10 Kawasan Street Food Bandung, Wajib Didatengin!

10 Kawasan Street Food Bandung, Wajib Didatengin!
Photo from RRI

Street food Bandung wajib kamu coba nih kalau sedang ingin menyantap kuliner khas Sunda. Nah, kalau kamu belum pernah mencicipi kuliner kaki lima di Kota Kembang ini, yuk, simpan beberapa list street food di Bandung yang Cove rekomendasikan di artikel ini!

Menjelajahi street food memang menjadi salah satu kewajiban yang dilakukan saat berlibur ke Bandung. Nggak hanya mengunjungi berbagai cafe aesthetic hingga mengunjungi pusat oleh-oleh, simak beberapa kawasan street food Bandung yang menyediakan berbagai makanan enak di sini, yuk!

Sudirman Street

Photo from TripAdvisor

Sudirman Street Bandung telah menjadi destinasi street food yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandung. Sesuai dengan namanya, Sudirman Street merupakan area kuliner yang terletak di Jalan Sudirman, Bandung.

Dibuka perdana pada bulan November 2015, Sudirman Street Bandung menawarkan pengalaman menjelajahi ragam street food bagi pengunjungnya, baik siang maupun malam. Bagi yang mencari suasana yang lebih meriah, kamu bisa mengunjunginya di malam hari, ya.

Oh ya. mayoritas kuliner di Sudirman Street mencakup makanan non halal, seperti sate dan babi panggang. Meski demikian, terdapat juga pilihan makanan halal yang tak kalah lezat. Harga makanan dan minuman di Sudirman Street Day and Night Market juga relatif terjangkau, berkisar mulai dari Rp5 ribu hingga Rp70 ribu, tergantung pada jenis makanan dan minuman yang dipilih.

Rekomendasi Kuliner di Sudirman Street:

  • Khe-Bab-Bi (non-halal)
  • Babi Panggang El-Paso (non-halal)
  • Bakso Goreng Pandu (halal)
  • Dapur Sotoku (halal)
  • King Crab (halal)
Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.107, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Bandung
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 24.00 WIB

Cibadak Culinary Night

Photo from What’s New Indonesia 

Salah satu lokasi street food di Bandung ini juga terletak cukup dekat dengan Sudirman Street Food. Terletak di kawasan Jalan Cibadak, Astana Anyar, Bandung, Cibadak Culinary Night menjadi destinasi kuliner malam yang sedang tren. Daerah ini bisa dianggap sebagai Pecinan Kota Bandung, sehingga tidak mengherankan jika mayoritas pilihan makanan di sini didominasi oleh hidangan non-halal.

Bagi penggemar kuliner Tionghoa dan hidangan perbabian, tempat kuliner malam ini akan memuaskan selera kamu. Tenant makanan seperti Nasi Campur 88 dan Nasi Goreng Samcan menawarkan variasi perut babi yang lezat. Ada juga pilihan menu seperti swike atau daging katak yang menambahkan sentuhan unik pada pengalaman kuliner kamu.

Tidak hanya menyajikan makanan non-halal, Cibadak Culinary Night juga menawarkan berbagai menu makanan halal yang menggoda. Kobe House menyediakan menu teppan dan steambot Jepang halal, sementara pilihan menu batagor, seblak, dan lainnya juga tersedia. Dessert tradisional seperti serabi, wedang ronde, es campur, dan kue putu bisa ditemukan untuk melengkapi petualangan kuliner malam kamu di sini.

Rekomendasi Kuliner di Cibadak Culinary Night:

  • Swike Karanganyar (non-halal)
  • Nasi Campur 88 (non-halal)
  • Nasi Goreng Samcan (non-halal)
  • Kobe House (halal)
Alamat: Jl. Cibadak No.50-155, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Jam Buka: Senin - Minggu, 07.00 - 02.00 WIB

Kawasan Dipati Ukur

Photo from GenPI Jabar

Salah satu opsi tempat street food yang lezat dan terjangkau di Bandung berikutnya berada di sekitar Jalan Dipati Ukur, yang dikenal dengan istilah DU. Daerah ini populer sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa, terutama dengan banyaknya kampus, salah satunya Unpad (Universitas Padjadjaran). Tentu saja, pilihan kuliner di sini sangat sesuai dengan selera khas anak muda.

