13 Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Benar, Wajib Diikuti!

13 Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Benar, Wajib Diikuti!
Urutan Skincare, photo by Pexels/Gustavo Fring

Skincare adalah rangkaian produk perawatan kulit yang berfungsi untuk menjaga sekaligus menutrisi kesehatan kulit. Beberapa orang memutuskan untuk mengikuti banyak sekali tahapan pemakaian skincare sesuai dengan masalah kulit yang mereka hadapi. Namun, ada juga yang merasa cukup hanya dengan melakukan basic skincare saja, yaitu double cleansing, moisturizer, dan sunscreen. Nah, tahukah kamu, ternyata ada panduan khusus untuk urutan skincare pagi dan malam, lho.

Kamu harus benar-benar memerhatikannya dengan seksama. Jangan sampai tertukar dan malah menyebabkan hasil pemakaian skincare menjadi kurang efektif. Apalagi, terdapat beberapa kandungan tertentu yang hanya boleh dikenakan saat pagi atau malam hari. Yuk, intip ulasan mengenai urutan skincare pagi dan malam yang benar di bawah ini:

Urutan Skincare Pagi

Urutan Skincare Pagi, photo by Unsplash/Charisse Kenion

1. Sabun Pembersih Wajah

Urutan skincare pagi yang pertama adalah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka untuk menghilangkan segala kotoran, bakteri, dan sisa-sisa skincare yang dipakai di malam hari. Meski kamu sudah tidak pergi ke luar rumah setelah menyelesaikan skincare malam, wajahmu tetap harus dibersihkan menggunakan facial wash atau facial foam. Hal ini dikarenakan kondisi kulit di pagi hari cenderung penuh dengan minyak yang diproduksi pada saat kita tidur.

Apalagi, kulit wajahmu selama beristirahat juga bersentuhan langsung dengan sarung bantal. Bukan tidak mungkin terdapat debu yang terkumpul di atas permukaannya, sehingga bakteri tersebut bisa menyumbat pori dan mengakibatkan munculnya komedo atau jerawat.

2. Toner Wajah

Toner berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan residu yang kemungkinan besar masih menempel di atas permukaan wajah. Melansir dermalogica, toner adalah larutan berbahan dasar air yang membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat selesai mencuci muka. Waktu yang ideal untuk mengaplikasikannya adalah sesaat setelah membersihkan wajah agar bisa memberikan lebih banyak hidrasi pada kulit. Toner juga berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum membubuhkan skin care selanjutnya.

3. Essence

Beberapa orang mungkin memilih untuk melewatkan tahap yang satu ini karena masih merasa kebingungan tentang fungsi yang sebenarnya dari essence. Padahal, essence memegang peranan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengutip healthline, Essence adalah produk perawatan kulit berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi untuk melembabkan, melindungi, sekaligus meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Beberapa bahan aktif yang kerap ditemukan dalam essence adalah glycerin, hyaluronic acid, botanica plant extracts, hingga vitamin. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menuangkan beberapa tetes essence ke telapak tangan, lalu tepuk-tepukan ke wajah secara perlahan.

4. Serum

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dari urutan skincare pagi adalah serum wajah. Serum merupakan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur ringan dan mengandung bahan aktif spesifik dengan konsentrasi tinggi untuk kulit, sehingga penyerapannya berlangsung dengan cepat.

“Secara umum, serum mengandung antioksidan topikal termasuk vitamin A, C dan E. Ketika dilapisi di bawah pelembab, serum bertindak sebagai pengobatan yang ditargetkan untuk kerutan, pigmentasi, dan kemerahan,” kata Dr. Angela J. Lamb, dokter kulit bersertifikat dan profesor di Fakultas Kedokteran Icahn di departemen dermatologi Mount Sinai, seperti dilansir dari today.com.

5. Pelembab atau Moisturizer

Pelembab adalah tahapan selanjutnya dari urutan skincare pagi yang wajib diaplikasikan setelah serum. Kulit wajah kita membutuhkan pelembab untuk menjaga agar lapisan sel kulit di dalamnya tetap terhidrasi. Pelembab juga berfungsi untuk memperlambat tanda-tanda penuaan sekaligus mencegah timbulnya berbagai permasalahan kulit.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal atau kombinasi, pelembab dengan tekstur krim sangatlah disarankan karena mengandung lebih banyak minyak. Sementara bagi pemilik tipe kulit berminyak, pelembap bertekstur cair atau gel cocok adalah pilihan yang tepat.

