13 Rekomendasi Cafe di Blok M untuk Tempat Nongkrong Seru!

13 Rekomendasi Cafe di Blok M untuk Tempat Nongkrong Seru!
Cafe di Blok M, photo by Manual Jakarta

Kawasan Blok M, Jakarta Selatan memang menjadi salah satu icon tempat nongkrong favorit bagi para generasi muda. Di dalamnya terdapat berbagai pusat perbelanjaan dan pilihan wisata kuliner yang sudah nggak terhitung lagi banyaknya. Apalagi, saat ini daerah Blok M juga sangat mudah dijangkau dengan berbagai transportasi umum yang tersedia, baik itu TransJakarta maupun MRT. Maka tidak heran, bila rentetan cafe di Blok M yang Instagramable kini semakin menjamur.

Nah, apakah kamu sedang mencari rekomendasi tempat makan paling ideal yang bisa digunakan untuk temu kangen bersama teman-teman? Cove telah merangkum sepuluh pilihan cafe di Blok M yang layak untuk kamu singgahi.

13 Rekomendasi Cafe di Blok M

1. Scarlett’s House

Scarlett’s House, photo by Manual Jakarta

Scarlett’s Cafe baru saja membuka outlet terbarunya di daerah Blok M dengan menampilkan konsep yang segar dan berbeda dari cabang-cabang sebelumnya. Bagaimana tidak? Cafe hits yang kemudian diberi nama Scarlett’s House ini rupanya berdiri di atas lahan yang sangat luas dengan adanya area komunal, listening bar, dan halaman belakang dengan limpahan pepohonan hijau yang asyik buat foto-foto. Suatu pengalaman bersantap yang hanya bisa kamu temukan di cabang Blok M saja, nih, mengingat Scarlett’s Cafe di sudut Jakarta lainnya terbilang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Terdiri dari dua lantai, tempat ini menampilkan desain klasik layaknya rumah bergaya kolonial dengan sentuhan modern, termasuk padu padan interior kayu dan batu bata ekspos yang memiliki kombinasi warna alami. Nah, salah satu ciri khas dari Scarlett’s Cafe adalah pilihan dessert-nya yang tidak hanya mempunyai presentasi ciamik, namun juga dijamin lezat dan menggugah selera. Sebut saja Matcha Poured Tiramisu, Brown Butter & Hazelnut Sheetcake, sampai Vanila Basque Cheesecake. Semuanya memiliki tekstur yang lembut, creamy, sekaligus lumer di mulut. Cocok untuk kamu para pecinta kue!

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin (sebelah SU MA), Melawai, Jakarta, Kota Jakarta Selatan
Jam Buka: Selasa - Kamis (11:00 - 21:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 01:00), Minggu (11:00 - 22:00), Senin Tutup  
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

2. Kurasu Kissaten

Kurasu Kissaten, photo by Manual Jakarta

Sejak resmi dibuka untuk publik pada 2 Desember 2023 lalu, Kurasu Kissaten menjadi salah satu coffee shop yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Pasalnya, cafe di Blok M yang satu ini merupakan cabang kedua dari merek kopi Kurasu asal Kyoto yang bergitu khas dengan esensi tradisional Jepang. Tak hanya menyuguhkan biji kopi dengan racikan yang otentik, Kurasu Kissaten juga mengangkat detail-detail yang tak biasa dengan menggabungkan kopi, cocktail, dan listening bar, sehingga setiap pengunjung dapat menyesap kopi dengan tenang sembari ditemani alunan lagu dari koleksi vinyl atau piringan hitam impor yang diputar melalui sistem stereo.

Dari luarnya saja, Kurasu Kissaten sudah memancarkan keindahan Jepang temporer yang klasik. Dengan bar akses untuk pemesanan kopi yang terletak di lokasi outdoor, pengunjung bisa merasakan kehangatan suasana terlebih dahulu sebelum memasuki bangunan utama cafe yang didominasi interior berlapis kayu. Kurasu Kissaten menggunakan biji kopi asli khas Kyoto dalam setiap rangkaian minuman signature-nya. Variasi kopi dari Kurasu meliputi Hand Drip Coffee, Matcha Latte Espresso, Mocha, sampai Hojicha Latte yang merupakan perpaduan teh hijau dan kopi khas Jepang dengan sentuhan rasa manis yang creamy. Mau coba?

