20 Tempat Makan di Jakarta yang Enak dan Terfavorit!

20 Tempat Makan di Jakarta yang Enak dan Terfavorit!
Tempat Makan di Jakarta, photo by Livingnomads.com

Sebagai ibu kota negara, Jakarta selalu menjadi pusat pertumbuhan dan perekonomian. Selain memiliki area hiburan yang melimpah, Jakarta juga diramaikan dengan beragam wisata kuliner yang tidak ada habisnya, mulai dari kaki lima hingga bintang lima semuanya ada di sini. Masyarakat yang tinggal di kota ini bahkan tidak akan kebingungan lagi saat harus menentukan tempat bersantap yang ideal untuk mereka. Nah, bila kamu sedang mencari tempat makan di Jakarta yang dikenal nikmat dan terfavorit, Cove punya rekomendasi 20 restoran yang patut untuk kamu kunjungi. Check this out!

Tempat Makan di Jakarta Barat

Talaga Sampireun

Talaga Sampireun, photo by venuerific

Mau cari tempat makan di Jakarta Barat yang cocok untuk dipakai bersantap dengan keluarga besar? Konsep dari Talaga Sampireun adalah yang paling ideal untuk kamu pilih. Restoran ini terdiri dari saung-saung yang mengelilingi danau buatan di bagian tengah, sehingga kamu akan merasakan atmosfer asri layaknya sedang berada di sebuah pedesaan. Talaga Sampireun menyajikan aneka masakan nusantara yang didominasi oleh seafood segar, mulai dari Gurame Terbang, Udang Telur Asin, sampai Cumi Bakar Penyet. Terdapat juga ragam fasilitas menyenangkan, seperti playground, live music, hingga wahana perahu untuk melengkapi momen bersantapmu.

Alamat: Jl. Lingkar Luar Barat No. 17, Puri, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Jumat (11:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

B’Steak Grill & Pancake

Bsteak Grill & Pancake, photo by Zomato

B’Steak Grill & Pancake adalah sebuah restoran keluarga berkonsep western yang diusung dengan gaya modern minimalis. Layaknya sebuah restoran keluarga, tempat makan di Jakarta ini berukuran sangat luas dan mampu menampung banyak pelanggan. Sesuai namanya, restoran ini menyuguhkan olahan steak sebagai hidangan utama, seperti Black Angus, Wagyu Steak, Fish Steak, dan lain-lain. Untuk kamu yang ingin lebih privat dan terhindar dari kebisingan, tersedia ruangan VIP eksklusif.

Alamat: Jl. Green Ville Blok AS No. 32, Green Ville, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Leviticus 11

Leviticus 11, photo by Pergikuliner

Ada tempat makan di Meruya yang cantik dan wajib kamu datangi bareng teman-teman, namanya Leviticus 11. Restoran ini adalah pilihan tepat kalau kamu ingin berburu foto dengan latar belakang terbaik. Leviticus 11 juga memiliki VIP room dan fuction room untuk kamu yang berencana membuat event di sini. Jangan lupa untuk mencicipi Ayam Seribu Rempah atau Bebek Goreng Renyah saat makan di sini.

Alamat: Jl. Penyelesaian Tomang II Blok 11 No. 1, Meruya, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Kamis (08:00 - 21:00), Jumat (08:00 - 17:00), Minggu (08:00 - 21:00), Sabtu Tutup
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000

Tempat Makan di Jakarta Pusat

Penang Bistro

Penang Bistro, photo by Penang Bistro

Mencari tempat makan di Jakarta yang punya ambience menawan dengan banyak spot foto? Penang Bistro cabang Kebon Sirih adalah pilihan yang sangat tepat. Di sini, kamu bisa menikmati sajian makanan sambil dikelilingi oleh rangkaian taman vertikal modern yang estetis di bagian dindingnya. Keramahan layanan dari Penang Bistro juga selalu menjadi unggulan. Menu yang dihidangkan berasal dari tangan koki terbaik dengan paduan bahan-bahan yang segar, seperti Sambal Ebi Prawn, Penang Hokkien Mie, dan Hainanese Chicken Rice Roasted.

