Budget Liburan ke Bali: Ini Perkiraan Biaya yang Perlu Disiapkan!

Budget Liburan ke Bali: Ini Perkiraan Biaya yang Perlu Disiapkan!
Liburan di Bali, photo by freepik.com

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang menjadi tujuan banyak orang untuk liburan. Ada banyak sekali destinasi wisata di Pulau Dewata itu untuk dikunjungi. Seperti surga bagi para wisatawan, pesona Bali tidak akan terlupakan dan selalu membuat siapa pun rindu untuk kembali ke sana.

Berbicara soal liburan, kebanyakan orang akan memikirkan tempat wisata mana yang akan dikunjungi dan aktivitas apa yang akan dilakukan selama di Bali. Tentu saja tujuan kita liburan emang untuk itu. Tapi, perlu dicatat baik-baik, hal yang tidak kalah penting untuk dipikirkan di awal adalah mengenai budgeting. Apalah liburan di Bali itu memerlukan budget yang banyak? Sebenarnya, ini tergantung pada keputusan masing-masing.

Sebelum liburan di Bali, tentu kamu harus menyiapkan budget terlebih dahulu. Kamu bisa menyiapkannya jauh sebelum liburan ke Bali. Misalnya dengan cara menabung atau menyisihkan dana khusus untuk liburan. Pastikan kamu sudah menentukan tanggal pasti untuk liburan. Lalu, gimana cara menyiapkan budget buat liburan ke Bali? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Panduan Menyiapkan Budget Liburan

Untuk liburan ke Bali, kamu harus menyediakan budget yang cukup agar di sana merasa puas. Tidak perlu banyak, asalkan sesuai dengan kebutuhan dan lamanya liburan kamu. Pertama-tama, kamu harus mengetahui biaya apa saja yang diperlukan ketika liburan ke Bali. Berikut ini adalah panduannya.

Tiket Pesawat

Tiket Pesawat, photo by freepik.com

Hal pertama yang harus disiapkan tentu uang untuk transportasi ke Bali. Kalau kita pergi ke Bali dengan pesawat, kita harus tahu rincian biaya tiket pesawat yang harus dikeluarkan. Faktanya, kita bisa naik pesawat walaupun budget liburan kita pas-pasan, lho!

Rahasianya adalah membeli tiket pesawat ketika low season. Jangan lupa untuk sering mengecek informasi promo tiket pesawat di marketplace. Ini sangat membantu untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring.

Kamu bisa mengalokasikan dana untuk tiket pesawat sebesar sekitar Rp650.000, dengan catatan membelinya ketika promo dan low season. Jadi untuk tiket pulang pergi sekitar Rp1.300.000. Untuk mendapatkan informasi promo, kamu bisa berlangganan newsletter dari penyedia jasa tiket pesawat agar tidak ketinggalan.

Kalau kamu ingin biaya transportasi yang lebih murah, kamu bisa mencari alternatif lain selain pesawat, misalnya kereta atau bus. Biaya perjalanannya mungkin akan lebih murah, namun kamu juga harus siap dengan waktu tempuh perjalanan yang lebih lama.

Perkiraan budget untuk tiket pesawat: Rp1.300.000 pulang pergi

Tempat Wisata

Tempat Wisata, photo by freepik.com

Alokasi dana selanjutnya adalah untuk tempat wisata. Ada banyak sekali tempat wisata di Bali, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Sebelum keberangkatan, rencanakan terlebih dahulu destinasi yang akan dikunjungi. List tempat-tempat yang mau dikunjungi beserta rincian harga tiket masuknya jika tempat tersebut berbayar. Agar ketika sampai di Bali, kamu tidak akan kebingungan lagi menentukan tempat yang mau dikunjungi. Dengan perencanaan, kamu juga bisa lebih siap dari segi finansial.

