10 Tempat Menarik di Karawaci & Sekitarnya yang Paling Hits

10 Tempat Menarik di Karawaci & Sekitarnya yang Paling Hits
Tempat Menarik di Karawaci, photo by Pexels/Allan Mas

Bagi kamu yang tinggal di daerah Kota Tangerang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Karawaci. Ya, Karawaci merupakan bagian dari Kota Tangerang yang dahulu disebut dengan nama Kecamatan Cimone. Sekarang, daerah ini lebih terkenal lagi karena memiliki beragam tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya yang seru dan hits.

Baca Juga: 9 Restoran di Supermall Karawaci untuk Makan Bareng Teman

Tak hanya terkenal dengan beragam tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya, daerah yang berada tepat di sebelah barat Ibu Kota Jakarta ini juga ternyata memiliki sejuta destinasi wisata yang menakjubkan. Beragam destinasi ini bisa menjadi pilihan kamu saat akhir pekan tiba, atau untuk sekadar melepas penat.

Penasaran dengan tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya yang seru dan hits? Berikut rekomendasi destinasi atau tempat wisata yang sudah Cove rangkum untuk masuk di weekend list kamu. Yuk, intip!

10 Tempat Menarik di Karawaci & Sekitarnya

1.Pintu Air 10

Pintu Air 10, photo by Instagram/@yoghil

Tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya pertama yang harus kamu kunjungi adalah wisata jembatan Pintu Air 10, yang sudah lama menjadi trademark Kota Tangerang. Nama asli wisata Pintu Air 10 ini sebenarnya “Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane”, yang sudah berdiri sejak tahun 1927, dan dijamin bakal jadi wisata yang historical banget untuk kamu.

Menjadi penghidupan warga sekitar dan melintang di atas Sungai Cisadane yang, Pintu Air 10 ini memiliki desain klasik gaya Belanda kuno yang kontras dengan bangunan sekitar serta lanskap kota Tangerang yang modern, sehingga menjadi lokasi yang cocok untuk latar belakang selfie atau karya fotografi lainnya.

Tak hanya itu saja, tempat ini juga menyediakan lahan lapang bagi para pejalan kaki dan penggemar olahraga untuk olahraga sepeda maupun jogging yang bisa jadi pilihan sehat mengitari area wisata ini. Di penghujung hari, kemilau keemasan cahaya lampu memantul di air sungai dan dapat menjadi pemanis dari kunjungan kamu ke Pintu Air 10 ini.

Alamat: Jl. Pintu Air 10, RT.001/RW.002, Mekarsari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15129

2. Kampung Bekelir

Tempat menarik di Karawaci selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah wisata Kampung Bekelir yang dihias sedemikian rupa sehingga tampak sangat Instagramable. Meski dulunya kampung ini kumuh, tetapi sekarang telah bertransformasi menjadi lebih cantik dan diburu banyak wisatawan.

Tempat ini wajib untuk dikunjungi terlebih bagi yang gemar hunting foto saat berada di Karawaci dan sekitarnya. Di Kampung Bekelir, pendatang juga akan disajikan lebih dari 300 dinding rumah warga yang dihiasi gambar-gambar mural dan grafiti yang sangat keren.

Lebih dari 100 seniman baik dari mancanegara maupun dalam negeri yang terlibat dalam proses penggarapannya, serta menghabiskan cat kurang lebih sebanyak 10.000 liter. Selain itu, disekitar Kampung Bekelir wisatawan akan menemukan pedagang yang menjual aneka souvenir serta kuliner khas Kota Tangerang.

Alamat: Jl. Kalipasir Indah, RT.003/RW.007, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Baca Juga: Kost mahasiswa di Karawaci di bawah 5 juta

3. Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio, photo by Instagram/@tangerang.terkini

Klenteng Boen Tek Bio adalah satu tempat ibadah tertua yang bisa jadi destinasi kamu untuk mencari tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya. Selain karena menjadi tempat wisata yang historical, tempat ini juga dilestarikan sebagai cagar budaya Indonesia, di mana kamu bisa berwisata budaya dan sejarah, sekaligus menikmat ambience Chinatown era kolonial.

Bagi kamu penggemar wisata budaya dan sejarah, tempat yang satu ini tidak boleh terlewati untuk disambangi. Telebih lagi karena Klenteng Boen Tek Bio telah mengalami beberapa kali renovasi sehingga tempat ini semakin sarat akan benda antik dan desain bangunan yang unik dengan khas pintu bulat antar-ruang khas Tiongkok.

