15 Mall Terbesar di Bali, Super Lengkap dan Paling Favorit!

15 Mall Terbesar di Bali, Super Lengkap dan Paling Favorit!
Mall Terbesar di Bali, photo by Arsitag.com

Apa yang kamu bayangkan bila seseorang menyebut wilayah Bali? Pesona alamnya yang megah mungkin sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Daerah ini pun begitu kaya akan tempat wisata seni dan budaya yang menakjubkan. Nah, berbicara tentang Bali, belum lengkap rasanya kalau tidak mengulik tentang pusat perbelanjaan yang kerap menjadi andalan bagi warga lokal maupun mancanegara untuk hangout seru.

Saat ini, pilihan mall di Bali memang sudah banyak sekali jumlahnya. Masing-masing dari mall tersebut memiliki kelebihannya tersendiri. Lalu, bagaimana dengan mall terbesar di Bali? Pastinya, kamu bisa lebih puas untuk window shopping ataupun sekedar melepas penat dengan mengunjungi mall-mall berikut ini!

10 Mall Terbesar di Bali

1. Living World Denpasar

Living World Denpasar, photo by KawanLamaGroup

Luas: 120.000 m2

Meski baru saja dibuka pada 24 Maret 2023 lalu, namun Living World Denpasar sudah berhasil menduduki predikat sebagai salah satu mall terbesar di Bali, lho! Mengangkat slogan Home Living & Eat-ertainment, mall yang dikembangkan oleh Kawan Lama Group ini seolah ingin menyajikan sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan terlengkap yang patut diperhitungkan di wilayah Pulau Dewata. Interior Living World Denpasar begitu sarat akan kebudayaan Bali, dengan padupadan gapura dan air mancur ikonis di bagian lobi.

Hingga saat ini, sudah ada ratusan brand lokal dan internasional yang turut meramaikan Living World Denpasar, mulai dari Uniqlo, The Body Shop, Guardian, sampai Pendopo yang menjual aneka produk UMKM lokal dan sudah bekerjasama dengan lebih dari 200 UKM di seluruh Indonesia. Poin plus menarik lainnya, mall ini juga pet friendly sehingga kamu bisa dengan bebas membawa anabul kesayangan jalan-jalan!

Aktivitas yang bisa dilakukan di Living World Denpasar:

  • Makan di Asian Market yang menyajikan lebih dari 100 tenant kuliner lokal
  • Berjalan-jalan di sidewalk tepian sungai
  • Bersantai di Rooftop Community Park
Alamat: Jl. Gatot Subroto Tim., Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80235
Website: http://www.livingworld.co.id
Telepon: 0821-1311-4100

2. Discovery Shopping Mall

Discovery Shopping Mall, photo by befreetour.com

Luas: 80.000 m2

Rekomendasi mall terbesar di Bali selanjutnya adalah Discovery Shopping Mall. Pusat perbelanjaan yang dikelola oleh PT Bali Unicorn ini berdiri di sepanjang Pantai Kuta. Luas total lantainya berkisar 80.000 m2 dan dibangun di atas tanah seluas 38.082 m2. Lokasinya pun sangat strategis, hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara saja dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Di sini, kamu bisa menemukan beragam gerai mode terkenal, seperti Nike, Giordano, Puma, Esprit, Guess, Polo, Nautica, sampai Sketchers. Sementara untuk tenant F&B tersedia restoran yang menawarkan sajian unik, mulai dari Warung Bambu, Mayang Suki & Pancake, Hawaiian Bistro, dan New York Sports Bar. Discovery Shopping Mall juga memiliki amfiteater atau gelanggang terbuka yang biasanya digunakan untuk festival kuliner ataupun pertunjukan seni lainnya pada momen-momen tertentu.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Discovery Shopping Mall:

  • Menonton live music di area depan mal
  • Menyantap hidangan Nusantara di Warung Bambu
Alamat: Jl. Kartika, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: discoveryshoppingmall.com
Telepon: +62 (0)361 755522


3. Lippo Mall Kuta

Lippo Mall Kuta, photo by bali.com

Luas: 51.595 m2

Lippo Mall Kuta juga punya cabang di daerah Kuta yang tidak kalah menarik dari cabang-cabang di kota lain. Terdiri dari tiga lantai, pusat perbelanjaan ini mengusung tema lifestyle mall yang memiliki gross floor area (GFA) sekitar 51.595 m2 dan net floor area (NLA) 20.405 m2. Disebut sebagai lifestyle mall karena Lippo Mall Kuta dinilai mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup bagi masyarakat urban.

