Cara Bergaul yang Baik Biar Pertemanan Tetap Awet

Agar bisa mendapatkan teman baru dan juga mempertahankan pertemanan biar tetap awet, kamu harus tahu cara bergaul yang baik. Lalu, seperti apa caranya?

Cara Bergaul yang Baik Biar Pertemanan Tetap Awet
Cara Bergaul yang Baik, photos by Unsplash/Simon Maage

Setiap manusia adalah individu yang memiliki karakter unik dan berbeda-beda dari yang lainnya. Karakter itu sendiri terbentuk dari kombinasi antara garis keturunan maupun pengalaman hidup.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Self Improvement, Bantu Hidup Lebih Baik!

Dalam berinteraksi dengan orang lain, setiap individu tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula. Ada yang memang pandai bergaul dengan siapa saja, namun ada juga yang cenderung pemalu dan terbatas dalam pergaulan.

Bagi mereka yang pandai bergaul, tentunya sangat mudah untuk mendapatkan teman di kampus, tempat kerja, atau lingkungan masyarakat luas. Lalu, bagaimana kalau kamu tergolong yang pemalu dan tertutup dalam pergaulan?

Berikut ini 10 cara bergaul yang baik untuk kamu coba agar punya banyak teman hingga memiliki pertemanan yang tetap awet.

Menerapkan Cara Bergaul yang Baik

1. Belajar Menerima Diri Sendiri

Belajar Menerima Diri Sendiri, photos by Pexels/Andrea Piacquadio

Pertama, cara bergaul yang baik adalah dengan belajar menerima diri apa adanya, karena bukankah setiap orang punya kelebihan dan kekurangan termasuk kamu sendiri? Kalau kamu terus berfokus pada kekurangan yang ada, akibatnya kamu akan dipenuhi dengan perasaan negatif, seperti minder, merasa tidak diterima, merasa tidak dihargai, dan sebagainya.

Padahal, bisa saja itu hanya perasaan saja yang mengecilkan diri sendiri. Karena itu, agar kamu bisa menerima diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cobalah membuat daftar singkat yang berisi 10 kelebihan dan 10 kekuranganmu.

Setelah itu, perhatikan bagian mana yang sulit kamu temukan. Apakah kamu sulit menemukan kelebihan diri sendiri, atau justru kekurangannya? Kalau kamu cukup percaya diri, kamu tidak akan kesulitan menemukan kelebihan dan kekurangan dengan seimbang. Namun, kalau ternyata kamu masih kesulitan, kamu bisa mencobanya di lain waktu.

Lakukan cara tersebut dengan rutin hingga kamu mampu menuliskan kelebihan dan kekuranganmu dengan seimbang. Kamu perlu tahu bahwa hal itu sebagai bentuk penerimaan diri dan kemampuan mencintai diri apa adanya.

2. Tidak Menjadi Pribadi yang Egois

Tidak Menjadi Pribadi yang Egois, photos by Freepik

Setelah mampu menerima diri sendiri, cara bergaul yang baik selanjutnya adalah dengan tidak menjadi pribdi yang egois. Kalau selama ini kamu dikenal sebagai orang yang egois, maka usahakanlah untuk menghilangkannya. Sifat egois bukan hanya tidak disukai orang, namun bisa dipastikan kamu akan dijauhi oleh banyak orang, cepat atau lambat.

Belajarlah untuk senantiasa rendah hati dan menjadi pribadi yang lebih terbuka, yang berarti kamu mau menerima kritik, saran, pendapat dan nasehat orang lain untuk perbaikan dirimu sendiri.

Pupuklah terus rasa kepedulianmu kepada sesama, diri sendiri, juga tetap saling membantu untuk meringankan beban dan terus berpikir positif. Cepat atau lambat sifat egoismu akan memudar dan berganti menjadi sifat yang lebih menyenangkan, pribadi yang lebih dicintai banyak orang.

Baca Juga: Apa Itu Me Time? Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Rekomendasi Kegiatan!

3. Jangan Ragu untuk Bercanda

Jangan Ragu untuk Bercanda, photos by Unsplash/julio andres rosario ortiz

Seseorang yang humoris dan suka bercanda umumnya memIliki banyak teman yang hubungannya awet. Kepribadiannya yang ramah, hangat, dan bersahabat membuatnya disenangi banyak orang. Karena itu, manfaat bercanda asal tidak berlebihan, dan dilontarkan pada waktu yang tepat dapat menyegarkan suasana menjadi lebih rileks atau santai.