Alamat: Jl. Kebon Sirih No. 59, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Seribu Rasa Menteng

Seribu Rasa Menteng, photo by venuerific

Dikenal sebagai restoran di Jakarta Pusat dengan pelayanan premium, Seribu Rasa Menteng selalu menjamin pengalaman bersantap yang tak terlupakan bagi setiap orang yang ingin menikmati aneka hidangan autentik Indonesia. Interiornya yang mewah dan elegan juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Seribu Rasa Menteng. Atmosfer yang ditawarkan juga begitu homey dengan elemen kekayuan. Salah satu menu favorit Seribu Rasa adalah Jimbaran Fried Fish.

Alamat: Jl. H. Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Smriti

Smriti, photo by dewimagazine

Smriti adalah restoran otentik Indonesia yang begitu kental dengan nuansa tradisional, bahkan kamu akan merasa seperti sedang terdampar di sebuah bangunan kuno khas Hindia Belanda. Ragam koleksi benda historis, furnitur kekayuan, dan sofa-sofa berukuran besar selalu menyambut datangnya pengunjung dari berbagai sisi. Cocok untuk dijadikan sebagai tempat pertemuan bersama kolega. Berbicara tentang menu, Steak Saus Rendang menjadi sajian unik sekaligus nikmat yang wajib untuk dipesan.

Alamat: Jl. Tanah Abang Timur No. 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 24:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 01:00), Minggu (11:00 - 24:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

Juni Bar & Lounge

Juni Bar & Lounge, photo by Instagram @/juni.jkt

Rekomendasi tempat makan di Jakarta lainnya yang patut kamu singgahi, yaitu Juni Bar & Lounge. Restoran Instagramable ini memiliki atmosfer super aesthetic dengan banyak spot foto. Salah satu keunggulan dari Juni Bar & Lounge adalah kualitas layanannya yang sangat ramah dan informatif. Kamu juga bisa melihat live music kalau datang ke sini saat malam hari. Pistachio Lava Cake menjadi menu best seller Juni.

Alamat: Jl. Cikini Raya No. 16, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 01:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 02:00), Minggu (11:00 - 01:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Plataran Menteng

Plataran Menteng, photo by Liandro N. I. Siringoringo/Manual Jakarta

Plataran Menteng menawarkan perpaduan masakan Asia otentik dengan cita rasa tradisional Indonesia. Bangunan bergaya kolonial yang megah dari restoran ini terasa begitu menenangkan dengan kehadiran elemen klasik. Restoran yang sempurna untuk pertemuan keluarga ataupun acara formal.

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 42, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

Tempat Makan di Jakarta Timur

Bale Bengong Seafood

Bale Bengong Seafood, photo by highend-magazine

Terletak di dekat Bandara Halim Perdana Kusuma menjadikan Bale Bengong Seafood selalu jadi andalan bagi para pekerja ataupun masyarakat di sekitarnya. Salah satu tempat makan di Jakarta Timur ini menawarkan atmosfer yang asri dengan pepohonan rimbun serta saung-saung berkonsep modern. Sesuai namanya, Bale Bengong didominasi oleh sajian seafood dengan porsi yang memuaskan, mulai dari Udang Bakar Keju, Cumi Saus Tiram, sampai Kepiting Lada Hitam.

Alamat: Jl. Angkasa, RT.5/RW.9, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000

Bruen Coffee & Kitchen

Bruen Coffee & Kitchen, photo by Instagram @/bruencoffeekitchen

Ada cafe fancy di daerah Jatinegara yang selalu digandrungi oleh banyak orang, yaitu Bruen Coffee & Kitchen. Terdiri dari dua lantai, cafe ini memiliki ukuran yang sangat luas dan cocok untuk dijadikan tempat berkumpul seru. Ada pula area rooftop minimalis yang menghadap langsung ke jalanan protokol. Kalau kamu ingin numpang WFC, internet yang disediakan di sini juga sangat lancar. Dijamin cozy untuk melengkapi brunch sambil minum kopi.