Alamat: Jl. Iskandarsyah I No.9, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Kamis (08:00 - 22:00), Jumat - Sabtu (08:00 - 24:00), Minggu (08:00 - 22:00)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

3. Scones Alley

@shabitrirwn Bakeryshop baru di Jakarta Selatan yang sangat unik. Temanya harry potter. Kalian udah kesini ? Rame gak ? Hahaha #coffeeshopjakartaselatan #bakeryshopjakarta ♬ Harry Potter - Movie Magic And His Solid Gold Soundtracks

Baru-baru ini, ada sebuah cafe di Blok M yang viral lantaran desain interiornya yang dibuat tematik layaknya dunia Hogwarts dalam film Harry Potter, yaitu Scones Alley. Hampir di setiap sudut bangunannya didominasi oleh material kekayuan berwarna cokelat gelap dengan perpaduan chandelier berwarna kekuningan yang membawa kesan hangat dan temaram. Secara keseluruhan, cafe ini terlihat mirip dengan sebuah toko sihir di Diagon Alley yang menjadi tempat di mana Harry membeli segala kebutuhannya sebelum masuk ke sekolah. Beberapa buku Harry Potter dengan lilin-lilin besar yang disusun meninggi juga tampak dijadikan aksen dekorasi di bagian dinding.

Sesuai namanya, Scones Alley adalah sebuah cake shop yang berspesialisasi dalam menu Scone, yaitu sejenis roti atau kue asal Inggris yang berbentuk bulat dan memiliki tekstur renyah di luar, namun lembut di dalam. Selain menghadirkan variasi Scone, cafe ini juga menyajikan aneka dessert, pastry, dan beverages yang cocok untuk jadi teman ngemil sore. Contohnya seperti Mango Shortcake, Lychee Tea Slice, dan Milk Tea Cake, dan lain-lain. Sementara untuk minumannya terdapat pilihan coffee selections yang cukup lengkap, mulai dari Cappuccino Crème brûlée hingga Butterscotch Latte. Tertarik untuk mampir?

Alamat: Kamaja Jl. Kyai Maja Blok E No. 78 - 79, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 20:00)  
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

4. Ruma Coffeatery

Ruma Coffeatery, photo by Pergikuliner

Mencari cafe di Blok M dengan suasana tenang, nyaman, dan pas untuk WFC? Ruma Coffeatery bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin bekerja di luar rumah. Letaknya yang berada di lobi hotel Liberta juga memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan privasi lebih saat bekerja.

Uniknya, desain interior dari Ruma Coffeatery mengadaptasi tema ruang kopi di era 80-an secara keseluruhan. Bahkan, pencahayaannya juga dibuat lebih temaram, namun tetap menenangkan. Kamu bisa coba aneka kopi, pasta, dan dessert yang tersaji di sini.

Alamat: Hotel Liberta Hub Blok M Jl. Sultan Hasanudin No. 30, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  
Jam Buka:  Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Favorit: Suns Coffee

5. Twinhouse

Twinhouse, photo by Instagram@/twinhouse.id

Bicara soal cafe di Blok M yang punya atmosfer layaknya sedang berada di rumah teman, Twinhouse adalah opsi yang paling tepat dan wajib untuk masuk ke dalam wishlist kamu. Begitu sampai di sini, kamu akan disuguhkan dengan eksterior perpaduan rona putih dan kuning cerah yang instagramable sekaligus eye-catchy.

Bagian outdoor-nya dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang membuat suasana nongkrong menjadi lebih sejuk. Sedangkan untuk area indoor dibuat lebih spacious sehingga kamu bisa leluasa dalam memilih tempat duduk. Cocok untuk kamu yang ingin bersantai sore di tengah hiruk-pikuk kota Jakarta.