Perkiraan budget untuk tempat wisata: Rp300.000

Transportasi

Transportasi, photo by freepik.com

Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan alokasi dana untuk transportasi selama di Bali. Di Bali sendiri ada banyak moda transportasi yang bisa kamu pakai. Mulai dari kendaraan umum, transportasi online, atau sewa. Kalau kamu mau memakai kendaraan umum, biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Tapi kamu harus mengetahui rute perjalanan dan tempat wisata yang ingin dituju. Kalau kamu mau lebih mudah dan praktis, bisa memakai transportasi online. Kalau kamu mau lebih leluasa pergi ke tempat yang diinginkan, kamu bisa menyewa kendaraan sendiri. Ada banyak tempat penyewaan motor atau mobil di Bali. Tinggal alokasikan dana untuk itu.

Perkiraan budget untuk transportasi: Rp300.000

Makanan

Makanan Bali, photo by freepik.com

Selama di Bali, kamu juga perlu memikirkan biaya untuk makan sehari-hari. Untuk hal ini, kamu bisa memilih tempat yang menyediakan makanan murah. Ada banyak sekali tempat makan di Bali yang menyuguhkan makanan enak, namun tetap murah. Tidak perlu makan di restoran mahal, apalagi kalau kamu berada di Bali dalam waktu yang cukup lama.

Perkiraan budget untuk makanan: Rp100.000/hari

Oleh-Oleh Bali

Oleh-oleh Bali, photo by ksmtour.com

Selanjutnya, pasti kamu ingin membelikan oleh-oleh untuk orang rumah atau teman-teman terdekat. Sebaiknya kamu anggarkan budget untuk oleh-oleh agar nantinya tidak kalap. Di Bali, ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kamu beli. Mulai dari kerajinan tangan, kain khas Bali, patung, tas, baju, hingga makanan khas Bali. Kalau kamu tidak menyiapkan budget dengan pasti, bisa saja kamu kalap melihat banyaknya pilihan tersebut.

Perkiraan budget untuk oleh-oleh: Rp300.000

Penginapan

Penginapan di Bali, photo by cove.id

Terakhir, kalau kamu mau liburan di Bali selama beberapa hari, pasti kamu butuh penginapan untuk beristirahat. Pastikan kamu tidak salah pilih penginapan. Setelah seharian jalan-jalan, tentu kita ingin beristirahat di tempat yang nyaman. Jadi, memilih penginapan pun harus yang nyaman. Ada banyak rekomendasi penginapan di Bali yang bisa jadi opsi ketika liburan. Kamu bisa pilih penginapan Cove yang harga perharinya hanya Rp200.000-Rp700.000 saja, namun fasilitasnya sudah sangat lengkap dan tentu nyaman.

Perkiraan budget untuk penginapan: Rp200.000

Rincian Dana

Perencanaan budget memang cukup penting ketika kamu mau liburan. Hal ini berguna untuk menyiapkan uang liburan agar tidak bercampur dengan keuangan lainnya. Selain itu, ini juga bermanfaat agar pengeluaran kamu tidak membengkak selama liburan.

Berikut ini adalah gambaran rincian budget liburan ke Bali secara detail.

Tiket pesawat: Rp1.300.000 pulang pergi
Makanan: Rp100.000/hari
Tempat wisata: Rp300.000
Transportasi: Rp300.000
Oleh-oleh: Rp300.000
Penginapan: Rp200.000/hari

Perlu diperhatikan, alokasi dana ini bisa berbeda-beda. Tergantung pada kebutuhan dan lamanya kamu berlibur. Untuk tempat wisata, tergantung pada destinasi wisata yang dipilih. Ada pula tempat wisata yang tidak berbayar, sehingga pengeluaran untuk tempat wisata bisa saja lebih sedikit. Untuk oleh-oleh pun kamu bisa menyesuaikan dengan jenis dan jumlah barang yang dibeli.

Nah, itulah kira-kira penjelasan mengenai budgeting untuk liburan di Bali. Persiapan sebelum liburan memang penting sekali untuk dilakukan agar kita bisa liburan dengan nyaman dan tenang. Jadi, sudah siap untuk liburan ke Bali?