10 Tips Manajemen Waktu untuk Menjaga Produktivitas Kamu

10 Tips Manajemen Waktu untuk Menjaga Produktivitas Kamu
Tips Manajemen Waktu

Apakah kamu pernah merasakan bahwa dalam satu hari, waktu 24 jam itu terasa kurang? Banyak hal yang harus dilakukan mulai dari menyelesaikan deadline pekerjaan, berpindah dari satu meeting ke meeting lainnya, hingga keperluan untuk membagi waktu melakukan me time agar tubuh dan pikiran bisa tetap segar.

Nah, jika kamu merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang merasakan bahwa waktu dalam sehari kurang, yuk simak berbagai tips manajemen waktu di artikel ini sehingga kamu bisa membagi waktu dengan baik demi tercapainya to-do-list harian kamu!

Apa Itu Manajemen Waktu?

Manajemen Waktu, photo by Pexels

Manajemen waktu merujuk pada kegiatan dalam bagaimana kita membagi serta mengelola waktu yang dimiliki, untuk menyelesaikan berbagai tugas serta melakukan berbagai aktivitas dengan produktif. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kamu dapat menyelesaikan berbagai aktivitas atau pekerjaan dalam waktu yang efektif. Hasilnya, kamu dapat bekerja lebih fokus dan memiliki disiplin tinggi terhadap waktu.

Nggak heran, kalau kemampuan dalam manajemen waktu yang baik menjadi salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Lalu, apa saja tips manajemen waktu yang baik?

10 Tips Manajemen Waktu untuk Menjaga Produktivitas Kamu

Buat To-Do-List Harian

To-Do-List Harian, photo by Detik

Membuat daftar berbagai hal yang harus diselesaikan dalam satu hari bisa membantu kamu untuk melihat apa saja hal yang harus dilakukan, tanpa perlu kelupaan satu pun. Oh ya, kamu juga bisa membuat daftar pekerjaan berdasarkan skala prioritas dengan menuliskan pekerjaan yang paling penting pada urutan teratas, lalu pekerjaan dengan urgensi rendah pada urutan bawah. Menentukan skala prioritas bisa memudahkan kamu menjaga manajemen waktumu supaya tidak menjadi berantakan.

Tetapkan Batas Waktu untuk Tiap Pekerjaan

Saat menyelesaikan suatu pekerjaan, pernahkah kamu menentukan batas waktu berapa lama pekerjaan itu harus selesai? Nah, jika belum pernah, teknik ini bisa kamu coba untuk membuatmu lebih disiplin da fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kamu bisa melakukan time boxing, yaitu metode dalam membatasi berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas. Misalnya, kamu membatasi waktu untuk menyelesaikan monthly report selama dua jam. Maka, tugas itu harus kamu selesaikan tidak lebih dari dua jam untuk menjaga timeline pekerjaan kamu selama seharian penuh.

Hindari Multitasking

Ilustrasi Multitasking, photo from Pexels

Beberapa orang percaya bahwa kemampuan multitasking merupakan kemampuan ‘hebat’ karena mampu mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang sama. Padahal, tau nggak sih, kalau multitasking justru membuat pekerjaan kamu semakin lama selesai? Hal ini karena saat melakukan multitasking, otak kita cenderung terbagi pikirannya sehingga tidak bisa fokus pada satu hal. Akibatnya, kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk berpikir dalam menyelesaikan satu pekerjaan.

Cari Suasana Kerja yang Nyaman

Tempat Kerja yang Nyaman

Tempat Kerja yang Nyaman

Mood yang meningkat akibat suasana bekerja yang terasa nyaman juga bisa mempengaruhi produktivitas kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, pastikan ruangan atau area bekerja kamu rapih, terasa nyaman, serta mendukung kebutuhan kamu dalam bekerja, ya!

Batasi Distraksi

Pernah merasakan pekerjaan yang tak kunjung selesai akibat mata yang selalu ingin melihat layar handphone? Itu tandanya, handphone yang kamu genggam membuat kamu terdistraksi sehingga tidak bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya mengurangi produktivitas, distraksi yang datang juga bisa meningkatkan stress, lho.

