7 Rekomendasi Bukit di Bali, Wajib ke Sini!

7 Rekomendasi Bukit di Bali, Wajib ke Sini!
Photo from Indonesia Travel

Liburan di Bali memang menjadi salah satu aktivitas favorit banyak orang, khususnya yang tinggal di area Jabodetabek karena lokasi geografis yang tidak terlalu jauh. Banyak alasan mengapa pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini menjadi lokasi liburan banyak orang, mulai dari berbagai pantai Bali yang cantik, berbagai wisata malam yang bisa dikunjungi, mall yang variatif, hingga banyak Pura Hindu yang bisa menjadi destinasi wisata edukatif untuk mengenal lebih banyak budaya Hindu Bali.

Namun, tidak hanya pantainya yang cantik dan budaya yang kental, Bali juga memiliki beberapa bukit dengan pemandangan indah yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman. Lihat selengkapnya di artikel ini, yuk!

Bukit Panorama Lembongan

Photo from Surya Nusa Penida Tour

Bukit pertama di Bali yang wajib kamu kunjungi adalah Panorama Point atau juga disebut Bukit Panorama yang berlokasi di Pulau Lembongan. Bukit ini menjadi salah satu spot sunset favorit, di mana kamu bisa melihat pemandangan laut dari atas bukit beserta aktivitas nelayan yang hendak pergi memancing.

Jika kamu ingin ke sini, kamu bisa menyebrang dari Sanur menuju Pulau Lembongan menggunakan kapal penumpang dengan kurang lebih 1 jam perjalanan, ya!

Alamat: 8C9W+MP9, Jungutbatu, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Pura Bukit Batu Kursi

Photo from Detik

Jika kamu berada di daerah Buleleng, kamu bisa mampir ke Pura Bukit Batu Kursi yang terletak di Jl. Raya Pemuteran. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah berupa bukit-bukit dengan rerumputan hijau. Tidak hanya disuguhkan pemandangan bukit, kamu juga bisa melihat pemandangan laut di sebelah utara sehingga bisa menjadi spot sunrise atau sunset yang tepat, cocok buat foto-foto!

Jika kamu ada rencana untuk mendatangi bukit ini, pastikan kamu menyiapkan tenaga lebih karena kamu perlu menaiki ratusan anak tangga untuk mencapai bukit ini sampai atas.

Alamat: Jalan Raya Pemuteran, Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155

Bukit Campuhan

Photo from Indonesia Travel 

Ubud memang terkenal dengan cuacanya yang sejuk, berbeda dengan area Bali lainnya seperti Denpasar atau Canggu. Jika kamu sedang berada di Ubud, ada satu bukit yang wajib kamu datangi, yaitu Bukit Campuhan yang berlokasi Jl. Bankiang Sidem, yang berlokasi sekitar 30 menit dari pusat kota Ubud.

Kamu bisa jalan santai di Bukit Campuhan sambil melihat pemandangan rerumputan hijau dan berfoto-foto ria, karena tempat ini sangat Instagramable. Oh ya, di sini, kamu juga bisa mampir ke Pura, lho. Namun, jika kamu berencana untuk mampir ke Pura, pastikan kamu menggunakan pakaian yang sesuai dengan aturan Pura, ya!

Alamat: Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Kec. Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Bukit Belong

Photo from Kintamani.id 

Bukit di Bali selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Belong yang terletak di Banjar Buayang, Kabupaten Klungkung, Bali. Tidak seperti destinasi wisata Bali lainnya yang masih memiliki akses terbatas, kamu bisa mengunjungi Bukit Belong dengan mudah karena jalan yang sudah di aspal. Oh ya, bukit ini juga cukup dekat dari Denpasar, membutuhkan waktu 1 jam berkendara menggunakan motor atau mobil, sehingga kamu bisa mengunjunginya dengan pulang pergi jika kamu sedang menginap di area Denpasar, Seminyak, atau Canggu.

Saat sampai di Bukit Belong, siap-siap dimanjakan pemandangan alam yang indah serta hamparan sawah, cocok untuk kamu yang butuh healing. Oh ya, tak hanya pemandangan hijau, jika cuaca sedang cerah, kamu juga bisa melihat pantai selatan Bali hingga Pulau Nusa Penida, lho. Menarik banget, ya?

Alamat: Jl. Bukit Belong, Gunaksa, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Bukit Putung

Photo from 777 Bali Tour 

Dari Klungkung, kita melipir ke Karangasem, untuk melihat indahnya pemandangan dari Bukit Putung! Bukit ini tepatnya berlokasi di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika kamu berangkat dari Kota Denpasar, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan mobil atau motor untuk sampai di Bukit Putung.

Bukit ini memiliki pemandangan lanskap pulau Bali yang sangat indah. Kamu bisa melihat pepohonan hijau langsung dari gubuk yang berada di tepi bukit. Lewat gubuk ini, kamu bisa melihat laur, serta pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Psst..bukit ini juga pas banget untuk kamu yang ingin melihat sunrise atau sunset, lho!

Alamat: GGW8+3FG, Unnamed Road, Duda Tim., Kec. Selat, Kabupaten Karangasem, Bali 80871

Bukit Teletubbies

Photo from Blibli 

Rekomendasi bukit di Bali selanjutnya adalah Bukit Teletubbies. Yap, bukit ini memiliki nama yang terinspirasi dari acara TV anak-anak, karena dinilai memiliki lanskap yang mirip dengan acara TV tersebut. Bukit Teletubbies berada di pulau Nusa Penida, sehingga kamu perlu menyebrang dari Pelabuhan Sanur dan menempuh waktu sekitar 1 jam menggunakan speed boat.

Meskipun berlokasi jauh dari Kota Denpasar, di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang indah lengkap dengan hamparan ilalang tinggi, cocok untuk kamu yang ingin berfoto-foto. Tidak hanya foto-foto, di sini, kamu bisa bersantai sambil membaca buku, selagi menunggu pemandangan matahari terbenam. Dijamin, worth it!

Alamat: Unnamed Rd, 80771, Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Bukit Surga

Photo from Beritabali.id

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Bukit Surga yang terletak di Karangasem. Seperti namanya, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah mulai dari pepohonan hijau hingga danau yang cantik.

Di Bukit Surga, kamu juga bisa lho berkemah bersama teman-teman. Tidak perlu khawatir karena tidak punya alat kemah, kamu bisa menyewanya melalui beberapa toko sewa yang ada di bawah bukit. Untuk mengunjungi tempat ini, ada tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang untuk kunjungan pulang pergi, dan Rp25.000 jika kamu ingin berkemah, ya!

Alamat: Tanah Ampo, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali 80861 

Yup! Itu dia beberapa rekomendasi bukit di Bali yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman. Psst..jika kamu berencana berlibur di Bali, pastikan kamu menyiapkan budget liburan yang cukup supaya bisa eksplor banyak tempat hingga membeli oleh-oleh khas Bali, ya!