10 Taman di Jakarta untuk Piknik atau Hangout Seru

10 Taman di Jakarta untuk Piknik atau Hangout Seru
Taman di Jakarta, photo by Wisata Milenial

Taman menjadi salah satu upaya untuk melakukan penghijauan di Jakarta yang banyak terkena polusi. Taman di Jakarta sendiri sudah banyak mengalami revitalisasi, bahkan saat ini tercatat hingga lebih dari 2.000 Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kawasan RTH ini bisa digunakan kamu sebagai warga Jakarta untuk mendapatkan ruang ketiga dan menjalani aktivitas seperti piknik, hangout, bahkan acara tertentu. Taman-taman tersebut tersebar hampir di seluruh wilayah Jakarta, loh! Tidak hanya di area perkotaan, tetapi juga di area pemukiman warga sehingga lebih mudah untuk dijangkau.

Buat kamu yang ingin main-main ke taman di Jakarta, berikut daftar taman yang populer, aksesibel, dan memiliki fasilitas mumpuni untuk kamu bersantai di area yang sejuk. Beberapa di antaranya pun punya desain instagramable. Cocok, deh, untuk foto-foto. Cek rekomendasi taman dari Cove berikut ini yuk!

Taman di Jakarta

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, photo by Bisnis

Tebet Eco Park merupakan salah satu taman yang cukup banyak dikunjungi masyarakat, terutama setelah pembangunannya selesai beberapa bulan lalu. Taman yang terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini punya fasilitas keren yang bisa menunjang aktivitas bersantai kamu. Tak hanya itu, Tebet Eco Park diklaim sangat aksesibel untuk anak-anak, lansia, ibu hamil, serta penyandang disabilitas.

Taman yang dahulu bernama Taman Tebet memiliki luas area sebesar 7,3 hektare. Taman ini dibuat untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Di Tebet Eco Park terdapat 8 zona berbeda yang bisa menjadi pilihan kamu berwisata, yakni Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk. Kamu bisa manfaatkan area-area tersebut untuk piknik, bermain bersama anak-anak, berjalan santai, menghirup udara segar, atau berolahraga dengan fasilitas outdoor fitness. Fasilitas toilet dan mushalla pun sudah tersedia di taman ini.

Nah, kalau ingin berkunjung ke Tebet Eco Park ini, kamu disarankan menggunakan transportasi umum ya! Sebab, Tebet Eco Park tidak menyediakan fasilitas parkir untuk kendaraan pribadi. Kamu bisa, kok, menaiki transportasi seperti Mikrotrans, Transjakarta, atau KRL. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri sebelum berkunjung melalui aplikasi JAKI atau laman daftar masuk TEP agar tidak terjadi penumpukan ya!

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet, Kota Jakarta Selatan 12820
Jam Operasional: Senin - Minggu Sesi 1 (07.00 - 11.00), Sesi 2 (13.00 - 17.00)
Kost Tebet - 18 Kamar Tersedia - Cove
Temukan berbagai unit kost di Tebet dengan fasilitas lengkap, desain modern & lokasi strategis. Booking sekarang & dapatkan promo menarik dari Cove!

Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Blok M, photo by Liputan 6

Pecinta buku pasti akan senang dengan kehadiran taman baru satu ini. Yap. Taman Literasi Martha Tiahahu merupakan satu dari ribuan taman yang dibangun oleh Pemda DKI Jakarta. Terletak di kawasan Blok M, taman ini dekat dengan lokasi tempat hangout kawula muda, yakni M Bloc Space.

Desain unik berbentuk lingkaran dari Taman Literasi Martha Tiahahu ini cukup menarik perhatian. Pasalnya, bentuk seperti ini masuk ke dalam kategori kekinian ala anak muda. Kemudian, sejumlah fasilitas yang disediakan pun bertujuan untuk bikin para pengunjung Taman Literasi betah, seperti perpustakaan, paviliun literasi di lantai dua, plaza anak, plaza kalebrasi, plaza bunga, mushala, serta toilet. Ruang perpustakaannya pun dilengkapi dengan AC sehingga bisa bikin kamu semakin nyaman. Kamu pun bisa mengakses 2.000 buku secara digital. Sangat lengkap bukan? Tak jarang banyak yang memanfaatkan area perpustakaan ini untuk bekerja, loh!