Alamat: Jl. D. I. Panjaitan No. 46, Jatinegara, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 

Coverage Backyard

Coverage Backyard, photo by Instagram @/dellaayu90

Ada tempat makan di Jakarta Timur yang baru saja dibuka Desember 2022 lalu, yaitu Coverage Backyard. Mengusung konsep bohemian dengan elemen tropis nan estetik membuat cafe yang satu ini terlihat begitu menakjubkan. Sore hari adalah momen yang paling pas kalau kamu ingin menikmati ambience dengan maksimal. Poin plus dari Coverage Backyard yaitu keberadaan mushola, toilet bersih, dan private room. Kamu wajib pesan Brew Berry Fizz yang menjadi signature coffee andalan cafe ini.

Alamat: Komplek Cipinang Indah 2 Jl. Parkit I Blok X No. 1 - 2, Pondok Bambu, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Tempat Makan di Jakarta Selatan

Hause Rooftop

Hause Rooftop, photo by Manual Jakarta

Pengalaman mencicipi kudapan di sore hari sambil ditemani panorama gedung-gedung pencakar langit bisa kamu dapatkan di Hause Rooftop. Cafe ini mengusung tema outdoor rooftop yang didekorasi dengan berbagai tanaman hijau. Seluruh hidangan dari Hause Rooftop berasal dari bahan-bahan terbaik yang diambil langsung dari kebun sendiri. Jangan lupa pesan kreasi baked pizza mereka, ya!

Alamat: MD Place, Tower 2, Lantai 6 Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Kamis (09:00 - 24:00, Jumat - Sabtu (09:00 - 02:00), Minggu (09:00 - 24:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

The Garden Osteria

The Garden Osteria, photo by Instagram @/thegardenosteria_id

Mungkin kamu sudah sering melihat tempat makan di Senopati yang satu ini berulang kali eksis di media sosial. Meski masih terbilang baru, namun The Garden Osteria berhasil menarik minat para pecinta kuliner untuk datang berkunjung di sini. Bagaimana tidak? Interiornya yang mewah dengan focal point berupa air mancur dan chandelier membuat suasana di sekitarnya terasa semakin romantis. The Garden Osteria adalah restoran otentik Italia dengan segenap menu istimewa, dan Bailey’s Misu menjadi dessert paling favorit di sini!

Alamat: Jl. Suryo No. 38, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 24:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

Warung MJS

Warung MJS, photo by coconuts.co

Mau menyantap menu masakan khas Jawa sambil diiringi alunan musik Jawa klasik? Warung MJS memiliki semua keunggulan tersebut, bahkan setiap sudut interiornya juga begitu kental dengan ornamen tradisional Jawa. Terang saja, Warung MJS menjadi tempat makan di Jakarta yang pas untuk berkumpul bersama keluarga ataupun kolega. Seluruh menu yang ada di sini juga sangat terjangkau, mulai dari Ayam Gondol Wewe, Daging Grundel, sampai Bebek Kremesan.

Alamat: Jalan Setiabudi Tengah no.11 Jakarta Selatan 12910
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 21:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 22:00), Minggu (11:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang 

The SAB House

The SAB House, photo by liburanyuk.co.id

Dengan interiornya yang cantik dan Instagramable, The SAB House wajib untuk masuk ke dalam wishlist kamu. Setiap sudut dari bangunan ini didominasi oleh rona putih yang elegan dengan paduan unsur kayu nan classy. Bahkan, ambience yang disuguhkan oleh The SAB House juga terasa teduh dan menenangkan. Kamu bisa duduk-duduk santai di sini sambil menikmati aneka croissant, cupcakes, slice cake, hingga racikan teh premium khas TWG.

