12 Manfaat Rutin Lari di Treadmill, Baik untuk Kesehatan Maupun Mental

Ada banyak sekali manfaat rutin lari di treadmill yang bisa kamu dapatkan, baik untuk kesehatan fisik ataupun mental. Simak selengkapnya di sini!

12 Manfaat Rutin Lari di Treadmill, Baik untuk Kesehatan Maupun Mental
Manfaat rutin lari di treadmill, photo by eatthis.com

Berlari atau berjalan menggunakan treadmill seringkali menjadi pilihan untuk berolahraga. Selain karena praktis dan dapat dilakukan kapan pun tanpa terpengaruh cuaca, berjalan dan berlari di atas treadmill dapat mengurangi tekanan yang diterima tubuh dibandingkan saat bergerak di luar ruangan atau lapangan.

Treadmill adalah alat olahraga lari yang memiliki alas berupa sabuk yang berputar, sehingga kamu bisa berjalan atau berlari di atasnya. Alat ini termasuk salah satu alat yang paling populer digunakan di pusat kebugaran, dan juga bisa dibeli sendiri untuk digunakan di rumah.

Manfaat rutin lari di treadmill untuk kesehatan sangat beragam. Umumnya, kamu akan mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda seperti berlari atau jalan pagi seperti biasa. Namun, ada beberapa manfaat yang hanya bisa kamu dapatkan melalui treadmill, dimulai dari manfaat untuk kesehatan fisik hingga kesehatan mental.

12 Manfaat Rutin Lari di Treadmill

1. Menjaga kesehatan jantung

Berlari di treadmill dapat membantu menjaga kesehatan jantung, photo by active.com

Berlari dan jalan kaki termasuk sebagai olahraga kardio yang terbukti baik untuk kesehatan jantung. Selain melakukannya di luar ruangan, kamu juga bisa melakukan kedua olahraga ini di atas treadmill.

Selain menjaga kesehatan jantung, rutin berolahraga kardio juga akan meningkatkan kekuatan jantung sehingga risiko mengalami gangguan jantung pun berkurang. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi darah dalam tubuh dapat mengalir dengan lancar berkat olahraga.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berlari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, photo by active.com

Dalam suatu penelitian yang membandingkan dua kelompok wanita yang aktif melakukan olahraga dengan treadmill dengan wanita yang tidak pernah berolahraga, terlihat perbedaan yang sangat signifikan.

Kelompok wanita yang aktif berolahraga dengan treadmill memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Selain itu, kelompok yang tidak aktif melakukan olahraga dengan treadmill cenderung memiliki tingkat stress yang lebih tinggi. Stress berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Treadmill membakar 100 kalori/km yang kamu jalankan, photo by medicaltransformationcenter.com

Treadmill dapat membantu menurunkan berat badan. Berlari dengan treadmill dapat membakar hingga 100 kalori untuk setiap km yang kamu jalankan. Jadi, jika kamu berlari 9-10 km dalam satu jam, kamu dapat membakar hingga 600 kalori.

Saat menggunakan treadmill, cobalah untuk melakukan variasi latihan dengan mengubah inklinasi atau kemiringan treadmill, mengubah kecepatan menjadi selang-seling.

BACA JUGA: 9 Workout untuk Pemula yang Efektif dan Tanpa Alat!

4. Menguatkan otot serta mencegah osteoporosis

Treadmill menguatkan otot dan tulang kaki, photo by orthoinfo.com

Meskipun tujuan utama penggunaan treadmill adalah untuk olahraga kardio, tapi alat olahraga lari ini juga bisa membantu menguatkan otot, terutama di bagian kaki.

Manfaat rutin lari di treadmill untuk otot kaki akan terlihat kalau kamu rutin melakukannya. Semakin banyak kamu berlari, semakin banyak otot di kaki yang terbentuk dan otot-otot tersebut akan menjadi semakin kuat.

Selain menguatkan otot, ternyata treadmill juga dapat menguatkan tulang. Berlari dan berjalan ternyata dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang.

5. Menyehatkan saluran cerna

Treadmill memicu perubahan mikroba usus, photo by zenfoods.com

Dengan rutin melakukan olahraga di treadmill juga dapat memicu perubahan mikroba di usus. Dengan seimbangnya flora usus, kamu pun dapat menjadi lebih berenergi dan tingkat peradangan di sistem pencernaan akan menurun.