Kamu bisa menikmati berbagai dimsum dengan banyak pilihan, seblak, ayam penyet, bebek goreng, seblak, dan lainnya. Red Dimsum merupakan salah satu tempat makan dimsum yang bisa ditemui di DU dengan harga yang terjangkau dan pilihan yang sangat lezat. Sementara itu, Steak Ranjang menawarkan harga yang ramah di kantong mahasiswa, Bebeke Om Aris cocok untuk pecinta kuliner bebek goreng, dan Warung Nasi SPG menyajikan menu ayam goreng kremesan dengan sambal ijo.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Dipatiukur:

  • Babeke Om Aris (halal)
  • PSY Steamboat Yakiniku (halal)
  • Cekeran Midun (halal)
  • Steak Ranjang (halal)
  • Bakmi Jowo DU 67 (halal)
Alamat: Jl. Dipati Ukur No.1, Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Minggu, 18.30 - 00.00 AM

Pasar Cisangkuy

Photo from Radar Tasikmalaya

Dengan konsep "one stop shop eating," Pasar Cisangkuy menawarkan pengalaman menikmati beragam kuliner terkini layaknya food market. Jangan bayangkan suasana pasar yang kumuh, karena di dalamnya telah diatur sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan saat berkeliling. Mulai dari camilan hingga hidangan berat bissa ditemukan di sini, memberikan berbagai opsi untuk dinikmati untuk kamu dan teman-teman.

Beberapa opsi kuliner yang menarik termasuk kedai dimsum 168 yang menawarkan beragam hidangan dimsum lezat. Selain itu, terdapat juga kedai yang menyajikan mie kocok lezat dan gado-gado segar. Bahkan, tersedia pilihan jajanan Korea dan Jepang.

Tidak hanya di dalam pasar, tetapi juga di sepanjang Jalan Cisangkuy Bandung, terdapat deretan warung makan street food lain yang bisa dikunjungi.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Pasar Cisangkuy:

  • Warung Sate Mas Acong (halal)
  • Bajigur Ibu Hj Siti Maemunah (halal)
  • Bandros Cowboy (halal)
  • Yogurt Cisangkuy (halal)
Alamat: Cisangkuy St No.64, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40115
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00 WIB

Lengkong Kecil

Photo from DetikFood

Dekat dengan Alun-Alun Bandung, Lengkong Kecil menjadi street food Bandung legendaris yang dapat kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa menjumpai berbagai jajanan ringan hingga makanan berat, seperti roti bakar, bakso goreng, bola ubi, cimol, hingga iga bakar dan steak.

Meski tempatnya berada di jalan yang terbuka, tapi Lengkong Kecil menawarkan ambience yang cantik dengan lampu-lampu gantung berwarna warm dan desain tenant yang unik. Bahkan, pengunjung juga bisa menyantap makanan yang ada di Lengkong Kecil sambil ditemani pertunjukan musik yang menghibur, lho.


Rekomendasi Kuliner di Kawasan Lengkong Kecil:

  • Kepak Madu Mael (halal)
  • Bola Ubi Kopong (halal)
  • Steak Si Mantan (halal)
Alamat: 3JG8+FVX, Jl. Lengkong Kecil, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261
Jam Buka: Senin - Minggu, 18.00 - 00.00 WIB

Gasibu dan Gedung Sate

Photo from Elshinta

Nggak terlalu jauh dari Dipati Ukur, kamu bisa menemukan area street food lainnya yang terletak di pusat Bandung, yaitu kawasan Gasibu dan Gedung Sate. Sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Gedung Sate dan Lapangan Gasibu menjadi salah satu titik sentral yang harus dikunjungi di Bandung. Di sepanjang jalan ini, banyak tersedia tempat jajanan kaki lima mulai dari sate, bakso, cilok, cuanki, seblak, nasi pecel, hingga minuman.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Gasibu & Gedung Sate:

  • Sate Jando (halal)
  • Roti Gempol (halal)
  • Bakso Malang Fortuna (halal)
Alamat: Jl. Diponegoro, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu, 05.00 - 18.00 WIB