Wangi aroma dupa serta kemilau cahaya lilin membuat kesan tersendiri selama kunjungan. Klenteng Boen Tek Bio sebagai tempat ibadah diharapkan membawa kebajikan melalui arti namanya, dan dapat menjadi pengingat bagi siapapun yang berkunjung.

Alamat: Jl. Bakti No.14, RT.001/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

4. Supermal Karawaci

Jika kamu sedang ingin mencari permainan seru untuk menghabiskan waktu akhir pekan maupun liburan, tempat menarik di Karawaci yang satu ini boleh kamu coba. Ya, apalagi kalau bukan bermain ke Timezone yang ada di Supermal Karawaci. Sebab, Timezone yang ada di Supermal Karawaci ini menjadi pusat hiburan terbesar se-Asia Tenggara, loh.

Hal yang membedakan Timezone Supermal Karawaci dengan lainnya adalah karena di sini ada empat wahana yang diberi nama Timezone Adrenalin, di mana permainan yang dihadirkan cukup membuat deg-deg-an para pemainnya.

Beberapa arena yang ada di Timezone Adrenalin yaitu Drop and Double Twist Tower yang tingginya mencapai 18 meter, Tekno-Fly dengan tinggi 14 meter, roller coaster, dan wahana mobil-mobilan Demolition Derby khusus untuk anak-anak. Akan menjadi tempat hiburan keluarga maupun bersama pasangan yang menyenangkan, bukan?

Alamat: Supermal Karawaci, Jl. Boulevard Diponegoro, Bencongan, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

5. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang, photo by Instagram/@danang_hersrinuksmo

Di daerah Karawaci, terdapat juga sebuah taman yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, namanya Taman Kunang-Kunang. Tempat menarik di Karawaci yang satu ini merupakan ruang terbuka hijau yang menawarkan udara sejuk serta pepohonan rindang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan puluhan burung parkit yang berada di kandang serta bermain dan memberi makan mereka. Sembari menikmati udara sejuk, wisatawan dapat mengajak anak-anak untuk bermain karena taman ini menyediakan area bermain yang bisa digunakan secara gratis.

Alamat: Jl. Pandan Raya No.36,Karawaci Baru, Karawaci, RT.001/RW.012, Karawaci Baru, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15138

Baca Juga: Kost eksklusif di Karawaci dengan view indah dan lebih terjangkau

6. Taman Potret

Taman Potret, photo by Instagram/@ahmad_fauziputra1

Pada Agustus 2015, sebuah tempat untuk berswafoto bernama Taman Potret diresmikan, di mana sebelumnya taman ini sebenarnya diberi nama Taman Selfie. Taman ini memiliki berbagai spot foto natural berupa taman-taman indah yang asri, juga tempat bermain anak yang bisa dinikmati secara gratis dan bisa dikunjungi pada jam berapa pun karena dibuka selama 24 setiap harinya.

Kebersihan di salah satu tempat menarik di Karawaci ini masih sangat terjaga dengan baik keasriannya berkat petugas Linmas yang sering berpatroli di sekitar, dan juga karena pepohonan di sekitar mulai besar dan rimbun dahannya. Selain itu, Taman Potret juga telah di lengkapi fasilitas free Wi-Fi, loh.

Alamat: RT.001/RW.005, Babakan, Tangerang, Tangerang City, Banten 15118

7. Taal Indian Restaurant

Selain berbagai tempat wisata hiburan, tempat menarik di Karawaci lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah wisata kuliner khas India, Taal Indian Restaurant. Pilihan menu makanan khas Negara Anak Benua ini memang mungkin masih sedikit peminatnya, namun tidak ada salahnya mencoba menu baru, bukan? Siapa tahu sebenarnya cocok di lidah kamu.

Di restaurant ini, kamu bisa mencoba aneka hidangan khas India yang kaya bumbu seperti Nasi Briyani, olahan kambing dan ayam dengan bumbu kari, hingga Paneer keju khas India yang sangat terkenal.

Selain itu, kelebihan dari restaurant ini terletak pada porsinya yang cukup besar saat dihidangkan dengan harga yang termasuk murah, yaitu berkisar Rp40.000 hingga Rp80.000, sehingga kamu tetap bisa melakukan sharing bersama teman-teman dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah per orangnya.

Alamat: Jl Boulevard Palem Raya No 16 Karawaci Tangerang, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15115

8. Summarecon Mall Serpong

Salah satu mal yang menjadi tempat menarik di Karawaci adalah Summarecon Mall Serpong atau yang sering disingkat dengan SMS. Mal ini menyediakan berbagai fasilitas seperti bioskop, toko pakaian dan aksesoris, arena permainan seperti Timezone, food court, cafe kekinian hingga beragam restaurant.

