15 Cafe di Jakarta Selatan Buat Kerja sampai Hangout!

15 Cafe di Jakarta Selatan Buat Kerja sampai Hangout!
Cafe di Jakarta Selatan, photo by PergiKuliner

Jakarta Selatan gak pernah kehabisan tempat nongkrong, terutama soal cafe-cafe yang bertebaran di wilayah ini. Pasalnya, hampir setiap bulannya selalu ada cafe yang buka di area hits Ibukota ini. Terlebih, cafe di Jakarta Selatan sering jadi incaran kawula muda untuk hangout di akhir pekan.

Lewat artikel ini, Cove bakal menyajikan berbagai rekomendasi cafe di Jakarta Selatan. Buat kamu yang hobi ngeteh, ngopi, atau menikmati camilan di daerah Jaksel, yuk, kepoin kelanjutan artikel ini!

Rekomendasi Cafe di Jakarta Selatan

1. La Boheme, Kuningan

La Boheme, photo by Agoda

Selanjutnya ada La Boheme, cafe dengan roof garden yang cocok dijadikan tempat hangout. Tersedia berbagai menu yang menarik, seperti Bucket of Beer and a Plate of Snacks untuk disantap bersama teman-teman di akhir pekan. Kalau makan siang di sini, kamu bisa pesan menu apa saja yang kamu suka, mulai dari spageti, nasi, sup, dan lain-lain. Tertarik?

Suasana di La Boheme

Suasana cafe ini tenang dan jauh dari hiruk pikuk Jakarta. Dengan interior yang ditata bergaya tropical. Beberapa sudut ditata tanaman hias sehingga terasa asri. Jendela yang besar menampilkan pemandangan gedung-gedung di sekitar cafe. Ada dua area di cafe ini, yaitu indoor dan outdoor. Ketika masuk, ada banyak spot instagramable untuk foto. Di area rooftop akan semakin terlihat jelas pemandangan gedung-gedung di sekitarnya. Paling enak nongkrong di rooftop sore dan malam hari.

Alamat: Jl. Setia Budi Barat No.18, Kuningan, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Jam Operasional: Setiap hari (07.00 - 22.00)
Menu Favorit: Bohemian Platters

2. Relung Kopi, Tebet

Selanjutnya ada Relung Kopi yang mengusung tema minimalis. Dengan desain interior yang didominasi warna netral dengan tabanan hijau di setiap pojok ruangan.

Untuk menu makanan, yang bisa kamu coba di sini cukup beragam, mulai dari relung salad, chicken fried rice, salted egg chicken ricebowl, dll. Sementara untuk minuman, kamu bisa mencoba americano, affogato, thai tea, lemon tea, dan yang lainnya.

Suasana di Relung Kopi

Relung Kopi memiliki tempat yang lumayan luas, sehingga nyaman kalau mau datang ke sini ramai-ramai. Namun jika perlu stop kontak, hanya ada di meja dekat dinding. Suasananya nyaman untuk kerja atau nugas. Ada area khusus untuk perokok, dan tempatnya tidak panas. Di sini, kamu bisa mendapatkan free air putih. Terakhir, di luar ada area parkirnya juga sudah luas.

Alamat: Jalan Tebet Barat IX Nomor 17, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu, 12.00 - 22.30
Harga makanan: 60.000 per orang

3. 1/15 (One Fifteenth) Coffee, Kemang

Mencari tempat hangout sekaligus sarapan? Kamu bisa datang ke salah satu cafe yang ada di Kemang ini. 1/15 atau dikenal dengan One Fifteenth ialah tempat ngopi bernuansa minimalis lewat warna all white yang digunakan. Lokasinya cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Bagi kamu yang tinggal di Cove 2510 Urban Living, bisa banget mendatangi café ini untuk hangout di 1/15 Kemang karena hanya berjarak 1 menit berjalan kaki, loh! Sangat dekat bukan?

Sering jadi pilihan cafe untuk sarapan, ada beberapa kombinasi menu andalan yang patut kamu coba, nih! Kamu bisa pilih Kaya Toast untuk dipadukan bersama cappuccino atau americano. Ingin lebih mengenyangkan? Pilih saja menu Breakfast Burger.

Suasana di 1/15 (One Fifteenth) Coffee

Cafe ini sudah buka sejak pagi. Jadi sangat cocok datang untuk sarapan. Nuansa minimalis langsung terasa dari depan cafe hingga ke dalam. Ambience cafe ini sangat nyaman untuk sarapan. Menjelang makan siang, biasanya agak ramai. Di bagian belakang ada tembok polos yang bisa dipakai untuk foto-foto OOTD. Nongkrong di sini terasa nyaman karena suasananya yang homey.

