10 Tempat Dinner Romantis di Jakarta, Bisa Bawa Pasangan!

10 Tempat Dinner Romantis di Jakarta, Bisa Bawa Pasangan!
Tempat Dinner Romantis di Jakarta, photo by freepik/senivpetro

Berbicara tentang restoran di Jakarta, ada banyak sekali pilihan tempat makan yang bisa kamu sesuaikan dengan occasion tertentu. Jika kamu dan pasangan adalah orang yang gemar merayakan momen-momen berharga seperti ulang tahun, anniversary, ataupun valentine, tak ada salahnya untuk sesekali berdandan dan menjajal restoran terbaik yang ada di ibu kota.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari tempat dinner romantis di Jakarta, beberapa rekomendasi berikut ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendukung hari spesialmu bersama pasangan!

10 Tempat Dinner Romantis di Jakarta

1. OSCAR

OSCAR, photo by exquisite-taste-magazine.com

Pilihan tempat dinner romantis di Jakarta yang pertama adalah Oscar. Terletak di lantai 46 dari Altitude The Plaza, restoran ini benar-benar menyajikan panorama city lights yang mengagumkan saat malam hari. Ceiling-nya yang dibuat meninggi dengan limpahan lampu chandelier berestetika klasik pun kian menambah atmosfer glamor dari restoran Eropa yang satu ini.

Yup, Oscar merupakan sebuah restoran modern yang menyuguhkan beragam eksplorasi menu khas Eropa dengan menggabungkan cita rasa otentik Timur dan sedikit sentuhan Asia. Pilihan menunya pun cukup beragam, mulai dari hidangan pembuka, utama, sampai pencuci mulut. Sebut saja Prawn Puff, Cajun Spiced Chicken, dan Chocolate Gâteau.

Pengalaman Makan di Oscar:

Saat datang ke sini, kita akan diberikan welcome bread dengan cita rasanya yang lembut di lidah. Braised Beef Bourguignon menjadi main course pertama yang saya pesan di sini, olahan daging sapinya yang lembut dan juicy, dipadukan dengan anggur merah dan mashed potato, menjadi satu kesatuan yang terasa pas sekali.

Kemudian, Premium Meet Pizza hadir dengan volumenya yang tipis, namun memiliki topping daging dan mozarella yang melimpah sehingga begitu nikmat plus lumer di mulut. Saat reservasi, kamu juga bisa request meja yang dekat dengan jendela. Overall, pengalaman makan di Oscar sangat menyenangkan dan cocok untuk jadi tempat dinner bareng pasangan.

Alamat: The Plaza 46th Floor Jl. MH. Thamrin No. 28-30 Jakarta 10350, Indonesia
Jam Buka: Senin - Minggu (12:00 - 21:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

2. Pierre

Pierre, photo by Instagram @/Pierre.jkt

Siapa yang tidak mengenal tempat makan di Jakarta yang satu ini? Pierre adalah sebuah restoran Perancis yang memiliki ambience elegan dan begitu sarat akan sentuhan klasik. Setiap pengunjung yang bersantap di restoran ini juga akan dimanjakan dengan lantunan musik syahdu ala Perancis yang semakin menambah impresi mewah dari restoran ini. Tidak heran bila Pierre selalu dijadikan andalan bagi banyak pasangan yang sedang ingin mencari tempat dinner romantis di Jakarta. Ada banyak sekali menu favorit khas Pierre, mulai dari Escargot, Rustic Chicken Soup, Creme Brulee, hingga L'entrecote au Poivre.

Pengalaman Makan di Pierre:

Sebelum menyantap hidangan, setiap tamu akan mendapatkan welcome bread gratis. Menu yang pernah saya coba ketika makan di Pierre adalah Filet De Saumon yang menjadi hidangan best seller mereka. Ini adalah salmon panggang bertekstur tebal nan gurih yang disajikan bersama beurre blanch atau butter sauce khas Perancis.

Kemudian ada L'entrecote au Poivre yang merupakan black angus steak bertekstur kenyal dengan cita rasanya yang juicy. Saya pesan dalam tingkat kematangan medium rare, tetapi justru di situlah kenikmatannya berasal!

Alamat:  JL. Senopati No. 39 Jakarta, 12190
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 00:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

3. KITA Restaurant

KITA Restaurant, photo by parkhyattjakartarestaurants.com

Mau coba tempat dinner romantis di Jakarta yang menyajikan hidangan otentik Jepang berkualitas premium? Saatnya untuk mencoba Kita Restaurant yang lokasinya ada di lantai 37 dari Park Hyatt Jakarta ini. Kamu bisa menemukan rangkaian kreasi menu khas Negeri Sakura yang disajikan dalam presentasi terbaik, mulai dari Shabu-Shabu, Teppanyaki, Robatayaki, Tempura, hingga sampai Sushi dan Sashimi.

