20 Rekomendasi Tempat Wisata di Denpasar yang Kekinian

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Denpasar yang Kekinian
Tempat Wisata di Denpasar, photo by Befreetour

Destinasi wisata di Bali sangatlah beragam untuk kamu eksplor saat berlibur. Salah satunya di Ibukota provinsi Bali, Denpasar yang menyajikan banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Kalau kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk liburan, berkeliling di kota Denpasar tak ada salahnya, loh! Berikut ini Cove akan merekomendasikan 20 tempat wisata di Denpasar yang kekinian, cocok buat dikunjungi kalau punya waktu liburan singkat.

20 Tempat Wisata di Denpasar

1. Hutan Mangrove Bali

Hutan Mangrove Bali, photo by Netral news

Bali terkenal dengan keindahan pantainya yang beragam, mulai dari pantai tempat berwisata  hingga pantai yang jarang terjamah wisatawan. Namun, bukan pantai yang akan direkomendasikan sebagai tempat wisata di Denpasar pertama kali, kamu bisa mengunjungi Hutan Mangrove Bali yang terletak di Jalan Bypass Ngurah Rai.

Tempat wisata di Denpasar yang satu ini juga berdekatan dengan dua pantai sekaligus, yakni Pantai Kelan dan Pantai Jerman. Luas dari wisata Hutan Mangrove Bali sekitar 1.300 hektare dengan daya tarik utama berupa hutan bakau yang asri.

Di Hutan Mangrove Bali, kamu dapat menyusuri jembatan sepanjang 2 km dengan pemandangan bakau di kanan dan kiri. Supaya makin asyik, kamu disarankan datang ke Hutan Mangrove Bali saat sore hari karena tidak terlalu terik sekaligus bisa berwisata sambil menunggu sunset.

Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai No.KM. 21, Pemogan, Kec. Kuta, Kota Denpasar, Bali 80361
Jam Buka: Senin - Jumat (07.40 - 16.00 WITA)

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur, photo by Mytrip123

Kebanyakan orang mengincar wisata ke pantai Bali untuk menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). Berbeda dengan Pantai Sanur, tempat wisata di Denpasar ini justru menyajikan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang cantik. Maka dari itu, kamu disarankan pergi ke Pantai Sanur di pagi hari sebelum matahari terbit.

Pantai Sanur memiliki garis pantai sepanjang 8 km yang bisa disusuri. Selain menyusuri pantai dan berenang, kamu bisa menyewa kano untuk menikmati keseruan berwisata di Pantai Sanur. Terdapat juga aktivitas wisata air lain di Pantai Sanur, seperti snorkling dan diving.

Alamat: Jalan Cemara, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

3. Pasar Badung

Pasar Badung, photo by Pemkot Denpasar

Kata siapa kita tidak bisa berwisata ke tempat umum seperti pasar? Di Bali ada Pasar Badung yang kerap menjadi objek wisata. Kenapa demikian? Pasar Badung jauh dari stereotip pasar tradisional lain yang becek. Sebaliknya, justru Pasar Badung menjadi ikon heritage di Kota Denpasar karena kebersihannya. Tak jarang malah banyak wisatawan memanfaatkan Pasar Badung sebagai tempat foto. Tentu saja selain foto kamu juga bisa berkeliling ke toko-toko di Pasar Badung dan berbelanja.

Alamat: Jalan Gajah Mada, Pemecutan, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Denpasar City, Bali 80111
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

4. Museum Bali

Museum Bali, photo by Viator

Tempat wisata di Denpasar selanjutnya adalah Museum Bali sebagai wisata edukasi ternama di Kota Denpasar. Di Museum Bali, kamu bisa menemukan beberapa kesenian, naskah kuno, lukisan, wayang kulit, dan sebagainya. Di Museum Bali kamu sekaligus bisa langsung memahami bagaimana budaya Bali itu sendiri.

Tempatnya terbagi atas 3 bagian atau halaman. Pertama, halaman luar atau dikenal juga dengan Jaba. Kedua, halaman tengah atau Jaba Tengah. Ketiga, halaman dalam atau Jeroan. Didirikan pada tahun 1910, arsitektur Museum Bali sangatlah unik karena berbentuk mirip Pura sebagai tempat ibadah masyarakat Hindu di Bali dan Puri atau istana. Untuk masuk ke Museum Bali, kamu akan dikenakan tiket sebesar Rp25.000 per orang. Sementara untuk pelajar kamu cukup membayar seharga Rp5.000 saja.

