15 Restoran di Jakarta Pusat: Hidangan Indonesia, Italia, hingga Spanyol!

15 Restoran di Jakarta Pusat: Hidangan Indonesia, Italia, hingga Spanyol!
Restoran di Jakarta Pusat, photo by Zomato

Sesuai namanya, Jakarta Pusat berada di tengah-tengah Jakarta dan wilayahnya dikelilingi oleh kota administrasi Jakarta lainnya. Jakarta Pusat juga menjadi salah satu pusat perkantoran, perbelanjaan, dan hiburan, sehingga ada berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi di kawasan ini, termasuk kuliner.

Restoran di Jakarta Pusat

Banyak tempat makan tersebar di Jakarta Pusat, mulai dari kaki lima hingga restoran. Kamu bisa menemukan berbagai macam restoran di Jakarta Pusat yang menghidangkan menu makanan yang variatif. Nah, kalau kamu sedang mencari rekomendasi restoran di area ini, coba cek 11 restoran berikut ini!

1. Plataran Menteng

Plataran Menteng, photo by Plataran

Terletak di beberapa lokasi di Indonesia, Plataran adalah salah satu restoran fine dining di Indonesia. Bangunan restoran dari zaman Belanda ini didekorasi dengan apik dan terkesan mewah dengan gaya Indonesia. Nggak heran, tempat ini rutin jadi langganan acara makan bersama atau bahkan event tertentu. Grup Plataran terkenal akan spesialisasinya mengkreasikan kuliner Nusantara, mulai dari pembuka, hidangan utama, camilan, hidangan penutup, dan aneka minuman tradisional. Lengkap banget, deh!

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto No. 42, Menteng, Jakarta
Jam buka: 11.00 - 22.00
Harga: > Rp200.000 / orang

2. Bunga Rampai

Bunga Rampai, photo by Ivy’s Life

Restoran instagrammable yang berada di Menteng ini memiliki dekorasi klasik yang ciamik, dengan banyak spot cantik untuk berfoto. Restaurant menggabungkan unsur etnik dan klasik ini ditata sehingga memberi kesan homey. Mereka juga menyediakan ruangan privat untuk acara tertentu serta setting indoor dan outdoor. Menu makanan yang disediakan di restoran ini juga tidak kalah menarik, karena kamu bisa menemukan berbagai macam menu makanan Indonesia di sini.

Alamat: Jalan Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 11.00 - 23.00
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 / orang

3. Seribu Rasa

Seribu Rasa, photo by Zomato

Seribu Rasa adalah salah satu restoran di Jakarta Pusat yang menyediakan berbagai menu seafood yang terkenal enak. Beda dengan tempat makan seafood lainnya, Bunga Rampai memiliki interior yang terkesan megah. Salah satu menu andalannya yang cukup populer adalah gulai kepala ikan. Dengan nuansa restoran yang romantis dan mewah, restoran ini cocok kamu kunjungi untuk makan cantik bersama pasangan, keluarga, atau teman.

Alamat: Jalan H. Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 08.00 - 22.00
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 / orang

4. OSCAR

OSCAR, photo by Eat Vacation

Mencari restoran Italia di kawasan Jakarta Pusat? OSCAR adalah restoran fine dining Italia yang memiliki suasana romantis. Dengan interior yang cantik dan mewah, ditemani pemandangan ibukota dan city lights dari ketinggian, suasana makan jadi terasa berbeda. Kamu bisa menikmati berbagai menu makanan Italia lengkap dari hidangan pembuka sampai penutup sepeti pasta, pizza, dan tiramisu.

Alamat: The Plaza lt. 46, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat
Jam buka: 12.00 - 21.00
Harga: > Rp200.000 / orang

5. Altitude Grill

Altitude Grill, photo by jktdelicacy.com

Kalau kamu penyuka kuliner ala barat, kamu bisa mencoba makan di Altitude Grill. Rebranding dari restoran yang sebelumnya bernama Salt and Grill, konsepnya juga berubah menjadi modern steak house. Restoran ini menghidangkan berbagai menu western dengan rekomendasi steak sebagai makanan utama. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan Bundaran HI dari ketinggian serta nuansa restoran yang mewah dan elegan.

Alamat: The Plaza lt. 46, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat
Jam buka: 12.00 - 21.00
Harga: > Rp200.000 / orang

6. SKYE Bar & Restaurant

SKYE, photo by Qraved

Sesuai namanya, SKYE Bar & Restaurant adalah restoran sekaligus bar dengan dominasi menu western. Restoran ini menyuguhkan pemandangan perkotaan yang cantik dari ketinggian dengan atmosfer yang cocok untuk bersantai berlama-lama. Di malam hari, restoran ini menjadi lounge dengan suasana yang asik untuk hangout bersama teman-teman sepulang kantor atau di akhir pekan.