Letaknya yang berada di atas ketinggian pun memungkinkan kamu untuk bisa mengukir momen spesial bersama pasangan dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit. Tak hanya itu, Kita Restaurant juga menawarkan 9 buah private room dengan desain ruang berkonsep meja tatami.

Pengalaman Makan di Kita Restaurant:

Kita Restaurant punya konsep open kitchen di mana kita bisa melihat langsung proses penyajian makanan. Takoyaki di sini punya isian yang full dengan potongan cumi super kenyal dan sedikit rasa jahe.

Sementara untuk menu main course-nya ada Signature Cod Fish in Claypot yang terdiri dari ikan gindara, black truffle, scallops, serta nasi dengan teksturnya yang buttery sehingga begitu menyatu satu sama lain. Cocok banget untuk kamu pesan berdua sama pasangan karena hadir dalam porsi yang besar sehingga bisa di-sharing.

Oh iya, Kita juga menerapkan dress code berupa pakaian smart-casual, jadi hindari memakai singlet dan sandal, ya!

Alamat: Park Hyatt Jakarta, Lantai 37 Jl. Kebon Sirih No. 17 - 19, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka:  Senin - Minggu (07:00 - 23:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

4. Kalia

Mencari tempat dinner romantis di Jakarta yang sudah punya paket khusus untuk candle light dinner? Kalia adalah jawaban yang tepat untuk kamu! Dengan harga mulai dari Rp500 ribuan saja, kamu sudah bisa mendapatkan paket spesial ini yang sudah termasuk table decoration cantik untuk menambah kesan romantis dari pengalaman makan malam kamu dengan pasangan.

Kalia mengadaptasi estetika modern tropical dan industrial modern dengan rona cokelat hitam. Terbagi menjadi dua lantai, restoran ini memiliki lahan yang cukup spacious sehingga kamu bisa dengan bebas memilih tempat duduk ternyaman. Kalia menyajikan masakan ala Indonesia, Western, dan Asia dengan harga ramah kantong.

Pengalaman Makan di Kalia:

Meskipun terlihat fancy, tetapi nyatanya hampir seluruh menu dari Kalia punya harga yang cukup murah, lho! Sebagai contoh, sajian Chicken Corden Bleu di sini hanya dihargai Rp69 ribuan saja, potongan dagingnya yang tebal dijamin tidak alot. Menu ini disajikan bersama salad dan kentang goreng.

Kemudian ada Beef Wellington, yaitu steak daging sapi yang dilapisi puff pastry dengan isian padat sehingga mampu menghasilkan tekstur lembut dan gurih di lidah. Terakhir, makanan pencuci mulut berupa Cheese Cake dengan sedikit sentuhan rasa manis dan taburan cinnamon crumble, membuatnya semakin terasa balance.

Alamat: Jl. Asem Baris Raya No. 121, Tebet, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

5. Roma Osteria

ROMA Osteria, photo by new.uniongroupjakarta.com

Tidak hanya kerap menjadi pilihan favorit untuk makan siang bagi karyawan kantoran, namun Roma Osteria juga bisa menjadi lokasi yang cocok untuk tempat dinner romantis di Jakarta. Bagaimana tidak? Restoran SCBD besutan The Union Group ini punya konsep interior menawan yang memadukan estetika Romawi dari abad pertengahan dan unsur modern.

Penempatan meja dan kursinya pun ditata sedemikian rupa dengan sofa kulit berwarna merah dan langit-langit kayu berbentuk kubah sehingga mampu menghasilkan kesan yang megah. Sementara itu, menu hidangan yang bisa kamu cicipi di sini, mulai dari kreasi Black Angus Tenderloin, Grilled Salmon Fillet, sampai pilihan dessert berupa Tiramuisu yang menggugah selera.

Pengalaman Makan di Roma Osteria:

Letaknya yang berada tepat di area perkantoran memang akan membuatmu lebih sering bertemu dengan aktivitas karyawan di sekitar Sequis Tower, tetapi jika kamu datang saat malam hari, Roma Osteria akan disulap dengan pencahayaan yang dibuat remang-remang, sehingga cocok untuk candle light dinner dengan suasana yang lebih intim.

Menu Tiramisu milik Roma Osteria selalu dianggap sebagai salah satu yang terbaik se-Jakarta, dan ini memang terbukti benar, kandungan alkoholnya cukup terasa dan sangat lumer di mulut!

