12 Tempat Kuliner Malam Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan

12 Tempat Kuliner Malam Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan
Kuliner Malam Jakarta, photo by okezone.com

Jakarta adalah kota yang ramai dan tidak pernah sepi. Selama dua puluh empat jam, kota ini selalu ramai seakan tidak pernah tidur. Tidak heran kalau ada banyak kuliner malam Jakarta yang terkenal dan menjadi incaran masyarakat. Mulai dari makanan pinggir jalan, hingga restoran dan cafe yang menandakan kehidupan tidak pernah berakhir di kota ini. Mau tahu di mana saja tempat kuliner malam Jakarta yang terkenal? Simak rekomendasinya di sini ya!

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, photo by id.wikipedia.org

Penjual nasi goreng memang banyak ditemukan di malam hari. Tapi nasi goreng yang satu ini sudah lebih dari spesial. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah salah satu tempat kuliner malam di Jakarta Pusat yang sudah legendaris. Rasanya gurih dan enak. Penggemarnya sangat banyak dan tidak pernah sepi. Nasi goreng kambing di sini, dimasak dalam panci besar. Kalau kamu pecinta nasi goreng, pastikan untuk tidak melewatkan nasi goreng yang satu ini.

Alamat: Jl. Kebon Sirih No.3, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: 16.00-03.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp30.000

Nasi Goreng Gila OK

Nasi Goreng Gila OK, photo by tripadvisor.co.id

Masih dengan menu nasi goreng, kali ini nasi  goreng legend di kawasan Menteng, yaitu Nasi Goreng Gila OK. Sesuai dengan namanya, rasanya oke, harganya pun oke di kantong. Nasi goreng gila ini dijual di warung tenda kaki lima dan hanya akan kamu temui di malam hari. Di sini juga tidak pernah sepi oleh pengunjung. Jadi kalau kamu melewati kawasan Menteng, bisa mampir ke Nasi Goreng Gila Ok.

Alamat: Jl. Besuki No. 1 RT03/RW05, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 16.00-03.00 WIB
Kisaran harga: Rp25.000

Angkringan Blok M

Angkringan Blok M, photo by kumparan.com

Di Jakarta juga ada angkringan yang hits, lho! Kalau kamu melewati kawasan Blok M Square, kamu akan menemukan tempat-tempat untuk orang makan sambil lesehan. Ini adalah kuliner malam Jakarta Selatan favorit. Di angkringan Blok M ini, ada banyak sekali jenis makanan yang dijual, bahkan bisa sampai lebih dari 30 menu yang bisa kamu pilih. Meskipun menjual lauk seperti di warteg, namun tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung. Menu andalan di sini adalah pecel ayam, beragam seafood, dan ikan goreng.

Alamat: Jl. Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: 18.00-00.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp20.000

Angkringan Mas Radit

Angkringan Mas Radit, photo by angkringan-mas-radit.business.site

Untuk kawasan Jakarta Barat, kamu juga bisa menemukan angkringan yang bisa menjadi tujuan kuliner malam. Harganya murah, rasanya tidak murahan. Ada berbagai macam jenis sate-satean yang bisa kamu coba di sini. Tempat ini juga selalu ramai dan buka sampai tengah malam. Cocok sekali untuk yang senang menikmati Jakarta di malam hari. Jangan lupa untuk memeran berbagai menu khas angkringan di sini seperti nasi kucing aneka rasa dan berbagai jenis sate.

Alamat: Pasar Inpres No. 8, RT.8/RW.2, Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam buka: 18.00-00.30 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp5.000

Santai Malam Along

Santai Malam Along, photo by tripadvisor.co.id

Selanjutnya, kalau kamu ingin menikmati suasana malam di Jakarta Utara sambil menyantap kuliner yang lezat, datang saja ke Santai Malam Along. Di sini jadi tempat yang seru untuk nongkrong. Ada banyak hidangan laut yang menarik perhatian. Menu andalan lainnya adalah kwetiau yang sangat menggoda. Kamu juga bisa mencoba ifumie kalau tidak ingin makan seafood.

Alamat: Jl. Danau Sunter Utara Blok C1 No.12B, RT.16/RW.11, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara
Jam buka: 15.00-00.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp50.000

Gultik Blok M

Gultik Blok M, photo by indonightspot.com

Selanjutnya, ada Gultik Blok M yang tidak pernah sepi dan menjadi incaran banyak orang. Nama Gultik sendiri adalah singkatan dari gulai tikungan, karena lokasinya yang ada di tikungan Jalan Mahakam. Di sana, ada sekitar 15 pedagang gulai yang berjejer. Menu yang ditawarkan adalah gulai daging sapi dan berbagai pilihan kondimen lain seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan. Satu porsi gulai akan dihidangkan dengan nasi hangat dan kerupuk.