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 37, Kemang, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 21.00)
Menu Favorit: Kaya Toast

4. Matang di Pohon, Mampang

Berlokasi di mampang, Cafe yang menyebut dirinya sebagai First Class Durian terbesar di Jakarta ini menyuguhkan tempat makan duren yang aesthetic banget. Semua spot yang ada di cafe ini instagramable sehingga cocok buat kamu yang suka foto-foto. Tempatnya juga luas dengan pilihan area indoor, semi outdoor, dan outdoor buat kamu yang tertarik nongkrong ala-ala piknik.

Buat menunya kamu pastinya bisa menikmati durian dan berbagai pilihan menu makanan. Ada Sirloin Steak & Squash yang lagi promo bundling seharga Rp99 ribu saja, Beef Ramen, dan sebagainya.

Alamat: Jl. Kemang Selatan No.111, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Weekday (11.00 - 22.00) dan Weekend (11.00 - 23.00)
Menu Favorit: Anything Durian

5. Kina, Senopati

Outdoor Space Kina, photo by Manual Jakarta

Jaksel tak akan kehabisan tempat untuk WFC. Satu lagi rekomendasi tempat bagi kamu yang senang kerja di luar kantor ialah Kina di Senopati. Durasi buka dari cafe ini cukup lama, yakni mulai pukul 07.00 - 00.00. Dengan durasi tersebut, kamu bisa banget jadikan tempat ini untuk bekerja sambil hangout. Interior Kina banyak sekali menggunakan kayu/wooden, ini menjadikan ambience dari Kina lebih terasa hangat.

Pilihan menu dari Kina cukup variatif. Tersedia minuman kopi dan non-kopi. Sementara itu, untuk makanannya lumayan beragam, kamu bisa cicipi hidangan western sampai dengan hidangan korea. Jadi, kamu lebih bebas memilih, deh! Tertarik mengunjungi Kina di Senopati sebagai tempat kerja yang nyaman untukmu?

Suasana di Kina

Kina juga salah satu cafe yang sudah buka pagi-pagi, jadi cocok untuk tempat sarapan. Tempatnya nyaman dengan suasana kayu yang hangat. Di sini ada outdoor, indoor, dan semi indoor area. Ketika masuk sini, rasanya lebih hening daripada hirup pikuk Jakarta. Jadi enak untuk me time atau work from cafe.

Kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk kerja atau nugas karena memang suasananya sangat mendukung. Mejanya juga besar dan disediakan stop kontak di mana-mana.

Alamat: Jl. Birah II No. 82, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Sabtu (07.00 - 00.00), Minggu (07.00 - 22.00)
Menu Favorit: Early Flight

6. FOTOKOPI, Cipete Utara

Warung FOTOKOPI, photo by Madhang

Warung Fotokopi dikenal dengan suasana yang nyaman dan menyediakan berbagai jenis kopi dan minuman lainnya. Salah satu cafe di Cipete yang sedang nge-trend ini sering dijadikan tempat berkumpul dan nongkrong para pecinta kopi.

Di sini kamu juga bisa pesan beberapa menu makanan seperti Ayam Mangut, Ayam Dabu, Ayam Rica, Mie Ayam, dan sebagainya. Menu spesialnya ada Lele Rica dengan level pedas yang bisa kamu request. Cocok banget, deh, buat kamu yang nggak hanya pengin ngopi.

Suasana di Warung FOTOKOPI

Ketika memasuki cafe ini, langsung disuguhi oleh suasana vintage industrial. Membuat ruangan ini jadi estetik. Tempatnya juga nyaman untuk nongkrong atau wfc. Tidak heran di sini selalu ramai. Ruangannya luas, bisa menampung sampai sekitar 80 pengunjung. Fasilitasnya lengkap.

Di sini juga terpajang beberapa karya foto milik ownernya yang juga seorang fotografer. Ada juga beberapa perlengkapan foto lain yang  disulap jadi dekorasi cafe, seperti roll film.

