5 Kebun Binatang Bali, Wajib Ke Sini!

5 Kebun Binatang Bali, Wajib Ke Sini!
Photo from Klook

Liburan di Bali memang menjadi ide yang selalu sempurna untuk healing bersama teman atau keluarga. Pulau yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini memiliki banyak destinasi liburan, dengan berbagai pilihan tempat menginap yang unik dan menyenangkan. Mulai dari liburan ke pantai, pura, gunung, hingga mall, semua ada di Bali!

Tapi ternyata, selain pergi ke pantai hingga mengunjungi wisata budaya Bali, ada satu destinasi yang nggak boleh kamu tinggalkan saat berlibur di Bali nih, yaitu mengunjungi kebun binatang. Yup, tidak hanya pemandangan alam yang menakjubkan, Bali memiliki beberapa kebun binatang yang edukatif juga seru sehingga wajib kamu kunjungi. Apa aja, sih?

Bali Safari & Marine Park

Photo from Bali Safari

Taman Safari yang terletak di Puncak, Bogor, pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Nah, kabar baiknya, Taman Safari membuka kebun binatang baru di Bali bernama Bali Safari & Marine Park!

Kebun binatang ini berlokasi di kabupaten Gianyar, dan dibuat untuk satwa liar yang menyerupai habitat aslinya. Tempatnya yang dibangun dengan arsitektur yang memadukan wilayah hutan asli dengan budaya Bali menjadikan Bali Safari & Marine Park cocok banget kamu kunjungi bersama teman-teman atau keluarga.

Saat berkunjung ke Bali Safari & Marine Park, kamu bisa menemukan berbagai jenis satwa yang berasal dari tiga negara yaitu Indonesia, India, dan Afrika. Berbagai satwa liar bisa kamu temukan seperti Jalak Putih, Tapir, Buaya, Babi Rusa, hingga Harimau Sumatera. Totalnya, di kebun binatang ini, kam bisa menemukan lebih dari 60 spesies dan 400 satwa langka berasal dari seluruh dunia, lho.

Selain melihat langsung berbagai satwa langka, kamu juga bisa mengikuti berbagai aktivitas seru seperti Jungle Hopper Legend, Elephant Back Safari, Night Safari, Feed the Predator, hingga 4x4 Jeep Safari. Seru banget, ya?

Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Gianyar, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 19.00
Tiket Masuk: Mulai dari Rp135.000 hingga Rp800.000

Bali Bird Park

Photo from Tixzy

Ingin melihat keindahan burung yang berasal dari berbagai negara? Kamu bisa mampir ke Bali Bird Park yang berlokasi di Gianyar. Kebun binatang ini memiliki keanekaragaman jenis burung yang bisa kamu lihat dan ketahui asal-usulnya.

Bali Bird Park dibuat di atas lahan seluas 2 hektar dan menampung hingga 1000 spesies burung dari 250 spesies berbeda yang berasal dari seluruh Indonesia, Afrika, hingga Amerika Selatan. Di sini, kamu bisa mengamati bagaimana proses perkembangbiakan burung mulai dari telur hingga pemberian makan.

Saat berkunjung ke Bali Bird Park, kamu juga bisa melihat berbagai jenis tanaman tropis yang berjumlah 2000 spesies. Banyak banget, kan?

Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.30
Tiket Masuk: Rp200.000 - Rp385.000/orang

Bali Zoo

Photo from Klook

Masih berada di daerah Gianyar, kamu juga bisa mampir ke Bali Zoo, nih! Kebun binatang ini merupakan kebun binatang terbesar yang ada di Bali, dengan luas sekitar 12 hektar.

Di Bali Zoo, kamu bisa melihat 100 spesies satwa langka mulai dari reptil, mamalia, hingga burung. Beberapa hewan langka yang bisa kamu lihat adalah primata, rusa, kangguru, macan sumatera, hingga singa, harimau, serta berbagai jenis ular. Nggak ketinggalan, spesies burung seperti jalak bali, merak, serta kakatua yang dilindungi serta kini hampir punah juga bisa kamu jumpai di Bali Zoo, lho.

Alamat: Jl. Raya Singapadu, Singapadu, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582r, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp125.000 - Rp418.000/orang

Bali Butterfly Park

Photo from BALI Tour

Setuju nggak, kalau sekarang, kita lebih jarang melihat kupu-kupu jika dibandingkan dengan 5-10 tahun yang lalu? Hal ini karena polusi serta pembangunan yang masif dilakukan di kota-kota besar. Nah, jika kamu ingin melihat cantiknya kupu-kupu berterbangan dengan berbagai pola sayapnya yang indah, kamu bisa nih, mampir ke Bali Butterfly Park!

Bali Butterfly Park merupakan penangkaran serta taman yang dibuat untuk melestarikan kupu-kupu. Terletak tidak jauh dari kota Tabanan, kamu bisa melihat berbagai kupu-kupu cantik berterbangan di taman bunga yang indah. Oh ya, selain kupu-kupu, di sini, kamu juga bisa menjumpai serangga lainnya seperti kalajengking, tarantula, serangga, hingga kumbang.

Alamat: Br.Sandan Lebah, Jl. Batukaru, Sedandan, Kabupaten Tabanan, Bali 82181
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp60.000/orang

Turtle Island

Photo from Bali Green Tour

Saat berkunjung ke Bali, kamu bisa mampir ke pulau yang menjadi penangkaran satwa penyu yang kini mulai langka. Kamu bisa main ke Turtle Island atau disebut juga Pulau Penyu, dengan menaiki glass bottom boat dari watersport Tanjung Benoa. Selain tentunya dapat menikmati semilir angin segar di tengah kapal, kamu jga menikmati pemandangan dalam laut yang indah dari kapal, lho.

Di Pulau Penyu, kamu bisa melihat dan mengetahui proses perkembangbakkan penyu dan kehidupan penyu di alam. Kamu juga melihat burung, ular, monyet, serta iguana yang tinggal dalam pulau tersebut.

Alamat: Benoa, South Kuta, Badung Regency, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp5.000 - Rp20.00 per orang

Wah, ternyata seru banget ya, kebun binatang yang ada di Bali! Wajib masuk ke bucket list kamu saat berlibur ke Bali, nih! Tapi sebelum liburan, jangan lupa hitung budget liburan ke Bali kamu terlebih dahulu yaa supaya liburan kamu tetap aman dan menyenangkan!