Ada banyak sekali tenant populer yang berasal dari merk global dan lokal di dalam mall ini, mulai dari Nike, Quiksilver, Bata, Amazing Kuta, Matahari Department Store, Planet Sports, Cinepolis, hingga rangkaian toko elektronik, restoran, cafe, dan supermarket yang didesain begitu nyaman untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.


Aktivitas yang bisa dilakukan di Lippo Mall Kuta:

  • Menonton film terbaru di Cinepolis
  • Menyantap hidangan barbeque di Brazilian Aussie BBQ
Alamat: 7578+XRG, Jl. Kartika Plaza, Lingkungan Segara, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://www.lippomalls.com/
Telepon: (0361) 8978001

4. Park 23 Mall

Park 23 Mall, photo by befreetour.com

Luas: 45.117 m2

Masih berlokasi di salah satu daerah Bali yang terkenal, yaitu Kuta, Park 23 Mall seolah menjadi angin segar bagi turis mancanegara maupun pelancong lokal di sekitarnya. Sejak berdiri pada tahun 2012 silam, mall ini telah menjadi primadona bagi banyak orang lantaran koleksi tenantnya yang serba komplit, terutama dari segi pilihan restoran dan toko retailnya.

Tetapi sejak terkena dampak pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pihak pengelola Park 23 Mall akhirnya mengubah total konsep pusat hiburan ini menjadi sebuah ruang pusat kreatif yang disebut sebagai Creative Hub Space sampai saat ini.

Park 23 Mall mempunyai tujuan untuk mewadahi para kreator, seniman, komunitas, hingga pengusaha muda untuk terus berkreasi sesuai minat dan bakat mereka. Tidak heran, kalau mall yang satu ini kerap mengadakan berbagai event seru sampai ekshibisi yang sayang jika dilewatkan. Cocok untuk menjadi tujuan menghabisi akhir pekan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Park 23 Mall:

  • Mengikuti kelas zumba dari instruktur berpengalaman di Degym Platinum Kuta
  • Mengikuti event reguler seperti kelas menari dari DanceLab atau roller skate & freestyle class dari Academy Slalom
  • Menonton aksi martial art seperti kumdo, hapkido, taekwondo, karate, dan wushu
  • Datang ke berbagai gathering komunitas, kamu bisa melihat jadwalnya di Instagram @/park23creativehub
Alamat:  Jl. Kediri No.27, Tuban, Bali
Telepon: (0361) 4727621

5. Kuta Beachwalk

Kuta Beachwalk, photo by balitraveldiary.com

Luas: 3,7 hektar

Sebagian besar masyarakat Bali pasti setuju bila pusat perbelanjaan yang satu ini digadang-gadang sebagai mall tercantik yang ada di Bali. Kuta Beachwalk menjadi rekomendasi mall terbesar di Bali pertama yang memang memiliki daya pikat tersendiri. Pusat perbelanjaan ini berdesain ikonik dengan konsep semi terbuka yang dikelilingi oleh pepohonan hijau nan rimbun, lengkap dengan semilir angin laut karena letaknya yang berada tepat di garis Pantai Kuta.

Ada banyak sekali merk kenamaan luar negeri yang hadir di Kuta Beachwalk, mulai dari Swarovski, Coach, Kate Spade, Mango, Guess, Zara, H&M, dan lain sebagainya. Kamu bisa berbelanja sepuasnya sembari menjajal tenant makanan yang cukup beragam di dalamnya. Kuta Beachwalk juga menyediakan banyak area menarik dan toko khusus yang family friendly.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Kuta Beachwalk:

  • Belanja barang-barang branded, seperti Coach, Kate Spade, Swarovski, dan lain-lain.
  • Duduk-duduk di taman sambil menikmati semilir angin segar dan panorama Pantai Kuta dari kejauhan
Alamat: Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://beachwalkbali.com/
Telepon: +62 361 8464 888

