10 Restoran Jepang di Blok M Terbaik, Jadi Incaran Foodies!

10 Restoran Jepang di Blok M Terbaik, Jadi Incaran Foodies!
Restoran Jepang di Blok M, photo by Pexels/Josh Kobayashi

Selain menjadi tempat nongkrong favorit bagi generasi muda, daerah Blok M seolah sudah menjadi surga dunia bagi para pecinta kuliner. Kamu akan dengan mudah menemukan banyak sekali tempat makan di Blok M hampir di setiap sudut jalan dengan berbagai ciri khas dan cita rasa yang orisinil, termasuk restoran yang menyediakan masakan Jepang. Poin plus lainnya, sebagian besar restoran yang menyajikan masakan ala Negeri Sakura di kawasan ini juga memiliki harga yang ramah kantong. Nah, buat kamu yang ingin hunting santapan Jepang, berikut rekomendasi restoran Jepang di Blok M terbaik yang wajib kamu coba!

10 Restoran Jepang di Blok M

1. Izakaya Kashiwa

Izakaya Kashiwa, photo by Instagram @/izakayakashiwa

Sebagian besar orang Jakarta pastinya sudah nggak asing lagi dengan tempat makan yang satu ini. Eksistensi Izakaya Kashiwa sebagai salah satu restoran Jepang di Blok M terbaik nyatanya memang populer di berbagai kalangan. Selain memiliki gaya interior yang ‘Jepang banget’ dan bisa duduk ala-ala tatami, seluruh hidangan yang tersedia di sini benar-benar punya cita rasa otentik dengan harga murah meriah, yaitu hanya berkisar antara 20 ribu - 30 ribuan saja.

Nggak heran kalau Kashiwa selalu diramaikan oleh pengunjung bahkan hingga waiting list. Menu Chicken Nanban yang begitu lembut sekaligus juicy menjadi yang paling best seller di sini, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat. Ada juga pilihan favorit dish lainnya, seperti Torikawa, Gyuniku Enokimaki, sampai Tako Wasabi.

Alamat: Jl. Melawai VIII No.3, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, 12160
Jam operasional: Setiap hari (12.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Kira Kira Ginza

Kira Kira Ginza, photo by Instagram @/kiraginblokm

Kira Kira Ginza menjadi rekomendasi restoran Jepang di Blok M selanjutnya yang terletak di kawasan Little Tokyo. Saat akan memasuki area tempat makan, kamu diharuskan untuk melepas alas kaki terlebih dahulu. Menariknya, di sini tersedia rak buku berisi aneka komik Jepang dari berbagai genre yang bisa dibaca dengan bebas oleh para pengunjung. Ada juga area tatami dan fasilitas private room.

Salah satu menu yang wajib kamu pesan di sini adalah Sunagimo Karaage atau ampela ayam goreng yang disajikan dengan perasan lemon dan lada. Sementara menu andalannya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Chashumen, yaitu sajian mie ramen dengan topping chasu atau daging yang direbus.

Alamat: Jl. Melawai Raya No. 22, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (11.30 - 23.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

3. Daitokyo Sakaba

Daitokyo Sakaba, photo by Instagram @/drivojansen

Masih di area Little Tokyo, ada rekomendasi tempat makan autentik Jepang yang cocok banget buat deep talk, nih, lantaran dipenuhi bilik-bilik private room yang menjadi ciri khasnya. Kamu jadi bisa ngobrol lebih leluasa tanpa harus terkena interupsi dari pengunjung lainnya. Tersedia pula meja panjang berupa mini bar yang menghadap langsung ke area kitchen berkonsep terbuka.

Secara keseluruhan, Daitokyo Sakaba memiliki pencahayaan yang sedikit remang-remang, tapi justru ambience seperti ini dinilai sangat nyaman bagi pengunjung setianya. Beberapa makanan favorit dari restoran Jepang di Blok M yang satu ini, yaitu Tonkotsu Ramen, Yakitori, dan Tori Karaage.

Alamat: Little Tokyo Melawai Jl. Melawai IX No. 26, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (18.00 - 01.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

4. Sumi To Kome

Sumi To Kome, photo by Instagram @/sumitokome

Sumi To Kome menjadi restoran Jepang di Blok M terbaru yang resmi dibuka pada paruh terakhir 2022. Letaknya cukup tersembunyi di belakang Blok M Square. Atmosfer dari tempat makan ini benar-benar berbeda dibanding restoran lainnya yang juga menyajikan makanan khas Jepang. Dari luarnya saja, kamu sudah disambut dengan bangunan kontainer hitam super besar yang menarik mata.

Tetapi uniknya, justru interior bagian dalam begitu kental dengan nuansa kontemporer yang hangat, selaras dengan konsep japanese modern cuisine yang diusung. Meski sebagian menu dibanderol cukup pricey, namun cita rasa makanan yang ada di sini dikenal sangat lezat. Kamu bisa menemukan kreasi Sashimi, Yakitori, sampai grilled food berupa Salmon dan Whole Squid.

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin Dalam, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Selasa - Minggu (17.30 - 02.00), Senin tutup
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

5. Yuki

Yuki, photo by Yuki

Bermain ke daerah Blok M belum lengkap rasanya kalau nggak berkunjung ke salah satu restoran otentik Jepang berskala besar berikut ini, namanya Yuki Japanese Restaurant. Terbagi menjadi dua lantai, area makan dari restoran ini memang termasuk luas sehingga cocok untuk acara keluarga.

Menu best seller yang menjadi andalannya jatuh kepada Aburi Wagyu Yukho, yaitu hidangan berupa daging sapi mentah, salad, dan telur setengah matang yang disajikan di atas meja, lalu akan di-torch hingga matang dengan seorang pelayan di hadapan kamu sesuai selera. Ada juga Seafood Ramen dengan kuah kaldunya yang light dan disajikan dalam ukuran super besar.