6. Menyehatkan paru-paru

Treadmill membuat paru-paru bekerja dengan lebih efisien, photo by verywellmind.com

Apabila kamu ingin memiliki sistem pernapasan sehat, maka berolahraga menggunakan treadmill bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan berolahraga secara rutin menggunakan treadmill, paru-paru kamu akan menjadi semakin terlatih dan semakin kuat, sehingga paru-paru kamu dapat bekerja secara lebih efisien.

7. Latihan yang baik untuk pengidap diabetes

Treadmill mampu menurunkan kadar gula darah, photo by eatthis.com

Apabila kamu kenal seseorang yang mengidap diabetes, kamu bisa menyarankan mereka untuk menggunakan treadmill. Berlari di atas treadmill dapat mengendalikan kadar insulin dan mampu menurunkan kadar gula darah, terutama untuk penderita diabetes tipe 2.

BACA JUGA: 8 Kegiatan Rutinitas Pagi: Jadi lebih Semangat dan Produktif!

8. Mengurangi cedera

Berlari di treadmill jauh lebih aman, photo by istock.com

Salah satu manfaat besar ketika berlari di treadmill adalah risiko cedera yang lebih kecil ketimbang berlari di luar ruangan. Setiap kali berlari di trotoar, tanah, atau pada permukaan yang tidak rata dan keras lainnya, kaki, lutut, ataupun punggung kamu bisa cedera. Apalagi ketika kamu melaju kencang. Seiring bertambahnya usia, hal tersebut dapat menjadi masalah yang serius.

9. Aman untuk yang sedang pemulihan cedera

Bisa dilakukan untuk rehabilitasi setelah cedera, photo by freepik.com

Berlari atau berjalan kaki di atas treadmill juga bisa bermanfaat untuk Kamu yang sedang dalam masa pemulihan cedera karena alat ini bisa diatur sesuai kebutuhan dan memiliki fitur keamanan yang lengkap, sehingga kamu bisa berolahraga di lingkungan yang lebih terkontrol.

Saat berolahraga di treadmill setelah mengalami cedera, kamu bisa memulainya secara perlahan dari kecepatan paling rendah dengan durasi singkat. Apabila kamu sudah kembali terbiasa, intensitas treadmill bisa kamu tingkatkan secara perlahan agar kamu bisa kembali berolahraga seperti semula.

Tidak jarang, treadmill juga dijadikan sebagai salah satu alat yang paling sering dipakai untuk rehabilitasi cedera.

10. Meningkatkan kesehatan mental

Berlari di treadmill dapat membantu melepaskan endorfin, photo by freepik.com

Manfaat besar berikutnya yang bisa kamu dapatkan dengan rutin lari di treadmill adalah membantu fungsi otak lebih baik, lebih sehat, dan membuat kamu merasa jauh lebih bahagia.

Saat berlari, otak akan melepaskan endorfin, yaitu senyawa kimia di otak yang membuat kamu merasa bahagia. Oleh karena itu, berlari di treadmill dapat secara langsung berkontribusi pada pengurangan depresi dan kecemasan.

Apalagi kamu mengalami gangguan tidur akibat masalah mental ataupun disebabkan oleh penyebab lainnya, berlari di treadmill juga bisa membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

11. Membuat kulit lebih segar

Berlari di treadmill dapat memperlambat penuaan sel, photo by ultimaii.com

Dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga, ternyata orang yang rutin berolahraga akan memiliki kulit yang lebih sehat, bahkan dapat membuat seseorang terlihat awet muda. Salah satu alasan mengapa olahraga membuat kulit terlihat lebih segar adalah karena aktivitas fisik terbukti efektif dalam memperlambat penuaan sel, memperlancar peredaran darah, serta memperbaiki produksi hormon di dalam tubuh.

12. Memudahkan untuk rajin olahraga

Mudah dilakukan kapanpun, photo by fitandwell.com

Treadmill biasanya ditempatkan di dalam ruangan, sehingga kamu bisa menggunakannya kapanpun kalau kamu sempat. Apabila berlari di luar tidak memungkinkan untuk dilakukan ketika panas terik, hujan, atau malam hari, semua hambatan tersebut tidak akan kamu temukan ketika kamu berolahraga menggunakan treadmill.