6. Mal Bali Galeria

Mal Bali Galeria, photo by hotels.com

Luas: 21.000 m2

Warga Bali pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu mall terbesar di Bali berikut ini. Pasalnya, daya tarik dari Mal Bali Galeria terletak pada konsep eksteriornya yang begitu antik dengan ukiran-ukiran tradisional khas Pulau Dewata. Mengambil slogan ‘enjoy, play, eat, and shop’, mall ini menawarkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dengan keberadaan berbagai outlet terlengkap, mulai dari makanan, hiburan, sampai fashion terkini, sehingga sangat ramah untuk keluarga.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Mal Bali Galeria:

  • Berbelanja peralatan rumah tangga di Ace Hardware
  • Melakukan perawatan rambut di Johnny Andrean, Marie France Bodyline, atau Christopher Salon
  • Jajan aneka makanan pencuci mulut di Stone Creamery, Excelso, dan Panina Desserts
Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://malbaligaleria.co.id/
Telepon: (0361) 755277

7. Trans Studio Mall Bali

Trans Studio Mall Bali, photo by ptcasaprima.com

Luas: 18.000 m2

Berbeda dari yang pusat hiburan lainnya, Trans Studio Mall (TSM) Bali mempersembahkan teknologi tercanggih yang dibawa langsung dari Amerika Serikat untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung. Pasalnya, mall ini merupakan jenis taman rekreasi keluarga yang memiliki indoor theme park dengan puluhan wahana permainan unik dan pertunjukan magis kelas dunia yang hanya bisa kamu temukan di TSM. Mau makan-makan sambil berbelanja? Trans Studio Mall Bali sudah dilengkapi dengan lebih dari 300 outlet dan restoran kenamaan untuk memanjakan pelanggan setianya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Trans Studio Mall Bali:

  • Bermain sepuasnya di Trans Studio
  • Berkeliling Indonesia dengan mencoba wahana menarik bernama ‘Flying Around Indonesia’ yang disajikan dalam teknologi berbasis 5D
  • Mencoba sajian hidangan Jepang dari restoran Shaburi & Kintan Buffet, Ichiban Sushi, dan Teppanyaki
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.440a, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80361
Website: https://www.transshoppingmall.com/
Telepon: 0811-2016-666

8. Level 21 Mall

Level 21 Mall, photo by befreetour.com

Luas: 18.000 m2

Level 21 Mall terletak strategis di ruas Jalan Teuku Umar No.1 yang disebut-sebut sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Kota Denpasar, Bali. Terdiri dari empat lantai berbeda, mall yang satu ini menawarkan berbagai keunggulan mumpuni dari segi kategori produk yang ditawarkannya, yaitu mulai dari kecantikan, fashion, peralatan rumah tangga, hingga entertainment dan gaya hidup, semuanya ada di sini.

Kamu yang berencana membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir. Sebab, Level 21 Mall juga ditunjang dengan lahan parkir yang sangat luas. Jika kamu tidak berencana untuk berbelanja atau hanya sekedar ingin window shopping, ada banyak ruang hangout yang ditawarkan di area atrium, sehingga kamu tidak akan bosan dan merasa puas saat mencuci mata.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Level 21 Mall:

  • Mengikuti kelas olahraga di Celebrity Fitness
  • Bersantap malam sambil berkumpul bersama keluarga di Alfresco Outdoor Dining Area yang menawarkan pilihan makanan dan minuman dengan pemandangan pusat Kota Denpasar
  • Shopping perlengkapan rumah tangga dan dekorasi kekinian di HIAS House
Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Dauh Puri Klod, Bali
Website: https://level21mall.com/
Telepon: (0361) 257576

9. Plaza Renon

Plaza Renon, photo by plazarenon.com

Luas: 14.000 m2

Berdiri di atas lahan seluas 14.000 meter persegi yang terdiri dari lima lantai, Plaza Renon sukses menjadi pusat perbelanjaan terlengkap di tengah Kota Denpasar. Selain menyajikan beragam tenant favorit, seperti Miniso, Watsons, Gramedia, hingga Bali United Playland, Plaza Renon juga punya restoran unik bernama Colony Creative Hub Kitchen & Bar, yang memungkinkan kamu untuk bisa berkumpul, bekerja, dan berkolaborasi dengan orang-orang komunitas, pekerja kreatif, ataupun wirausahawan muda lainnya.