Alamat: Jl. Panglima Polim V No. 6A, Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa - Jumat (10:00 - 20:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 21:00), Senin Tutup
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang 

Blue Jasmine

Blue Jasmine, photo by Bluejasmine.co.id

Blue Jasmine menjadi salah satu tempat makan di Jakarta Selatan yang punya interior modern klasik yang terinspirasi dari British Anglo Colonial Past, cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga, pertemuan bisnis, pesta ulang tahun, hingga menggelar pernikahan berskala intim. Terdapat pula area patio yang dikelilingi oleh taman vertikal lengkap dengan gemericik suara air mancur. Nikmati aneka hidangan khas Indonesia dengan sentuhan oriental, seperti Steak Sirloin Sambal Matah, Salmon Saus Laksa, hingga Kwetiaw Goreng Tom Yum Prawn.

Alamat: Jl. Kyai Maja No. 39, Gandaria, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Tempat Makan di Jakarta Utara

The Garden

The Garden, photo by sugarandcream.co

Unik dan artistik. Itulah dua kata yang paling menggambarkan bagaimana konsep restoran kasual The Garden. Tempat makan di Jakarta Utara ini mengadaptasi tema lush tropical garden yang penuh dengan aneka tanaman dan kelopak bunga berwarna vibran. Jadi, setiap pengunjung yang menyantap hidangan di sini akan merasa seperti sedang berada di tengah taman hijau nan rimbun. Salmon and Tuna Pizza adalah menu recommended yang wajib kamu coba.

Alamat: Ruko Garden House, Blok B No. 27 - 28, Bukit Golf Mediterania Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang 

Alba Ristorante

Alba Ristorante, photo by Pergikuliner

Alba Ristorante adalah sebuah restoran Italia yang memberikan pengalaman bersantap khas Italia yang autentik. Bahkan, restoran ini juga mendatangkan langsung juru masak dari negara tersebut demi menjaga cita rasa masakan mereka. Alba Ristorante terbagi menjadi tiga lantai dengan sejumlah keunggulan. Pada lantai pertama, terdapat aneka dessert khas Italia, sementara di lantai dua adalah area open kitchen, dan di lantai tiga, kamu bisa menikmati pemandangan langsung ke laut PIK.

Alamat: Ruko Beach View, Blok C No. 12 - 15 Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Pondok Kemangi

Pondok Kemangi, photo by Pergikuliner

Pondok Kemangi menyajikan aneka masakan nusantara dan seafood pilihan yang cocok untuk keluarga. Restoran ini memiliki area yang sangat luas dengan desain memikat. Terdapat pula ruangan VIP yang bisa dijadikan opsi untuk menggelar acara-acara istimewa. Di Pondok Kemangi, kamu dapat dengan bebas memesan Live Kerapu Bakar, Iga Penyet, sampai Cumi Asin Sambel Pete dengan harga yang pas di kantong.

Alamat: Jl. Pluit Samudra No. 10, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Walking Drums

Walking Drums, photo by travelandword

Ada tempat makan di Jakarta yang baru dan cukup tersembunyi di kawasan Ancol, yaitu Walking Drums. Letaknya yang berada tepat di tepi pantai membuat suasana tropical vibes yang diusung oleh restoran ini terasa semakin menyenangkan. Terdiri dari dua lantai yang sangat luas, kamu bisa memilih area indoor maupun outdoor. Menu makanan yang tersedia meliputi hidangan khas Indonesia dan western.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara
Jam buka: Senin - Jumat (08:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (07:00 - 22:00) Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Itulah kedua puluh rekomendasi tempat makan di Jakarta yang paling enak dan terfavorit. Manakah dari deretan restoran tersebut yang berencana kamu kunjungi dalam waktu dekat?