Alamat: Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232
Jam Buka: Senin - Minggu (07.30 - 15.30 WITA)

5. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno, photo by Tagar

Museum Bung Karno adalah tempat wisata di Denpasar selanjutnya. Berlokasi di Jalan Raya Puputan, Kota Denpasar, Museum Bung Karno adalah tempat wisata edukasi yang patut dikunjungi kalau kamu penasaran dengan bagaimana kehidupan Bung Karno.

Tempat wisata yang satu ini terdiri dari 4 lantai, di mana masing-masingnya punya tempat berbeda. Lantai pertama dikhususkan sebagai perpustakaan berisi buku favorit dari Presiden pertama Indonesia serta beberapa pidato yang pernah dituliskan olehnya. Di lantai 2 kamu akan menemukan benda-benda peninggalan dari Bung Karno. Saat memasuki lantai 3, kamu akan melihat puluhan lukisan dan foto-foto Bung Karno. Sementara itu, di lantai 4 terdapat replika tempat istirahat dari Bung Karno.

Alamat: Jl. Raya Puputan No.80, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Timur., Kota Denpasar, Bali 80234
Jam Buka: Senin - Sabtu (09.00 - 17.00 WITA)

6. Pulau Serangan

Pulau Serangan Bali, photo by Detik

Berkunjung ke pulau kecil yang terdapat di Bali bisa menjadi salah satu destinasi wisata alternatif. Pulau Serangan merupakan salah satu pulau di Bali yang dapat kamu datangi lewat jalur darat menggunakan kendaraan pribadi karena adanya jembatan penghubung. Di Pulau Serangan, kamu bisa mengunjungi kampung nelayan yang penduduknya berasal dari suku Bugis. Nah, letak Pulau Serangan ini berada di Denpasar Selatan ya. Kamu sekaligus bisa belajar mengenai bagaimana sejarah dari Kampung Nelayan tersebut.

Alamat: Serangan, Denpasar Selatan, Denpasar City, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

7. I AM BALI - 3D Museum Upside Down

I AM Bali, photo by Traveloka

Objek wisata yang menawarkan tempat spot foto instagramable sangat diminati. Salah satunya kamu bisa datang ke I AM BALI yang merupakan museum interaktif bentuk 3D. Kamu bisa mengeksplor gaya foto dengan memanfaatkan lukisan 3 dimensi. Tak hanya itu, di I AM BALI terdapat ruangan terbalik (upside down) yang cukup menarik untuk dijadikan spot foto karena keunikannya.

Alamat: Bajra Sandhi Monument Ground Floor, Jl. Raya Puputan, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80234
Jam Buka: Senin - Sabtu (09.00 - 16.30 WITA)

8. Taman Werdhi Budaya Art Center

Taman Werdhi Budaya Art Center, photo by Pemkot Denpasar

Kamu bisa belajar dan menemukan banyak kesenian di Bali, termasuk di Taman Werdhi Budaya Art Center. Letak Taman Werdhi Budaya Art Center berada di tengah kota, sehingga cukup mudah untuk kamu jangkau. Ada apa saja di Taman Werdhi Budaya Art Center? Untuk penikmat seni, kamu bisa memanjakan mata dengan melihat Tari Kecak, Musik Gamelan, Tari Barong, dan pertunjukkan seni lainnya setiap hari mulai pukul 7.30 - 15.30 WITA.

Saat tidak ada pertunjukkan khusus, kamu dapat mengunjungi Taman Werdhi Budaya Art Center secara gratis. Sementara itu, akan dikenakan tarif atau tiket masuk apabila terdapat pertunjukkan seni khusus.

Alamat: Jl. Nusa Indah No.1, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80236
Jam Buka: Senin - Sabtu (07.30 - 15.30 WITA)

9. Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur, photo by Indonesia Kaya

Museum yang menyajikan karya seni selanjutnya untuk kamu datangi sebagai tempat wisata di Denpasar adalah Museum Le Mayeur. Seluruh lukisan yang dipajang di museum ini merupakan peninggalan dari  Andrien Jean Le Mayeur de Merpes, seorang pelukis asal Belgia. Konon, keindahan pulau Bali membuatnya terpesona sampai akhirnya ia banyak melukis mengenai keindahan Bali.