Untuk berkunjung ke Taman Literasi Martha Tiahahu ini cukup mudah, kok. Apalagi jika menggunakan transportasi umum karena lokasinya berdekatan dengan stasiun MRT, Transjakarta, atau Mikrotrans. Ingin membawa kendaraan pribadi? Kamu bisa parkir di area pusat perbelanjaan terdekat seperti Blok M Square atau Blok M Plaza.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan 12160
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 22.00)

Taman Langsat

Taman Langsat, photo by Salsa Wisata

Taman langsat ialah taman yang berlokasi di Jalan Gandaria Tengah tidak jauh dari Pasar Mayestik. Lokasinya cukup tersembunyi menjadikan taman satu ini sebagai hidden gem di tengah padatnya kota Jakarta. Taman seluas 3,6 hektare ini bisa kamu jadikan tempat healing di tengah hiruk-pikuk, loh!

Area hijaunya cocok sekali untuk kamu piknik bersama teman atau keluarga. Ditambah Taman Langsat memiliki lebih dari 500 jenis tanaman yang dapat kamu amati. Apalagi, spot danau kecil di area Taman Langsat yang kerap dijadikan tempat bersantai sambil menggelar tikar kecil di pinggirnya. Tak hanya untuk bersantai, keunikan dari taman ini terdapat area olahraga berupa jogging track dan outdoor fitness. Seru sekali kan olahraga di akhir pekan diiringi kesejukan Taman Langsat?

Alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru Baru, Kota Jakarta Selatan 12130
Jam Operasional: Senin - Minggu (06.00 - 18.00)

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng, photo by Infini Kreasi

Taman kota dengan standar internasional? Ada loh di Jakarta. Taman tersebut ialah Taman Lapangan Banteng dengan luas 5 hektare yang berada di pusat kota. Setelah vakum selama 2 tahun, Taman Lapangan Banteng hadir kembali dengan konsep lebih kekinian dan keren. Terbagi atas tiga zona berbeda, yakni zona berolahraga, zona monumen, dan zona hutan kota menjadikan lokasi ini cukup menarik untuk kamu datangi. Apalagi di Taman Lapangan Banteng kerap diadakan event-event seru.

Salah satu keunikan dari Taman Lapangan Banteng yang tidak kamu temui di taman lainnya ialah pertunjukkan air mancur. Pertunjukkan ini dapat kamu saksikan setiap weekend pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 yang berlangsung selama 15 menit. Kamu bisa duduk di kursi area pinggir danau sambil menikmati pertunjukkan air mancur menari.

Alamat: Jl. Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, 10710
Jam Operasional: Senin - Kamis (06.00 - 18.00), Jumat - Minggu (06.00 - 21.00)

Taman Menteng

Taman Menteng, photo by GNFI

Taman satu ini sudah melegenda dan familiar di tengah masyarakat. Pasalnya, taman menteng kerap menjadi tempat hangout kekinian baik bagi individu ataupun komunitas. Desain unik dari bangunan rumah kaca yang berada di area Taman Menteng pun sangat khas. Dahulunya bangunan rumah kaca diperuntukkan bagi tanaman-tanaman. Namun kini, bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai area serbaguna untuk pameran atau pertunjukkan teater.

Pepohonan rindang di Taman Menteng menambah kesejukan tempat ini baik di siang atau malam hari. Selain itu, terdapat fasilitas untuk berolahraga, seperti lapangan dan jogging track. Ada juga area bermain anak-anak hingga area membaca buku di perpustakaan jalanan bookhive. Kalau malam hari, kamu bisa datang mencicipi kuliner malam di sekitar Taman Menteng.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (05.00 - 22.00)

Taman Sambas Asri

Taman Sambas Asri, photo by jpnn

Bermain di taman bareng keluarga? Bisa banget dong kamu lakukan di Taman Sambas Asri. Lokasi taman di Jakarta Selatan ini digadang-gadang memiliki fasilitas ramah anak serta area olahraga berupa lapangan. Luasnya sekitar 1.337 meter persegi dengan area parkir di dalamnya.

Area taman satu ini tidak seluas taman-taman lainnya, tetapi akses transportasi yang mudah dijangkau untuk menuju Taman Sambas Asri membuatnya tetap ramai. Ditambah berbagai permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa datang ke Taman Sambas Asri dengan MRT, Transjakarta, atau Mikrotrans.