Alamat: BCA Tower lt. 56, Jalan MH. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat
Jam buka: 17.00 - 23.00
Harga: > Rp200.000 / orang

7. La Vue Rooftop Bar

La Vue, photo by Zomato

Berada di atas hotel The Hermitage, La Vue bisa jadi opsi untuk kamu yang mencari tempat makan di rooftop. Di sini, kamu bisa menikmati makanan dan minuman sambil memandangi langit Jakarta. Atmosfernya yang santai dan asik membuat tempat ini cocok untuk jadi tempat kumpul bersama teman.

Alamat: The Hermitage Hotel, Jalan Cilacap No. 1, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 09.00 - 21.00
Harga: > Rp200.000 / orang

8. Ocha & Bella

Ocha & Bella, photo by Zomato

Untuk penggemar makanan Italia, kamu bisa datang ke restoran Ocha & Bella di Hotel Morrissey. Restoran yang satu ini memiliki tempat yang luas, suasana yang romantis dengan lighting-nya, dan mini garden yang mendukung untuk foto-foto dan cocok untuk masuk Instagram kamu. Coba pesan salah satu menu pizza-nya, karena restoran ini terkenal dengan pizza-nya yang enak!

Alamat: Hotel Morrissey, Jalan KH Wahid Hasyim No. 70, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 11.00 - 24.00
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 / orang

9. Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis, photo by Tugu Hotels

Tugu Kunstkring Paleis adalah restoran di Jakarta Pusat yang mengusung tema ala masa lampau dengan pencahayaan berwarna kuning yang memberi kesan tersendiri. Masuk ke restoran ini, kamu akan berasa berada di restoran mewah di masa lalu. Sesuai dengan tempatnya, tempat makan yang satu ini menyediakan berbagai macam menu tradisional Indonesia dan beberapa menu western. Cocok untuk makan bersama keluarga!

Alamat: Jalan Teuku Umar No. 1, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 11.00 - 24.00
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 / orang

10. Por Que No

Por Que No, photo by tempat.com

Mencari restoran yang menyajikan menu makanan khas Spanyol? Por Que No adalah salah satunya. Restoran populer di Menteng ini memiliki tempat indoor dan outdoor yang nyaman untuk hangout. Di bagian outdoor, terdapat bar dengan bartender yang siap meracik minuman keinginanmu. Untuk makanannya, ada menu sendiri-sendiri dan menu big plate untuk sharing bareng teman-teman.

Alamat: De Ritz Building lt. 5, Jalan HOS Cokroaminoto No. 91, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 12.00 - 24.00
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 / orang

11. Restoran Trio

Restoran Trio, photo by Manual Jakarta

Berdiri sejak tahun 1947, Restoran Trio adalah tempat makan chinese food legendaris di Jakarta. Eksteriornya yang berwarna hijau membuat restoran ini mudah dikenali dari luar. Kamu akan melihat daftar menu panjang berisi berbagai macam makanan chinese yang mungkin sudah tak asing lagi di lidah. Porsinya juga cukup untuk sharing bersama teman atau keluarga.

Alamat: Jalan RP. Soeroso No. 29A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 10.00 - 20.00
Harga: Rp 100.000 - Rp200.000 / orang

12. SILK Bistro

Silk Bistro, photo by biko-group.com

Silk Bistro menawarkan pengalaman bersantap yang unik dengan desain arsitektur bernuansa kolonial. Bila melihat ke belakang, bangunan asli dari restoran ini merupakan hasil restorasi hunian bersejarah di Menteng yang pernah dimiliki oleh seorang mantan jenderal pada tahun 1995. Dengan kombinasi warna cream dan kecokelatan yang mencolok, Silk Bistro menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang tidak hanya ingin menikmati hidangan lezat saja, tetapi juga menikmati pengalaman visual yang berbeda lewat pesona peninggalan sejarah.

Nah, menariknya lagi, Silk Bistro berhasil mengangkat cita rasa masakan Asia yang dihidangkan dengan ke dalam presentasi eksklusif, mulai dari Garlic Lobster Noodle, Saigon Chicken, Wagyu Rib Eye, hingga berbagai opsi dessert menarik seperti Tofu Cheesecake dan Matcha Fondant yang cocok untuk dijadikan makanan pencuci mulut setalah puas menyantap hidangan main course. Restoran ini juga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto, terutama saat sore hari di mana cahaya senja akan memancarkan warna keemasannya.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 30 Jakarta Pusat, 10310
Jam buka: Setiap hari (11.00 - 00.00 WIB)
Harga: Di atas Rp200.000 per orang

13. SEMAJA

SEMAJA, photo by Manual Jakarta

Salah satu restoran milik Ismaya Group ini menyuguhkan hidangan khas Nusantara yang dikemas ke dalam penyajian modern. Pengalaman tersebut akan langsung terasa begitu kamu pertama kali memasuki bangunan Semaja. Tampak elemen dekoratif bernuansa kronik budaya Indonesia yang diimplementasikan ke dalam berbagai macam motif, tak lupa bubuhan palet warna membumi yang begitu mencolok di setiap sudutnya. Semaja terbagi menjadi area indoor dan lounge dengan daya tampung 70 tamu serta semi outdoor yang mampu menampung 42 tamu.