Alamat: Jl. Nangka I No.6, RT.2/RW.5, Cipete Utara, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Setiap hari pukul 09.00 - 22.00 WIB
Menu Favorit: Lele Rica

7. The Garden Osteria by Hiro Group, Senopati

The Garden Osteria by Hiro Group, photo by YouTube

Kalau kamu tertarik bersantap di cafe dengan desain vintage aesthetic yang menarik, maka kamu wajib berkunjung ke The Garden Osteria by Hiro Group di Senopati, nih. Semua detail dan water fountain di bagian tengah cafe memberikan suasana yang nyaman dan fresh. Salah satu cafe Hiro Group ini sudah pasti nggak perlu diragukan lagi soal kualitas makanannya.

Kamu bisa cobain beberapa menu seperti Tagliatelle Bisteca, Oyster of the day, Brie Cheese Salad, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum datang ke sini biar nggak kehabisan tempat, ya.

Suasana di The Garden Osteria

Nuansa Italia langsung terasa begitu memasuki The Garden Osteria. Interiornya dibuat classy dan elegan. Tempatnya luas dengan banyak tempat duduk. Menyenangkan untuk jadi tempat perayaan bersama keluarga atau kerabat, seperti ulang tahun atau natal.

Desain cafe ini pasti akan membuat jatuh hati para pengunjungnya. Setiap sudutnya dibuat detail, ditambah ada chandelier dan fountain yang menjadi ikon dari tempat ini. Disarankan untuk reservasi dulu jika mau datang ke sini weekend, karena biasanya penuh.

Alamat: Jl. Suryo No.38, Senopati, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (11.00 - 00.00)
Menu Favorit: Kiss From a Rose

8. Antasore, Antasari

Outdoor Space Antasore, photo by Zomato

Cafe di Jakarta Selatan dengan konsep open space satu ini cocok banget jadi tempat untuk work from café (WFC). Namun, tak perlu khawatir karena area outdoor ini tidak akan terasa panas atau gerah, justru malah menjadi spot favorit dari Antasore. Selain outdoor space, Antasore tetap menyediakan area indoor untuk kamu yang senang berada di dalam ruangan. Baik indoor atau outdoor, terdapat fasilitas pendukung yang cukup mumpuni untuk kamu yang senang berada di depan laptop, yakni stop kontak.

Dari segi menunya sendiri, Antasore menyajikan banyak variasi Japanese menu. Mulai dari sushi, sashimi, salad, bento, dan camilan Jepang seperti yakitori. Untuk minumannya, tersedia coffee hingga mocktail, loh! Kamu bisa cicipi salah satu menu andalan dari Antasore, yaitu Es Kopi Sore.

Alamat: Jl. Pangeran Antasari No. 19, Cilandak, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Jumat (10.00 - 00.00), Sabtu - Minggu (08.00 - 10.00)
Menu Favorit: Es Kopi Sore

9. Work Coffee, Lebak Bulus

Rooftop Work Coffee, photo by PergiKuliner

Semenjak pandemi memang banyak cafe yang baru yang cocok untuk dijadikan tempat WFC. Work Coffee letaknya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan punya konsep yang cukup unik, yakni ala museum dengan sentuhan instagramable. Tak hanya itu, cafe satu ini pun memiliki slogan “less waste more coffee” sehingga seluruh menu hanya bisa dinikmati di tempat dan tidak bisa melakukan take away.

Di samping dari prinsip yang dimiliki, desain semi industrial dari Work Coffee bisa dibilang sederhana. Penggunaan warna abu-abu gelap cukup dominan di tempat ini, baik di area indoor atau outdoor. Tempatnya pun cukup luas, sehingga kamu bisa bebas memilih area mana yang nyaman untuk ditempati.

Kalau kamu ingin mencoba menu rekomendasi di Work Coffee, cobalah pesan signature minuman mereka yang terdiri dari 6 variasi menu, yaitu Sixth Sense, Cassandra, Sweet Sunset, Pinapple Tropical, Popping Berry, dan Javanesse Latte. Work Coffee juga menyediakan menu makanan mulai dari appetizer, main course, dan dessert.

Suasana di Work Coffee

Memasuki cafe ini, kamu akan langsung melihat tangga melingkar yang estetik dan menarik perhatian. Desain tempat ini memang dibuat unik dengan konsep minimalis. Areanya luas dan dilengkapi photoboot. Ada banyak stop kontak dan meja, sehingga nyaman untuk jadi tempat wfc. Karena tempatnya agak jauh dari jalan raya, jadi terhindar dari hiruk pikuk dan polusi jalan.