Alamat: Jl. Mahakam, Blok M, Jakarta Pusat
Jam buka: 16.30-05.00 WIB
Kisaran harga: Rp10.000-Rp18.000

Pasar Kue Subuh Senen

Pasar Kue Subuh Senen, photo by kompas.com

Selanjutnya, ada Pasar Kue subuh senen. Seperti namanya, di sini menyediakan aneka jajanan kue yang buka dari malam hingga subuh. Kamu bisa menemukan jajanan tradisional Indonesia yang beraneka macam. Orang-orang yang datang ke sini, biasanya terbagi menjadi dua tipe, yaitu yang memang membeli untuk konsumsi priadi, dan pembeli yang akan menjual lagi makanan tersebut. Kue-kue di sini juga cocok jadi konsumsi acara. Rasanya tidak perlu diragukan lagi karena tempat ini tidak pernah sepi. Harganya pun murah meriah. Untuk menu makanan yang bisa kamu temukan di sini ada kue lumpur, dadar gulung, lemper, kue lapis, tahu bakso, lontong, dan masih banyak lagi.

Alamat: Pasar senen kue subuh Jakarta, RT.18/RW.3, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: 18.00-06.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp1.000

Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Barito, photo by sikidang.com

Kalau kamu termasuk penikmat bubur ayam, pasti sudah sering mendengar tempat kuliner malam yang satu ini. Bubur Ayam Barito, berada di kawasan Gandaria yang memang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Teksturnya kental dan tidak ditambahkan kuah kaldu kuning. Keunikan lainnya dari bubur ayam ini adalah adanya tambahan topping cheese stick dan daging ayam tebal yang sangat menggugah selera.

Alamat: Jl. Gandaria Tengah No. 3, RT.1/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan.
Jam buka: 15.00-23.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp20.000

Ampera 2 Tak Restaurant

Ampera 2 Tak Restaurant, photo by tripadvisor.com

Selanjutnya, ada tempat makan yang buka 24 jam, yaitu Ampera 2 Tak Restaurant. Di sini, kamu bisa datang dan makan kapan saja. Kalau tengah malam kamu lapar dan ingin makan makanan berat, bisa datang ke sini. Tempatnya juga sudah terkenal, jadi tidak heran kalau selalu ramai. Menu yang bisa kamu coba di sini adalah makanan yang digoreng atau diolah dadakan oleh pihak restoran, mulai dari tempe, tahu, ati, ampela, ayam, lalapan, hingga sambal. Rasanya juga mantap.

Alamat: Jalan Cikini Raya No 103, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: 24 jam
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000

Thamrin 10 Food and Park

Thamrin 10 Food and Park, photo by nowjakarta.co.id

Kawasan kuliner malam Jakarta Pusat yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Thamrin 10 Food and Park. Lokasinya tepat ada di samping hotel sari Pacific Jakarta. Tempat ini memang masih terbilang baru, yaitu pada akhir tahun 2019. Dengan konsep kuliner dan festival, atmosfer di dalamnya sangat cocok untuk anak muda. Banyak pula spot yang instagramable. Sebelum menjadi kawasan kuliner, tempat ini adalah area parkir mobil. Di sini, para penjual memanfaatkan kontainer bekas yang disusun rapi untuk berjualan. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai menu makanan yang diinginkan. Sebagai catatan, rata-rata penjual di sini menerima pembayaran non tunai. Menu makanan yang bisa kamu coba di Thamrin 10 Food and Park antara lain

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.10, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp17.000

Gading Festival

Gading Festival, photo by getlost.id

Tempat kuliner malam Jakarta yang juga tidak kalah menarik ada di kawasan Kelapa Gading. Di sini, kamu bisa datang ke Cafe Tenda WGP yang di dalamnya ada banyak pedagang kaki lima. Ini adalah area parkir apartemen Wisma Gading Permai. Kebanyakan makanan di sini sudah sangat legendaris. Kamu bisa mencoba menu gudeg, nasi campur, mie godog, bakmi, bahkan nasi liwet. Camilan seperti roti bakar dan sate juga tidak kalah menarik untuk dicoba.

Alamat: Jl. Sedayu City Klp. Gading Jl. Boulevard Raya No.1, RT.8/RW.5, Rw. Terate, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 15.00-00.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp25.000

Angkringan Fatmawati

Angkringan Fatmawati, photo by food.detik.com

Terakhir, di kawasan Jakarta Selatan, ada kalau tempat kuliner malam sekaligus nongkrong yang asyik. kamu bisa datang ke Angkringan Fatmawati. Di sini, tersedia berbagai macam sate-satean dan nasi kucing dengan berbagai rasa. Mulai dari nasi teri, nasi oseng tempe, hingga nasi bandeng. Kemudian kamu bisa pilih sate sesuka kamu. Hidangan lain yang tidak kalah spesial adalah ayam bakar.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.57, RT.1/RW.12, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan.
Jam buka: 19.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000

Nah, itulah 12 rekomendasi tempat kuliner malam Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Buat kamu yang senang berburu kuliner malam, mengunjungi tempat-tempat kuliner di atas adalah hal yang sayang untuk dilewatkan. Apa kamu sudah pernah mencoba salah satunya?