Alamat: Jl. Panglima Polim, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan 12130
Jam Operasional: Senin - Minggu (06.00 - 17.00)

Taman Delonix

Taman Delonix, photo by Get Lost

Salah satu taman yang terletak di pinggir Ibukota, Taman Delonix merupakan taman yang berada di kawasan Jakarta Timur. Jarang terdengar dibandingkan taman-taman lain karena lokasinya yang cukup tersembunyi di area pemukiman warga. Meski begitu, taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, loh!

Area Taman Delonix dilengkapi dengan fasilitas area bermain anak-anak, lapangan, area duduk, jogging track, dan toilet. Pengunjung dari taman seluas 8.250 meter persegi yang baru buka di tahun 2020 ini kebanyakan merupakan warga sekitar. Nah, kamu sudah tahu kan keberadaan taman satu ini, tertarik berkunjung?

Alamat: Jl. Tipar, RT.2/RW.7, Pekayon, Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur 13710
Jam Operasional: Senin - Minggu (06.00 - 17.00)

Taman Kota Jakarta Garden City

Taman Kota Jakarta Garden City, photo by Jakarta Garden City

Kawasan Jakarta Garden City pasti sudah familiar bagi yang kerap mendatangi mall di area tersebut. Tahukah kamu bahwa di area Jakarta Garden City, Cakung pun terdapat taman kota yang tak kalah ciamik? Yap, Taman Kota Jakarta Garden City berada di kawasan perumahan yang sama. Memiliki area seluas 1,2 hektare, di sini kamu bisa menikmati sejuknya udara sambil melihat pemandangan danau.

Di area ini kamu pun bisa sambil berolahraga, loh! Taman Kota Jakarta Garden City turut menyediakan jogging track sepanjang 400 meter. Kamu bisa juga berkunjung ke taman ini setelah mampir dari mallnya. Seru kan?

Alamat: Jl. Jakarta Garden City, Cakung Timur, Cakung, Kota Jakarta Timur
Jam Operasional: Senin - Minggu (06.00 - 17.00)

Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan, photo by Kompas

Bermain labirin sangat seru dan menantang bukan? Aktivitas ini bisa kamu lakukan saat berkunjung ke salah satu taman kota di kawasan Jakarta Utara. Taman Hutan Kota Penjaringan dilengkapi fasilitas berupa area taman, labirin, jogging track, dan toilet. Luasnya mencapai 14 hektare ini menjadikan Taman Hutan Kota Penjaringan direvitalisasi agar bisa menjadi area wisata seperti sekarang.

Untuk sampai ke Taman Hutan Kota Penjaringan, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Lahan parkir pun disediakan baik untuk motor ataupun mobil. Nah, sebelum datang ke sini, kamu disarankan untuk membawa makan dan minum sendiri ya karena tidak ada pedagang di area sekitar. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Alamat: Jl. Kepanduan 2, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14450
Jam Operasional: Senin - Minggu (06.00 - 17.00)

Taman Cattleya

Taman Cattleya, photo by Native Indonesia

Taman di tengah kota bisa menjadi tempat refreshing pilihan untuk menghirup udara segar. Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jakarta Barat, terdapat taman yang bisa kamu kunjungi, nih! Taman Cattleya memiliki lokasi cukup strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan. Lokasi ini pun dengan mudah kamu jangkau menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) satu ini dilengkapi dengan jogging track, kolam memancing, dan area duduk tentunya. Kamu bisa piknik juga loh di Taman Cattleya. Selain itu, di sekitar area taman pun terdapat wisata kuliner yang dapat kamu jajal. Dijamin menyenangkan, deh!

Alamat: Jl. Letjen S. Parman, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat 11480
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 18.30)
Kost Jakarta Barat - 62 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Barat - Sewa kost bulanan di Jakarta Barat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

Ternyata Jakarta punya banyak taman bagus nan estetik yang dapat kamu kunjungi. Itu dia 10 taman dari ribuan taman yang ada di Jakarta. Jadi, di tengah kemacetan kota Jakarta dan hiruk pikuknya, kamu tetap bisa refreshing dengan piknik seru di area taman tersebut. Kira-kira taman mana aja, nih, yang ingin kamu datangi?