8 Kegiatan Rutinitas Pagi: Jadi lebih Semangat dan Produktif!

8 Kegiatan Rutinitas Pagi: Jadi lebih Semangat dan Produktif!
Rutinitas pagi yang bikin semangat, photo by Shutterstock

Hari-hari kita dimulai tepat saat kita bangun di pagi hari. Kegiatan kita di pagi hari jadi awal dari serangkaian kegiatan yang akan kita lakukan seharian penuh. Nah, rutinitas pagi jadi faktor penting yang bisa memengaruhi semangat dan produktivitas kita selama seharian. Apa yang kita lakukan di pagi hari juga bisa berpengaruh untuk mood kita di hari itu, lho. Oleh sebab itu, rutinitas pagi yang baik bisa membuat kamu lebih semangat menjalani hari dan meningkatkan produktivitas.

Kegiatan untuk rutinitas pagi yang produktif

Biasanya, orang tidak punya banyak waktu di pagi hari karena harus bersiap-siap sebelum melakukan rutinitas seperti kuliah atau kerja. Kamu harus memperhatikan berapa banyak waktu yang bisa dialokasikan untuk rutinitas pagi. Waktu yang singkat justru membuat kamu harus bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin.

Nah, supaya pagimu jadi lebih semangat, berikut ini 8 kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai rutinitas pagi:

1. Minum air putih

Segera setelah bangun pagi, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah minum air putih. Selama tidur, tubuh kita tidak menerima asupan air selama berjam-jam. Jadi, segera minum segelas air putih setelah bangun tidur supaya tubuh kembali terhidrasi. Hidrasi yang cukup juga memengaruhi fungsi tubuh untuk lebih optimal dan badan jadi terasa lebih segar. Untuk memulai kebiasaan ini, kamu bisa meletakkan segelas air di samping tempat tidur setiap malam sehingga bisa langsung meminumnya di pagi hari.

2. Membuka jendela

Membuka jendela di pagi hari, photo by Cove

Sinar matahari pagi bagus untuk kamar dan tubuhmu, lho. Setelah bangun, buka tirai dan jendela kamar untuk membiarkan matahari masuk. Membiarkan diri terpapar sinar matahari pagi juga bagus untukmu, lho. Selain itu, membuka jendela juga membuatmu harus beranjak dari tempat tidur, sehingga membuatmu lebih “bangun”.

3. Merapikan tempat tidur

Setelah membuka jendela, baiknya kamu bisa langsung merapikan tempat tidur. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi banyak yang sudah terlebih dulu malas melakukannya. Padahal, selain membuat tubuh kita jadi bergerak di pagi hari, tempat tidur yang sudah dirapikan di pagi hari akan membuat kamu nyaman ketika pulang nantinya. Saat kamu pulang dan sudah merasa capek, kondisi tempat tidur sudah rapi dan siap untuk jadi tempat istirahat.

4. Stretching atau olahraga

Stretching, photo by Aviyog Group

Idealnya, kita meluangkan waktu setiap hari untuk berolahraga, baik itu olahraga ringan atau yang lebih intens. Jika memiliki waktu yang singkat di pagi hari, kamu bisa melakukan stretching atau peregangan sekitar 5-10 menit supaya badan tidak kaku. Jika punya waktu lebih banyak, bisa juga melakukan olahraga ringan lainnya seperti yoga, atau bahkan olahraga intens seperti lari dan angkat beban. Berolahraga di pagi hari bisa membuat kamu lebih semangat untuk melakukan aktivitas dan meningkatkan mood!

5. Beres-beres

Biasanya, ketika sudah pulang dari aktivitas seharian, kita sudah merasa lelah dan segera ingin beristirahat. Nah, pagi hari merupakan waktu yang pas untuk beres-beres kamar sebentar. Kamu bisa menyapu, mengepel, atau memasukkan baju kotor ke laundry. Ketika nantinya kembali pulang, kamu akan melihat kondisi kamar yang sudah rapi dan bisa langsung istirahat, deh!

6. Membuat rencana kegiatan

Membuat to do list, photo by Unsplash

Beberapa tokoh terkenal dunia dikenal dengan salah satu rutinitas pagi journaling atau menulis jurnal. Namun, kalau kamu merasa menulis jurnal di pagi hari cukup memakan waktu, kamu bisa menulis kegiatan apa saja yang akan dilakukan pagi ini. Membuat to do list ini juga bisa membantu kamu untuk mengingat hal-hal yang harus kamu kerjakan supaya tidak ada yang terlupakan.

7. Mandi

Setelah melakukan aktivitas pagi yang membuat berkeringat, pastinya kamu harus membersihkan tubuh sebelum pergi ke luar. Kalau masih merasa mengantuk, mandi di pagi hari juga dijamin akan membangunkan dan menyegarkan tubuh sehingga bisa membuat kamu jadi lebih semangat beraktivitas!

8. Sarapan

Makan pagi bisa jadi sumber energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Memang tidak semua orang biasa makan di pagi hari, tapi sarapan memiliki manfaat baik bagi tubuh. Sarapan yang bergizi membuatmu bisa lebih fokus, berenergi, dan memengaruhi mood. Nggak enak, kan, kalau beraktivitas dengan perut keroncongan?

Kost dengan fasilitas yang menunjang produktivitas

Mencari tempat kost saja mungkin tidak sulit, tapi mencari tempat kost dengan fasilitas lengkap yang mendukung produktivitas mungkin tidak gampang. Kalau kamu sedang mencari tempat kost dengan fasilitas eksklusif dan super lengkap untuk mempermudah keseharianmu, Cove bisa banget jadi pilihan, nih!

Terletak di Cipete, tepatnya di Jl. Abdul Majid Raya No. 8, kost eksklusif di Jakarta Selatan ini menawarkan hunian yang nyaman dengan desain modern yang tetap asri. Berjarak hanya 8 menit jalan kaki dari Stasiun MRT Haji Nawi, letak kost yang strategis ini cocok banget untuk orang yang mobile. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai sarana dan tempat di kawasan Cipete seperti transportasi umum, kedai kopi, kafe, restoran, hingga pusat perbelanjaan dengan mudah.

Area rooftop, Cove 103

Setiap kamarnya berukuran cukup luas dengan furnitur lengkap seperti tempat tidur, kursi dan meja kerja, lemari pakaian, kamar mandi dalam, AC, televisi, hingga kulkas. Kost eksklusif ini juga dilengkapi dengan fasilitas bersama seperti dapur bersama, dispenser air, ruang makan, lounge, tempat parkir, lobby, bahkan rooftop. Selain itu, sebagai penghuni, kamu juga sudah mendapatkan fasilitas pembersihan kamar rutin, laundry, WiFi, termasuk air dan listrik sehingga tidak perlu membayar terpisah. Dengan dua tipe kamar, Deluxe dan Premium, kamu bisa menghuni kost super lengkap ini mulai dari harga 5 juta per bulan. Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove 8AM!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan hanya di Cove!