8 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bandung, Super Seru

Tempat wisata murah di Bandung ini wajib kamu kunjungi, nih! Walau harganya terjangkau, tempat-tempat ini menawarkan pengalaman tak terlupakan.

8 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bandung, Super Seru

Mau hang out di Bandung tapi tetap affordable dan tidak menguras kantong? Nah, beberapa tempat wisata di Bandung ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau liburan dan melepas penat, ntah sendiri, bersama teman, atau keluarga. Tentunya, harga tiket masuk di tempat destinasi ini tidak akan lebih dari Rp 50.000, lho! Mari simak informasinya sampai habis, ya!

Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bandung

1. Jalan Braga

Jalan Braga Bandung - Bandung Tempo Doeloe
Jalan Braga, photo by Labiru Tour

Jalan-jalan ke Bandung rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Jalan Braga. Kawasan ini merupakan tempat wisata murah di Bandung yang sangat ikonik dan populer di kalangan penduduk lokal hingga para wisatawan. Hal ini karena Jalan Braga menjadi spot di mana bangunan-bangunan tempo dulu masih terawat hingga hari ini. Bangunan itu kini banyak digunakan sebagai pertokoan hingga restoran. Tidak heran, jika Jalan Braga selalu ramai di jam berapa pun.

Aktivitas di Jalan Braga

Untuk bisa menikmati kawasan ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk jajan di toko-toko di sepanjang Jalan Braga. Di sini, kamu bisa menikmati ragam kuliner, berfoto di sepanjang Jalan Braga yang aesthetic, mengunjungi museum, membeli lukisan yang di jual di pinggir jalan, hingga sekedar bersantai atau duduk-duduk di bangku yang sudah disediakan di kawasan ini.

Alamat: Jalan Braga No. 99 – 101, Bandung
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 22.00 WIB)
Tiket masuk: Gratis

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Jelajahi Museum Konferensi Asia Afrika, Sumur Bandung - museum.co.id
Museum Konferensi Asia Afrika, photo by museum.co.id

Jika kamu masih berada di kawasan Jalan Braga dan ingin mengunjungi tempat wisata gratis di Bandung, kamu bisa mengunjungi salah satu bangunan bersejarah. Bangunan ini adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Lokasinya berada di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika.

Dulunya, museum konferensi ini digunakan sebagai tempat berkumpul dan membuat keputusan yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin negara di Asia dan Afrika, lho!

Aktivitas di Museum Konferensi Asia Afrika

Saat masuk ke museum, kamu akan menjumpai ruang pameran yang berisi koleksi benda memorabilia konferensi Asia – Afrika. Tak hanya itu, terdapat juga foto dokumentasi, diorama suasana saat KAA berlangsung, profil tokoh dan negara peserta KAA, hingga foto-foto antusiasme masyarakat Bandung. Kamu juga akan dipandu dengan sarana multimedia yang sudah disediakan. Sarana ini dapat memberikan informasi interaktif tentang peristiwa bersejarah KAA tersebut.

Untuk mengunjungi museum ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu, ya. Untuk jam masuknya terdiri dari empat sesi, pertama dari jam 09.00-10.00 WIB, kedua 11.00-12.00, ketiga 13.00-14.00 dan keempat 15.00-16.00 WIB.

Alamat: Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Sumur Bandung, Bandung
Jam buka: Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu (terbagi jadi 4 sesi dalam 1 hari)
Tiket masuk: Gratis

3. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut Bandung: Info Lokasi Wisata, Rute, Harga
Sanghyang Heuleut, photo by IDN Times

Tempat wisata murah di Bandung berikutnya adalah Sanghyang Heuleut, yaitu danau yang memiliki air jernih berwarna biru kehijauan. Sanghyang Heuleut berasal dari Bahasa Sunda dan memiliki arti yang unik.

"Sanghyang" berarti sesuatu yang dianggap suci, dan "Heuleut" berarti batas atau waktu. Sebutan "Sanghyang" sendiri ditujukan untuk menghormati seseorang atau sesuatu yang dianggap suci atau memiliki kekuatan supranatural. Warga setempat percaya bahwa danau ini dulunya menjadi tempat para bidadari menyucikan dirinya dan mandi.

Aktivitas di Sanghyang Heuleut

Di sini, kamu bisa melepas penat dengan menikmati pemandangan dari atas tebing batu yang mengelilingi danau. Apalagi, suasana di sini sunyi dan tenang. Selain itu, kamu juga bisa bermain air dan berenang juga, lho.

Tapi, tetap gunakan pelampung, ya, supaya lebih aman karena danaunya diperkirakan memiliki kedalaman 3 meter. Sebelum berenang, pastikan kamu menyewa pelampung yang sudah disediakan dengan harga Rp 20.000. Lalu, jangan lupa juga untuk menggunakan sepatu atau sandal yang aman supaya tidak tergelincir.