Alamat: Kala di Kalijaga Jl. Sunan Kalijaga No. 3, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (07:00 - 22:00)
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Lotus Biscoff Waffle

6. SOON Coffee & Bakery

SOON Coffee & Bakery, photo by Instgram @/nandarasman

Ada rekomendasi cafe di Blok M serba putih yang aesthetic dengan sentuhan industrial, nih, namanya Soon Coffee & Bakery. Sesuai namanya, tempat makan yang satu ini menyajikan aneka kopi, roti, dan croissant yang pastinya nikmat dan selalu disajikan secara fresh.

Desain interiornya yang minimalis juga membuat setiap pengunjung yang datang ke sini terasa seperti sedang bersantap di sebuah cafe ala Korea. Apalagi, menu-menu di sini juga terkenal ramah kantong. Jangan lupa untuk cicip minuman signature mereka, yaitu Dark Belgian Chocolate dan Shakreto Creamy Latte.

Alamat: Jl. Melawai VI Blok M No. 3, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  
Jam Buka: Selasa - Minggu (07:00 - 19:00), Senin Tutup
Harga: Di bawah Rp50.000 per orang
Menu Favorit: Dark Belgian Mocca

7. Simetri Home Coffee Roasters

Simetri Home Coffee Roasters, photo by Manual Jakarta

Bagaimana dengan rumah tinggal yang kemudian disulap menjadi coffee shop cantik? Kamu bisa mengunjungi Simetri Home Coffee Roasters untuk mendapatkan experience ngopi sambil ditemani suasana yang sejuk dan super nyaman layaknya sedang berada di rumah.

Tersedia area outdoor yang sangat luas dan dikelilingi tumbuhan hijau, sementara bagian indoor didesain nyaman dan bersih dengan penempatan furniture yang tepat. Kamu bisa coba berbagai minuman kopi dan non-kopi, ataupun hidangan main course seperti Beef Bolognese dan Crispy Chicken Waffle.

Alamat: Jl. Wijaya VI No. 11, Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (09:30 - 18:30)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Favorit: Hot Cappuccino

8. LTG by Esterakyat

LTG by Esterakyat, photo by Instagram@/@ltgbyesterakyat

LTG by Esterakyat adalah sebuah tea house yang letaknya cukup tersembunyi dan berada di area teras dari hotel Lamandau House. Meski nggak terlalu luas, namun cafe di Blok M yang satu ini mengadaptasi desain ala glass house yang menjadikannya terlihat asri dari segala sisi.

Selain rangkaian teh premium otentik LTG, kamu juga dapat mencicipi berbagai variasi hidangan Indonesia, mulai dari Mie Goreng Jawa, Ayam Kemangi Daun Jeruk, Babat Gongso, sampai Kwetiau Goreng. Pokoknya, dijamin lezat dan bikin kamu ketagihan untuk mampir lagi ke sini.

Alamat: Jl. Lamandau III No. 5, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (07:00 - 22:00)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Favorit: Brawijaya Tea

9. BIJU Bakeshop & Coffee

BIJU Bakeshop & Coffee, photo by Instagram@/Biju.id

Dengan kombinasi warna putih dan biru tua, eksterior Biju Bakeshop & Coffee sudah terlihat mencolok mulai dari area depan. Saat memasuki bangunan ini, kamu akan langsung disapa dengan ambience yang cozy dan super adem. Terdapat variasi kopi dan non-kopi yang dapat dipilih sesuai selera. Nggak ketinggalan dengan kreasi slice cakes dengan berbagai pilihan rasa, seperti pandan, nougat, nastar, dan opera yang pastinya lembut nan lumer di mulut.

