5 Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Kulitmu!

5 Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Kulitmu!
Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok, photo by Pexels

Dalam merawat wajah, step pertama yang harus dilakukan adalah mencuci wajah. Karena itu, kamu perlu, nih, untuk menentukan sabun muka mana yang cocok dengan kondisi kulitmu. Kalau asal-asalan dalam memilih sabun muka, bisa-bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah. Kamu sendiri masih bingung dalam memilih sabun muka? Ikuti aja 5 cara memilih sabun muka yang cocok ala Cove berikut ini!

Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok

1. Ketahui Skintype (Jenis Kulit) Wajah Kamu

Ketahui Jenis Kulit Wajah, photo by Lipani Skincare

Pertama-tama, kamu harus mengetahui jenis kulit wajah kamu. Jenis kulit menentukan sabun jenis apa yang paling cocok digunakan olehmu. Mungkin kamu masih bisa menemukan beberapa sabun muka yang diformulasikan untuk semua jenis kulit (all skin type). Namun, alangkah baiknya apabila kamu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu agar sabun cuci muka yang dipilih sesuai dengan kebutuhan wajah.

Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa tipe kulit wajah, berikut ini:

Tipe Kulit Normal (Normal Skin):

Tipe kulit normal memiliki keseimbangan antara kadar air dan minyak. Kulit tipe ini memiliki tekstur kenyal, elastis, dan tidak sensitif. Selain itu, tipe kulit normal jarang mengalami permasalahan wajah yang berat.

Tipe Kulit Kering (Dry Skin):

Seperti namanya, tipe kulit ini memiliki tingkat kelembaban sangat rendah. Akibatnya, kulit terlihat kasar, kusam, dan kurang elastis. Pemilihan skincare, termasuk sabun muka yang dianjurkan ialah yang memiliki hidrasi tinggi untuk mengembalikan kelembaban alami kulit.

Tipe Kulit Berminyak (Oily Skin):

Kalau tadi kering, tipe kulit berminyak justru memproduksi lebih banyak minyak di wajah. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak sangat nampak dari tampilan wajah yang mengkilap, licin, serta pori-pori wajah cenderung besar sehingga rentan tumbuh jerawat.

Tipe Kulit Kombinasi (Combination Skin):

Tipe kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dan berminyak. Biasanya, berminyak di area T-Zone (dahi, dagu, dan hidung) serta kering di area lainnya. Perawatan jenis kulit ini cukup rumit karena membutuhkan skincare ringan tetapi melembabkan.

Tipe Kulit Sensitif (Sensitive Skin):

Tipe kulit sensitif membutuhkan perawatan extra hati-hati. Sebab, kulit sensitif rentan iritasi dan kemerahan. Bahkan, jika sudah parah bisa mengakibatkan rasa perih di wajah. Pilih produk-produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif agar mencegah kondisi kulit semakin parah.

2. Cek Ingredients Produk

Cek Ingredients Produk, photo by Budiarti

Ingredients atau kandungan produk perlu kamu pertimbangkan matang-matang. Pasalnya, kandungan ini mempengaruhi formulasi produk yang akan digunakan di wajahmu. Pilih sabun muka yang memiliki kandungan untuk mengatasi permasalahan kulit yang kamu alami. Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan, nih! Tidak semua kandungan yang bisa mengatasi permasalahan kulit cocok dengan tipe kulit kamu. Jadi, diperhatikan baik-baik ya soal ingredients produk sabun cuci muka sebelum membelinya!

3. Sesuaikan dengan Permasalahan Kulit

Sesuaikan dengan Permasalahan Kulit, photo by Pexels

Permasalahan kulit setiap orang pasti berbeda-beda, ada berjerawat, kusam, hiperpigmentasi,  kering terkelupas, kemerahan, pori-pori besar, minyak berlebih, dan lain sebagainya. Biasanya, brand telah memproduksi sabun muka sesuai permasalahan kulit dan tertera jelas dalam kemasan. Misalnya, produk A ditujukan untuk kulit kusam. Sehingga lebih memudahkan kamu untuk membeli sabun muka sesuai kondisi kulit.