Alamat: Sequis Tower, Lantai Ground Jl. Jenderal Sudirman Kav. 71, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 23:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

6. Animale Restaurant

Animale Restaurant, photo by Animale

Selanjutnya, ada Animale Restaurant yang juga menyuguhkan lanskap gemerlap kota Jakarta dari ketinggian gedung MD Place. Kamu dan pasangan bisa memilih meja yang berada di sisi dinding kaca jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik. Dominasi estetika kontemporer dengan skema warna gelap yang atraktif juga menjadi kombinasi elemen yang luar biasa bagi restoran ini.

Animale Restaurant menjamin pengalaman bersantap kelas dunia dengan masakan Amerika progresif dan cita rasa Mediterania. Menu-menu yang tersedia di sini antara lain Wagyu and Foie Gras, Octopus, Salmon, dan Oops Cheesetart.

Pengalaman Makan di Animale Restaurant:

Sesuai rekomendasi yang saya dapatkan dari seorang teman, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba salah satu menu favorit dari Animale, yaitu Wagyu & Foie Gras. Hidangan ini berstatus sebagai appetizer yang mampu membangkitkan selera makan kamu. Daging wagyu-nya diiris tipis-tipis dan disajikan dengan semacam pangsit berbentuk pipih untuk kenikmatan yang tiada tara. Teksturnya pun sangat lembut dan segar, sama sekali tidak amis! Lalu, ada Wagyu Beef Cheek dengan potongan dagingnya yang tender, super tebal, serta bumbunya yang meresap sempurna. Jangan lupa pesan, ya!

Alamat: Jl. Setiabudi Selatan no 7 MD Place 11th Floor, Kuningan, Jakarta 12910
Jam Buka: Senin - Minggu (Lunch: 12.00 - 15.00, Dinner: 17.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

7. Henshin

Henshin, photo by henshinjakarta.com

Nah, kalau pilihan tempat dinner romantis di Jakarta yang satu ini memang sudah menjadi primadona untuk para pasangan yang ingin merayakan momen spesialnya, mengingat salah satu daya tarik dari Henshin adalah letaknya yang berada di lantai 67-69 dari hotel The Westin Jakarta. Tidak heran bila Henshin digadang-gadang sebagai restoran dan bar tertinggi yang ada di ibu kota sampai saat ini.

Kamu bisa menikmati panorama 360° kota Jakarta yang memesona dengan dinding-dinding kaca super besar dan menyatu dalam tiga lantai. Area tangganya yang dibuat melingkar dengan pendaran city view menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto. Henshin menawarkan sajian masakan Jepang berupa set menu dan a la carte dengan sentuhan cita rasa eklektik Peru.

Pengalaman Makan di Henshin:

Kalau kamu tidak begitu mempermasalahkan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk ‘membeli experience’, maka Henshin bisa menjadi pilihan yang tepat. Di lantai 67, kamu bisa memilih untuk duduk di area indoor, bar alfresco, atau area lounge. Sementara di lantai 68, terdapat konsep dapur terbuka jika kamu ingin melihat bagaimana proses pembuatan makanan. Terakhir, tempat bersantap yang lebih privat tersedia di lantai 69, ini menjadi area yang sangat tepat untuk makan malam romantis bagi para sejoli.

Karena Henshin dikenal dengan masakan Jepangnya, saya pun memesan beberapa Sushi Platter yang menurut saya cukup menggugah selera. Mereka juga hadir dalam porsi yang besar sehingga dijamin akan mengenyangkan perutmu. Salah satu sushi yang paling recommended di sini adalah Lemonyaki, isinya berupa perpaduan salmon segar, cream cheese, dan avocado dengan sedikit sentuhan lemon yang terasa ‘kawin’ satu sama lain.

Alamat: Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C22-A Jakarta Selatan, Jakarta 12910
Jam Buka: Senin - Minggu (17.00 - 23.00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

8. The Garden Osteria

The Garden Osteria, photo by Edwin Joseph

Menyantap hidangan Italia sembari ditemani halusnya suara gemericik air mancur adalah ambience yang bisa kamu dapatkan saat makan malam romantis di The Garden Osteria. Konsep arsitekturnya dibuat sangat cantik dengan keberadaan kolam air mancur mini dan chandelier berukuran besar di tengah ruangan, kedua komponen ini menjadi focal point yang paling ikonis dari The Garden Osteria.

Salah satu tempat makan di Senopati yang hingga kini masih digandrungi oleh para pasangan muda ini menyuguhkan menu-menu khas Italia seperti Pizza, Pasta, Soup, dan pilihan Steak. Kamu juga dapat menikmati berbagai menu pendamping seperti kue, artisan tea, hingga signature cocktails dan anggur berkualitas.