Alamat: Little Tokyo Melawai Jl. Melawai VI No. 8, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (11.30 - 14.30, 17.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

6. Kenjiro

Kenjiro, photo by Manual Jakarta/adityawarman

Sejak resmi dibuka pada pertengahan tahun 2020, Kenjiro langsung berhasil menarik minat para pecinta kuliner lantaran desain interiornya yang mewah dan berhasil mengadaptasi hunian tradisional ala Negeri Sakura yang penuh dengan atmosfer kekayuan. Berdiri di atas lahan yang sangat luas dan terbagi menjadi dua lantai juga membuat Kenjiro cocok banget untuk dijadikan tempat gathering dalam jumlah besar.

Salmon Carpaccio dengan kualitasnya yang segar menjadi menu appetizer paling best seller yang wajib kamu pesan di sini. Sementara salah satu main course andalannya adalah Wagyu Chuck Eye Roll (yakiniku), di mana nantinya salah satu staf akan membantu memasaknya di hadapan kamu dengan tingkat kematangan yang bisa diatur sesuai selera.

Nah, terletak hanya 6 menit berkendara dari Kenjiro, kamu akan menemukan kost eksklusif bergaya New York klasik persembahan dari Cove, yaitu Cove Sixth8. Hunian ini tersedia dalam bentuk full-furnished dan dilengkapi dengan sederet fasilitas mumpuni, seperti area dapur, ruang makan, laundry, ruang bersama, hingga parkir mobil. lengkap Cocok untuk kamu yang sedang mencari ‘rumah kedua’ yang dekat dari area kantor.

Alamat: Jl. Adityawarman No. 63, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (11.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

7. Futago Ya

Futago Ya, photo by Manual Jakarta/Liandro N. I. Siringoringo

Kamu pernah dengar menu Creamy Miso Udon yang sempat viral dari salah satu restoran Jepang di Blok M? Nah, kreasi udon tersebut rupanya adalah menu signature dari Futago Ya. Disebut sebagai Creamy Miso Udon lantaran hidangan ini menyuguhkan mie udon bertekstur kenyal dengan siraman kuah misonya yang creamy dan taburan beef brisket sebagai topping. Paduan unik tersebut membuat menu yang satu ini benar-benar juara di lidah setiap orang.

Nggak heran kalau Futago Ya selalu diramaikan oleh pengunjung, bahkan sampai waiting list dan harus antri lumayan panjang di area luar restoran. Futago Ya menawarkan konsep open kitchen sehingga memungkinkan kamu untuk melihat langsung bagaimana proses pembuatan makanannya.

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin Dalam No. 24, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (12.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

8. Yagiya

Yagiya, photo by oemar ichsan

Kendati memakai resep asli dari Jepang, namun Yagiya sudah dikenal sebagai restoran ramen di Blok M yang semua menu ramennya berstatus halal, dengan kata lain tidak menggunakan mirin maupun alkohol. Ukuran restorannya pun cukup kecil dengan jarak antar meja yang berdekatan. Kamu bisa mengambil tempat duduk di ramen bar, meja dengan kursi, ataupun lesehan.

Alamat: Jl. Melawai VI No. 6A, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Kamis (16:00 - 23:00), Jumat (16:00 - 03:00), Sabtu (12:00 - 03:00), Minggu (13:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

9. Kaihomaru

Kaihomaru, photo by Instagram @/__eatandetc

Kamu ingin bersantap lebih privat bersama keluarga atau kerabat dekat? Kaihomaru memiliki private dining room yang nyaman dan sangat mendukung quality time-mu bersama orang-orang tercinta. Restoran ini juga mengadaptasi jenis tempat duduk ‘horigotatsu’, yaitu sebuah meja rendah yang memiliki lantai berkolong sehingga memungkinkan kamu untuk bisa tetap duduk berselonjor ke arah bawah.

Sementara rangkaian menu yang bisa kamu pesan di sini meliputi Chicken Nanban Teisyoku, Sashimi Platter, sampai Eihire yang merupakan sajian sirip ikan pari bertekstur crispy nan gurih. Jaminan nikmat dan bikin kamu ketagihan!

Alamat: Little Tokyo Melawai Jl. Melawai VI No. 23, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Jumat (11:30 - 14:00, 17:30 - 22:30), Sabtu - Minggu (11:30 - 14:30, 17:30 - 22:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

10. Tori Sei

Tori Sei, photo by Nabilla Tashandra

Ada banyak orang asli Jepang yang sering menghabiskan waktunya untuk bersantap di restoran Jepang ini, lho, namanya Tori Sei. Terdiri dari dua lantai, kamu bisa dengan bebas memilih meja paling nyaman sebelum mulai memilih rangkaian menu yang tersedia. Kalau beranjak ke lantai dua, kamu akan menemukan sushi bar dengan deretan sashiminya yang segar-segar.

Tori Sei punya variasi Yakitori yang beraneka ragam. Mereka juga menawarkan lunch set yang bisa dipesan mulai pukul 11.30 - 15.00 dengan harga yang berkisar antara Rp60 ribu hingga Rp150 ribuan. Sementara menu yang paling direkomendasikan adalah Torisei Tokusei Gyu Kushi Yaki.

Alamat: Jl. Melawai 7 No.5, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (11.30 -23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Itu dia sepuluh restoran Jepang di Blok M terbaik yang hingga kini masih menjadi incaran para pecinta kuliner dari berbagai kalangan. Siap berburu masakan enak dengan harga terjangkau? Masukkan sekarang juga ke dalam wishlist, yuk!