8 Chinese Food Jakarta Pusat, Kaya Rasa Autentik!

8 Chinese Food Jakarta Pusat, Kaya Rasa Autentik!
Chinese food Jakarta Pusat, photo ny Manual Jakarta

Di tengah hiruk-pikuk pusat ibu kota yang modern, ternyata masih ada sejumlah opsi restoran di Jakarta yang mencerminkan kekayaan budaya. Salah satu yang menjadi favorit adalah hidangan peranakan otentik yang sudah berdiri selama puluhan tahun dan masih mempertahankan keasliannya. Mulai dari bebek panggangnya yang juicy, pilihan dim sum yang lengkap, hingga beragam olahan lautnya yang segar hampir selalu menjadi highlight di setiap restoran China. Nah, dalam artikel ini, Cove akan merekomendasikan beberapa tempat terbaik untuk menikmati restoran chinese food Jakarta Pusat.

8 Chinese Food Jakarta Pusat

1. Twelve Chinese Dining

Twelve Chinese Dining, photo by Manual Jakarta

Rekomendasi pertama dari restoran chinese food Jakarta Pusat datang dari Twelve Chinese Dining. Tempat makan yang menyajikan hidangan khas Tiongkok dalam gaya Jepang ini berhasil mencuri perhatian lantaran desain interiornya yang mengadaptasi estetika kastil dari negeri tirai bambu, tak ketinggalan dengan aransemen mezzanine dan pagoda yang ikonik sebagai daya tarik utamanya. Nama Twelve diambil dari dua belas shio dalam zodiak Tiongkok sebagai bentuk penghormatan.

Hal ini dapat terlihat dari rangkaian mural dan patung therianthropic yang menghiasi lantai dua. Terdapat pula ruangan VIP dan private room untuk kamu yang ingin bersantap dengan privasi terjamin. Sangat menarik sekali, bukan? Tak sampai di sana, sang juru masak sekaligus kepala koki Twelve pun didatangkan langsung dari Jepang, lho, yaitu Chef Daisuke Kamata. Jadi, rasa otentiknya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu menu andalan yang paling direkomendasikan di Twelve Chinese Dining adalah Bebek Peking. Hidangan Bebek Peking di sini memiliki tekstur kulit yang crispy dengan perpaduan saus hoisin tradisional, homemade pancake, dan mayones wasabi untuk perpaduan rasa yang gurih dan nikmat.

Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 75, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 22:00), Jumat (10:00 - 23:00), Sabtu (10:00 - 23:00), Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

2. Eka Ria

Eka Ria, photo by Yummy Advisor

Berbicara tentang restoran chinese food Jakarta Pusat, belum lengkap rasanya kalau belum memasukkan Eka Ria sebagai salah satu kuliner Jakarta ala Tiongkok yang unik dan paling legendaris. Berdiri sejak tahun 1925, Eka Ria berhasil menghadirkan makanan otentik dengan pengalaman bersantap yang menyenangkan. Pasalnya, setiap hari rabu, restoran ini mengadakan event reguler yang diberi nama ‘Dance Away Wednesday’, di mana kamu akan disuguhkan dengan tarian latin klasik yang dibawakan oleh beberapa orang dewasa secara berpasangan di atas lantai dansa. Unik dan penuh nostalgia.

Eka Ria memiliki desain interior modern dengan nuansa vintage-nya yang khas, ada banyak foto-foto sejarah berdirinya Eka Ria yang terpajang di bagian dinding. Tempatnya pun sangat luas dan terbagi menjadi dua lantai. Hampir semua menunya merupakan masakan China dengan cita rasa masa lampau, mulai dari olahan ayam, burung dara, bebek, ikan, udang, hingga aneka sup yang kaya akan rasa.

Alamat: Jl. KH Zainul Arifin No. 21, Gajah Mada, Jakarta Pusat
Jam buka: Selasa - Minggu (10:00 - 21:00), Senin Tutup
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

3. Restoran Trio

Restoran Trio, photo by Leo Kim

Mulai berdiri pada tahun 1947 membuat Restoran Trio menjadi salah satu chinese food yang paling melegenda di Jakarta Pusat. Tempat makan yang menyajikan hidangan khas Kantonis ini seolah ingin membangkitkan kenangan masa lalu lewat desain interiornya yang terkesan lawas. Begitu masuk ke sini, kamu akan langsung disambut dengan meja dan kursi kekayuan serta beberapa lemari bergaya kuno. Tak ketinggalan dengan foto-foto masakan yang terpajang di bagian dinding dan sudah menguning lantaran termakan usia.

Menyesuaikan dengan atmosfer di sekitarnya, restoran Trio menyuguhkan aneka masakan China ‘jadul’, seperti Puyunghai Ayam, Gurame Hung Sioe Saos Asin, Bakmi Kuah Masak Babi, hingga Soup Sarang Burung Telor Kepiting. Setidaknya, ada lebih dari 320 menu makanan yang bisa kamu pilih di sini. Sampai saat ini, Restoran Trio masih mempertahankan cita rasanya yang otentik dari waktu ke waktu.

Alamat: Jl. RP. Soeroso No. 29A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 14:00, 16:00 - 20:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang 

4. Sanur

Sanur, photo by YummyAdvisor

One of best chinese food di Jakarta Pusat ada di sini! Restoran Sanur menyuguhkan masakan China premium khas zaman dulu dengan tetap mempertahankan estetika klasik dan cultural heritage ke dalam setiap sudut restoran ini. Bagi kamu yang berencana mengadakan acara makan bersama keluarga, Sanur Restaurant juga sudah dilengkapi ruangan VIP dengan meja bundar yang dihiasi lampu chandelier dan rangkaian bunga. Sangat ideal untuk memeriahkan berbagai acara spesial.