Alamat: Jl. H Ipin No. 81, Lebak Bulus, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Selasa - Kamis (07.00 - 21.00), Jumat - Senin (07.00 - 22.00)
Menu Favorit: Sixth Sense, Sweet Sunset

10. Scarlett’s Cafe, Senopati

Menu Scarlett’s Cafe, photo by Manual Jakarta

Dessert seperti tiramisu sangat cocok untuk menemani jadwal hangout cantik kamu. Sukses pada cabang pertama di PIK, dessert cafe berikut ini akhirnya buka di Jakarta Selatan. Scarlett’s Coffee yang baru aja buka di bilangan Senopati boleh banget, nih, masuk ke dalam list. Tak kalah estetik, Cafe berlokasi di Senopati mengusung konsep cafe ala Eropa lewat interior dinding bata dan material kayu yang digunakan. Tentu aja konsep ini bikin suasana terasa lebih warm.

Ketika datang ke Scarlett’s Cafe, menu andalan yang wajib kamu coba tentu adalah Poured Tiramisu yang sangat viral. Rasa dari tiramisu ini sangat pas karena tidak terlalu manis ataupun pahit. Kemudian, tekstur yang lembut serta fluffy bikin makan dessert ini terasa effortless. Sementara itu, untuk minumannya kamu bisa coba beberapa menu favorit seperti Watermelon Sorbet, Strawberry Basil, atau Scarlett’s Signature Latte kalau kamu senang minum kopi.

Alamat: Jl. Tulodong Bawah No. 2A, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Rabu - Senin (11.00 - 20.00)
Menu Favorit: Poured Tiramisu, Scarlett’s Signature Latte

11. Kopi Lima Detik, Panglima Polim

Nuansa hijau dari Kopi Lima Detik membuat tempat ini terasa cozy dan asri. Walaupun tidak terlalu luas, Kopi Lima Detik cocok buat kamu yang ingin nongkrong dengan tenang. Pasalnya, lokasi dari cafe ini sedikit jauh dari jalan raya sehingga minim kebisingan. Mau WFC di cafe ini? Bisa dong karena memiliki fasilitas stop kontak yang banyak serta wifi.

Menu yang ada di Kopi Lima Detik memang tidak terlalu banyak, tetapi cukup untuk mengenyangkan kamu saat hangout. Terdapat minum serta main course yang dapat dipesan. Kalau datang ke cafe ini, tentu saja wajib mencicipi menu Kopi Lima Detik Series.

Suasana di Kopi Lima Detik

Memasuki area Kopi Lima Detik, kamu akan merasakan suasana retro modern minimalis yang menjadi daya tariknya. Dinding di sini dilapisi keramik dengan nuansa seperti film-film jadul. Menjadi surganya para pencinta nuansa jadul atau vintage. Tempat duduknya bervariasi, ada sofa dan kursi kayu. Di sini juga ada area indoor dan outdoor untuk smoking area.

Alamat: Jl. Panglima Polim XII No. 46, Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 22.00)
Menu Favorit: Es Kopi Lima Detik Original

12.  Ramu Nostalgia, Tebet

Ramu Nostalgia, photo by Detikcom

Cafe milik Rizky Febian ini menjual jajanan 90-an dan minuman yang dijamin enak. Lokasinya gampang banget ditemukan karena berada tepat di seberang Pasar Tebet Barat. Di sini kamu bisa menikmati minuman dengan bumbu nostalgia, bersama dengan rambut nenek, permen jeli, dan wafer. Kalau lagi nyari yang seger-seger, kamu bisa pesan Es Nutrisari Nastar atau Es Nutrisari Kopyor.

Suasana di Ramu Nostalgia

Dilihat dari luar, tempat ini seperti kecil. Tapi ketika memasuki area dalam, tempatnya cukup luas juga dengan outdoor dan indoor area. Di sini, kamu akan merasakan sensasi nostalgia karena ada banyak pernak-pernik yang mengingatkan kita pada zaman 90-an.

Area outdoor lebih luas daripada indoor. Kalau cuaca sedang bagus, nyaman sekali nongkrong di area outdoor ini. Mejanya sudah dilengkapi stop kontak. Jadi bisa juga dipakai untuk wfc. Paling enak nongkrong sore-sore.