Di Plaza Renon, kamu juga bisa memanfaatkan layanan perawatan kecantikan dan kebugaran untuk memulihkan kembali kondisi tubuhmu sehingga siap untuk memulai hari. Papaya Fresh Gallery tersedia untuk kamu yang ingin berbelanja produk bahan-bahan pangan premium impor dari Negeri Sakura, Jepang.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Plaza Renon:

  • Berburu diskon sebesar 40% di Papaya Fresh Gallery setiap jam 8 malam
  • Menyantap all you can eat otentik Jepang di restoran Sama Sama Yakiniku
  • Menonton festival musik dan kesenian di area outdoor Colony Creative Hub
Alamat: Jl Raya Puputan, Renon, Denpasar Bali
Website: https://plazarenon.com/
Telepon: +62 361 4457615

10. Bali Collection

Bali Collection, photo by tripadvisor

Luas: 8.000 m2

Jika mayoritas mall di Bali terletak di Kuta atau Seminyak, ada satu mall dengan luas 8 hektar di Nusa Dua yang bisa kamu kunjungi, yaitu Bali Collection.

Bali Collection merupakan destinasi pariwisata di Bali yang menyajikan pengalaman seru dalam berbelanja dan menjelajahi kuliner. Di sana, tersedia berbagai produk dari merek lokal maupun internasional seperti Giordano, 906, Roxy, Summerchicks, dan banyak lagi, sementara ragam makanan lezat, seperti di Starbucks, turut memanjakan lidah pengunjung. Terletak di area Indonesia Tourism Development Center (ITDC), Bali Collection mencakup lahan seluas sekitar 8 hektar. Fasilitas yang tersedia meliputi area parkir luas, stasiun pengisian baterai berbasis energi hijau, toko souvenir lengkap, restoran, dan tempat makan yang nyaman, sehingga membuat pengunjung merasa betah berada di sana.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Bali Collection:

  • Menyantap hidangan bebek dan lainnya di Bebek Tepi Sawah
  • Berbelanja surfing essentials di The Surfer’s Girl atau Quicksilver
  • Berbelanja pajangan rumah di Wikowi Art & Craft
Alamat: 56XJ+22F, Jl. Kw. Nusa Dua Resort, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://bali-collection.com/
Telepon: 0361771662

11. Samasta Lifestyle Village

Samasta Lifestyle Village, photo by Summarecon Agung

Luas: 7.000 m2

Dengan sesuai dengan namanya, pusat perbelanjaan ini didirikan dengan model desa gaya hidup atau lifestyle village. Seperti yang dikutip dari situs samastabali.com, ide ini bersumber dari atmosfer tropis dan warisan budaya Bali yang dipadukan dengan elemen-elemen modern. Berkat konsep yang istimewa dan fasilitas yang lengkap, Samasta menjadi destinasi hiburan yang diminati di kawasan Jimbaran.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Seminyak Village:

  • Menyantap steak dan menikmati sunset di Barrels Steakhouse
  • Membuat tubuh rileks dengan spa di Arkipela Spa
  • Manicure dan pedicure di Nails Story
Alamat: Jl. Wanagiri No.1, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364
Website: https://www.samastabali.com/
Telepon: 03614468600

12. Lippo Plaza Sunset

Lippo Plaza Sunset, photo by pinterest

Luas: 5.648 meter persegi

Di dekat pantai Kuta, kamu bisa mampir ke mall untuk berbelanja, tepatnya di Lippo Plaza Sunset. Seperti namanya, kamu bisa menyaksikan pesona Bali yang menyenangkan, termasuk keindahan langit Kuta saat matahari terbenam.