Alamat: Kelurahan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat
Jam buka: 08.00-16.00 WIB
Tiket masuk: Rp 10.000/orang (belum termasuk parkir motor Rp 5.000, parkir mobil Rp 10.000)

4. Tebing Keraton

Wisata Tebing Keraton: Jam Buka, Lokasi, dan Aktivitas Seru
Tebing Keraton, photo by IDN Times

Bandung memang tak pernah kehabisan tempat-tempat wisata. Selain kuliner yang menggoyang lidah, cafe yang selalu mengikuti tren, bahkan alam di kota ini pun turut menyuguhkan pemandangan indah dan menjadi destinasi para wisatawan. Salah satu tempat wisata murah di Bandung yang sudah sangat terkenal adalah Tebing Keraton.

Sesuai namanya, Tebing Keraton adalah sebuah tebing bebatuan yang menjulang. Tebing ini terbentuk karena proses erosi. Penduduk setempat dan pengelola Hutan Raya menciptakan view deck, yaitu semacam panggung dengan pagar kayu untuk menjadi pembatas. View deck dibuat supaya penduduk setempat dan juga pengunjung selalu aman saat berada di tebing.

Aktivitas di Tebing Keraton

Meski pun lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, tapi suasana di Tebing Keraton berhasil mengaburkan hiruk pikuk dan bisingnya Bandung. Di sini kamu bisa melihat kota Bandung yang dikelilingi hutan pinus dan dihujani kabut dari ketinggian. Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga, lho, di sini, seperti bersepeda dan trekking.

Nah, jika kamu datang pada pagi hari, tepatnya sebelum matahari terbit, kamu bisa bisa menikmati sunrise dari ketinggian tebing. Jangan lupa abadikan momen indah ini, ya!

Alamat: Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (05.00 – 16.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 11.000 (belum termasuk parkir)

5. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Lembang Bandung: Alamat, Tiket Masuk, Wahana & Jam Buka
Farmhouse Susu Lembang, photo by Travel Blog Bookingtogo

Tempat wisata murah di Bandung yang harus kamu kunjungi adalah Farmhouse Susu Lembang. Tempat ini wajib kamu kunjungi jika kamu merindukan suasana pedesaan, pertanian, dan peternakan. Uniknya, di Farmhouse Susu Lembang kamu akan merasakan suasana peternakan Eropa yang klasik dan indah. Nah, kalau kamu sedang mencari destinasi wisata di Bandung yang cocok didatangi dengan keluarga, tempat ini bisa masuk ke go to list!

Aktivitas di Farmhouse Susu Lembang

Di Farmhouse, kamu bisa berfoto karena tempat ini memiliki beragam spot yang menarik, seperti bangunan bergaya Eropa, Rumah Hobbit, Garden of Dream, jembatan gembok cinta, bahkan kamu juga bisa menyewa kostum ala ala Eropa di sini.

Tidak hanya berfoto, banyak sekali sarana dan wahana edukatif yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Buat kamu pecinta hewan, kamu bisa datang ke Garden of Dream. Di sini, kamu bisa memberi makan rusa dengan membayar Rp 25.000 saja. Kamu juga bisa ke Petting Zoo, yaitu kebun binatang mini yang menghadirkan kelinci, marmut, hamster, domba, dan iguana.

Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (09.00 - 18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 30.000/orang dewasa & anak-anak di atas 2 tahun (belum termasuk parkir motor Rp 5.000, parkir mobil Rp 10.000)

6. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole Bandung, Harga Tiket & Wahana - Travelandword
Orchid Forest Cikole, photo by Travelandword

Destinasi seru lainnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman adalah Orchid Forest Cikole. Tempat wisata murah di Bandung ini punya koleksi anggrek sebanyak 157 jenis, lho! Tempat ini dibangun dengan tujuan mengenalkan dan melestarikan aneka jenis anggrek dari Indonesia maupun luar negeri. Tidak hanya sebagai kebun anggrek, Orchid Forest juga menawarkan banyak wahana lainnya yang harus kamu coba.

Aktivitas di Orchid Forest Cikole

Orchid Forest memiliki banyak wahana seru, seperti Orchid Castle. Tempat ini adalah playground yang menyediakan seluncuran, flying fox mini, terowongan, dan sepeda mini. Cocok untuk kamu yang membawa adik atau anak untuk berlibur di Orchid Forest. Kamu juga bisa mengajak anak ke Rabbit Forest dan bermain bersama kelinci.

Jika kamu berkunjung ke sini bersama teman-teman dan pasangan, kamu bisa mendatangi beberapa spot aesthetic untuk berfoto, seperti di Sky Bridge, Garden of Light, Amfiteater. Kalau kamu hanya ingin bersantai dan nongkrong sambil menghirup udara sejuk, kamu bisa mengunjungi Teras Paphio.

Jika ingin sedikit menguji adrenalin, kamu bisa mencoba pengalaman menaiki kuda di Horse Ranch. Di sini, kamu perlu membayar Rp 50.000 untuk membayar tiket dan menikmati wahana-wahananya.

Alamat: Jalan Anyar No. 49, Cikole, Lembang, Bandung
Jam buka: Senin – Jumat (09.00 – 18.00 WIB), Sabtu – Minggu (08.00 – 19.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 40.000 (belum termasuk parkir dan tiket masuk ke setiap wahana)

7. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung: Informasi Lokasi, Rute, dan Tipsnya
Dusun Bambu, photo by IDN Times

Dusun Bambu merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang juga populer di Bandung. Konsepnya one stop leisure, sehingga pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas seru di Dusun Bambu. Tempat ini sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan hijau, danau, dan rumah bambu khas Sunda. Makanya, tempat wisata murah di Bandung ini tidak pernah sepi. Tak hanya menikmati pemandangan, kamu juga bisa menginap atau berkemah juga di sini, nih, kalau bosan dengan suasana hotel yang biasa.

Aktivitas di Dusun Bambu

Dusun Bambu terkenal dengan restoran yang menyuguhkan view alam. Ada beberapa tipe restoran, antara lain Burangrang, Purbasari, Lembur Urang, dan Lutung Kasarung. Semua jenis restoran menawarkan konsep yang berbeda. Nah, yang paling terkenal adalah Restoran Purbasari. Konsep restoran di sini berupa saung khas Sunda di tepian danau dengan tempat duduk lesehan, sehingga kamu bisa menikmati hidangan sambil menikmati pengalaman makan ala Sundanese.

Di Lembur Urang, restoran dibuat dengan konsep seperti berada di Bali. Di sini kamu akan menikmati masakan yang sudah dipesan sambil ditemani view sawah dan pegunungan. Sementara untuk Lutung Kasarung, kamu bisa menikmati sensasi bersantap di area berbentuk sarang yang ada di antara pohon.

Jika perut sudah kenyang, kamu bisa lanjut berjalan, bersepeda, berfoto, bahkan menanam padi bersama para petani sambil menikmati hamparan sawah di Paddy Field. Di mana lagi, kamu bisa merasakan pengalaman menarik ini? Tentunya, masih banyak lagi aktivitas di Dusun Bambu yang bisa dilakukan bersama teman dan keluarga, seperti menaiki sampan, melihat pertunjukan khas Sunda, hingga berkemah di tengah alam.

Alamat: Jalan Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 17.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 20.000 – Rp 40.000 (belum termasuk parkir dan tiket masuk ke setiap wahana)

8. Floating Market Lembang

Referensi Tempat Wisata Lembang, Floating Market sampai The Lodge Maribaya
Floating Market Lembang, photo by Suara.com

Tempat wisata murah di Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Floating Market yang berada di atas danau Situ Umar. Masih berlokasi di Lembang, di sini kamu bisa menikmati sensasi pasar kuliner terapung seperti yang ada di Thailand. Di Floating Market kamu juga akan menjumpai wahana-wahana lain, seperti kota mini, penyewaan kostum Jepang dan Korea, bermain wahana air, hingga menikmati ragam jajanan.

Aktivitas di Floating Market

Menghadirkan pasar terapung yang sangat unik, kamu bisa jajan dan mencicipi aneka kuliner tradisional, seperti batagor, rujak, tahu gejrot, dan camilan lainnya yang dijual di atas perahu. Nah, sebelum jajan, kamu harus menukar uang dulu dengan uang koin.

Tidak hanya mencicipi jajanan, kamu juga bisa mencoba wahana seru, mulai dari rainbow slide, kuda tunggang, trampolin, hingga flying fox. Ada juga wahana air yang tak boleh dilewatkan.

Karena berada di atas danau, kamu juga bisa menikmati pemandangan Floating Market dan mengelilingi danau Situ Umar menggunakan perahu kayu, perahu gowes, atau sepeda air. Seru, bukan? Tentunya, masih ada banyak kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di sini bersama keluarga dan teman.

Alamat: Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari (09.00 - 18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 35.000/orang (belum termasuk parkir dan tiket masuk ke setiap wahana)

Nah, menarik banget kan, rekomendasi tempat wisata ini? Apalagi, harganya masih sangat terjangkau untuk kamu yang mau liburan di Bandung bersama keluarga dan teman-teman. Jadi, setelah mengetahui informasi ini, langsung saja, yuk, datangi tempat wisata murah di Bandung yang sudah Cove spill!