Meski tergolong mahal, namun Restoran Sanur masih menjadi andalan, terkhusus bagi mereka yang menggandrungi makanan China asli. Beberapa variasi menu favorit yang wajib kamu coba adalah Burung Dara Goreng, Ikan Krapu Tim, Yunnan Po, Sotong Squid, dan Kodok Goreng Mentega.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda III No. 31 J, Gambir, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (11:30 - 14:15, 18:00 - 22:15)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang 

5. Fat Duck Signature

Fat Duck, photo by Della Ayu

Fat Duck termasuk ke dalam restoran di Jakarta Pusat yang baru saja resmi dibuka akhir tahun 2023 lalu. Berlokasi strategis di daerah Menteng, Fat Duck menawarkan beragam menu hidangan China dengan bintang andalan berupa Signature Roasted Duck atau bebek panggang. Keistimewaan dari menu ini terletak pada porsinya yang besar dan bisa dimakan antara 5-6 orang. Potongan daging bebeknya yang lembut dan juicy disusun rapih di atas piring, lalu disiram dengan kuah kaldu hingga meresap ke dalam daging. Dijamin gurih dan jauh dari kata alot!

Menariknya lagi, Signature Roasted Duck di sini dapat dikonsumsi dengan tiga cara, yaitu menggunakan momo wrap sheets, gua bao, ataupun semangkuk nasi hangat. Selain bebek, ada juga rangkaian menu lainnya, seperti Mapo Tofu, Wontoon Soup, Crispy Prawn With Salted Egg, hingga Ayam Asam Manis. Fat Duck Signature berdiri di atas lahan yang cukup luas dengan interior berupa aksentuasi emas yang mewah. Tempat ini ideal untuk acara makan bersama dalam jumlah besar.

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 54, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang 

6. Remaja

Remaja, photo by Fe Cha

Bagaimana dengan pilihan tempat makan chinese food Jakarta Pusat yang letaknya ada di pinggir jalan ala kaki lima? Kamu bisa datang langsung ke Remaja untuk mencicipi aneka masakan Tiongkok bergaya old style. Hampir sebagian besar menu yang ditawarkan di sini disajikan dalam porsi super besar yang bisa dibagi antara 3 sampai 4 orang. Beberapa di antaranya adalah Kodok Goreng Mentega, Kangkung Hot Plate Ayam Tok, Fuyunghai, Lapis Udang, sampai Bakmi Goreng. Selain ditawarkan dengan harga yang reasonable, semua menu Remaja juga sudah tersertifikasi halal, lho. Jadi, jangan lupa mampir, ya!

Alamat: Jl. Sukarjo Wiryopranoto No. 2B (Sebelah Hotel Pecenongan), Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 14:00, 16:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

7. Rendezvous

Rendezvous, photo by Manual Jakarta

Meski ambience-nya terbilang sederhana dan tidak terlalu luas, namun kualitas hidangan yang ada di restoran ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Rendezvous pertama kali dibuka pada tahun 1973 dengan menyajikan makanan khas China klasik yang diketahui menjadi tempat makan favorit bagi para pesohor, politisi, bahkan hingga keluarga besar presiden Soeharto pada masanya, lho. Berbicara tentang desain interior, restoran ini sangat erat dengan ornamen khas masa lampau dengan meja dan kursi berestetika klasik.

Rendezvous menawarkan variasi menu andalan yang meliputi Ikan Kakap Asam Manis, Lumpia Udang Saus Tomat, Mie Goreng Seafood, dan Nasi Goreng Kepiting. Salah satu keunikan Rendezvous terletak pada penggunaan bumbu dan kecapnya yang masih diimpor langsung dari Hong Kong sejak tahun 1973 hingga sekarang. Hal ini semata-mata agar makanan yang disajikan kepada pelanggan tetap kental dengan cita rasa autentik khas peranakan. Tertarik mencobanya?

Alamat: Jl. Johar No. 2B - C, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (10:30 - 20:30)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

8. Paramount Cantonese

Paramount Cantonese, photo by Manual Jakarta

Satu lagi restoran chinese food Jakarta Pusat yang paling ikonik dan sudah puluhan tahun berdiri dengan menyuguhkan masakan khas Kanton, yaitu Paramount. Sejak era 1970-an hingga sekarang, restoran ini masih menarik banyak pengunjung dari berbagai kalangan. Bagian dalamnya cenderung sederhana, dengan penerapan elemen dekorasi berwarna merah dan penggunaan meja putar Lazy Susan untuk mempermudah setiap pengunjung mengambil lauk, menjadikan Paramount lokasi yang tepat untuk bersantap bersama keluarga. Berbagai menu olahan bergaya Tiongkok,  termasuk burung dara, bebek, ayam, kodok, dan ragam hewan laut semuanya bisa kamu temukan di sini.

Alamat: Jl. RP. Soeroso No. 35, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Sabtu (09:00 - 15:00, 17:30 - 23:00), Minggu (09:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

Dengan beragam pilihan hidangan yang lezat dan autentik, pilihan chinese food Jakarta Pusat tadi menawarkan pengalaman kuliner khas Kanton yang tak terlupakan.