4. Hindari Produk Berbahan Kimia Keras

Paraben & SLS Free, photo by Beauty and Lifestyle

Beberapa produk punya formulasi bahan kimia keras yang kurang baik untuk kesehatan kulit wajah. Alih-alih mengatasi permasalahan kulit wajah, justru bisa menambah masalah baru. Nah, cara memilih sabun muka yang cocok selanjutnya dengan menghindari bahan kimia tersebut.

Beberapa contoh bahan kimia keras dan berbahaya untuk kulit seperti SLS, Paraben, dan Alkohol. Apabila kandungan bahan kimia tersebut berlebihan akan berdampak negatif ke kulitmu. Contoh, kandungan paraben berlebihan dapat mengakibatkan risiko kanker dan memicu alergi.

5. Cek Review Produk

Cek Review Produk, photo by Beauty with Hollie

Banyak review (ulasan) produk di platform kecantikan membantu kamu dalam memilih sabun muka yang cocok untuk kulit. Dengan review sesama pengguna yang pernah mencoba produk tersebut dapat dijadikan patokan apakah produk tersebut efektif untuk kulitmu.

Pastikan, orang yang kamu lihat reviewnya memiliki tipe kulit dan permasalahan yang mirip ya. Selain mengandalkan review, kamu bisa mencoba produk sabun muka dengan membeli versi mini (travel size).

Tanda-Tanda Sabun Muka Cocok di Kulitmu

Di atas merupakan cara memilih sabun muka yang cocok untuk kulit. Apabila kamu sudah mulai menggunakan sabun muka tersebut, perlu dicek kembali apakah benar-benar cocok untuk kulitmu? Nah, di bawah ini merupakan tanda-tanda bagaimana produk sabun muka tersebut bekerja dengan baik dan efektif di kulit.

1. Kulit Tidak Mudah Muncul Jerawat

Sabun cuci muka yang kurang cocok untuk kulitmu akan dengan mudah menimbulkan reaksi. Nah, apabila setelah pemakaian sabun muka selama 1 minggu muncul jerawat tidak wajar, bisa jadi itu pertanda kalau sabun muka tersebut tidak cocok di kulitmu. Sementara itu, sabun muka yang cocok lebih tidak akan membuat kulitmu mudah berjerawat.

Untuk mengatasi permasalahan jerawat yang tadi, kamu bisa pilah-pilih lagi sabun muka dengan kategori noncomedogenic. Mengapa? Jenis sabun muka non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori sehingga mencegah timbulnya jerawat di wajah.

2. Tidak Membuat Wajah Kesat

Pernahkah kamu merasa wajah kencang dan kesat setelah cuci muka? Itu bukan tanda kalau wajahmu bersih secara mendalam ya. Justru sebaliknya, sabun muka yang membuat kulit wajahmu terasa kencang kurang baik karena menghilangkan cadangan minyak alami dalam wajah. Dampaknya, kulit bisa mengalami kekurangan elastisitas. Bagi pemilik kulit berminyak, sabun muka dengan efek seperti ini membuat wajahmu memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Sabun muka yang cocok untuk wajah harus memberikan kelembapan. Sehingga, wajah terasa lembut dan kenyal. Ini baru jadi pertanda kalau sabun muka pilihanmu cocok. Jadi, jangan sampai salah lagi ya!

3. Tidak Menimbulkan Iritasi

Iritasi berupa kemerahan pada beberapa bagian wajah sangat mudah dijadikan tanda kalau sabun muka yang kamu gunakan kurang cocok. Sebaiknya, apabila wajahmu sudah mengeluarkan tanda-tanda ini, segera ganti sabun cuci muka dengan formulasi yang sesuai jenis dan permasalahan kulit.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memilih sabun muka yang cocok untuk kulitmu? Jangan sampai salah pilih lagi agar kulit tetap terawat dan terjaga kesehatannya!