Double Cleansing: Pengertian, Cara Melakukan dan Manfaatnya

"Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah dengan dua jenis pembersih wajah untuk hasil yang lebih bersih dan lembut."

Double Cleansing: Pengertian, Cara Melakukan dan Manfaatnya
Double Cleansing, photo from Pexels/Katharina

Merawat kulit dengan rutinitas yang benar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Dengan perawatan yang tepat, kulit tidak hanya akan tetap bersih, namun juga terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo, hingga penuaan dini.

Salah satu cara utama menjaga kulit tetap sehat adalah dengan melakukan double cleansing setiap hari. Sebenarnya, apa sih double cleansing itu? Lalu, bagaimana cara melakukannya serta manfaatnya bagi kulit? Ikuti artikel ini hingga akhir demi kulit yang tetap sehat!

Pengertian Double Cleansing

Pengertian Double Cleansing, photo from BukaReview

Double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan menggunakan dua jenis pembersih wajah secara berturut-turut. Pertama, kamu perlu menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan untuk menghapus makeup dan kotoran yang terdapat pada kulit. Kemudian, kamu akan menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sisa-sisa pembersih yang pertama. Teknik ini berguna untuk membersihkan kulit dengan lebih efektif dan mengurangi risiko iritasi pada kulit yang sensitif.

Oh ya, meskipun terlihat sepele, melakukan double cleansing merupakan rutinitas wajib yang perlu dilakukan setiap selesai beraktivitas, lho! Kenapa? Karena, jika kamu hanya membersihkan wajah menggunakan satu jenis pembersih saja, kulit wajah tidak akan bersih secara optimal. Akibatnya, sisa-sisa makeup, debu, kotoran, dan polusi yang menempel akan menyumbat pori-pori kamu dan menyebabkan timbulnya jerawat, minyak berlebih, serta komedo. Selain itu, melakukan double cleansing juga bisa membantu kadar pH pada kulit tetap seimbang.

Langkah-langkah Melakukan Double Cleansing

Beberapa Pilihan Produk untuk Double Cleansing, photo from Beauty with Dummy

Tahukah, kamu? Double cleansing menjadi salah satu rutinitas skincare yang sering dilewati oleh banyak orang karena dinilai memakan waktu lama dan cukup merepotkan. Padahal, selain penting untuk dilakukan, rutinitas skincare yang satu ini akan terasa ringan jika sudah dilakukan secara rutin, kok! Lantas, apa saja sih langkah-langkah dalam melakukan double cleansing?

  1. Pertama-tama, bersihkan telapak tangan kamu menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer
  2. Pilih makeup remover atau pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Saat ini, banyak tipe makeup remover yang bisa kamu pilih mulai dari oil based, water based, hingga yang berbentuk balm.
  3. Aplikasikan makeup remover pada bagian permukaan wajah dan leher, lalu pijat lembut ke seluruh area wajah dan leher dengan gerakan melingkar. Step ini berfungsi untuk menghapus makeup, mengangkat kotoran, serta debu dan polusi yang menempel.
  4. Setelah wajah benar-benar bersih, lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Step ini berfungsi untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.
  5. Setelah kulit wajah bersih, keringkan kulit menggunakan tissue atau handuk khusus yang lembut dan tepuk-tepuk secara perlahan.
  6. Lanjutkan dengan step skincare lainnya seperti toner, serum, dan yang paling penting, pelembap.

Bagaimana? Membersihkan wajah dengan metode double cleansing cukup mudah, bukan? Kamu hanya tinggal menyisihkan waktu selama 5-10 menit untuk membersihkan kulit wajah menggunakan metode ini demi kulit wajah yang sehat.

Manfaat Melakukan Double Cleansing

Kulit Sehat, photo from Everyday Health

Melakukan double cleansing dengan cara yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi kulit kita lho, di antaranya:

Membersihkan Kulit dengan Efektif

Dengan menggunakan dua jenis pembersih wajah secara berturut-turut, kamu dapat membersihkan kulit dengan lebih efektif daripada hanya menggunakan satu jenis pembersih saja. Pembersih pertama dapat menghapus makeup, minyak, dan kotoran yang terdapat di permukaan kulit, sementara pembersih kedua dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat sisa-sisa pembersih pertama yang masih tertinggal.

  • Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Keseimbangan pH kulit sangat penting untuk menjaga kulit sehat dan bersih. Double cleansing dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dengan menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan dengan pH yang seimbang atau rendah sebagai pembersih kedua.

  • Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Tahukah kamu, jika kulit tidak dibersihkan dengan baik, maka hal ini dapat memicu pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat. Dengan melakukan double cleansing secara teratur, kamu dapat membantu mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, kulit bruntusan, muncul komedo, hingga kulit yang tampak kusam.

  • Mencegah Iritasi pada Kulit yang Sensitif

Double cleansing dapat membantu mengurangi risiko iritasi pada kulit yang sensitif dengan menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan dengan pH yang seimbang. Karena tahukah kamu, kulit sensitif yang memiliki kotoran menempel akan lebih mudah terkena iritasi seperti ruam, kemerahan, hingga gatal-gatal.

  • Membantu Penyerapan Skincare Lebih Efektif:

Kulit yang bersih secara sempurna akan menyerap skincare seperti toner, serum, dan pelembap dengan lebih baik. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan manfaat optimal pada skincare yang kamu gunakan. Keren, ya?

  • Menjaga Kulit Terhidrasi

Double cleansing dapat membantu menjaga kulit terhidrasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa-sisa pembersih yang mungkin menghalangi penyerapan air.

  • Menjaga Kulit Sehat dan Bersih

Dengan membersihkan kulit dengan baik, maka kulit akan terlihat lebih sehat dan bersih, dan juga dapat membantu dalam menjaga kulit tetap sehat dengan menghindari masalah kulit seperti jerawat.

Risiko Melewati Double Cleansing

Risiko Tidak Melakukan Double Cleansing, photo from Alo Dokter

Ada beberapa risiko yang mungkin terjadi jika kamu melewati double cleansing pada skincare routine kamu di malam hari, diantaranya:

Kulit Tidak Bersih

Jika kamu tidak melakukan double cleansing, maka kulit kamu mungkin tidak akan bersih secara optimal dan masih menyisakan sisa-sisa makeup, minyak, dan kotoran yang terdapat di permukaan kulit. Ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat.

  • Tidak Maksimalnya Penyerapan Skincare

Jika kulit tidak dibersihkan dengan baik, maka sisa-sisa makeup dan kotoran yang masih tertinggal di kulit dapat menghalangi penyerapan produk perawatan kulit yang lebih efektif.

  • Iritasi Pada Kulit yang Sensitif

Melewati step double cleansing bisa meningkatkan sensitivitas pada kulit di mana memicu terjadinya kemerahan, ruam, gatal-gatal, hingga breakout.

  • Kulit Tampak Kusam

Tahukah kamu, kulit yang tidak bersih optimal bisa terlihat kusam dan kurang bercahaya. Akibatnya, kamu bisa terlihat tampak lesu dan lelah seharian meskipun menggunakan makeup.

Setelah mengetahui berbagai fakta double cleansing di atas, tentu kamu tidak ingin melewati skincare routine yang satu ini, bukan? Cukup diingat, melakukan double cleansing hanya diperlukan saat kamu sudah selesai beraktivitas, umumnya di sore atau malam hari. Jadi mulai hari ini, jangan skip double cleansing, demi kulit yang tetap sehat dan awet muda, ya!