Di dalam Museum Le Mayeur terdapat kurang lebih 88 lukisan hasil karya pelukis Belgia tersebut. Tak hanya lukisan, kamu bisa menemukan barang peninggalan hingga ukiran patung-patung. Biaya masuk museum ini sangat terjangkau, cukup membayar Rp10 ribu untuk melihat berbagai keindahan Bali yang dituangkan lewat tulisan.

Alamat: Jl. Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (08.30 - 15.30 WITA)

10. Pantai Mertasari

Pantai Mertasari, photo by ksmtour

Duduk di gazebo sambil bersantai melihat pemandangan pantai sangatlah menyenangkan. Kamu bisa lakukan itu saat berkunjung ke Pantai Mertasari karena sudah tersedia beberapa gazebo yang dapat disewa wisatawan. Sambil menikmati pemandangan, kamu bisa sesekali berenang dan menyusuri Pantai Mertasari. Jangan lupa untuk tetap menikmati sunset di kawasan Pantai Mertasari ini. Cukup bayar Rp25 ribu untuk tiket masuknya, kamu bisa langsung menikmati pemandangan pantai Mertasari.

Alamat: Jl Tirta Empul, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali, Indonesia, 80227.
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

11. Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu, photo by Mytrip 123

Melihat secara langsung bagaimana keseharian masyarakat Bali di Desa Budaya Kertalangu. Letaknya berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar Timur. Tempat wisata di Denpasar yang satu ini memiliki areal persawahan seluas 80 hektar sehingga jadi pemandangan cantik untuk dinikmati. Tak hanya melihat dan mempelajari keseharian masyarakat Bali, kamu bisa loh turut membangun perekonomian warga Desa Budaya Kertalangu dengan membeli berbagai produk makanan atau ramuan jamu lokal khas desa setempat.

Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai No.88, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 22.00 WITA)

12. Pusat Konservasi Kura-Kura dan Penyu

Pusat Konservasi Penyu dan Kura-Kura, photo by Solopos

Konservasi kura-kura dan penyu sebagai tempat wisata di Denpasar cukup populer. Disamping menyenangkan, berkunjung ke konservasi kura-kura dan penyu juga menambah pengetahuan. Bagi kamu yang berlibur bareng keluarga, tempat wisata yang satu ini perlu masuk list, nih!

Terletak di Jalan Tukad Wisata, Denpasar Selatan, di pusat konservasi ini kamu dapat menemukan ragam spesies kura-kura dan penyu. Nantinya, kura-kura dan penyu ini akan dilepaskan ke laut apabila umurnya sudah memadai. Pelepasan kura-kura dan penyu pun tidak boleh sembarangan, loh! Di tempat ini juga kamu bisa berfoto langsung dengan kura-kura dan penyu. Pastinya dalam pengawasan petugas agar hewan dalam konservasi tidak mengalami stress.

Alamat: Jl. Tukad Punggawa, Serangan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80229
Jam Buka: Senin - Sabtu (09.00 - 16.00 WITA)

13. Museum Lukisan Sidik Jari

Museum Lukisan Sidik Jari, photo by Indonesia Kaya

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar Museum Lukisan Sidik Jari? Puluhan kanvas dengan gambar sidik jari atau yang lainnya? Jawabannya, bukan. Museum ini justru tidak menyimpan koleksi sidik jari.

Sejarah dari tempat ini dibangun oleh Gede Ngurah Rai Pemecutan pada tahun 1993. Dinamakan Museum Sidik Jari karena Gede Ngurah Rai Pemecutan beranggapan jari bisa menjadi alat untuk melukis lukisan indah. Dirinya pun pernah mengalami kegagalan melukis, lalu lukisan tersebut diperbaiki menggunakan jari dan memberikan hasil yang indah. Oleh sebab itu, Gede Ngurah Rai menamai tempat wisata ini sebagai Museum Lukisan Sidik Jari.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.201, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80239
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 16.00 WITA)

14. Objek Wisata Hiu

Objek Wisata Hiu, photo by Tribun Travel

Di samping adanya konservasi kura-kura dan penyu, tempat wisata di Denpasar juga menawarkan wisata penangkaran hiu. Ikan yang dianggap ganas tersebut malah bisa kamu ajak berenang bersama, loh! Jangan khawatir, apabila kamu ingin berinteraksi dengan hiu putih di penangkaran tentu harus sesuai prosedur dan dalam pengawasan petugas.

Area pantai di Objek Wisata Hiu ini pun masih sangat asri. Kalau kamu takut berenang bersama hiu, bisa banget pergi snorkeling ke area bawah lautnya untuk melihat pemandangan menakjubkan.

