Optimalkan Ruang: 8 Desain Kamar Kost Mezzanine yang Memikat

Optimalkan Ruang: 8 Desain Kamar Kost Mezzanine yang Memikat
Desain Kamar Kost Mezzanine, photo by Cove

Saat ini, kamar kost minimalis dengan desain mezzanine semakin menjadi opsi populer bagi banyak orang, terutama kalangan profesional muda dan mahasiswa, yang mencari tempat tinggal ternyaman di wilayah kota. Pasalnya, konsep mezzanine menawarkan solusi inovatif untuk mengoptimalkan ruang terbatas secara efisien. Desain ini tidak hanya memberikan dimensi ekstra pada ruangan, tetapi juga dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain interior, mulai dari yang minimalis hingga yang lebih klasik. Nah, kalau kamu sedang tertarik dengan model kost seperti ini, mari simak delapan desain kamar kost mezzanine yang bisa menjadi inspirasi kamu berikut ini.

8 Desain Kamar Kost Mezzanine

1. Penempatan Dapur Compact

Penempatan Dapur Mini, photo by Pinterest

Beberapa kost eksklusif telah menyediakan fasilitas kamar tidur dengan dapur pribadi untuk setiap penghuni. Keberadaan dapur pribadi ini memungkinkan kamu untuk bisa bereksperimen dengan masakan sekaligus menyantap hidangan dengan suasana yang lebih privat. Pastikan bahwa area mezzanine memiliki ventilasi yang memadai untuk menghindari akumulasi uap dan bau dari kegiatan memasak. Kamu yang ingin mengambil desain kamar kost mezzanine seperti ini juga bisa menambahkan elemen dekoratif, seperti pot bunga, rak penyimpanan terbuka, hingga aneka pajangan untuk mempercantik tampilan dapur minimalis kamu.

2. Rona Monokromatik dengan Jendela Lebar

Cove Hillcrest

Jika kamu lebih menyukai padu padan rona gelap, ada cara-cara efisien yang bisa dilakukan demi membuat desain kamar kost mezzanine kamu tidak terlihat sempit, yaitu dengan mengombinasikannya dengan dinding berwarna putih atau abu-abu terang sebagai penyeimbang. Rona putih dan elemen kekayuan yang terang akan membuat ruangan terasa lebih lapang. Inspirasi berikut ini datang dari kost bergaya industrial, Cove Hillcrest, yang terlihat begitu stylish berkat penempatan kamar mandi, area wardrobe, hingga dapur mini yang compact tepat di bagian bawah tempat tidur. Area meja kerja yang dibuat mengarah ke jendela besar juga semakin membuat siapa saja akan merasa nyaman saat bekerja di sini, sembari menikmati pemandangan luar ruangan yang menakjubkan.

Jelajahi lebih lanjut kost eksklusif yang terletak di daerah Karawaci, Tangerang ini, serta cari tahu informasi seputar harga dan fasilitas yang tersedia, hanya di laman Cove Hillcrest !

2. Lebih Privasi dengan Tirai Penutup

Tirai Penutup di Area Tidur, photo by Pinterest

Beberapa orang cenderung tidak terlalu menyukai area tidur yang dibuat terlalu terbuka dan mudah terlihat dari bawah, terutama jika sedang kedatangan tamu. Jika kamu salah satunya, desain kamar kost mezzanine berikut ini bisa menjadi inspirasi karena memberikan privasi tambahan dengan memasang tirai sebagai pembatas antara ruang tidur dan lantai bawah. Munculnya semburat warna peach dan lavender di antara elegansi dominan putih pun mampu menambah sentuhan personalitas yang berkesan whimsy.