Pengalaman Makan di The Garden Osteria:

The Garden Osteria memang begitu Instagramable bila dikunjungi saat siang hari, tetapi ketika malam menyambut, ambience di setiap sudutnya seolah siap untuk menerima para pasangan yang ingin menghabiskan malam spesialnya dengan menyantap sajian terbaik di restoran ini. Saya sudah mencoba setidaknya tiga buah menu di sini, yaitu:

  • Baileys Misu: Classic tiramisu yang disiram dengan baileys sauce, kombinasinya balance, dijamin lembut, dan super nagih. Kamu juga bisa request tulisan di dessert ini. Worth to try!
  • Margherita Pizza: Padu padan lelehan keju mozarellanya yang gurih, saus tomatnya yang penuh, dan tepiannya yang crunchy, sukses membuat menu ini terasa begitu istimewa. Bisa juga untuk sharing antara dua sampai tiga orang.
  • Truffle Tagliatelle: Homemade pasta yang punya seasoning melimpah, mulai dari mushroom, truffle cream, sampai ke bagian cheese-nya. Tidak ketinggalan dengan bubuhan 120 gram Australian Ribeye yang luar biasa nikmat.
Alamat: Jl. Suryo No. 38, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 24.00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

9. Skye

Skye, photo by Instagram @/Skye_56

Restoran fine dining yang cocok jadi tempat dinner romantis di Jakarta ini juga punya panorama garis cakrawala yang tidak kalah memukau. Skye terletak di puncak Menara BCA lantai 56 yang sekaligus menyuguhkan area bar dan rooftop terbuka dengan suguhan live music. Sementara untuk kamu yang ingin makan malam intimate bersama pasangan, kamu bisa memilih area indoor dengan ambience yang jauh lebih hangat dan tenang. Skye menawarkan aneka menu Asia dan Eropa dengan kelezatan yang tak terbantahkan, mulai dari Maple Glazed Salmon, Smoked Brisket, Aburi Miyazaki Wagyu, sampai pilihan dessert dan wine.

Pengalaman Makan di Skye:

Kalau kamu belum pernah menjajal makan di Skye, coba ajak pasanganmu untuk makan malam romantis di sini, terutama saat momen-momen tertentu seperti ulang tahun atau anniversary. Karena pelayanan yang diberikan oleh tim Skye boleh dibilang menjadi salah satu yang terbaik untuk sebuah restoran fine dining. Semuanya sangat helpful, cepat tanggap, dan ramah kepada setiap pelanggan.

Jangan lupakan ambience-nya yang sangat mendukung untuk dinner romantis sambil deep talk. Di sini, saya memesan Aburi Miyazaki Wagyu sebagai menu utama. Dagingnya di-torch dengan tambahan foie gras dan caviar di bagian atas, membuat seluruh komponen ini terasa begitu menyatu di dalam mulut.

Alamat: Menara BCA, Lantai 56 Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Minggu (17.00 - 23.00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

10. Bottega Ristorante

Bottega Ristorante, photo by Manual Jakarta

Satu lagi tempat dinner romantis di Jakarta yang wajib kamu coba bersama pasangan, yaitu Botegga Ristorante. Ini adalah restoran khas Eropa di daerah SCBD yang juga punya ambience tak kalah romantis dengan tempat makan lainnya. Setiap sudut dari interior Bottega benar-benar terasa elegan berkat hadirnya estetika Art Deco dengan material mozaik emas dan pelat logam yang mewakili kemewahan.

Bottega Ristorante hampir selalu diramaikan oleh pengunjung dari berbagai kalangan. Jadi, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar kamu dan pasangan bisa mendapatkan meja yang diinginkan.

Pengalaman Makan di Bottega Ristorante:

Tidak hanya menjual kemewahan saja, tetapi Bottega Ristorante juga membuktikan kualitas mereka lewat rangkaian hidangan premium, mulai dari Rp300 ribu per pax. Chicken Gyros with Rice Pilaf & Pita Chips dengan dagingnya yang juicy dan tender sukses membuat saya ingin kembali lagi datang hanya untuk mencicipi menu yang satu ini untuk kedua kalinya.

Ini bagian yang paling unik dan spesial! Saya juga memesan Mythical Forest sebagai dessert. Menu ini disajikan dalam bentuk ‘pohon’ berukuran besar yang terbuat dari cotton candy, chocolate mousse, mixed berry coulis, dan pistachio crumble. Estetika hidangan penutup seperti ini tidak akan bisa kamu temukan di restoran lain!

Alamat: Fairgrounds, SCBD Lot 14 Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 - 53, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Kamis (11:00 - 22:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 23:00), Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang


Demikian rekomendasi tempat dinner romantis di Jakarta yang cocok untuk jadi lokasi candle light dinner bersama pasangan. Beberapa restoran dengan kategori fine dining mengharuskan kamu untuk berpakaian formal atau tidak boleh memakai sandal. Jadi, pastikan juga untuk mempersiapkan pakaian terbaikmu, ya!