Alamat: Jl. Tukad Pakerisan No.98C, Dauh Puri Klod, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80225
Jam Buka: Senin - Sabtu (08.00 - 16.00 WITA)

15. Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari, photo by Tribun

Mau beli oleh-oleh di pasar? Coba deh kamu kunjungi Pasar Seni Kumbasari yang sekaligus terkenal sebagai tempat oleh-oleh di Denpasar, Bali. Banyak produk kesenian khas Bali yang menarik untuk kamu borong ke kota asal sebagai buah tangan. Selain banyak variasi oleh-oleh, tentu saja Pasar Seni Kumbasari punya harga miring, bikin kamu belanja lebih hemat, deh!

Alamat: Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80111
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00 WITA)

16. Bajra Sandhi Renon

Bajra Sandhi Renon, photo by Detik

Bangunan yang dibuat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia ini dianggap unik karena bentuknya mirip dengan pagoda untuk tempat ibadah. Banyak masyarakat yang memang menganggap bangunan ini sebagai rumah ibadah umat Budha. Namun, pada asalnya bangunan ini merupakan monumen bersejarah. Kamu bisa datang ke tempat ini dengan membayar biaya masuk sebesar Rp25 ribu per orangnya. Bajra Sandhi Renon juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area makan dan perpustakaan.

Alamat: Jl. Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80234
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 -18.00 WITA)

17. Pura Sakenan

Pura Sakenan, photo by Berita Bali

Banyak sekali pura yang ada di Bali untuk beribadah. Buat kamu yang penasaran melihat proses ibadah umat Hindu, kamu bisa banget mendatangi beberapa pura di Bali. Salah satu pura yang juga jadi tempat wisata di Denpasar ialah Pura Sakenan. Tempat wisata ini berjarak 10 km dari pusat Kota Denpasar. Para pengunjung banyak mendatangi Pura Sakenan karena keindahan arsitekturnya dengan sejarah cukup panjang karena didirikan di masa Kerajaan Majapahit.

Alamat: Jl. Pulau Serangan, Sesetan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80229
Jam Buka: Senin - Sabtu (08.00 - 16.00 WITA)

18. Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha, photo by Urbanasia

Selain Pura Sakenan, di Denpasar Timur juga terdapat satu pura lain yang kerap didatangi oleh wisatawan. Namanya adalah Pura Agung Jagatnatha, letaknya berada tepat di sebelah Museum Bali Denpasar. Jadi, dalam satu lokasi kamu bisa mengunjungi dua objek wisata sekaligus. Nah, untuk masuk ke Pura Agung Jagatnatha kamu tidak akan dikenakan biaya masuk, tetapi apabila kamu ingin memberikan donasi untuk perawatan Pura sangat diperbolehkan ya!

Alamat: Jl. Surapati, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232
Jam Buka: Senin - Sabtu (08.00 - 16.00 WITA)

19. Lapangan Puputan

Lapangan Puputan, photo by iBisnis

Kamu mungkin bisa yoga di pagi hari sambil menikmati suasana Bali. Namun, buat kamu yang punya hobi olahraga lari, mungkin mendatangi Lapangan Puputan bisa menjadi alternatif agar liburanmu tetap sehat. Selain lari atau jogging, kamu juga bisa loh bermain bulutangkis di Lapangan Puputan ini. Tak hanya itu, setelah jogging kamu bisa langsung piknik di area sekitar karena tempatnya cukup luas.

Alamat: Jl. Raya Puputan Niti Mandala No.88, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80239
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

20. Hardy’s Sanur

Hardy’ Sanur, photo by All Indonesia Tourism

Berkunjung ke supermarket lokal yang hanya ada di Bali bisa termasuk wisata, loh! Salah satu supermarket lokal kenamaan di Bali ialah Hardy’s letaknya berada di Sanur. Meski banyak cabangnya, di area Denpasar supermarket ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain berbelanja kebutuhan sehari-hari, di Hardy’s kamu bisa membeli perhiasan, pakaian, hingga buku-buku. Sangat lengkap dan menarik bukan?

Alamat: Hardy's, Jl. Danau Tamblingan No.136, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar City, Bali 80228
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 20.00 WITA)

Itulah 20 lokasi tempat wisata di Denpasar yang patut masuk ke dalam list liburan kamu. Karena sebagian tempat wisata ada yang berdekatan sehingga kamu bisa datang ke dua atau tiga lokasi sekaligus supaya liburan makin menyenangkan!