Braga Culinary Night

Photo from RRI

Terletak di dekat pusat Kota Bandung, Braga Culinary Night menjadi salah satu tujuan kuliner malam yang populer bagi para wisatawan yang mengunjungi Bandung. Di sepanjang Jalan Braga, kamu bisa menjelajahi jalanan yang dipenuhi dengan puluhan stan yang disusun rapi di tengah jalan. Ragam kuliner, mulai dari makanan halal hingga chinese food, tersedia di area street food ini.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Braga Culinary Night:

  • Bacang Braga (halal)
  • Canary Bakery(halal)
  • Soto Pak Ento(halal)
  • Imperial Chinese Restaurant (halal)
Alamat: Jl. Braga No.99-101, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam Buka: Senin - Minggu, 18.00 - 00.00 WIB

Gegerkalong

Photo from TribunNNews 

Gegerkalong juga menjadi destinasi untuk mencari street food yang ekonomis di Bandung. Terutama dengan keberadaan kampus populer UPI Bandung di sini, menyediakan beragam opsi kuliner yang terjangkau untuk mahasiswa. Gegerkalong menyajikan berbagai pilihan tempat makan, kafe, dan lokasi jajan yang menarik serta lezat.

Dari hidangan Indonesia hingga variasi kuliner bergaya Korea, Jepang, dan dimsum, semuanya tersedia di Gegerkalong, bisa kamu nikmati bersama dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Gegerkalong:

  • Spicywon Korean Street Food (halal)
  • Ramen AA (halal)
Alamat: 3JM9+2J7, Kebon Pisang, Sumurbandung, Bandung City, West Java
Jam Buka: Senin - Minggu, 18.00 - 00.00 WIB

Paskal Food Market

Photo from TripAdvisor 

Salah satu tempat food court street food terkini yang bisa kamu coba di Bandung berlokasi dekat dengan Sudirman Street Food dan Cibadak, tepatnya di Paskal. Kawasan Paskal atau Pasir Kaliki juga dikenal sebagai destinasi kuliner yang menggiurkan dengan banyak pilihan. Terdapat lebih dari 50 tenant makanan di sini, menyajikan lebih dari 1100 menu hidangan.

Dengan gaya food court yang teratur, kamu bisa menemukan kuliner-kuliner legendaris Bandung seperti Baso Tahu Wibisana, Kuotie Alkateri, Ronde Alkateri, dan Mie Rica Kejaksaan. Selain itu, terdapat juga tenant seperti Iga Bakar si Jangkung, Ayam Betutu Gilimanuk, Sate Taichan Senayan, dan banyak lagi.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Paskal Food Market:

  • Ayam Betutu Gilimanuk (halal)
  • Sate Taichan Senayan (halal)
  • Iga Bakar Si Jangkung (halal)
Alamat: Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181
Jam Buka: Senin - Minggu, 11.00 - 00.00 WIB

Gang Suniaraja

Photo from My Eat and Travel Story 

Meskipun Gang Suniaraja terletak di area kawasan Braga, namun tempat ini dikenal sebagai tempat yang populer untuk menikmati kuliner malam dan street food di Bandung. Mulai dari pedagang mie tektek, nasi goreng, pecel ayam, dan lainnya, dijamin bisa memuaskan rasa lapar. Namun, jika berbicara tentang kuliner malam pinggir jalan, Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu menjadi terkenal di kawasan ini.

Dikenal dengan sebutan ayam goreng hitam, bumbu kecap mendominasi sebagai marinade utamanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ayam goreng beserta minyak gorengnya tampak berwarna hitam seperti oli. Rasa ayam gorengnya sendiri memiliki sentuhan manis yang disempurnakan dengan kol goreng, sate jeroan, dan sambal.

Rekomendasi Kuliner di Kawasan Gang Suniaraja:

  • Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu (halal)
  • Sate & Gule Pak Lili (halal)
Alamat: Jl. H. Anwar No.1, Cibuntu, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu, 18.00 - 00.00 WIB

Jadi, kawasan street food Bandung mana nih, yang mau kunjungi? Oh ya, selain mencoba berbagai kuliner, kamu juga bisa lho, mengunjungi berbagai taman di Bandung untuk piknik atau sekedar bersantai. Jadi, yuk langsung book penginapan di Bandung buat hunting berbagai tempat seru! Hihi.