Alamat: Jl. Melawai Raya No. 189C, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  
Jam Buka: Selasa - Minggu (09:00 - 17:00), Senin Tutup
Harga: Di bawah Rp50.000 per orang
Menu Favorit: Iced Cafe Mocha

10. Lewis & Carroll

Lewis & Carroll, photo by Zomato

Lewis & Caroll menjadi rekomendasi cafe di Blok M yang nggak boleh dilewatkan, terutama bagi kamu yang hobi ngeteh di sore hari sambil menikmati sepotong kue. Karena, Lewis & Carroll adalah cafe dengan spesialisasi teh terbaik yang nggak akan bisa kamu temukan di tempat lain.

Suasananya yang tenang dipadukan dengan interior modern nan elegan menjadi keunggulan tersendiri bagi cafe ini. Tersedia juga aneka masakan Indonesia yang pastinya menggugah selera, seperti Nasi Capcay, Mie Tek-tek Ayam Kuah, hingga Nasi Goreng Kecombrang.

Alamat: Jl. Bumi No. 4, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)  
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Gen Maicha Glory

11. Filosofi Kopi Perfecto

Filosofi Kopi Perfecto, photo by Instagram @/anggatusan

Siapa yang nggak kenal dengan coffee shop hits yang satu ini? Filosofi Kopi selalu menjadi pilihan bagi para pecinta kopi di mana pun mereka berada. Salah satu pilihan cafe di Blok M ini memang cukup luas dan punya interior mewah dengan aksen cokelat keabuan di setiap sudutnya.

Kamu bisa mengambil tempat di area outdoor lantai 2 kalau ingin ngopi cantik sambil ditemani angin sepoi-sepoi. Ada beragam kopi signature maupun mocktails dengan presentasi yang indah dan dijamin nikmat khas Filosofi Kopi.

Alamat: Jl. Barito I No. 21, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Favorit: Ice Latte

12. Kopi Kalyan

Kopi Kalyan, photo by Manual Jakarta

Kopi Kalyan akhirnya pindah ke cabang baru di Jalan Wijaya setelah sebelumnya bertempat di Jalan Barito. Dengan mengusung gaya arsitektur ala kolonial, Kopi Kalyan berdiri di atas lahan yang sangat spacious dengan jumlah tempat duduk yang cukup banyak, baik di bagian indoor maupun outdoor.

Es Kopi Kalyan dengan kombinasi susu, gula aren, espresso, serta teksturnya yang creamy menjadi menu andalan yang wajib kamu coba kalau datang ke sini. Ada juga rangkaian camilan, sepeti Tahu Aci, Pisang Goreng, Lumpia Ayam, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Wijaya IX No. 21, Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Kamis (09:00 - 21:00), Jumat - Minggu (08:00 - 21:00)
Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Favorit: Es Kopi Kalyan

13. First Crack Coffee

First Crack Coffee, photo by CASA Indonesia

Rekomendasi cafe di Blok M yang terakhir datang dari First Crack Coffee. Kamu yang sedang mencari tempat paling asyik untuk sekedar nongkrong ataupun WFC, First Crack adalah pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu dalam durasi yang lama. Cafe ini terbagi menjadi 2 lantai berukuran bes

ar dengan konsep fancy yang dipenuhi tumbuhan hijau. Tersedia kreasi kopi signature, manual brew, latte, hingga tea & brew.

Alamat: Jl. Bumi No. 10, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Jumat (07:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 21:00)
Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Favorit: Matcha Latte

Itulah deretan rekomendasi cafe di Blok M yang layak untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman. Bagaimana? Sudah memutuskan destinasi kuliner mana yang ingin kamu kunjungi?

Kost Bergaya New York Klasik di Blok M

Cove Sixth8 adalah pilihan coliving di daerah Blok M yang menawarkan hunian nyaman dengan estetika New York Klasik ke dalam setiap elemen bangunannya. Kost eksklusif ini terletak hanya 6 menit berjalan kaki ke MRT Blok M dan dekat dengan berbagai tempat hangout legendaris. Fasilitas gedung seperti laundry, dapur, hingga internet berkecepatan tinggi tersedia untuk seluruh penghuni. Miliki dua tipe kamar tidur fully furnished dengan area balkon berpemandangan indah.

Mulai dari Rp5,8 juta/bulan

Selengkapnya tentang Cove Sixth8