Enggak perlu repot belajar dari komedian, setiap individu sebenarnya tanpa disadari memiliki sisi humoris dengan caranya masing-masing. Kamu hanya perlu membiasakan diri untuk mempraktekkan cara bergaul yang baik ini. Perlu diingat, jangan menggunakan kata-kata yang merendahkan sebagai bahan candaan karena bisa saja membuat orang lain tersinggung.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Jadilah Pendengar yang Baik, photos by Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Tahukah kamu bahwa sebenarnya setiap orang senang untuk didengar? Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang sebenarnya baik tidak hanya mendengarkan, namun juga turut merasakan secara pribadi, seakan si pendengarlah yang merasakannya.

Pendengar yang baik juga selalu menghargai orang lain dengan memberi masukan yang dibutuhkan. Tidak heran kalau pendengar yang baik ini akan banyak dicari karena membutuhkan saran dan dukungannya.

Supaya bisa menerapkan cara bergaul yang baik ini, cobalah belajar menaruh empati kepada orang lain dengan cara merasakan apa yang mereka rasakan dan memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Jika kamu sudah mulai bisa melakukanya, maka dengan cara inilah kamu akan mudah disukai dalam pergaulan.

5. Tidak Takut Memulai Obrolan

Tidak Takut Memulai Obrolan, photos by Unsplash/Priscilla Du Preez

Kalau selama ini kamu adalah orang yang pasif dan pemalu, sekarang saatnya untuk belajar dan tidak takut memulai obrolan. Mungkin selama ini orang lain takut mengajak bicara karena kamu terlalu pendiam dan terkesan menutup diri. Karena itu, cobalah dari sekarang mengajak mereka berbicara terlebih dahulu.

Tidak perlu mencari bahan obrolan yang rumit, sederhana saja seperti sekadar menyapa, basa-basi, atau menanyakan sesuatu yang sebenarnya tidak begitu penting. Soalnya, sebuah sapaan yang menyenangkan biasanya akan diikuti dengan obrolan yang seru, loh.

Jangan berkecil hati kalau di awal-awal kamu mengalami kesulitan saat melakukannya dan terkesan ‘garing’. Teruslah mencoba cara bergaul yang baik ini dalam setiap kesempatan dengan siapa saja yang kamu temui. Selama kamu menyampaikannya dengan sopan, percayalah orang lain juga akan senang menanggapinya.

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Waktu untuk Menjaga Produktivitas Kamu

6. Jangan Mudah Tersinggung

Jangan Mudah Tersinggung, photos by Pxhere

Coba bayangkan, apa asyiknya punya teman yang gampang tersinggung? Seseorang yang mudah tersinggung dan tidak suka dikritik atau diberi saran akan dijauhi orang lain, loh. Dalam pertemanan, tentu kamu juga akan dihadapkan dengan berbagai macam karakter manusia. Ada yang sopan, egois, suka menolong, bahkan ada yang suka berbicara sembarang.

Agar dapat diterima dalam pergaulan, kamu sebaiknya menghindari sifat mudah tersinggung ini. Walaupun orang lain berbicara yang tidak enak terhadap kamu, terimalah dengan besar hati dan jadikan itu sebagai pembelajaran agar kamu bisa lebih baik lagi.

Begitu juga kalau ada yang bercanda dengan kata-kata yang tidak enak didengar, anggaplah sebagai angin lalu. Berbesar hati dan tidak mudah tersinggung adalah salah satu cara bergaul yang baik agar kamu disukai dalam pergaulan dan membuat pertemananmu menjadi awet.

7. Menolong yang Sedang Kesusahan

Menolong yang Sedang Kesusahan, photos by Daily Sabah

Siapa pun pasti senang kalau punya teman yang baik hati dan suka menolong. Untuk menerapkan cara bergaul yang baik seperti ini, pertama-tama kamu harus peduli dan peka terhadap orang lain. Jangan berpura-pura tidak tahu atau tidak dengar kalau ada temanmu yang sedang kesusahan.

Justru sebaliknya, usahakanlah sebisamu untuk menjadi orang pertama yang menolong teman yang sedang kesusahan, atau pun membantu menyampaikan kabar tersebut kepada teman-teman yang lain. Percayalah bahwa orang yang suka menolong tidak akan pernah kekurangan teman, bahkan pertemanannya akan semakin awet.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!

8. Jadilah Pribadi yang Jujur

Jadilah Pribadi yang Jujur, photos by Pxhere

Berbicara jujur adalah salah satu cara bergaul yang baik dan modal agar pertemananmu menjadi semakin awet, karena kamu akan dipercayai oleh siapa pun yang kamu temui, dan yang dekat denganmu. Sebab, tidak akan ada orang yang suka bergaul dengan pembohong, bukan?