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya IX No.56, Tebet, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Weekday (10.00 - 21.00) dan Weekend (09.00 - 21.00)
Menu Favorit: Es Grim Roti Biscoff

13. Payu Coffee & Eatery, Gandaria

Sedang berada di kawasan Gandaria, Jaksel? Ada satu cafe yang wajib banget, nih buat kamu datangi. Yap, Payu Coffee & Eatery yang punya tempat nyaman serta lokasi strategis. Area indoor dikemas dengan sentuhan warm lewat penggunaan furniturenya. Di tambah meja-meja yang mendukung kamu untuk WFC dengan lebih nyaman. Untuk area outdoor dari Payu Coffee & Eatery cocok buat kamu yang suka hangout sambil chit-chat dengan teman. Plusnya, area outdoor dari Payu Coffee sangat sejuk karena dikelilingi beberapa tanaman.

Menu makanan dan minuman di Payu Coffee & Eatery lumayan lengkap. Tentu dengan rasanya yang lezat. Kamu wajib pesan minuman Floating Island bagi yang senang menikmati kopi manis.

Suasana di Payu Coffee dan Eatery

Cafe ini nyaman untuk jadi tempat nugas atau wfc. Ada area indoor dan outdoor. Untuk indoor sendiri, kapasitasnya cukup banyak dengan stop kontak yang sudah ada di setiap kursi. Nyaman untuk kerja atau ngobrol di sini. Area outdoor juga tidak kalah nyaman untuk kerja, walau kursinya tidak sebanyak indoor. Tempatnya sangat cozy dengan internet yang kencang.

Alamat: Jl. Gandaria Tengah III No. 19A, Gandaria, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.30 - 22.30)
Menu Favorit: Floating Island, Marry Poppins

14. Lorong Kopi, Cilandak

Outdoor Space Lorong Kopi, photo by Indozone

Hidden gem yang tidak kamu sangka akan ditemukan di balik masjid. Sebelum masuk ke Lorong Kopi, kamu perlu menelusuri lorong terlebih dahulu sebagai pintu masuknya. Voila, setelah sampai kamu akan disambut dengan nuansa asri dari Lorong Kopi. Ukuran tempatnya tidak terlalu besar ataupun kecil, tetapi sangat nyaman apabila kamu jadikan tempat untuk bekerja.

Areanya duduk di Lorong Kopi banyak berupa outdoor. Di tambah hijau pepohonan yang mengelilingi. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di café satu ini. Menu andalan sekaligus signature dari Lorong Kopi ialah Kopi Teman Lorong dan Kopi Bang Toyib. Kamu juga bisa memesan beberapa mocktail atau the, loh!

Suasana di Lorong Kopi

Seperti namanya, kamu harus melewati lorong. Suasananya asri karena ada banyak tanaman. Tidak terlalu luas, namun homey. Rasanya seperti ada di halaman belakang rumah. Tempatnya tepat ada di sebelah masjid. Kalau datang ke sini weekend, suasananya agak ramai karena banyak pengunjung. Di sini juga ada kucing yang bersahabat dan menyenangkan buat para cat lovers.

Alamat: Jl. Margasatwa No.9, RW.7, Cilandak Timur, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 22.00)
Menu Favorit: Kopi Teman Lorong, Kopi Bang Toyib

15. Soon Coffee and Bakery, Blok M

Soon Coffee and Bakery, photo by PergiKuliner

Coffee shop sekaligus bakery yang bisa menjadi pilihanmu ketika datang ke daerah Melawai, Blok M. Harga affordable serta rasanya yang lezat membuatmu wajib untuk mencicipi menu di café satu ini. Sebelum mencicipi makanannya, ketika datang ke Soon Coffee and Bakery kamu akan disambut dengan interior modern minimalis serta sedikit sentuhan industrial. Dominasi warna yang digunakan di café ini pun cukup netral, yakni putih yang mampu memberikan kesan clean. Suasananya mirip dengan Korean café, tentunya sudah pasti estetik.

Hampir semua menu yang disediakan oleh Soon Coffee and Bakery punya cita rasa lezat. Namun, menu yang wajib banget untuk kamu coba tentu berbagai varian Croissant dengan harga mulai dari Rp14.000 hingga Rp28.000. Tersedia juga berbagai jenis roti yang dapat kamu cicip. Nah, untuk minumannya, terdapat tiga varian signature beverages, yaitu Dark Belgian Chocolate, Dark Belgian Mocha, dan Shakreto Creamy Latte.

Alamat: Jl. Melawai VI Blok M No. 3, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp70.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Sabtu (07.00 - 21.00)
Menu Favorit: Djava Aren Presso, Fruit Danish

Well, itu lah 10 rekomendasi cafe di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi untuk hangout atau bekerja. Tentunya, kamu bisa pilih cafe sesuai preferensi mulai dari menu, interior, harga, dan lokasi yang diinginkan.