakan selama kehamilan atau saat menyusui bagi para dermatologis. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba serum baru berbahan aktif, lakukan patch test terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit serum ke lengan bagian dalam, ya, dan tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada efek samping atau tidak.

4. Mencerahkan Kulit

Serum Mencerahkan Kulit, photo by Byrdie/Lecia Landis

Siapa yang tidak menginginkan kulit sehat dan bercahaya? Salah satu manfaat serum wajah yang perlu kamu ketahui adalah kemampuannya dalam mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Serum pencerah dirancang khusus untuk meyesuaikan berbagai warna kulit secara keseluruhan demi bisa menciptakan efek yang 'mencerahkan'.

Beberapa kandungan serum yang terbukti ampuh mencerahkan kulit adalah niacinamide, vitamin C, retinol, alpha arbutin, glycolid acid, dan lactid acid. Kulit yang kusam sejatinya disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dehidrasi, hingga tanda-tanda penuaan. Jika dibiarkan terus-menerus, maka kulit yang kusam mampu membentuk noda hitam dan hiperpigmentasi.

Profesor klinis dermatologi dari Yale School of Medicine, Mona Gohara, menuturkan bahwa setiap harinya manusia akan melepaskan jutaan sel kulit mati. Jadi, ketika seseorang tidak melakukan sesuatu yang secara aktif mampu menghilangkan noda-noda tersebut, maka dapat dipastikan orang tersebut akan memiliki tampilan wajah yang keabu-abuan, tidak peduli bagaimana warna kulitnya.

Jadi, penting untuk menggunakan serum pencerah dengan kandungan yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu. Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan brightening serum? Para dermatologis menyarankan agar serum pencerah wajah digunakan pada pagi hari untuk hasil yang lebih efektif.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori, photo by rawpixel.com

Beberapa serum tertentu diformulasikan khusus untuk meminimalkan munculnya pori-pori besar, sehingga dapat membantu kamu yang ingin berusaha memperkecil ukuran pori-pori. Meski demikian, satu hal yang harus diingat, kamu tidak akan bisa ‘menghilangkan’ pori-pori yang telah menjadi lapisan pelindung terluar dari kulit wajahmu ini. Suka atau tidak suka, pori-pori adalah lapisan struktural alami kulit yang akan selalu ada.

Pori-pori yang terlihat di wajah merupakan hal yang wajar, meskipun mungkin tidak semua orang nyaman saat memilikinya dalam ukuran yang besar. Sebuah studi di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatological Research, menunjukkan bahwa testosteron dan DHT (yang diproduksi oleh testosteron) dapat merangsang kelenjar sebaceous dan menyebabkan produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan pori-pori membesar. Sebaliknya, wanita memiliki faktor hormonalnya sendiri (seringkali disebabkan oleh siklus menstruasi) yang dapat memengaruhi ukuran pori-pori, lantaran perubahan hormon meningkatkan produksi minyak di kulit.

Jika kamu ingin mengecilkan pori-pori dengan mengandalkan kandungan serum tertentu, kamu bisa mencoba AHA seperti glycolic acid dan BHA seperti salicylic acid. Sayangnya, efek pori-pori yang mengecil ini hanya bersifat sementara, jadi setelah kamu berhenti memakainya, maka pori-pori kamu akan kembali seperti semula.

6. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Mengurangi Garis Halus dan Kerutan, photo by introlift.com

Manfaat serum wajah keenam adalah mampu mengurangi kerutan dan garis halus yang muncul pada kulit wajah. Kerutan merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia dan kerap disebut sebagai penuaan kulit. Beberapa orang mungkin mengalami kerutan pada usia yang lebih muda, sementara yang lain mungkin memiliki kerutan yang lebih sedikit atau lebih ringan.

Nah, apa saja faktor yang menyebabkan kerutan? Berdasarkan studi kasus yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology dengan judul ‘Aging Differences in Ethnic Skin’, menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi berkembangnya kerutan, antara lain paparan sinar matahari, merokok, dehidrasi, obat-obatan, faktor lingkungan, dan genetik. Kamu yang gemar berjemur atau tanning booth juga diketahui dapat meningkatkan risiko perkembangan kerutan, lho.

Kendati demikian, kamu masih dapat memperlambat atau mengurangi garis-garis halus apabila rutin menggunakan serum yang diformulasikan khusus untuk tanda-tanda penuaan. Antioksidan seperti vitamin E, C, dan asam ferulat dapat membantu merangsang produksi kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

7. Memudarkan Flek Hitam

Memudarkan Flek Hitam, photo by freepik

Manfaat serum wajah yang terakhir yaitu kemampuan dalam memudarkan dark spot atau flek hitam. Adanya flek hitam terjadi akibat kulit memproduksi terlalu banyak melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Selain itu, paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam atau bintik-bintik gelap.

Kondisi kulit berupa flek hitam juga dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Meski durasi waktu untuk menyamarkan flek hitam bisa terbilang lama, tetapi kamu masih dapat mengatasinya dengan memakai dark spot serum. Serum ini diformulasikan khusus ntuk memudarkan tampilan bintik hitam pada wajah sekaligus meratakan warna kulit.

Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit khusus yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti vitamin C, hydroquinone, kojic acid, dan azelaic acid. Atau, kamu juga bisa lebih rutin menggunakan produk-produk eksfoliasi untuk menghilangkan lapisan kulit mati. “Seiring berjalannya waktu, perawatan ini dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi munculnya bintik hitam,” ujar Sumayah Jamal, seorang dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group, mengutip Self.com.

Demikian deretan manfaat serum wajah yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk memasukkan serum ke dalam rutinitas perawatan kulitmu, ya. Pastikan juga kamu telah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit.