Mau Museum Date? Kunjungi 6 Museum di Bandung yang Instagramable ini!

Mau Museum Date? Kunjungi 6 Museum di Bandung yang Instagramable ini!
Museum di Bandung yang Instagramable, Photo by Pxhere

Kota Bandung tidak pernah kehabisan tempat yang seru buat main atau kencan. Banyak sekali sisi romantis kota kembang ini yang bisa dinikmati kaum muda-mudi. Tidak hanya tempat nongkrong seperti cafe atau mall saja. Tapi masih ada banyak tempat-tempat menarik, bersejarah, atau memberikan kita banyak wawasan, tapi tetap asyik dikunjungi. Salah satu tempat menarik untuk didatangi adalah museum. Bandung sebagai kota yang besar juga punya banyak museum.

Kalau kamu termasuk orang yang senang pergi ke museum, ada beberapa museum di Bandung yang instagramable dan cocok untuk museum date, atau kencan di museum. Museum mana saja itu? Simak enam museum di Bandung yang instagramable di bawah ini!

Museum Geologi

Museum Geologi, Photo by Wisataidn.com

Pertama, ada Museum Geologi. Seperti namanya, segala koleksi di museum ini pasti berhubungan dengan unsur geologi. Misalnya koleksi batuan, mineral, bahkan fosil-fosil makhluk purba. Koleksi-koleksi di museum ini sudah dikumpulkan sejak tahun 1985 lho! Jadi lumayan lengkap dan bisa menambah banyak sekali wawasan kita.

Akan sangat seru kalau kamu ke museum ini dengan anak-anak. Selain mereka akan antusias melihat fosil makhluk purba seperti gajah purba dan tirex, mereka juga akan belajar banyak mengenai sejarah dan bebatuan. Tidak heran kalau museum ini ramai dikunjungi masyarakat, apalagi di hari libur.

Tapi kalau kamu mau ke museum geologi untuk museum date, tempat ini juga sangat cocok. Tidak salah kalau Museum Geologi menjadi salah satu museum di Bandung yang instagramable. Cuma di sini kamu bisa foto di antara fosil-fosil makhluk purba yang gagah dan misterius. Museum ini buka setiap

Alamat: Jl.Diponegoro No.57, Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung
Harga tiket: Rp2.000-Rp10.000/orang

Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate, Photo by Travelspromo.com

Selanjutnya, ada museum yang berasal dari gedung paling ikonik di Kota Bandung. Siapa yang tidak kenal Gedung Sate. Gedung yang jadi ikon penting Jawa Barat itu ternyata punya museum di dalamnya lho! Di Museum Gedung Sate, kamu bisa merasakan sensasi seakan ikut terlibat dalam pembuatan Gedung Sate secara langsung. Dengan hologram, wall video mapping dan augmented reality.

Museum Gedung Sate dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 09.30-16.00. Suasananya yang futuristik akan sangat menarik untuk menjadi spot foto instagramable. Kamu bisa datang dengan teman, keluarga, bahkan pasangan. Kapan lagi bisa museum date di bangunan terpenting Jawa Barat ini?

Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung
Tiket Masuk: Rp5.000/orang

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika, Photo by Bandungklik.com

Museum ini diresmikan sejak tahun 1980. Salah satu saksi sejarah Indonesia karena menjadi tempat dilangsungkannya konferensi Asia Afrika. Kalau kamu menyukai sejarah, Museum ini akan sangat menyenangkan karena koleksi dan penjelasan sejarahnya yang lengkap dan luas. Di sini, kamu bisa melihat berbagai dokumentasi dan replika dari pelaksanaan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 lalu.

Museum Konferensi Asia Afrika juga terletak di kawasan wisata Kota Bandung, yakni Jl. Asia Afrika. Buka mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda berdiri dengan megah di sekitar sana. Kamu bisa mendapatkan banyak spot foto bernuansa sejarah yang estetik dan instagramable. Tidak heran kalau kawasan ini selalu ramai oleh para wisatawan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Meskipun kawasan ini terlihat sangat megah, namun Museum Konferensi Asia Afrika bisa dimasuki oleh siapa saja dengan gratis.

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung
Harga Tiket: Gratis

NuArt

NuArt, Photo by Dakatour.com

Selanjutnya, kalau kamu pencinta seni dan  senang senang melihat koleksi patung dan lukisan, NuArt bisa jadi tempat yang cocok buat museum date bareng gebetan. Tempat ini sangat estetik dan banyak spot foto menarik, sehingga bisa jadi museum di Bandung yang instagramable.

Kalau kamu tidak mengerti dengan makna dari koleksi-koleksi di NuArt, kamu tidak perlu khawatir. Akan ada guide yang bertugas memberi penjelasan lengkap mengenai karya seni yang dipajang. Museum date ke NuArt pasti akan sangat seru dan menambah banyak koleksi foto estetik.

Alamat: Jl. Setra Duta Raya No. L6 Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp25.000/orang

Wot Batu

Wot Batu, Photo by sikidang.com

Selanjutnya, Bandung punya museum yang unik karena menampilkan keindahan batu. Museum ini memberikan pemandangan banyak ukuran batu, mulai dari yang kecil hingga besar. Selain batu, kamu juga bisa melihat beberapa bangunan yang dibuat dari batu.

Ada nilai keindahan tersendiri dari koleksi-koleksi yang ada di Wot Batu. Keindahan Wot Batu adalah persembahan dari seniman senior, yaitu Sunaryo. Dengan galeri yang memanjang, kamu bisa menikmati setiap sudut seni yang ada di sana. suasananya pun akan menambah kesan romantis saat kamu melakukan museum date. Info menarik dan hebat dari Wot Batu, museum ini sudah dapat anugerah sebagai kota dengan predikat kreatif dari UNESCO lho!

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No. 98, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp50.000/orang

Museum Barli

Museum Barli, Photo by Travelingyuk.com

Terakhir, masih berhubungan dengan karya seni, kali ini adalah museum dengan koleksi lukisan-lukisan dari seniman, yaitu Barli Sasmitawinata. Para pecinta seni pasti akan sangat dimanjakan jika pergi ke museum ini. Lantai pertama adalah kafe dan tempat diskusi seni. Bisa menjadi tempat nongkrong yang artsy. Kemudian lantai dua memiliki koridor yang melingkar seperti huruf U. Ada banyak koleksi barang-barang zaman dulu, mulai dari mainan, komik-komik jadul, gameboy, serta tempat permainan dingdong. Lalu di lantai tiga adalah tempat khusus untuk galeri lukisan Barli. Ada lukisan Barli yang mempunyai nilai jual tinggi di sini. Museum Barli dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Prof. Sutami, Kota Bandung
Harga Tiket: Tidak diberlakukan tiket masuk, tapi ada tarif untuk tur dan pendidikan seni lukis

Nah, itulah enam rekomendasi museum di Bandung yang instagramable dan menarik untuk dijadikan tempat museum date. Museum-museum terkenal dengan suasana yang membosankan dan angker. Tapi tidak untuk museum-museum di Bandung ini. Selain keseruan, ada banyak wawasan yang bisa didapatkan kalau kita berkunjung ke museum.

Tren museum date saat ini bisa dengan mudah kamu ikuti jika sedang berada di Kota Bandung. Lokasi museum-museum ini pun tidak sulit untuk dijangkau, bahkan beberapa di antaranya memang berada di pusat kota dan dilewati kendaraan umum seperti Damri dan angkot. Dijamin, museum date akan menciptakan kenangan indah dengan gebetan serta memberikan kamu banyak pengetahuan baru. Jadi, selamat menikmati museum date di kota Bandung!


Cove Cherry Homes

Kalau kamu membutuhkan tempat tinggal di Bandung, khususnya kawasan Sukajadi, Cove Cherry Homes bisa menjadi pilihan yang menarik. Hunian ini mengusung konsep terbuka dan ramah sinar matahari. Jaraknya yang dekat dengan Universitas Maranatha, membuat Cove Cherry Homes sangat cocok untuk para mahasiswa. Fasilitas yang bisa dinikmati bersama di sini juga lengkap, mulai dari lobi, dapur, ruang makan, hingga layanan housekeeping mingguan.

Alamat: Jl. Babakan Jeruk IV No. 37-39, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat 40163

Harga: Mulai dari Rp1.600.000/bulan

Cari Kost di Bandung