Tempat makan di dalam mal ini didesain cukup beda dari kebanyakan tempat makan, yaitu dengan konsep teras sehingga terasa seperi makan di rumah. Selain itu, hal lain yang membedakan mal ini dengan mal lainnya adalah, di sini kamu dapat menikmati live music dengan performance terbaik yang dinyanyikan oleh penyanyi yang sudah banyak terkenal maupun musisi indie.

Alamat: Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!

9. Kuliner Nasi Jagal Ibu Zahra

Tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya tak hanya wisata hiburan saja, melainkan juga ada beragam wisata kuliner, salah satunya nasi jagal. Pernah dengar menu makanan bernama nasi jagal, tidak? Well, nasi jagal merupakan menu makanan khas Tangerang yang terdiri dari nasi hangat serta potongan daging dengan rasa pedas manis serta taburan bawang goreng di atasnya.

Menu nasi jagal mungkin terlihat dan terdengar sederhana, tetapi tunggu sampai kamu mencobanya maka kamu pasti langsung ketagihan. Jika kamu ingin mencoba khas Tangerang ini, kamu bisa berkunjung ke Kuliner Nasi Jagal Ibu Zahra yang menyajikan dua menu yaitu Nasi Jagal dan Nasi Goreng Jagal.

Kedua menu tersebut berbeda pada olahan nasinya, namun sama-sama memiliki topping daging sapi dengan saus khas. Menariknya lagi, kamu tidak perlu merogoh kocek karena harga per porsi di tempat ini mulai dari Rp10.000 saja, dan juga buka setiap hari selama 24 jam. Terjangkau sekali, telebih ketika jam-jam lapar tengah malam, bukan?

Alamat: Jl. Raya Bayur No.27, RT.002/RW.001, Koang Jaya, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15112

10. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage, photo by Instagram/@bentengheritage

Tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya terakhir datang dari Museum Benteng Heritage yang merupakan museum peranakan China Benteng satu-satunya yang ada di Indonesia. Museum ini berdiri pada 2011 dan menempati sebuah rumah tua yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17.

Semua koleksi barang di museum ini berasal dari koleksi pribadi sang pemilik museum bernama Udaya Halim. Selain itu, terdapat juga sumbangan koleksi artefak dari para kolektor lainnya dan pemerhati budaya China Benteng.

Jika kamu tertarik untuk ke tempat ini bersama dengan teman maupun pasangan untuk museum date, kamu bisa datang ke Museum Benteng Heritage yang buka dari pukul 10.00 - 17.00 WIB pada hari Selasa hingga Jumat, dengan tiket masuk sebesar Rp25.000,-

Alamat: Jalan Cilame No. 18&20, RT.001/RW.004, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Baca Juga: 10 Cafe Instagramable di Karawaci yang Wajib Kamu Datangi!

Itulah berbagai tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya yang dapat kamu kunjungi untuk mengisi akhir pekan maupun hari libur kamu bersama teman-teman, pasangan, hingga keluarga. Ternyata, ada banyak banget tempat menarik di Karawaci dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi, ya?

Jadi, kalau kamu tinggal di Karawaci, kamu enggak perlu khawatir akan kesulitan mencari destinasi wisata hiburan dan kuliner enak, deh.

Kost Makin Seru Dekat Tempat Menarik di Karawaci

Kost di Karawaci, photo by Instagram/@cove_id

Nah, kalau kamu belum tinggal di Karawaci tapi berminat untuk tinggal di area ini, kamu bisa banget intip berbagai unit Cove Hillcrest yang berlokasi di Karawaci. Jangan khawatir karena setiap unit di sini sudah full furnished, area dapur yang multifungsi, serta Wi-Fi dan layanan kebersihan serta laundry.

Karena berlokasi di Lippo Village, Karawaci, hunian yang satu ini berlokasi cukup dekat dengan Universitas Pelita Harapan, sehingga tempat tinggal yang satu ini dijamin dapat memudahkan mobilitas kamu yang berkuliah di UPH, juga untuk ke tempat-tempat menarik di sekitar Karawaci lainnya.

Uniknya lagi, unit ini memiliki model ruangan loft, sehingga kamu dapat memisahkan area bekerja dan bersantai kamu agar kamu bisa mendapatkan waktu istirahat yang optimal. Tak hanya itu saja, Cove Hillcrest juga tidak kalah aesthetic karena kamarnya didesain loft dan industrial kekinian, loh.
Tertarik dengan hunian ini? Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut, ya!