Untuk meminimalisir distraksi yang datang, kamu bisa matikan notifikasi yang ada di handphone, tidak terlalu sering mengecek hal-hal di luar pekerjaan seperti media sosial, atau menyalakan mode do not disturb atau working pada smartphone kamu.

Berani Mengambil Keputusan

Kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat tidak hanya dibutuhkan saat ada masalah dalam bekerja saja, namun juga dalam manajemen waktu. Dengan memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik, kamu dapat menyimpan banyak waktu dari terlalu larut menimbang-nimbang berbagai hal. Akibatnya, pikiran kamu dapat terbagi dan pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan tepat.

Gunakan Aplikasi Manajemen Waktu

Aplikasi Notion, photo by Worxspace

Nggak hanya datang dari diri sendiri, saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk manajemen waktu kamu dengan lebih baik. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti Google Calendar untuk time blocking atau time boxing, aplikasi Trello dan Notion untuk mengatur manajemen proyek dan tracking pekerjaan harian, hingga Time Planner untuk mengatur dan membuat jadwal serta menganalisa produktivitas harian.

Tenang aja, hampir semua aplikasi yang disebutkan di atas bisa kamu download secara gratis, kok!

Hentikan Kebiasaan Menunda

Tahukah, kamu? Secara psikologis, pada umumnya manusia memang memiliki kecenderungan untuk menunda sesuatu, di mana kita akan merasa lebih bersemangat saat mengerjakan sesuatu saat sudah mendekati tenggat waktu. Namun, hal ini justru dapat merusak keseimbangan waktu untuk bekerja dan keperluan pribadi, lho. Sebaiknya, saat ada waktu, langsung kerjakan tugas yang perlu diselesaikan dan tidak menunggu hingga waktunya semakin sempit. Jadi, kamu bisa memiliki manajemen waktu yang lebih baik, deh.

Beri Jeda untuk Beristirahat

Istirahat Sejenak saat Bekerja, photo by Emerald Physio & Wellness Clinic

Meskipun menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik, namun, kamu juga tidak perlu bekerja secara terus-menerus tanpa beristirahat, ya! Untuk membuat pikiran kembali segar, pastikan kamu memiliki jeda sekitar 15 hingga 20 menit setiap satu pekerjaan telah diselesaikan.

Motivasi Diri

Berbagai upaya seperti menggunakan aplikasi manajemen waktu, menulis to-do-list, hingga melakukan time blocking, semuanya tidak akan lancar jika kamu tidak dapat memotivasi diri. Supaya manajemen waktu bisa berjalan dengan efektif, pastikan diri kamu termotivasi untuk mendapatkan semangat serta memotivasi kembali orang-orang di sekitar kamu. Jadi, bisa sama-sama produktif dan work-life semakin balance, deh!

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Self Improvement, Bantu Hidup Lebih Baik!

Bekerja Semakin Produktif di Cove

Cove Indonesia

Memiliki pembagian waktu yang seimbang antara pekerjaan dan keperluan pribadi itu memang idaman banget! Nggak cuma tubuh yang tetap bugar, dengan memiliki work life balance, kamu juga bisa memiliki kondisi mental yang sehat sehingga tetap dapat menjalani hari dengan produktif setiap harinya.

Cove Lotus, Kebayoran Baru

Nah, untuk menunjang produktivitas harian kamu, Cove memiliki berbagai hunian nyaman yang bisa kamu pilih. Setiap unit di Cove dilengkapi dengan meja serta lampu kerja untuk membuatmu nyaman work from home, serta fasilitas seperti queen bed, lampu tidur, dan kamar mandi dalam sehingga kamu bisa beraktivitas dan beristirahat dengan nyaman.

Baca juga: Kost Eksklusif vs Kost Biasa: Apa Kelebihannya?

Nggak usah khawatir, selain fasilitas kamar yang nyaman, kamu juga bisa kok mengakses fasilitas umum di dalam unit seperti dapur, area makan, longue, hingga kolam renang dan pusat kebugaran. Pokoknya, benar-benar menunjang segala kebutuhan kamu!

Jika kamu tertarik untuk tinggal di Cove, yuk cek berbagai unit Cove yang memiliki lokasi strategis dan cek Instagram Cove Indonesia untuk mendapatkan berbagai update terbaru dari Cove!