10 Tempat Wisata di Sanur yang Asyik untuk Berlibur

10 Tempat Wisata di Sanur yang Asyik untuk Berlibur
Wisata di Sanur, photo by Chaiwat Tan

Sanur menjadi salah satu daerah Bali yang terkenal dan mampu menarik banyak wisatawan di dalam maupun luar negeri. Hal ini lantaran Sanur sudah dikenal sebagai tempat wisata di Denpasar yang menyuguhkan keindahan pesisir pantai laksana surga dunia. Banyaknya pilihan pantai eksotis dan tempat rekreasi yang bisa dijadikan tujuan berpelesir membuat daerah yang satu ini menyimpan pesona tersendiri. Nah, bagi kamu yang berencana menghabiskan waktu dengan berlibur di Sanur, berikut sepuluh rekomendasi tempat wisata di Sanur yang bisa kamu kunjungi. Bisa untuk solo trip maupun bersama keluarga tercinta.

10 Wisata di Sanur

1. Pantai Sanur

Pantai Sanur, photo by befreetour

Salah satu ikon yang paling populer dari tempat wisata di Sanur adalah keberadaan Pantai Sanur. Destinasi yang satu ini jelas tidak boleh kamu lewatkan kalau sedang melancong ke wilayah Sanur. Pasalnya, Pantai Sanur benar-benar menawarkan panorama alam yang menakjubkan lewat pasir putihnya yang bersih dan area bawah lautnya yang masih terjaga dengan jernih. Cocok untuk kamu yang gemar berenang santai sambil ditemani indahnya deburan ombak.

Di Pantai Sanur, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga ataupun kerabat dekat, mulai dari melihat matahari terbit, bersepeda, mendayung kano, hingga mengambil paket snorkeling untuk menikmati eloknya geografi bawah air.

Alamat: Jl. Matahari Terbit, Sanur Kaja.
Jam Buka: Setiap hari (24 jam)
Harga Masuk: Gratis

2. Taman Inspirasi Muntig Siokan

Taman Inspirasi Muntig Siokan, photo by Mery Vegan food

Taman Inspirasi Muntig Siokan menjadi destinasi wisata di Sanur selanjutnya yang wajib kamu singgahi. Tempat rekreasi ini terletak di sebelah kawasan Pantai Mertasari, Denpasar. Muntig Siokan merupakan sebuah taman berukuran luas yang dikelilingi hutan bakau dan teduhnya pohon cemara. Suasananya pun cenderung tenang lantaran lokasi ini masih bisa dikategorikan sebagai hidden spot di daerah Sanur.

Dukungan area playground tersedia untuk kamu yang berencana membawa anak-anak. Ada juga pilihan kuliner terbaik dan 10 buah gazebo yang bisa kamu sewa untuk bersantai dengan suasana yang lebih privat. Menariknya lagi, kamu juga bisa menyewa seekor unta atau kuda untuk berkeliling di sekitar taman, lho.

Alamat: 76QX+54J, Jl. Mertasari, Bali
Jam Buka: Setiap hari (06.00 - 21.00)
Harga Masuk: Rp12.000 per orang

3. Byrd House

Byrd House, photo by Byrd House

Mencari beach club di daerah Sanur yang menawarkan pengalaman berbeda dan cocok untuk berpesta bersama teman-teman? Saatnya untuk mengunjungi Byrd House yang lokasinya terdapat di sepanjang hamparan pasir putih dari Pantai Segara Ayu ini. Kamu bisa menikmati suasana santai ala Mediterania di restoran utama Byrd House sambil menyesap aneka koktail dan pastries.

Tersedia juga beragam fasilitas seru yang bisa kamu nikmati sambil berjemur di tepi pantai, contohnya seperti area bar, lounge, tennis court, sampai infinity pool. Ingin mencoba rangkaian perawatan relaksasi? Ada Byrd Spa & Wellness dengan limpahan fasilitas mewah dan terapis profesional yang mampu menyegarkan tubuh dan pikiranmu.

Alamat: Jl. Segara Ayu, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80228
Jam Buka: Setiap hari (06.30 - 23.30)
Harga Masuk: Gratis

4. Kevala Studio Ceramics

Kevala Studio Ceramics, photo by studioceramic.net

Bosan dengan pilihan destinasi wisata di Sanur yang penuh hingar-bingar para turis? Kamu bisa bersembunyi sejenak dengan mengikuti aktivitas seru berupa workshop pembuatan keramik persembahan dari Kevala Studio Ceramics. Kegiatan yang akan membantumu mengasah kreativitas ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang sedang dilanda stres agar lebih tenang dan rileks.

Setiap kelas yang dibuka oleh Kevala Studio akan dipandu langsung oleh seniman keramik yang berpengalaman, mulai dari wheel throwing, handbuilding, intensive decorating, sampai coral restoration, semuanya bisa kamu ikuti terkhusus untuk pemula.

Alamat: Jalan Danau Poso no.20 Sanur Kauh, Denpasar, Bali Indonesia
Jam Buka: Setiap hari (09.00 - 17.00)
Harga Masuk: Gratis
Harga Kelas: Mulai dari Rp300.000

5. Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur, photo by piet boon

Tidak lengkap rasanya jika belum mengarungi tempat wisata di Sanur yang penuh dengan sentuhan edukasi seni dan budaya. Museum Le Mayeur adalah sebuah museum warisan peninggalan dari pelukis legendaris asal Belgia yang bernama Andrien Jean Le Mayeur de Merpes. Ia menjadi salah satu dari sekian banyak pelukis Eropa yang begitu disegani oleh masyarakat Pulau Dewata lantaran mampu menjadi bagian dari sejarah perkembangan seni lukis di Bali.

Terdapat lebih dari 80 karya sang maestro yang dipamerkan di museum ini. Koleksi lukisan Le Mayeur terbagi menjadi lima kategori berdasarkan media yang digunakan, yaitu kanvas, kertas, bagor, triplek, dan hardboard. Sebagian besar lukisannya bertema perempuan Bali yang bertelanjang dada. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, pastikan untuk tidak memotret lukisan yang ada di dalam, ya.

Alamat: 87G7+2FV, Jl. Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: Setiap hari (08.00 - 15.30)
Harga Masuk: Rp5.000 untuk anak-anak, Rp10.000 untuk dewasa, Rp3.000 untuk mahasiswa, dan Rp2.000 untuk pelajar.

6. Seawalker Conservation

Seawalker Conservation, photo by Adiseshan K.

Menikmati keindahan alam dari atas permukaan air saja tidaklah cukup. Untuk kamu yang gemar bereksplorasi dengan kehidupan biota bawah laut, saatnya untuk mencoba layanan olahraga air dari Seawalker Conservation. Ajak teman-temanmu untuk snorkeling sambil mengintip keindahan bawah laut dan berinteraksi langsung dengan ekosistem yang ada di sekitarnya, mulai dari beragam jenis terumbu karang, ikan, sampai tumbuhan laut yang bervariatif, bisa kamu temui di sini.

Alamat: Puri Santrian, Sanur, Denpasar City, Bali 80228
Jam Buka: Setiap hari (09.00 - 14.00)
Harga Masuk: Mulai dari Rp400.000 per orang

7. Big Garden Corner

Big Garden Corner, photo by piknikyok.com

Kalau tempat wisata di Sanur yang satu ini patut untuk kamu kunjungi bersama keluarga besar. Big Garden Corner adalah sebuah tujuan rekreasi keluarga berkonsep taman hijau yang dikelilingi oleh beragam jenis patung batu dan rumah pohon beratapkan jerami. Kamu akan berkesempatan untuk melihat langsung patung Buddha tidur dan replika candi Borobudur yang memiliki tinggi hingga 5 meter.

Tidak berhenti sampai di sana, ada sebuah ruas jalan menarik yang dinaungi payung berwarna-warni dan terpasang membentang di bagian langit-langit. Lokasi ini menjadi titik favorit bagi para wisatawan untuk mengabadikannya ke dalam foto. Berkat eksotisme alam yang ditawarkannya, tidak heran jika Big Garden Corner juga sering dijadikan tempat untuk acara gathering, garden party, ulang tahun, hingga pernikahan intimate.

Alamat: Sanur, Jl. Bypass Ngurah Rai, Kesiman, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80237
Jam Buka: Setiap hari (10.00 - 18.00)
Harga Masuk: Rp25.000 per orang

8. Sanur Night Market

Sanur Night Market, photo by Delphine Menard

Sanur Night Market atau yang akrab disebut sebagai Sindhu Market adalah lokasi yang tepat kalau kamu ingin berburu jajanan tradisional dan masakan Indonesia dengan harga murah meriah. Di sini, terdapat sekumpulan gerobak dan kios yang menjual variasi hidangan otentik khas Bali dengan cita rasa lezat, mulai dari nasi goreng, mie goreng, roti panggang, sate ayam, sampai pilihan seafood segar.

Nah, bila pada malam hari kamu berkesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner sepuasnya, maka di pagi hari, Sindhu Market akan bertransformasi menjadi tempat yang menjual berbagai oleh-oleh, sayuran segar, dan rempah-rempah. Meski berstatus sebagai pasar tradisional, tetapi setiap sudut Sanur Night Market benar-benar tertata rapi, bersih, dan memiliki yang fasilitas lengkap. Jangan lupa untuk mempersiapkan uang tunai yang cukup jika berencana untuk datang ke sini.

Alamat: Jl. Danau Tamblingan No.10, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80228
Jam Buka: Setiap hari (18.00 - 22.00)
Harga Masuk: Gratis

9. Pantai Mertasari

Pantai Mertasari, photo by befreetour.com

Pantai Mertasari merupakan destinasi wisata di Sanur yang hingga kini ramai diperbincangkan lantaran karakteristik air lautnya yang tenang dan cocok untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam. Pilihan pantai ini belum begitu banyak digandrungi oleh wisatawan asing, sehingga akan cocok untuk kamu yang menginginkan lebih banyak ketenangan ditemani semilir angin yang berhembus dari berbagai arah.

Berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyusuri pantai dengan sepeda, duduk-duduk di atas gazebo, berburu masakan khas Bali, jogging di sepanjang pesisir pantai, sampai mencoba aneka olahraga air seperti surfing dan banana boat.

Alamat: Jl Tirta Empul, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali, Indonesia, 80227
Jam Buka: Setiap hari (24 jam)
Harga Masuk: Rp30.000 (dewasa), Rp15.000 (anak-anak)

10. Pantai Segara Ayu

Pantai Segara Ayu, photo by ihategreenjello

Rekomendasi wisata di Sanur yang terakhir adalah Pantai Segara Ayu. Di pantai ini, kamu bisa berenang dengan bebas sambil berjemur dan bermain pasir bersama orang-orang tercinta. Mau menikmati aneka hidangan tradisional? Tersedia sejumlah warung yang berjajar di pinggir pantai dengan harga yang pastinya ramah kantong. Ada pula fasilitas jogging track sepanjang 10 meter untuk kamu yang ingin berolahraga santai.

Alamat: Jl. Segara Ayu, Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar, Bali.
Jam Buka: Setiap hari (06.00 - 18.00)
Harga Masuk: Gratis

Itu dia sepuluh rekomendasi tempat wisata di Sanur yang asyik untuk berlibur. Masing-masing dari area rekreasi ini memang memiliki daya pikat tersendiri yang mampu menarik banyak wisatawan. Jadi, manakah yang akan kamu masukkan ke dalam bucket list liburanmu kali ini?