Menu tradisional Indonesia besutan Semaja secara brilian disatukan ke dalam unsur kontemporer, sehingga kamu dijamin akan langsung terpukau dengan presentasinya. Ikan Tuna Gohu yang merupakan sajian tuna asal Sulawesi Utara dengan cita rasa asam segar nan gurih menjadi hidangan signature yang wajib kamu coba di sini. Ada juga opsi Ayam Bakar Masak Woku yang begitu flavorful dan kaya akan bumbu. Pastikan untuk mengunjungi restoran ini bersama teman-teman, ya, karena porsinya cukup besar untuk bisa dinikmati bersama.

Alamat: Jl. Gereja Theresia No. 41, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 23:00)
Harga: Rp100.000 - 200.000 per orang

14. Dominica

DOMINICA, photo by Manual Jakarta

Masih di area Menteng, kita bergeser sedikit ke restoran bernuansa Italia, yaitu Dominica. Interiornya yang klasik dengan gabungan palet warna natural menjadi salah satu daya tarik utama dari restoran di Jakarta Pusat yang masih termasuk baru ini. Suasananya cenderung tenang dengan limpahan pepohonan hijau yang mengelilingi bangunan. Memilih tempat duduk di area outdoor sangatlah direkomendasikan bila kamu berencana berkunjung saat pagi atau sore hari. Karena cuacanya sudah tidak terlalu panas dengan hembusan angin yang terasa sejuk.

Dominica menyuguhkan aneka masakan otentik Italia, seperti Branzino, Little Italy Char-Siu, Tuscan Pork Ribs, hingga sajian Pizza Margherita dan Funghi. Ada juga pilihan dessert berupa Tiramisu, Pavlova dan house-made Gelato dengan beragam varian rasa yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 93, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 23:00), Jumat (11:00 - 24:00), Sabtu (09:00 - 01:00), Minggu (09:00 - 23:00)
Harga: Di atas Rp200.000 per orang

15. Aroem

AROEM, photo by Ryan Pradipta

Restoran di Jakarta Pusat selanjutnya adalah Aroem yang merupakan tempat makan berkapasitas besar dengan mengadaptasi hidangan khas Indonesia. Sangat ideal untuk menyantap makan siang bersama rekan kerja ataupun keluarga. Ambience-nya yang mewah dengan padu padan motif kultur khas Nusantara membuat suasana makan di Aroem terasa begitu istimewa.

Terdapat opsi ruangan VIP yang bisa menampung sekitar 20 sampai 30 orang dengan minimum charge jika kamu ingin menyantap hidangan dengan suasana yang lebih privat. Selain menyajikan masakan khas Indonesia, seperti Soto Daging Betawi, Kerapu Steam Kecap, dan Iga Bakar Rempah, Aroem juga menawarkan variasi hidangan dengan sentuhan Thailand dan Cina, yaitu Gurame Kuah Tom Yum dan Seafood Kangkung Tauco. Menarik sekali, bukan?

Alamat: Jl. Abdul Muis No.14, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: 24 jam
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Kost di Jakarta Pusat: Strategis dan Akses Mudah

Kawasan Jakarta Pusat memang strategis karena semua ada di sini: perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, bahkan pusat pemerintahan. Selain itu, Jakarta Pusat yang berada di tengah-tengah kota Jakarta juga mudah diakses dan mudah untuk ke kawasan lain. Didukung dengan berbagai macam akses transportasi umum seperti KRL, MRT, dan Transjakarta, tinggal di Jakarta Pusat jadi pilihan yang oke untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Nah, kalau kamu mencari tempat tinggal di Jakarta Pusat yang nyaman dan strategis dengan fasilitas lengkap, Cove adalah jawabannya!

Cove Central, Salemba

Cove memiliki 4 properti di Jakarta Pusat untuk saat ini: Bendungan Hilir, Salemba, Menteng, dan Monas. Di Cove, kamu nggak perlu pusing memikirkan fasilitas karena tersedia dapur bersama, ruang makan, laundry, jasa pembersihan kamar rutin, keamanan, tempat parkir, dispenser air, dan pastinya wifi. Mulai dari 3 juta / bulan, kamu sudah bisa mendapatkan kost dengan fasilitas lengkap yang letaknya strategis di Jakarta Pusat. Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove di Jakarta Pusat!