3. Ruang Tamu Mini yang Minimalis

Cove Oemah P’Adi

Kamar seluas 24 meter persegi milik Cove Oemah P’Adi ini mengadaptasi desain kamar kost mezzanine yang menggabungkan elemen semi industrial dengan finishing kayu. Bagian dalamnya dibuat lapang berkat permainan palet warna alami yang didominasi rona putih, tak ketinggalan dengan jendela berukuran untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Struktur mezzanine di kamar kost ini menciptakan area tidur terpisah di atas ruang tamu pribadi. Tampak sebuah sofa, karpet, nakas, televisi, hingga kulkas mini tersusun rapi di bagian bawah ruangan dengan penataan yang efisien, sehingga tidak menghabiskan terlalu banyak ruang.

Tertarik untuk memilikinya? Berlokasi di daerah Cipete, Jakarta Selatan, Dapatkan informasi lengkap seputar fasilitas dan harga per unitnya dengan mengunjungi laman Cove Oemah P’Adi!

4. Maksimalkan Bagian Bawah Kasur

Optimalkan Ruang, photo by Pinterest

Agar terkesan rapi dan terorganisir, kamu bisa membuat pembatas yang jelas antara masing-masing ruangan di bagian bawah tempat tidurmu. Contohnya, seperti inspirasi desain kamar kost mezzanine berikut ini yang memisahkan antara meja kerja dengan bagian wardrobe mini di bagian kanan dan kiri. Jangan lupa tambahkan elemen dekoratif berupa karpet bulu untuk memberikan kesan hangat saat berpijak, terutama pada lantai yang biasanya dingin, seperti ubin atau kayu.

5. Eksplorasi Gaya Industrial

Cove Starhill

Selain keberadaan logam hitam yang kerap berkontribusi pada estetika gaya industrial, penggunaan material beton ekspos di salah satu bagian dinding juga akan membuat sebuah kamar tidur menjadi lebih menawan. Estetika gaya industrial umumnya memiliki kecenderungan untuk menciptakan dimensi dengan mengedepankan fungsi ruang, sehingga tidak ada dekorasi yang berlebihan. Tepat di bagian kolong dari loft bed, kamu masih bisa memasukkan meja kerja, laci serbaguna, cermin, hingga area duduk untuk bersantai. Desain kamar kost mezzanine seperti ini bisa kamu dapatkan hanya di Cove Starhill yang lokasinya ada di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk bisa tinggal di kamar kost super nyaman yang satu ini. Kunjungi laman Cove Starhill dan lakukan booking sekarang juga!

6. Masukkan Perpustakaan Kecil

Masukkan Perpustakaan Mini, photo ny Pinterest

Mengapa tidak memasukkan perpustakaan mini untuk menyimpan seluruh koleksi buku-buku favoritmu? Memilih kamar kost bertingkat memang membuat kita harus pandai-pandai dalam menempatkan setiap furniture-nya agar tidak terkesan sempit. Barang-barang berukuran besar seperti lemari buku mungkin dapat memakan banyak tempat apabila diletakkan di bagian bawah. Itulah mengapa lantai atas bisa dijadikan pilihan yang sempurna untuk kamu yang gemar membaca dalam suasana kondusif.

7. Gantung Ayunan Hammock

Ayunan Hammock, photo by bloglovin.com

Bingung ingin meletakkan elemen dekorasi apa lagi yang bisa membuat desain kamar kost mezzanine kamu menjadi semakin menarik? Coba gantungkan ayunan hammock untuk menambah daya tarik estetis pada ruangan. Selain bisa memberikan aransemen visual yang menyegarkan, ayunan kain seperti ini juga dapat menjadi alternatif yang nyaman untuk tempat bersantai, entah itu ketika kamu membaca buku, merenung, hingga melakukan meditasi. Sebagai opsional, letakkan beragam karpet bermotif secara tidak teratur untuk menambah nilai estetika pada ruangan.

Desain kamar kost mezzanine adalah solusi terbaik bagi kamu yang mengutamakan efisiensi dan estetika dalam lingkungan yang terbatas. Jadi, manakah desain yang berhasil menarik perhatianmu?