Seseorang yang suka berbohong biasanya akan dikucilkan dalam pergaulan dengan sendirinya. Bagaimana tidak, kebohongannya saat ini bisa saja akan terus diikuti dengan kebohongan-kebohongan lainnya lagi.

Tidak ada seorang pun yang ingin dibohongi, apalagi oleh teman sendiri. Karena itu, berhati-hatilah dalam berbicara, jangan membesar-besarkan, jangan melebih-lebihkan, jangan mengurangi, atau bahkan mengada-adakan yang tidak pernah ada. Berbicaralah apa adanya, sehingga kamu mendapatkan kepercayaan yang baik dari orang lain.

9. Memberi Pujian dengan Tulus

Memberi Pujian dengan Tulus, photos by Inc

Cara bergaul yang baik selanjutnya adalah memberi pujian dengan tulus kepada orang lain. Kamu pasti tahu bahwa senang dihargai, senang dipuji dan dibanggakan adalah sifat alami setiap manusia. Jadi, jangan segan untuk memberi pujian kepada teman kalau kamu melihat prestasi, kelebihan atau kehebatan yang dimilikinya.

Lakukan dengan jujur dan tulus agar mereka dapat menangkap maksudmu yang sebenarnya. Jangan terlalu berlebihan atau membesar-besarkan, atau bahkan terkesan dibuat-buat, karena tidak semua orang suka dipuji dengan cara seperti itu.

Berilah pujian yang sepantasnya, yang sesuai dengan kenyataan. Lakukan dengan penuh ketulusan agar kamu tidak dianggap sebagai penjilat yang hanya ingin memanfaatkan keadaan, atau bahkan perayu yang memiliki tujuan tertentu.

10. Memperluas Lingkup Pergaulan

Memperluas Lingkup Pergaulan, photos by Unsplash/Hannah Busing

Terakhir, cara bergaul yang baik adalah dengan memperluas lingkup pergaulan. Kalau awalnya aktivitasmu hanya berangkat ke kampus atau kantor, pulang, tidur, selama 5 atau 6 hari kerja, cobalah untuk melakukan sedikit variasi.

Mungkin kamu bisa menghubungi teman-teman lama yang selama ini terabaikan karena kesibukan. Lalu, ajaklah mereka bertemu di cafe untuk sekadar menanyakan kabar ataupun mengobrol ngalor-ngidul sambil mengopi.

Penting untuk diingat bahwa dalam memperluas lingkup pergaulan, kamu harus menghindari pergaulan negatif seperti berteman dengan mereka yang suka mengonsumsi obat-obat terlarang dan sejenisnya, malas, pesimistis, dan sebaginya, demi menghindari kemungkinan kamu akan terbawa sikap dan pemikiran negatif tersebut pula.

Baca Juga: 8 Resep Minuman Segar Kekinian, Mudah Dibuat di Kost!

Bagi kamu yang sedang dalam tahap memperluas lingkup pergaulan dengan mulai membuka percakapan dengan orang lain, pastinya kamu membutuhkan tempat yang tepat dan cocok untuk mengobrol bersama teman-teman atau orang di sekitarmu, bukan? Sebab, dengan adanya tempat atau fasilitas yang nyaman, siapa pun pasti jadi lebih nyaman mengobrol.

Karena itu, kalau kamu sedang mencari hunian dengan fasilitas lengkap seperti lounge atau lobby, maka Cove adalah solusi terbaiknya.

Kost Terbaik Tempat Bergaul dengan Baik

Tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Depok, kost eksklusif Cove memiliki fasilitas bersama yang lengkap seperti lounge atau lobby untuk mendukung aktivitas dalam pergaulanmu yang baik dengan sesama penghuni maupun teman-teman lainnya. Lokasinya juga strategis, cocok bagi kamu yang sedang berkuliah maupun sudah bekerja.

Dengan desain modern dan stylish, kost eksklusif ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kamu tinggali. Cove menawarkan kamar kost siap huni atau sudah fully furnished dengan fasilitas lengkap lainnya yang kamu butuhkan untuk mendukung produktivitas dan kenyamanan kamu, seperti dapur bersama, area rooftop, bahkan gym.

Sistem pembayarannya juga fleksibel dan tanpa repot, sehingga dapat mempermudah kamu saat penyewaan. Kamu bisa merasakan pengalaman tinggal di kost terbaik mulai dari 1 jutaan per bulan, dan mendapatkan pengalaman bergaul sesama teman kost dengan baik pula.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera book kamar kost impianmu di Cove melalui Cove Listing atau Whatsapp Cove biar enggak kehabisan!


Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!