6. Sunscreen

Terakhir, urutan skincare pagi yang menduduki posisi paling penting ialah sunscreen atau tabir surya. Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Akan lebih baik bila kamu rutin menggunakan sunscreen setiap hari, terutama saat ingin beraktivitas di luar rumah. Karena efek dari radiasi sinar UVA dan UVB bisa berdampak buruk bagi kulit, mulai dari terbakar matahari, munculnya flek hitam, penuaan kulit, hingga resiko kanker kulit.

Sunscreen dengan minimal SPF 30 adalah yang paling disarankan oleh dermatologists. Cara menggunakan sunscreen yaitu dengan menuangkannya sebanyak 2 ruas jari untuk perlindungan optimal, lalu aplikasikan ke wajah minimum 15-30 menit sebelum ke luar rumah. Ulangi pemakaian sunscreen setidaknya 2 jam sekali.

Urutan Skincare Malam

Urutan Skincare Malam, photo by Unsplash/Charisse Kenion

1. Make Up Remover

Saat malam hari, kamu perlu melakukan double cleansing setelah seharian beraktivitas. Fungsi dari double cleansing adalah untuk mengangkat seluruh kotoran dan riasan yang menempel di atas permukaan wajah. Kamu bisa memilih untuk menggunakan cleansing oil, micellar water, ataupun cleansing balm sebagai first cleanser. Kemudian, aplikasikan pembersih make up langsung menggunakan jari ataupun kapas tipis.

2. Sabun Pembersih Wajah

Urutan skincare malam setelah make up remover adalah sabun pembersih wajah. Cucilah wajahmu dengan menggunakan facial wash secara merata. Durasi membersihkan wajah yang optimal dimulai dari 30 detik hingga 1 menit. Lakukan gerakan memutar dan raihlah seluruh area wajah, kemudian bilas menggunakan air yang mengalir.

3. Toner

Gunakan toner sebagai urutan skincare malam selanjutnya. Kamu bisa menggunakan kapas jika memang sebelumnya baru saja mengenakan make up. Ini untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi sisa-sisa kotoran ataupun make up yang menempel di wajah.

Toner terbagi menjadi dua jenis, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Exfoliating toner bermanfaat untuk eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati, sementara hydrating toner berfokus pada kelembaban kulit wajah sekaligus memudahkan penyerapan produk perawatan kulit selanjutnya.

4. Serum

Usai penggunaan toner, inilah saat yang tepat untuk mengaplikasikan serum. Beberapa kandungan aktif yang begitu populer dalam sebuah serum, yaitu niacinamide, hyaluronic acid, ceramide, panthenol, glycolid acid, dan lain-lain.

Setiap bahan tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula, entah itu melembabkan, meredakan kemerahan, mencegah penuaan dini, hingga mampu menghilangkan bekas jerawat. Pastikan untuk memilih jenis serum sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya.

5. Krim Mata

Beberapa orang ternyata memiliki masalah dengan kulit di area sekitar mata, mulai dari mata panda, munculnya kantung mata, kerutan, serta kulit yang mudah bersisik karena kering. Inilah pentingnya krim mata atau eye cream sebagai urutan skincare malam.

Eye cream dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramide sangat baik untuk menjaga hidrasi kulit, sementara kandungan vitamin C dan E juga adalah yang terbaik untuk mengatasi penuaan dini. Oleskan eye cream di area sekitar mata secara perlahan menggunakan jari tangan.

6. Moisturizer

Pelembab adalah urutan skincare selanjutnya yang berfungsi untuk mengunci seluruh rangkaian skincare di malam hari. Kulit wajahmu perlu dijaga agar tetap lembab semalaman. Selain itu, beberapa moisturizer juga memiliki kandungan khusus untuk menyamarkan garis-garis halus sekaligus menenangkan kulit pada area wajah yang mengalami kemerahan.

7. Lip Balm atau Lip Serum

Jangan sampai area bibirmu terlewatkan! Lip balm atau lip serum menjadi urutan skincare malam paling terakhir yang wajib untuk dilakukan, terutama untuk kamu yang memiliki karakteristik bibir kering dan mengelupas. Bibir sangat penting untuk dirawat agar senantiasa terlihat lembab dan ternutrisi. Kamu tentu tidak ingin merasa kesulitan ketika harus mengaplikasikan lipstick dalam keadaan bibir pecah-pecah, bukan? Jadi, pastikan bibirmu terawat dengan baik setiap hari.

Itulah tiga belas urutan skincare pagi dan malam yang bisa kamu ikuti. Pastikan untuk mengaplikasikannya sesuai dengan urutan yang tepat, ya, supaya hasil yang didapat bisa maksimal.