Mall dengan tiga tingkat ini memiliki beragam tenant, mencakup produk mode dan kecantikan, perlengkapan bayi, apotek, salon, toko buku, lembaga keuangan, toko elektronik, supermarket, pusat kebugaran, bioskop, dan beberapa tempat makan dan kafe. Beberapa di antaranya adalah menikmati kopi di Excelso, berbelanja kebutuhan harian di Hyfresh Supermarket, hingga berolahraga di Celebrity Fitness.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Lippo Plaza Sunset:

  • Menonton film bioskop terbaru di Cinepolis
  • Menyantap makanan khas Jepang di Sushi Kyuden
Alamat: 75MP+X65, Jl. Sunset Road, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://www.instagram.com/lippoplazasunset/?hl=en
Telepon: 0361768514

13. Ramayana Mall Bali

Ramayana Mall Bali, photo by seminyaktimes.com

Luas: 4.100 meter persegi

Rekomendasi Mall terbesar di Bali yang selanjutnya adalah Ramayan Mall Bali. Ramayana telah dikenal sejak lama sebagai department store dalam segmen kelas menengah yang menjual berbagai macam barang reguler, seperti pakaian, tas, sepatu, aksesoris, hingga kosmetik.

Sama seperti cabang yang lainnya, Ramayana Mall Bali juga kerap mengadakan diskon besar-besaran untuk menarik minat pengunjung. Saat sedang diskon, harganya pun bisa sangat murah sehingga terasa pas di kantong. Apakah kamu termasuk orang yang kerap berbelanja di Ramayana Mall Bali?

Aktivitas yang bisa dilakukan di Ramayana Mall Bali:

  • Membeli bahan panganan dan keperluan sehari-hari di Supermarket Robinson
  • Berbelanja peralatan olahraga di Sports Station, mulai dari sepatu, celana, hingga baju
  • Makan siang di Pizza Hut atau J.Co
Alamat: Jl. Diponegoro No.103, Dauh Puri, Bali
Website: https://www.ramayana.co.id/
Telepon: (0361) 246180

14. Seminyak Village

Seminyak Village, photo by befreetour

Luas: 3.100 m2

Ingin pergi ke mall sebelum atau setelah bersantai di pantai di daerah Seminyak? Well, kamu bisa mampir ke Seminyak Village yang memiliki lokasi strategis, tepat di tengah Seminyak.

Seminyak Village Mall menawarkan sejumlah toko terkemuka yang menarik untuk berbelanja, seperti M Resort, Sensatia Botanicals, Buddha Wear, dan Shakuhachi. Selain itu, terdapat juga beberapa outlet ternama lainnya, termasuk Koi Koi, Horikos South Bali Pearl, Sunbath Jewellery, Limkokwing Fashion Club, dan The Wedding Shop.

Oh ya, selain berbelanja, ada satu tempat unik di Seminyak Village nih, yaitu outlet Spring Day Spa, tempat spa dan pijat untuk memanjakan kamu dari kepala hingga kaki. Well, yang bikin spesial adalah, tempat spa ini terletak di rooftop mall, sehingga kamu bisa menikmati spa sambil melihat matahari terbenam ditemani deburan ombak dari pantai di sekitarnya!

Aktivitas yang bisa dilakukan di Seminyak Village:

  • Spa di Spring Day Spa
  • Membeli permen dan coklat di Candylicious
Alamat: Jl. Kayu Jati No.8, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Website: https://seminyakvillage.com/
Telepon: 0361738097 

15. Matahari Duta Plaza

Matahari Duta Plaza, photo by hotel.com 

Luas: 2.000 m2

Terkenal juga dengan sebutan Duta Plaza Matahari, pusat perbelanjaan ini merupakan bagian dari jaringan Matahari. Di sini, berbagai produk fashion seperti pakaian dan sepatu dapat ditemukan.

Menariknya, mall ini telah berdiri sejak tahun 1989 dan termasuk salah satu mal tertua di Bali. Keunikan arsitekturnya yang sangat lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Seminyak Village:

  • Berbelanja baju dan sepatu di outlet Matahari
Alamat: Jl. Dewi Sartika No.4G, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80232
Website: https://www.instagram.com/dutaplazadenpasar
Telepon: 0361237364

Demikian sepuluh mall terbesar di Bali yang bisa kamu sambangi bersama keluarga ataupun kerabat saat akhir pekan. Manakah yang ingin kamu kunjungi untuk pertama kali?